Ini Dia 21 Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur Terpopuler

0

Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur – Buat anda yang sedang berkunjung ke Bojonegoro rasanya ada yang kurang kalau belum mampir ke tempat wisata yang ada di Bojonegoro dan sekitarnya. Kota di Jawa Timur ini memiliki destinasi wisata yang nggak kalah menariknya untuk anda kunjungi. Mulai dari wisata alam, religi, budaya serta kuliner. Jadi tunggu apalagi, Yuk ah kenali dan kunjungi wisata di Bojonegoro berikut ini :

Wisata Kayangan Api

wisata-kayangan-api
by instagram @imamfahri995

Wisata alam di Bojonegoro yang pertama adalah Wisata Kayangan Api. Objek wisata ini memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya sumber api abadi yang mana tidak pernah padam meskipun musim hujab tiba. Dan bukan hanya itu saja, Kayangan Api yang berlokasi di Sendangharjo, Ngasem, Bojonegoro atau kalau dari pusat kota -+ 15 KM jaraknya ini juga sering dijadikan tempat outbond. Adapun kepercayaan warga sekitar adalah diadakannya ritual setiap Jum’at Pahing yang mana ditujukan supaya usaha lancar, mendapatkan kedudukan, jodoh, dan masih banyak lagi.

Wana Tirta Dander

wana-tirta-dander
by instagram @ekaoktavianiii

Tempat wisata di Bojonegoro yang satu ini berlokasi di Desan Dander atau kalau dari pusat -+ 12 Meter kearah selatan. Wana Tirta Dander biasanya ramai ketika akhir pekan tiba sebagai tempat berkumpul atau tongkrongan. Selain pemandangan yang indah didukung oleh pohon-pohon yang rindang, disini terdapat juga pesawat Belanda, kolam renang beserta lapangan golf.

Waduk Pacal Bojonegoro

waduk-pacal-bojonegoro
by instagram @beperiza

Selain digunakan sebagai sumber irigasi dan pengendali banjir warga sekitar, waduk pacal kini juga dijadikan sebagai tempat wisata Bojonegoro karena pemandangan alam disekitarnya sangatlah indah. Jadi, coba datanglah ke Waduk Pacal ini di musim penghujan. Anda akan melihat waduk ini bagaikan danau yang indah dengan background bukit dan pohon-pohon rimbang di sekitarnya. Eits, Bukan itu saja, kalau anda mau berwisata alam sekaligus wisata kuliner, maka disinilah tempat yang tepat. Karena disini anda bisa mancing sekaligus memakan hasil tangkapan di warung sekitar yang sudah tersedia di kawasan Waduk. Menarik bukan ? Jadi tunggu apalagi ? Yuk jelajah wisata yang satu ini. Berlokasi di -+ 35 KM dari pusat kota, atau lebih tepatnya di Kedungsumber, Temayang, Bojonegoro.

Kunjungi :  Wisata Keluarga Pantai Alam Indah Tegal Yang Sangat Populer

Agrobisnis Kebun Belimbing Ngringinrejo Bojonegoro

Agrobisnis Kebun Belimbing Ngringinrejo Bojonegoro

Memiliki wilayah kebun yang luas -+ 19.3 hektar menjadikan Desa Ngeringinrejo, Kalitidu, Bojonegoro sebagai agrobisnis Belimbing. Dan hampir seluruh warga yang tinggal disekitar desa ini berprofesi sebagai petani belimbing. Dikelola lebih dari 80 perkebun atau 9.604 pohon, di tempat ini anda diperbolehkan untuk memetik serta mencicipi secara gratis. Adapun kalau anda membeli kiloan maka harganya Rp. 3.000 – Rp. 4.000 ( Ukuran Kecil ) dan Rp. 5.000 – Rp. 8.000 ( ukuran jumbo ).

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Timur Lainnya : 

16 Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur Ngehitz !!
Rekomendasi 18 Tempat Wisata di Jombang dan Sekitarnya
20 Tempat Wisata Terpopuler di Tuban Jawa Timur

Bendungan Gerak Bojonegoro

bendungan-gerak-bojonegoro
by instagram @daily.jossaphat

Selain fungsi utama dari bendungan ini yang mana sebagai penyedia air masyarakat sekitar, saluran irigasi ketika musim kemarau tiba dan pegontrol debit air bengawan solo ketika musim penghujan. Bendungan ini sekarang juga difungsikan sebagai tempat wisata Bojonegoro. Untuk lokasinya sendiri berada di kecamatan Trucuk.

Kelenteng Hok Swie Bio

kelenteng-hok-swie-bio
by instagram @ellainelely

Kalau tadi kita sudah mengulas seputar wisata alam bojonegoro, sekarang yang nggak kalah indahnya juga adalah berwisata religi baik di tempat ibadah maupun di makam para terdahulu. Yang pertama adalah Klenteng Hok Swie Bio, tempat ibadah yang satu ini memiliki design dan ornamen yang begitu istimewa. Dan di Klenteng ini juga setiap harinya ramai akan peziarah. Belum lagi ketika menjelang Imlek. Oh iya, buat anda yang datang dari luar kota atau jauh dari Bojonegoro, tidak perlu khawatir untuk mencari tempat istirahat. Karena disini sudah disediakan penginapan untuk beristirahat.

Makam Wali Kidangan di Sukorejo Bojonegoro

makam-wali-kidangan
by instagram @a_satria_utama

Wisata religi di Bojonegoro yang sekaligus banyak meninggalkan sejarah berikutnya adalah Makam Wali Kidangan yang berlokasi di Desa Sukorejo, Malo, Bojonegoro. Lokasi tepatnya makam ini berada di bukit kidangan yang mana jaraknya 1,5 KM utara Jembatan Malo. Dan untuk menuju ke lokasi anda harus menaiki -+ 500 anak tangga.

Kunjungi :  Menaiki Gondola Tradisional di Pantai Timang Gunung Kidul

Sesampai disana, anda akan melihat 3 makam berukuran 2,5 meter dan dari salah satunya diduga menjadi Makam Wali Kidangan.

Makam Buyut Dalem di Kalangan Pacar

Salah satu Adipati dari Bojonegoro di tahun 1614-1619 yaitu Pangeran Raden Aryo Dalem atau biasa disebut Buyut Dalem ini bermakam di Desa Kadipaten, Bojonegoro. Atau kalau anda dari pusat Bojonegoro maka kearah timur -+ 500 Meter. Di makam ini biasanya diadakan ritual sedekah bumi yang jatuh disetiap hari Rabu Wage pada bulan September. Dan kegiatan ini diawali pada Rabu Pahing dengan mengganti atap cungkup yang terbuat dari alang-alang atau biasa disebut dengan ” Mayu alang-alang “.

Makam Mbah Malang Negoro di Ngasinan

Makam Mbah Malang Negoro ini berlokasi di Desa Ngasinan, Padangan, Bojonegoro. Riwayatnya yaitu pada zaman penjajahan dulu, Pangeran Diponegoro memilki markas di Desa Ngasinan. Dan pasukan di markas ini dipimpin oleh panglima Perang Tanggono Puro serta penasehat Kyai Kasan Wirodikromo. Dan Kyai Kasan Wirodikromo ini memiliki nama asli yaitu Sayyid Abu Bakar Alaydrus. Dan kedua tokoh inilah awal Makam Mbah Malang Negoro.

Museum Rajekwesi Wisata Sejarah di Bojonegoro

Museum Rajekwesi Wisata Sejarah di Bojonegoro

Mesum Rajekwesi adalah wadah menyimpan benda-benda penemuan warga seperti fosil purba yang mana salah satunya adalah fosil kepala gajah yang diperkirakan hidup satu juta tahun lalu dengan ukuran panjang 25 meter. Awalnya memang bangunan ini kantor biasa, akan tetapi seiring berjalannya waktu, supaya benda-benda penemuan tidak rusak ataupun hilang maka dijadikanlah sebuah museum yang sampai sekarang disebut dengan Museum Rajekwesi.

Air Terjun Kedung Maor

by instagram @wiratnocw
by instagram @wiratnocw

Air Terjun Kedung Maor ini merupakan air yang bersumber dari limpahan Waduk Pacal dan aliran Kali Soko. Dikala musim kemarau, air terjun ini kelurnya sangatlah kecil, akan tetapi ketika musim penghujan tiba, gemercik air dari air terjun kedung maor bisa terdengar sampai ke pemukiman warga.

Kunjungi :  Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Jombang dan Sekitarnya

Lokasi : Ngansaeng, Temayang, Bojonegoro

Air Terjun Krondongan

Air Terjun Krondongan

Berlokasi di Kecamatan Gondang, Bojonegoro, Air Terjun ini memang belum begitu populer. Dan jalan menuju lokasi pun cukup jauh dan harus melewati hutan jati dengan jalan setapak. Namun dibalik itu semua, anda akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang begitu indah.

Adapun catatan tambahan dari tempatwisataindonesia.id buat anda yang mau ke Air Terjun Krondongan yaitu dengan menyiapkan kondisi fisik yang cukup prima. Karena ada beberapa tantangan yang harus anda lewati nantinya seperti jalan licin dan sungai-sungai kecil.

Tempat Wisata di Bojonegoro Lainnya

deling-sekar-bojonegoro
Deling Sekar by instagram @m_iq13al_f
by instagram @kangbagus_212
by instagram @kangbagus_212

Wisata Sejarah Bojonegoro

  • Masjid Agung Bojonegoro, di Kauman
  • Masjid Al Birru Pertiwi, di Dander
  • Sumurboto, di Dadapan, Sumbergung, Ngraho

Wisata Belanja Bojonegoro

  • Swalayan Sultan Ratu Kraton, di Gajah
  • Bravo Bojonegoro
  • Carrefour Bojonegoro
  • KDS Mall Bojonegoro
  • Gian Supermarket Bojonegoro

Wisata Kuliner Bojonegoro

  • Pondok Tempe Penyet Bu Trisno
  • Warung ” Putri Gendut ” Bojonegoro
  • Rica-Rica Bebek Alun-Alun Bojonegoro
  • Mie Ayam Yudi Solo
  • Tamosa Resto
  • Javanilla Cafe & Resto
  • Bakwan Mr. Gundule
  • Adelia Cafe & Pub
  • Pempek Wongkito 19
  • Warung Bebek Nusantara
  • Pecel Mekarsari
  • Soto Ayam Bu Mar
  • Lontong Opor Yang Tarik
  • Wedang Tape

Sekian ulasan dari kami seputar daftar tempat wisata di Bojonegoro yang yang menjadi rujukan anda untuk berwisata nantinya. Semoga membantu dan selamat berliburan.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */