Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Jombang dan Sekitarnya

0

Tempat wisata di Jombang dan Sekitarnya – Kota Jombang di Indonesia terkenal sebagai Kota Santri karena memang disinilah banyak tempat mencari ilmu agama atau yang biasa disebut dengan Pondok Pesantren. Dan selain itu, di Kota Santri ini juga banyak terdapat tempat wisata yang bisa anda kunjungi ketika hari libur tiba. Lokasi bisa dibilang strategis karena merupakan jalur lintas jawa yaitu Yogyakarta – Surabaya. Tempat wisata di Jombang sendiri beranekaragam bentuknya, mulai dari wisata kuliner, religi, alam serta sejarah.

Oke langsung saja, berikut ulasan mengenai tempat wisata di Jombang dan sekitarnya yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Air Terjun Tretes Jombang

air-terjun-tretes
by instgram @syahrony18

Wisata di Jombang yang pertama adalah Air Terjun Tretes. Air terjun ini berketinggian 158 meter atau merupakan air terjun tertinggi yang ada di Jawa Timur. Memiliki dua aliran air menjadikan air terjun ini nampak begitu indah dan menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Berlokasi 1250 MDPL atau lebih tepatnya yaitu di Dusun Pengajaran, Galengdowo, Wonosalam, Jombang.

Dan air terjun ini masuk dalam kawaan Tahura ( Taman Hutan Raya ) Raden Soeryo di Gunung Juruh Guah Komplek Gunung Anjasmoro ( 2277 MDPL ). Suhu disekitar sini 24 derajat Celcius dan berada pada curah hujan 5.856 mm / th.

Untuk fasilitas yang tersedia disini belum selengkap tempat wisata di Jombang lainnya karena baru ada warung-warung kecil. Dan area parkirnya pun belum ada, jadi kalau nantinya anda berkunjung kesini, untuk kendaraan pribadi bisa anda titipkan di rumah warga sekitar.

Candi Ngrimbi Jombang

candi-ngrimbi-jombang
by instagram @siti_dzakiyyah

Candi Ngrimbi yang merupakan pintu masuk ke Kerajaan Majapahit pada awalnya digunakan sebagai peristirahat perajurit beserta pemimpinnya. Namun, mulai sekarang candi ini dijadikan sebagai objek wisata di Jombang yang masih terbilang sepi yaitu hanya mencapai 100 pengunjung per bulannya.

Candi peninggalan agama Hindu ini berlokasi di Desan Ngrimbi, Bareng, Jombang. Dan kalau dibandingkan dengan peninggalan lain kerajaan Majapahit seperti Candi Brahu, Candi Tikus, Gapura Wringin Lawang, Kolam Segaran dan masih banyak lagi, candi ini bisa dikatakan yang terkecil.

Goa Sigolo-golo Jombang

goa-sigolo-golo-jombang
by instagram @auliarjj

Goa alam yang beada di Jombang salah satunya adalah Goa Sigolo-golo ini. Berlokasi di Dusun Kraten, Panglungan, Wonosalam, Jombang atau lebih tepatnya berada di lereng Gunung Welirang.

Akses menuju jalan dari Pusat Jombang cukup mudah, akan tetapi setelah mendekati lokasi mulut Goa, diharapkan setiap pegunjung untuk berhati-hati karena jalanan yang harus dilewati begitu terjal dan licin.

Setelah sampai di lokasi anda akan terkejut dengan keindahan alamnya yang begitu eksotis. Dan menurut warga sekitar, Goa Sigolo-golo ini termasuk Goa yang keramat dikarenakan pada zaman dahulu, tempat ini digunakan bertapa Ayah Damar Wulan. Sampai saat ini pun banyak yang ikut bertapa disini untuk mendapatkan kesaktian, katanya.

Kunjungi :  Wisata Gunung Muria Kudus yang Penuh Misteri

Goa Sriti Jombang

Goa alam kedua di Jombang yang bisa dijadikan tujuan anda berwisata adalah Goa Sriti. Goa Sriti ini berlokasikan di Kecamatan Wonosalam. Medan yang harus ditempuh untuk sampai ke Goa ini dibutuhkan kehati-hatian karena jalan yang akan dilewati nantinya hanya jalan setapak berliku. Namun sesampainya disana nantinya anda akan terkesima dengan kealamian Goa yang masih terjaga hingga saat ini. Ohh iya, untuk biaya tiket masuk ke Goa ini adalah Gratis atau tidak dipungut biaya sepersen pun.

Kedung Cinet Jombang

kedung-cinet-jombang
by instagram @imamqushoi

Kedung Cinet di Jombang ini digadang-gadang mirip seperti Grang Canyon, namun versi mininya. Dan meskipun kedung ini berlokasi di tengah hutan atau tepatnya di Desa Klitih, Plandaan, Jombang, tidak menutup kemungkinan tempat wisata ini selalu ramai akan pengunjung. Jalan yang dilewati menuju ke lokasi memanglah membutuhkan adrenaline, karena anda harus menyusuri sepanjang sungai Brantas serta melewati jembatan gantung.

Namun anda tidak perlu cemas, jernihnya air sungai dan indahnya hutan di sekitar lokasi akan memanjakan perjalanan anda.

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Timur Lainnya : 

16 Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur Ngehitz !!
Ini Dia 16+ Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur Terpopuler
20 Tempat Wisata Terpopuler di Tuban Jawa Timur

Kampung Durian Jombang

Kampung Durian Jombang

Anda pecinta buah Durian ? mau mencicipi durian dengan sensasi yang berbeda ? Coba datang ke Desa Sumber, Wonosalam, Jombang ketika musim durian tiba di bulan September – Februari. Berlokasi cukup jauh dari pusat kota Jombang, Kampung Durian ini sudah terkedal sejak dulu akan kualitas hasil panennya.

Selain banyaknya warung yang menyediakan durian, di Kampung ini juga tersedia durian beraneka varian seperti durian Ketan, Bawor, Kerikil, Sus, Ketan, Bido dan masih banyak lagi. Disini, selain membeli durian, anda juga diperbolehkan untuk berkeliling kebun sekaligus memetik buahnya secara langsung. Adapun kalau anda mau menanam buah durian di rumah, Kampung Durian juga menyediakan bibit unggul buah durian serta edukasi merawat pohonnya.

Menarik kan ? bukan hanya tempat wisata di magelang saja yang mempunyai Kampung Durian, tapi di Jombang juga ada.

Sendang Made Kudu Jombang

Objek wisata di Jombang yang satu ini dulunya digunakan sebagai tempat meditasi Prabu Airlangga dan istrinya.Selain itu, menurut warga, tempat ini dulunya dijadikan sebagai tempat peristirahatan oleh Prabu Brawijaya yang merupakan Raja Kerajaan Majapahit.

Kunjungi :  Curug Pengantin Banyumas yang Tersembunyi dan Mistis

Sampai saat ini, kondisi Sendang Made masih terawat dengan baik. Adapun ukuran dari Sendang Made ini adalah 8 x 11 Meter. Dan buat anda yang mau berkunjung ke wisata sejarah di jombang ini silakan datang ke Desa Made, Kudu, Jombang.

Klenteng Hon San Kiong

Klenteng Hon San Kiong

Setelah kita mengulas wisata alam serta sejarah yang ada di Jombang. Yang selanjutnya adalah wisata religi di Jombang. Dimulai dari Klenteng Hon San Kiong. Terletak di Desa Gudo, Jombang. Klenteng ini menjadi tempat ibadah agama Tri Dharma yang meliputi Tios, Budha, Konghucu. Dan selain itu, Klenteng ini juga difungsikan sebagai tempat pengobatan medis yang dibuka untuk umum.

Bukan termasuk Klenteng baru, tempat ini sudah berumur lebih dari ratusan tahun yang lalu atau tepatnya dibangun tahun 1700. Dan disetiap hari raya Imlek tiba, disini diadakan pagelaran yang ramai dikunjungi oleh wisatawan yaitu Barongsay dan Wayang Potehi.

Gereja Mojowarno Jombang

gereja-mojowarno-jombang
by instgarm @prayogobinastya

Bangunan tua ini dibangun pada tahun 1879 dan diresmikan pada tahun 1881 dengan menghabiskan dana sekitr 25000 gulden. Dan selain sebagai tempat ibadah, tempat ini juga dijadikan sebagai pusat Unduh –Unduh. Sebuah tradisi atau syukuran karenan panen telah tiba. Tradisi biasanya ada di bulan Mei dan berisikan karanval yang mana masing-masing pesertanya membawa bawang hasil panenan.

Makam Gunung Kuncung Jombang

Menurut cerita masyarakat disekitar, Makam Gunung Kuncung ini sebagai tempat peristirahatan terakhir orang yang dulunya terkenal sakti dan dihormati oleh banyak orang. Dan sampai saat ini pun tempat ini masih ramai diziarahi sebagai wasilah mencari berkah dari alam ghaib.

Lokasinya berada di Gunung Anjasmoro atau lebih tepatnya berada di Desa Wonorejo, Wonosalam, Jombang.

Makam K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wachid Hasyim, K.H. Abdurrahman Wahid ( Gus Dur )

makam-gusdur
by instagram @yuliyantoadiperdana

Tempat wisata di Indonesia terkhusus religi yang tidak pernah sepi dikunjungi adalah Makam Tebu Ireng ini. Disini terdapat 3 Ulama yang memiliki peran sangat penting dalam mengembangkan islam di Indonesia. Selain itu juga menjadi figur Pahwalan Nasional. Makam disini hampir setiap harinya penuh oleh jamaah dari seluruh indonesia untuk berziarah. Lokasinya juga cukup mudah dan terjangkau yaitu di Desa Cukir, Diwek, Jombang kawasan Ponpes Tebu Ireng.

Makam Pangeran Benowo

Pangeraan Benowo dulunya merupakan ssok yang mulia, rendah hati, tidak haus akan sebuah kekuasaan dan banyak berjasa untuk warga Desa Wonomerto, Wonosalam, Jombang yang mana di desa inilah di dimakamkan. Karena jasanya yang begitu banyak untuk warga sekitar, menjadikan makamnya pun sampai saat ini terjaga dengan baik dan selalu ramai diziarahi.

Kunjungi :  Sunset dan Harga Tiket Candi Ratu Boko Jogja

Makam Sayid Sulaiman

Perjuangan Sayid Sulaiman menjadikan Jawa Timur bernuansa religius memang tidak dipungkiri lagi. Dan kini, makamnya pun ramai dikunjungi oleh peziarah maupun orang yang mempunyai hajat tertentu seperti mendapatkan jodoh. Entah kebenarannya, namun puncak keramainan di makam ini ada pada malam jumat. Dan untuk anda yang mau kesana, langsung saja menuju ke Desa Mancilan, Mojoagung, Jombang.

Sumber Penganten

Selain sebagai tempat wisata, Sumber Penganten juga dipercayai akan magisnya yang mana kalau kita mandi saat malam hari ditempat itu akan mendapatkan berkahnya, katanya. Kondisinya yang masih alami sejak dulu kala menjadikan Sumber Penganten menarik untuk kita kunjungi. Lokasinya di Jogoroto, Jombang.

Tirta Wisata Keplaksari Jombang

Tirta Wisata Keplaksari Jombang

Kalau di Bojonegoro ada Waduk Pacal maka di Jombang memiliki Tirta Wisata Keplaksari. Taman wisata ini sengaja dibuat untuk tujuan wisata keluarga di Jombang. Adapun beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati disini seperti kolam pancing, taman segar, air danau transparan, lapangan tenis  dan masih banyak lagi.

Untuk lokasinya sendiri, Tirta Wisata Keplaksari ini cukup mudah dijangkau karena berada di dekat gerbang selatan masuk Jombang arah timur dari Surabaya ke Mojokerto.

Wana Wisata Air Sumberboto Jombang

Wana Wisata Air Sumberboto Jombang

Keindahan alam wana tak beda jauh dengan hutan di drama-drama korea. Bahkan untuk masuknya pun anda akan melewati jembatan yang nampak sangat indah. Dengan suasana hutan yang asri, tempat ini berbeda jauh dengan hiruk pikuk kota. Dan cocok untuk wisata keluarga di Jombang yang mana tersedia fasilitas seperti pemandian dan sarana bermain anak.

Selain itu, wana ini juga seringkali dijadikan tempat perkemahan dari berbagai disekitar Jombang.

Alun-Alun Jombang

Alun-Alun Jombang

Objek wisata yang selalu ramai disetiap kotanya dan tidak dikenakan tiket ( biasanya gratis ) adalah alun-alun. Seperti halnya di Jombang, alun-alun disini selalu ramai akan pengunjung baik untuk berolahraga atau sekedar nongkrong. Dan bedanya kalau di alun-alun jombang memiliki 4 pilar menara masjid.

Pujasera Kebonrojo

Pujasera Kebonrojo

Wisata kuliner di Jombang yang ramai dikunjungi setiap hari libur tiba karena di tempat inilah banyak tersedia makanan dan minuman tradisional. Dan tidak lama ini, di Pujasera Kebonrojo sudah dilengkapi dengan wahana taman bermain anak.

Daftar Tempat Wisata di Jombang Lainnya

taman-kebon-ratu-jombang
Taman Kebon Ratu Jombang by instagram @robbzamuel
Air Terjun Sekar Pudak Sari by instagram @frmngnds
Air Terjun Sekar Pudak Sari by instagram @frmngnds
wisata-wonosalam
Wisata Wonosalam by instaram @syafniar

Itu dia 21 tempat wisata di Jombang dan sekitarnya yang kami rekomendasian untuk anda kunjungi. Lengkap bukan ? mulai dari wisata alam, religi sampai sejarah ada di kota ini.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */