Surganya Wisata Indonesia

41 Aneka Tempat Wisata di Blitar dan Alamatnya yang Lagi Hits

1

Tempat wisata di Blitar Jawa Timur – Blitar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di bagian selatan Jawa Timur. Blitar memiliki suasana alam yang indah serta cukup penting dalam historiografi Indonesia. Wilayah Blitar terletak di kaki Gunung Kelud dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di bagian selatan. Oleh karena itu, Blitar merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki perpaduan pesona pemandangan dataran tinggi dan garis pantai yang cocok dijadikan tujuan destinasi akhir pekan Anda. Pada kesempatan kali ini, tempatwisataindonesia.id akan membahas tentang tempat wisata di Blitar. Apa saja tempat-tempat tersebut?

Tempat Wisata Alam di Blitar

Bukan Blitar kalau tidak mempunyai destinasi wisata alama yang indah. Kita mulai bahas satu per satu lokasi wisata alam mulai dari pantai hingga air terjun yang ada di Blitar.

Tempat Wisata Pantai di Blitar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Blitar mempunyai banyak lokasi wisata pantai. Berikut adalah tempat-tempat yang cocok untuk Anda kunjungi.

Pantai Tambakrejo di Blitar

Pantai Tambakrejo di Blitar
by instagram @yovi_prasetyo

Pada pembahasan bagian awal tulisan ini, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai pesona pantai-pantai di Blitar, salah satunya Pantai Tambakrejo. Pantai Tambakrejo terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, atau sekitar 30 km ke arah selatan Kota Blitar. Pantai ini sangat unik karena memiliki garis pantai dengan pasir putih sekitar 10 km. Selain itu, pantai ini cenderung berbentuk teluk, sehingga ombak yang menerjang pantai Tambakrejo tidak begitu besar. Dengan kondisi yang demikian, pantai ini cukup aman untuk dijadikan lokasi bermain air, tetapi tetap memperhatikan keselamatan. Wisata ini merupakan salah satu pantai yang paling favorit di Blitar, sehingga banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing.

Misteri, Rute dan Tiket Masuk Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai Jolosutro di Blitar

Pantai Jolosutro di Blitar
by instagram @siroachmad

Pantai lain yang tidak kalah favorit di kabupaten Blitar adalah Pantai Jolosutro. Pantai ini memiliki pasir hitam yang halus, tetapi tetap menawarkan keindahan alam yang tidak ada duanya. Pantai eksotis ini juga cukup terkenal bagi kalangan peselancar karena memiliki ombak yang cukup besar, sehingga bagi kalian yang berniat untuk bermain air di pantai ini, diharap selalu waspada. Lokasi pantai ini terletak di Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, atau berjarak 45 Km dari pusat Kota Blitar. Selain itu, lokasi pantai ini juga berbatasan dengan Kabupaten Malang, sehingga cocok untuk dijadikan tempat singgah melepas penat ketika sedang menempuh perjalanan ke Malang.

Pantai Pangi di Blitar

Pantai Pangi di Blitar
by instagram @hanyudi_

Pantai Pangi merupakan salah satu tempat wisata pantai di Blitar yang cukup terkenal. Pantai ini tampak seperti teluk, dengan bebatuan karang yang menutupinya. Lokasinya yang cukup tersembunyi menyebabkan keasrian alam pantai ini tetap terjaga. Selain itu, pantai ini menawarkan suasana pedesaan yang akan membuat kalian betah berlama-lama di tempat wisata ini. Apabila kalian ingin “menyatu dengan alam”, kalian dapat camping di pantai ini bersama teman-teman terdekat. Lokasi pantai ini terletak di Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar.

Peta Rute Menuju Pesona Eksotik Pantai Pangi Blitar

Wisata Pesanggrahan Tambakrejo di Blitar

Wisata Pesanggrahan Tambakrejo di Blitar
by travellersblitar.com

Apabila kalian berkunjung ke wisata Blitar Pantai Tambakrejo, sempatkan untuk mengunjungi pesanggrahan yang terletak di atas bukit pantai tersebut. Lokasi ini menawarkan keindahan pemandangan pantai yang indah, serta dipadukan dengan suasana senja yang romantis. Pesanggrahan ini merupakan sebuah penginapan yang memiliki beberapa fasilitas istimewa, mulai dari bedroom, hingga ruang rapat yang sangat cocok untuk dijadikan tempat meeting.

Wisata Pantai Serang di Blitar

Wisata Pantai Serang di Blitar
by instagram @rendrabon

Salah satu tempat wisata di Blitar yang wajib dikunjungi adalah Pantai Serang. Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah pasir putih bersih dan halus, tentu saja sangat instagramable. Pantai ini berlokasi di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, atau 45 km ke arah barat daya Kota Blitar. Pantai ini juga cukup aman untuk dijadikan lokasi berenang karena memiliki ombak yang tidak terlalu besar.

Wisata Pantai Peh Pulo di Blitar

Wisata Pantai Peh Pulo di Blitar
by instagram @risky.dee

Satu lagi lokasi pantai yang memiliki keindahan alam di bagian selatan Kabupaten Blitar adalah Pantai Peh Pulo. Lokasi pantai ini terletak di daerah Panggung Rejo atau dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi selama kurang lebih Sembilan puluh menit. Wisata pantai Blitar ini cukup tersembunyi dan panorama alamnya masih cukup asri. Selain itu, pantai ini juga menjadi salah satu tempat wisata Blitar terbaru yang sangat direkomendasikan untuk kalian kunjungi.

Asal Usul dan Jalan Menuju Wisata Pantai Peh Pulo Blitar

Wisata Pantai Gondo Mayit di Blitar

Wisata Pantai Gondo Mayit di Blitar
by instagram @ana_gunawann

Mendengar namanya saja sudah cukup seram, bukan? Namun demikian, pesona wisata alam di Blitar ini memiliki keindahan alam yang sangat bagus. Pantai ini masih sepi, memiliki pasir putih yang panjang, dan cukup terjaga keasriannya. Objek wisata Blitar ini tergolong baru, sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi camping. Untuk menuju lokasi wisata ini, sangat membutuhkan perjuangan karena kalian harus melewati bukit dan menyeberang sungai. Pantai ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki jiwa petualang.

Kunjungi :  Asal Usul, Homestay dan Aktivitas Seru Pulau Tabuhan Banyuwangi

Wisata Pantai Umbul Waru di Blitar

Wisata Pantai Umbul Waru di Blitar
by instagram @ekfrg

Tempat wisata di Blitar yang lagi hits adalah wisata Pantai Umbul Waru. Pantai ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Pantai ini sangat unik karena memiliki air terjun yang mengalir dari atas bukit menuju ke Samudra Hindia. Akses menuju lokasi pantai ini cukup sulit karena kalian harus melalui jalanan terjal dan sempit. Apabila kalian akan menuju ke sana, kami rekomendasikan untuk menyiapkan perbekalan yang cukup.

Wisata Air Terjun yang Ada di Blitar

Selain mempunyai banyak pantai, Blitar juga menyimpan lokasi wisata berupa air terjun di belantara kotanya. Inilah daftar air terjun yang ada di Blitar.

Tempat Wisata Alam Air Terjun Coban Wilis Blitar

Tempat Wisata Alam Air Terjun Coban Wilis Blitar
by instagram @ndaru_bangkit

Tempat wisata di Blitar ini terletak di kawasan Gunung Kelud, tepatnya di Desa Wisata Ekologis, Semen Gandusari, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Untuk mencapai air terjun ini, kalian harus melalui jalan setapak sekitar dua jam!. Lokasi wisata Blitar ini cocok bagi kalian yang memiliki jiwa petualangan.

Tempat Wisata Air Terjun Sirah Kencong Blitar

Tempat Wisata Air Terjun Sirah Kencong Blitar
by instagram @bendottetapsemangat

Wisata Blitar air terjun yang satu ini terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Sama seperti wisata air terjun sebelumnya, akses menuju lokasi ini juga cukup menantang karena harus berjalan kaki melewati hutan belantara. Lokasinya yang tersembunyi menyebabkan wisata ini masih cukup asri.

Wisata Alam Air Terjun Grenjeng Blitar

Wisata Alam Air Terjun Grenjeng Blitar
by instagram @syaarsya_dewi

Objek wisata di Blitar ini merupakan sebuah air terjun yang cukup unik, karena bukan berada di sekitar perbukitan kapur, melainkan sebuah tebing breksi yang jarang dijumpai di wilayah ini. Wisata ini menjadi salah satu tempat wisata di Blitar terbaru dan cukup hits. Lokasi wisata ini terletak di Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Di tempat ini, kalian dapat menikmati segarnya air yang cukup jernih.

Wisata Alam Air Terjun Jurug Bening Blitar

Wisata Alam Air Terjun Jurug Bening Blitar
by instagram @errykdhana

Wisata air terjun kali ini terletak di Desa Purworejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Air terjun di sini cukup unik karena memiliki kontur tebing air terjun yang bergelombang, sehingga air yang jatuh dari ketinggian memecah menjadi berbagai bagian. Wisata ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu untuk berendam di aliran air yang dingin dan segar.

Curug dan Kedung Badrun Blitar

Curug dan Kedung Badrun Blitar
by maringetrip

Masih berhubungan dengan air, kali ini kita akan menuju ke Desa Balulawang, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Wisata baru di Blitar ini tergolong masih asri dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di sini kalian dapat mandi di sebuah kolam yang jernih dan bersih. Sementara itu, di Curug Badun kalian akan melihat curug bertingkat dengan ketinggian sekitar 8 meter.

Air Terjun Tirto Galuh Blitar

Air Terjun Tirto Galuh Blitar
by instagram @aniszaenuwar

Air Terjun Tirto Galuh Blitar adalah air terjun yang juga mulai terkenal akhir-akhir ini. Di tempat ini, kita bisa melihat air mengalir di atas bebatuan yang berlumut namun elok dipandang mata. Akses jalan untuk sampai ke Air Terjun Tirto Galuh Blitar cukup jauh. Setelah naik motor dan memarkir motor seharga Rp2.000, Anda harus berjalan sekitar 400 meter untuk sampai di lokasi. Kalau sedang tidak beruntung, perjalanan sepanjang itu harus ditambah dengan jalanan yang becek pasca hujan.

Rute Menuju Lokasi Spot Foto Terbaik Air Terjun Tirto Galuh Blitar

Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean
by instagram @fikisyamsuri

Lokasi Air Terjun Lawean ini terletak di Dusun Parang, atau berada di kawasan perkebunan Kawisari, Blitar. Akses menuju lokasi ini cukup mudah dan sudah terawat. Air terjun ini terbagi menjadi dua bagian, dan memiliki ketinggian aliran air sekitar dua puluh lima meter.

Wisata Alam yang Lain yang ada di Blitar

Selain pantai dan air terjun, Blitar juga mempunyai wisata alam lain yang tidak kalah seru. Mulai dari kampung wisata, gunung, hingga gua siap menjadi tempat eksplorasi Anda selama liburan.

Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad

Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad
by puspajagadsemen.blogspot.co.id

Desa Wisata ini terletak di Desa Semen, atau sekitar 35 km dari pusat Kota Blitar. Desa Wisata ini terletak di kaki Gunung Kelud, sehingga menjadikan wilayah ini memiliki iklim yang sejuk. Selain itu, Desa Wisata ini menawarkan suasana pedesaan yang masih asri, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Wisata ini sangat cocok bagi kalian yang ingin keluar rutinitas perkotaan.

Tempat Wisata Alam Gua Embultuk Blitar

Tempat Wisata Alam Goa Embultuk Blitar
by instagram @bolangjayawisata

Wisata alam gua ini terletak di Desa Tampakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Di tempat wisata ini, kalian dapat menikmati keunikan stalagmit stalaktit yang menjadi ornamen terpenting yang harus kalian lihat. Gua ini cukup terkenal dan menjadi salah satu destinasi unggulan Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Berdasarkan kesaksian warga setempat, Gua ini pernah menjadi salah satu tempat persembunyian simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Wisata Alam Gunung Butak

Wisata Alam Gunung Butak
by instagram @nandaadikaa

Wisata alam Blitar ini cocok bagi kalian yang memiliki hobi mendaki gunung. Apabila kalian merasa cukup lelah untuk mendaki Gunung Kelud atau Semeru, pendakian ke Gunung Butak dapat kalian jadikan alternatif pendakian kalian. Wisata mini ini menawarkan pemandangan alam dari atas bukit dan lokasi camping ceria yang mengasyikkan. Kalian dapat mendaki Gunung Butak melalui basecamp Sirah Kencong yang terletak di Desa Ngadirenggo.

Kunjungi :  8 Pantai Indah di Jawa Tengah yang Belum Terjamah

Tempat Wisata di Kota Blitar

Selain menyimpan tempat-tempat wisata alam yang indah, Blitar juga mempunyai beberapa tempat wisata di kota yang juga tidak kalah seru untuk dikunjungi.

Tempat Wisata Air yang Ada di Kota Blitar

Di atas, kita sudah membahas mengenai beberapa tempat wisata air mulai dari pantai, air terjun, hingga wisata gua. Nah, di daerah kota, Blitar juga masih menyimpan tempat-tempat wisata air yang seru. Berikut ini daftar destinasi yang tidak boleh dilewatkan.

Chenoa Water Play Kedawung

Chenoa Water Play Kedawung
by instagram @yurina_4885

Chenoa Water Play Kedawung adalah wahana bermain anak yang bertempat di Blitar. Sebagai sebuah wahana kolam renang, tempat wisata ini mempunyai perlengkapan yang cukup lengkap. Mulai dari penjaga water boom, komidi putar, panggung pementasan, pemancingan, dst. tersedia lengkap di Chenoa Water Play Kedawung. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin berlibur di akhir pekan bersama keluarga,

Telaga Rambut Monte

Telaga Rambut Monte
by instagram @mita3574

Telaga Rambut Monte merupakan salah satu andalan tempat wisata di Blitar. Wisata ini menawarkan pemandangan telaga yang sangat jernih. Selain itu, daya tarik lainnya dari telaga ini adalah bangunan candi dan tempat petilasan yang masih sering digunakan untuk ritual. Pemandangan di sekitar lokasi juga tak kalah indah, kalian akan melihat hamparan perkebunan teh serta ladang persawahan yang subur. Lokasi wisata ini terdapat di Desa Krisik, atau 30 Km dari pusat Kota Blitar.

Wahana Wisata Water Park Sumberudel Blitar

Wahana Wisata Water Park Sumberudel Blitar
by instagram @pendowophoto

Wahana keluarga yang satu ini terletak sekitar 500 meter dari makan Bung Karno, tepatnya di Jalan Kali Brantas, Kelurahan Bendo. Di tempat ini, kalian dapat menikmati fasilitas wahana air, seperti kolam renang, papan seluncur, dan masih banyak lagi. Tiket masuk wisata ini cukup murah, yaitu 10.000 pada weekday, dan 15.000 pada weekend. Murah bukan?

Obyek Wisata Arung Jeram Soko Adventure Blitar

Obyek Wisata Arung Jeram Soko Adventure Blitar
by instagram @ridho_bukan_rhoma

Objek Wisata Arung Jeram Soko Adventure Blitar terletak di Desa Tegalasri, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Wisata ini menawarkan keseruan bermain air di sepanjang aliran sungai Tiko dan Sungai Lekso. Apabila kalian merasa belum berani mengarungi jeram-jeram menantang yang ditawarkan oleh wisata ini, kalian dapat duduk-duduk santai di cafe yang terletak di pinggir sungai. Pemandangan eksotis tersebut menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata Kota Blitar yang cukup favorit.

Gunung Pegat Ponggok Srengat Blitar

Gunung Pegat Ponggok Srengat Blitar
by instagram @anangsusetyo.brew

Sebagai gunung, Gunung Pegat Ponggok Srengat Blitar tak setinggi semeru atau gunung-gunung yang pretensius untuk dinaiki para pendaki. Sebenarnya Gunung Ponggok sudah mulai ramai sejak tahun 2000, namun akhir-akhir ini tempat wisata ini naik kembali karena suguhan pemandangan malam yang indah dari atas gunung.

Tempat Wisata Sejarah di Blitar

Terlampau banyak destinasi wisata di Blitar yang merupakan tempat-tempat bersejarah. Mulai dari peninggalan zaman kerajaan hingga zaman pergerakan dan revolusi Indonesia, tempat-tempat berikut ini masih terawat dan bisa Anda kunjungi.

Tempat Wisata Sejarah Candi Penataran Blitar

Tempat Wisata Sejarah Candi Penataran Blitar
by instagram @refitawinisaputri

Salah satu tempat wisata di Blitar selain pantai adalah Kawasan Candi Penataran. Berdasarkan catatan sejarah, candi ini merupakan lokasi di mana Patih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Candi Penataran merupakan kompleks percandian terbesar dan paling terawat di Jawa Timur. Candi ini ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1815, pada saat Jawa di kuasai oleh Inggris. Lokasi candi ini berada di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Letak, Sejarah, Mitos dan Relief Epic Candi Penataran Blitar

Wisata Sejarah Candi Gambar Wetan Blitar

Wisata Sejarah Candi Gambar Wetan Blitar
by instagram @levanart777

Kompleks percandian ini terletak di lereng Gunung Kelud, tepatnya di tepi Sungai Bladak. Candi ini merupakan salah satu candi Hindu peninggalan Kerajaan Majapahit. Saat ini, bangunan candi hanya tersisa bagian bawahnya saja. Selain itu, candi ini juga masih menyisakan dua buah arca, serta monumen bangunan punden berundak.

Candi Mleri Blitar

Candi Mleri Blitar
by instagram @titiktriwi

Candi Mleri Blitar adalah candi tertua yang ada di Blitar. Candi ini sudah ada sejak 1222 masehi. Candi ini berlokasi di kaki Gunung Pegat, kira-kira 9,7 km dari barat pusat kota Blitar. Tepatnya berada di Desa Bagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Di areal candi ditemukan banyak artefak-artefak bersejarah seperti lingga, yoni, relief, swastika, dll.

Wisata Sejarah Arca Warak di Blitar

Wisata Sejarah Arca Warak di Blitar
by instagram @ani_farida

Wisata Blitar ini merupakan situs percandian yang tidak jauh dari kawasan Candi Penataran. Lokasi wisata ini terletak di Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Pada kawasan situs arca warak ini, juga ditemukan beberapa artefak sejarah, di antaranya Jaladwara; Kemuncak; serta Lumpang.

Candi Kalicilik Blitar

Candi Kalicilik Blitar
by instagram @nurlailins

Candi Kalicilik adalah sebuah candi yang berada di Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Blitar, Jawa Timur. Candi ini merupakan candi Hindu peninggalan kerjaan Majapahit. Hal itu diketahui dari reliefnya yang berkisah mengenai Dewa Surya yang lekat dengan kisah Surya Majapahit. Candi ini tak begitu besar, ukurannya 6,8 x 6,8 m. Meski demikian, tidak berarti kandungan sejarah yang berada di candi ini tidak besar.

Wisata Sejarah Candi Kotes Blitar

Wisata Sejarah Candi Kotes Blitar
by instagram @buyung.15

Objek wisata Blitar ini terletak di Desa Kotes, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Candi ini berdiri pada tahun 1302, dan masih memiliki keterkaitan dengan Candi Penataran. Candi ini memiliki dua kompleks bangunan, yaitu Candi I di bagian Barat, dan Candi II di bagian timur. Sama seperti candi lain di Blitar, Candi Kotes juga merupakan peninggalan kerajaan Majapahit.

Kunjungi :  Explore 41 Tempat Wisata di Kuningan Rekomended

Wisata Sejarah Candi Sawentar Blitar

Wisata Sejarah Candi Sawentar Blitar
by instagram @fian.kristian

Satu lagi destinasi wisata candi di Blitar adalah Candi Sewantara. Candi ini terletak di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Berdasarkan Serat Negarakartagama, kompleks candi ini juga dikenal sebagai Lwa Wentar. Candi ini memiliki tinggi 10,56 meter, dengan luas kawasan percandian 1.565 meter persegi. Candi ini cocok dijadikan sebagai salah satu tujuan destinasi wisata kalian.

Makam dan Kediaman Bung Karno di Blitar

Makam Bung Karno di Blitar
by instagram @rangganatasandya

Siapa yang tidak mengenal sang proklamator negeri ini? Ya, benar sekali, beliau adalah Bung Karno. Perlu kalian tahu, Bung Karno merupakan presiden pertama Republik Indonesia, dan menjadi salah satu figur terpenting negeri ini. Beliau meninggal pada tahun 1970 dan di makamkan di Blitar. Saat ini, makam Bung Karno tidak pernah sepi dari para peziarah yang ingin menghormati jasa-jasa beliau. Apabila kalian ingin berkunjung ke tempat ini, dipersilahkan datang ke Desa Bendogerit, atau berjarak 3 km dari pusat Kota Blitar.

Tempat Wisata Lain yang ada di Kota Blitar

Ternyata, Blitar juga menyimpan destinasi wisata berupa taman-taman kota yang lumayan banyak. Mulai dari komplek Alun-alun Blitar hingga taman-taman yang berada di sekitaran monumen-monumen ternyata asyik juga untuk jalan-jalan.

Alun-alun Kota Blitar

Alun Alun Blitar
by wikimapia.org

Salah satu tempat wisata Blitar dekat stasiun adalah Alun-alun Blitar. Alun-alun ini hanya terletak kurang lebih 500an meter dari stasiun kereta api. Di tempat ini, kalian dapat menikmati wisata kuliner serta menikmati wisata Blitar malam hari. Di Alun-alun Blitar ini, terdapat berbagai fasilitas, di antaranya jogging track, serta fitness outdoor. Wisata di Kota Blitar ini merupakan alternatif lain apabila kalian tidak memiliki kesempatan untuk menjelajahi objek wisata yang lain. Tempat wisata di Blitar dekat stasiun ini sangat cocok digunakan untuk melepas penat setelah menempuh perjalanan yang panjang.

Tempat Wisata Penangkaran Rusa Maliran Blitar

Tempat Wisata Penangkaran Rusa Maliran Blitar
by instagram @irzas29

Apabila kalian ingin melihat bagaimana sekawanan rusa di sekitar Kota Blitar, kami sarankan Anda untuk menuju ke Maliran, Kecamatan Ponggok, Blitar. Di tempat ini, kalian dapat menikmati sensasi memberi makan rusa. Tiket masuk wisata ini juga terbilang murah, yaitu Rp2.000,00 saja.

Monumen Trisula

Monumen Trisula Blitar
by instagram @febrianto_ahmad

Dibangun oleh militer dengan alasan untuk mengenang pembantaian yang terjadi pada 1 Oktober 1965, monumen ini kini sering dikunjungi oleh wisatawan. Sejarah yang kelam memang menyelimuti tempat wisata ini, namun hal itu tidak mengurangi minat para wisatawan, asing maupun domestik untuk berkunjung di lokasi ini. Monumen yang diresmikan sejak Desember 1972 ini menjadi penanda bagi warga Blitar bahwa pernah ada pembantaian manusia yang dituduh makar oleh militer Indonesia.

Kebonrojo Blitar

Kebonrojo Blitar
by instagram @zulfaagustiwi

Kebonrojo Blitar adalah sebuah taman yang cocok untuk jalan-jalan bersantai bersama dengan keluarga. Berlokasi di jalan Diponegoro, tepatnya di depan SMAK Diponegoro, taman ini menyediakan wahana permainan ringan dan tanah yang lapang untuk bersantai. Selain permainan dan patung-patung, di taman ini juga terdapat tanaman dan hewan sungguhan seperti burung beo dan burung belibis.

Sentul Green Park Blitar

Sentul Green Park Blitar
by instagram @tn.mami

Di Sentul Green Park Blitar, Anda bisa menghabiskan waktu untuk bersantai di bawah pohon-pohon rindang di kota Blitar. Tempat ini memang dibuat agar masyarakat Blitar mempunyai kawasan yang asri dan penuh dengan pepohonan. Karena terbilang cukup baru, belum banyak orang yang tahu mengenai tempat ini. Hal tersebut ditambah karena akses menuju tempat ini agak tersembunyi, meski sebenarnya tempatnya tidak terlalu jauh dari makam Bung Karno.

Taman Pecut Kota Blitar

Taman Pecut Kota Blitar
by instagram @nidagustina

 Taman Pecut Kota Blitar terletak di pusat kota Blitar, masih satu kompleks dengan Alun-alun Blitar. Seperti namanya, tempat ini memang mempunyai patung pecut yang ikonik. Patung ini dibuat untuk menjadi simbol atas pusaka Samandiman yang dimiliki oleh Adipati Blitar. Di taman ini, Anda bisa menemukan atraksi air mancur di malam hari. Ragam polah kucuran air dipadu dengan permainan lampu membuat atraksi ini ditunggu banyak wisatawan yang tengah berkunjung di Blitar.

Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar

Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar
by instagram @rahmaa009

Wisata Edukasi ini terletak ini di Kabupaten Blitar, yaitu di Jl. Banteng Blorok 18 Desa Plosorejo Kademangan Blitar. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati berbagai olahan coklat, mulai dari ice cream, mie coklat, hingga kue coklat. Tiket masuk wisata kuliner Blitar ini cukup murah, hanya Rp. 5.000,00. Destinasi Wisata Blitar Kampung Coklat ini menawarkan sensasi makan coklat yang tidak ada duanya.

Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Varian Wisata Kampung Coklat Blitar

 

Bagaimana menurut kalian mengenai tempat wisata di Blitar lengkap yang sudah kita ulas di atas? Sudahkan kalian menentukan tujuan destinasi selanjutnya? Apabila kalian mengunjungi tempat wisata di Blitar dan sekitarnya, sempatkan pula untuk mengunjungi wisata di Malangwisata di Kediri, serta wisata di Tulungangung.

 

1 Comment
  1. Travedisi says

    Wisata Pantai Umbul Waru di Blitar bikin gemes aja pengen kesana nih min, btw thanks banget ya buat infonya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */