Surganya Wisata Indonesia

Rekomended Kawasan Tempat Wisata di Kaliurang

0
Rekomended Kawasan Tempat Wisata di Kaliurang
Nilai Artikel Ini

Tempat wisata di Kaliurang – Yogyakarta memiliki banyak situs-situs bersejarah yang bahkan menarik wiasatawan mancanegara. Sebut saja salah satunya Candi Ratu Boko Jogja yang lokasinya berdekatan dengan letak Candi Prambanan Jogja.

Namun sebenarnya, selain candi-candi tersebut, Kabupaten Sleman memiliki situs bersejarah lain yang tak kalah menarik. Wisata daerah Sleman yang cukup terkenal dan banyak disinggahi oleh travelers adalah Kaliurang. Bekas erupsi gunung merapi yang telah dikelola sedemikian rupa itu kini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Para peneliti geologi sering menjadikan Gunung Merapi sebagai subjek penelitian karena keaktifannya.

Ada banyak tempat wisata di Kaliurang yang bisa Anda kunjungi selama berada di Yogyakarta. Berikut beberapa tempat yang kami rekomendasikan untuk Anda:

Festival of Light Turgo Hill Kaliurang

Festival of Light Turgo Hill Kaliurang
Instagram by @jogjacitymewa

Menghiasi kegelapan malam dengan jutaan lampion yang romantis bersama kekasih hati tentunya merupakan dambaan setiap orang. Tidak perlu ribet mempersiapkan semua itu sendiri, karena di Kaliurang Anda bisa menikmati sensasi romantis tersebut. Tempat wisata Kaliurang malam itu terdapat di Gardu Pandang Turgo. Namun sayangnya festival ini tidak tersedia sepanjang tahun, karena itu jangan lupa memastikan kapan tepatnya wisata ini dibuka.

Untuk tahun 2016, dibuka tanggal 8 Desember 2016 hingga 29 Januari 2017 dengan harga tiket masuk sebesar 20.000 rupiah per orang. Dan tahun ini tema yang diusung adalah The Dragon Castle atau istana naga. Rute menuju ke sana cukup mudah, terus saja mengikuti Jalan Kaliurang menuju puncak hingga Goa Jepang. Festival of light Turgo Hill Kaliurang diadakan tepat di Barat Goa Jepang.

Kaliadem

Kaliadem
Instagram by @nita130694

Bencana alam merupakan kejadian yang tidak bisa dibatalkan oleh manusia dan seringkali menimbulkan banyak kerugian. Namun jika mampu mengemas bekas bencana alam tersebut menjadi sesuatu yang baru, maka sisa-sisa kesedihan justru mendatangkan rezeki. Obyek wisata Kaliurang Kaliadem contohnya. Berlokasi di kaki Gunung Merapi yang merupakan salah satu gunung teraktif di Asia menyebabkan lokasi wisata ini habis terbakar lahar panas. Daerah perkemahan yang dulunya hijau dan terhampar luas dengan fasilitas yang cukup lengkap, menghilang tertimbun material dari merapi.

Kunjungi :  Keindahan Panorama Perbukitan Kapur Pantai Suwuk Kebumen

Di Kaliadem terdapat sebuah bunker yang merupakan tempat perlindungan dari awan panas Merapi. Namun relawan yang berlindung di sana justru tewas karena tertimbun material sepanas 1000C dengan tebal sekitar 3 meter. Tetapi kini bunker tersebut sudah dibersihkan dan dilengkapi dengan prasasti yang mengisahkan tentang riwayatnya. Apabila Anda sedang melakukan wisata Merapi Kaliurang, cobalah mampir ke bunker ini pada malam hari. Karena lelehan lava pijar yang menuruni kubah lava akan terlihat sangat apik.

Saat ini fasilitas yang disediakan sudah semakin lengkap. Sudah ada warung-warung yang menjual makanan dan foto serta video yang mendokumentasikan lava pijar dan erupsi Merapi. Foto dan video tersebut juga merekan bagaimana proses evakuasi korban yang tertimbun material panas di dalam bunker Kaliadem.

Tlogo Putri

Tlogo Putri
Instagram by @sistervanillahijab

Satu lagi kawasan wisata Kaliurang Yogyakarta yang tidak boleh diabaikan, wisata Kaliurang Tlogo Putri. Objek wisata ini merupakan perpaduan antara wisata air dengan wisata alam yang terletak di Bukit Plawangan, Sleman. Embung yang dilengkapi dengan penyewaan kano dan bebek air ini juga memiliki fasilitas lain seperti flying fox, ayunan, dan sebagainya.

Lokasi Objek Wisata Kaliurang Tlogo Putri tidak jauh dari Kaliadem, Watu Kemloso dan Air Terjun Tlogo Muncar. Di sini juga sering dijadikan sebagai tempat pertunjukan beragam kesenian seperti jathilan, campur sari, topeng ireng, dan masih banyak lagi. Biaya masuknya hanya 2.500 rupiah per orang dengan tidak termasuk biaya parkir. Sangat ekonomis sekali, bukan?

Tak jauh dari sana juga terdapat sebuah museum yang bernama Museum Ullen Sentalu. Museum ini menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram dan beragam koleksi batik. Benar-benar cocok jika dikunjungi bersama keluarga sebagai wisata edukasi bagi buah hati.

Kunjungi :  Nyantai dan Belajar di Eco Green Park Malang Jawa Timur

Taman Wisata Plawangan Turgo

Taman Wisata Plawangan Turgo Kaliurang
Instagram by @ibrhanif

Taman, sebuah kata yang menggambarkan keindahan, kenyamanan dan ketenangan. Taman wisata Kaliurang Sleman juga mampu menghadirkan suasana seperti yang didambakan tersebut. Terutama taman wisata Plawangan Turgo yang bsia dibilang lokasi wajib untuk dikunjungi oleh pecinta alam. Lokasi ini mengadirkan hutan wisata Kaliurang dan bebatuan hasil letusan Gunung Merapi.

Tak jauh dari sana terdapat Goa Jepang yang dulunya merupakan tempat berlindung sekaligus tempat tinggal sementara para tentara. Keunikan goa ini adalah terhubungnya 25 pintu yang terletak di dalamnya dengan kondisi yang masih sama seperti dahulu. Selain itu terdapat taman bermain anak yang tidak jauh dari sana dan menyediakan banyak permainan untuk hiburan bagi si kecil. Sebut saja prosotan, ayunan, dan banyak pilihan lainnya. Lokasi taman wisata Plawangan Turgo adalah di Desa Hergobinangun, Pakem, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

Berkeliling Kaliurang Menggunakan Jeep

tour jeep wisata Kaliurang
Instagram by @wahyuu_bintoro

Ada banyak lokasi di desa wisata Kaliurang Jogja yang tentunya sangat disayangkan jika tidak dikunjungi seluruhnya. Tetapi terkadang karena terkendala kesibukan dan waktu yang terbatas membuat banyak wisatawan harus mengeliminasi satu atau lebih diantaranya. Namun Anda tidak perlu khawatir, saat ini sudah tersedia tour jeep wisata Kaliurang.

Ada banyak operator tour yang menyediakan jasa paket wisata untuk mengunjungi bekas keganasan merapi ini. Umumnya harga yang ditawarkan tiap operator tidak berbeda jauh, tergantung rutenya. Untuk rute pendek berdurasi sekitar dua jam dengan biaya 350.000 rupiah per jeep. Lokasi yang akan disambangi adalah museum mini, batu alien, dan bungker Kaliadem.

Untuk rute menengah, durasinya sekitar 450.000 rupiah per jeep dengan kunjungan ke museum mini, batu alien, bungker kaliadem dan kampung Mbah Marijan. Sedangkan rute panjang durasinya adalah 3,5 jam dengan biaya 600.000 rupiah per jeep. Rutenya sama seperti rute menengah, tetapi ditambah mengunjungi makam Mbah Maridjan.

Kunjungi :  Cerita Legenda, Villa dan Hotel di Jalan Ciung Wanara Bandung

Museum mini sisa hartaku merupakan salah satu wisata Merapi kaliurang. Museum ini adalah sebuah rumah yang menjadi saksi saat terjadinya erupsi Gunung Merapi. Di dalamnya terdapat koleksi benda-benda yang terkena lahar vulkanik dan sisa-sisa bangunan rumah. Sedangkan batu alien adalah batu yang terlempar saat Gunung Merapi meletus yang berbentuk seperti wajah manusia.

Jika Anda memiliki cukup waktu untuk bermalam di Kaliurang, Anda bisa menginap di salah satu penginapan yang banyak tersedia di sana. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Kaliurang yaitu jadah dan tempe bacem yang merupakan makanan kegemaran Sultan. Ada juga sate kelinci yang sangat cocok dinikmati sambil mengusir hawa dingin khas pegunungan. Sayangnya belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke kawasan wisata Kaliurang Yogyakarta.

Tempat wisata di Kaliurang merupakan bukti kekreatifitasan warga dalam memanfaatkan apa yang ada di sekelilingnya. Jangan sampai Anda melewatkan keindahan dan keunikan berekreasi sambil belajar tentang Gunung Merapi. Selain itu masih banyak lagi wisata di Sleman yang bisa menambah wawasan Anda seperti legenda Candi Kalasan yang terkenal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */