Surganya Wisata Indonesia

Ini Dia 30 Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur Terpopuler

2

Tempat wisata di Bojonegoro Jawa Timur – Berbicara mengenai tempat wisata di Jawa Timur, Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu wilayah yang layak menjadi tujuan destinasi akhir pekan Anda. Sebagai salah satu kabupaten yang terletak di bagian utara Jawa Timur, Bojonegoro berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban di utara, Kabupaten Nganjuk, dan Ngawi di selatan, serta Kabupaten Blora di Barat. Kondisi topografi Bojonegoro didominasi oleh perbukitan di bagian selatan dan utara, serta dataran rendah di sepanjang aliran sungai Bengawan Solo. Kondisi geografis yang sedemikian rupa menyebabkan Kabupaten Bojonegoro memiliki panorama alam yang indah. Dalam kesempatan kali ini, Tempat Wisata Indonesia ID akan membahas beberapa tempat wisata yang asyik di Bojonegoro.

Wisata Alam di Bojonegoro

Kita awali dengan membahas wisata alamnya. Tak bisa dimungkiri, Bojonegoro menyimpan banyak destinasi wisata alam. Mulai dari wisata air, wisata pemandangan di pegunungan, hingga taman buah yang menenangkan.

Berbagai Macam Wisata Air Terjun di Bojonegoro

Air Terjun Kedung Maor

Air Terjun Kedung Maor
by instagram @bendottetapsemangat

Air terjun Kedung Maor merupakan salah satu air terjun yang menjadi tujuan wisata para pengunjung. Wisata ini terletak di Desa Kedung Sari, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Objek wisata Bojonegoro Jawa Timur ini dapat ditempuh selama satu setengah jam dari pusat Kota Bojonegoro atau kurang lebih berjarak 40 kilometer. Air Terjun Kedung Maor memiliki riak air yang cukup stabil, meskipun sedang berada di musim kemarau. Air yang mengalir dari air terjun ini cukup jernih dan segar, cocok untuk dijadikan sebagai tempat melepas lelah di tengah kesibukan pekerjaan.

Air Terjun Kedung Peti

Air Terjun Kedung Peti
by instagram @leonard_c4me

Salah satu tempat eksotis yang kami tawarkan kepada kalian para treveller adalah Air Terjun Kedung Peti. Tempat wisata di Bojonegoro ini berada di Desa Ketileng, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro. Air terjun ini memiliki ketinggian aliran air 30 meter, yang terbagi menjadi tiga tingkatan. Bagian bawah air terjun ini berbentuk kedung atau kubangan yang memungkinkan pengunjung untuk merasakan segar dan dinginnya air terjun.

Air Terjun Krodonan

Air Terjun Krodonan

Wisata air terjun selanjutnya adalah Air Terjun Krodonan yang terletak di Desa Krodonan, Kecamatan Gindang, Kabupaten Bojonegoro. Untuk menuju lokasi air terjun ini, kalian harus melewati hutan jati dan jalan setapak terlebih dahulu. Tempat ini cocok bagi kalian yang memiliki jiwa petualang. Wisata ini tergolong wisata baru dan belum banyak dikunjungi orang. Di tempat ini kalian dapat ber-selfie dengan latar belakang air terjun yang indah.

Air Terjun Grojogan Pucangarum

Air Terjun Grojogan Pucangarum
by guneman.co

Wisata yang ada di Bojonegoro ini menawarkan keindahan alam yang asri, panorama yang bagus, serta suasana yang sejuk. Terlebih lagi, air yang mengalir jernih dan segar. Lokasi wisata ini terletak di Dusun Maor, Desa Clebung, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro. Wisata yang satu ini menarik karena berada di tengah kawasan Hutan Jati Perhutani.

Kunjungi :  12 Tempat Wisata di Cimahi Jabar yang Harus Dikunjungi

Air Terjun Clebung Bubulan Bojonegoro

Wisata Air Terjun Clebung Bubulan Bojonegoro
by instagram @ahmadadib_adv

Wisata Air Terjun Clebung Bubulan merupakan salah satu tempat wisata air terjun yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya yang indah serta akses menuju lokasi yang mudah menjadikan wisata ini cukup favorit. Di tempat wisata Bojonegoro terpopuler ini, kalian dapat mandi di bawah guyuran air yang segar dan dingin. Apabila kalian ingin menyempatkan datang ke wisata ini, langsung saja menuju ke Desa Clebung, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro.

Air Terjun Kedung Gupit

Wisata Air Terjun Kedung Gupit
by instagram @evawalanda_11

Wisata alam Bojonegoro kali ini adalah Air Terjun Kedung Gupit yang terletak di Desa Klino, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, 40 km dari pusat Kota Bojonegoro. Wisata baru di Bojonegoro ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Apabila kalian ingin menuju ke lokasi ini, jangan segan untuk bertanya kepada penduduk sekitar karena wisata ini cukup tersembunyi. Bonusnya, tentu, lokasinya masih asri.

Air Terjun Gua Kikik

Air Terjun Gua Kikik
by instagram @_dwirachma

Kali ini kita membahas salah satu tempat wisata di Bojonegoro terbaru, yaitu Air Terjun Gua Kikik. Lokasi air terjun ini berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro. Di lokasi ini, kalian dapat melihat dua keindahan alam sekaligus, yaitu air terjun dan gua yang tidak jauh dari lokasi air terjun.

Wisata Waduk dan Bendungan di Bojonegoro

Waduk Pacal

Waduk Pacal
by instagram @matus_sarang_oppa

Apabila kalian ingin menikmati keindahan alam yang lain, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Waduk Pacal. Waduk yang diresmikan oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda pada tahun 1933 ini dijadikan sebagai sumber irigasi warga. Lokasi ini sangat instagramable dan cukup hits. Tempat wisata di Temayang Bojonegoro ini menawarkan lokasi memancing yang cukup baik. Terbukti dari banyaknya para pemancing yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Selain itu, kalian juga dapat langsung mengolah ikan yang baru saja kalian pancing. Menarik bukan? Lokasi ini terletak di Desa Kedung Sumber, Kecamatan Temayang, atau kurang lebih 35 km dari pusat kota.

Kunjungi :  Lokasi Wisata Curug Putri Pulosari Pandeglang Banten

Waduk Pedang

Waduk Pedang
foto by cemplymedia

Beberapa orang menyebutnya Embung Pedang, beberapa yang lain menyebutnya Waduk Pedang. Tempat ini berlokasi di Desa Kepohkidul Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Sebenarnyaa embung ini dibuat untuk pengairan, namun dengan adanya perawatan dari warga setempat, tempat ini cukup bagus untuk sekadar berjalan-jalan melepas penar. Pemandangan yang cukup asri di tempat ini juga bakal membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Banyu Kuning

Banyu Kuning
Foto by @bendottetapsemangat

Disebut Banyu Kuning karena air yang menyembul keluar di tempat ini. Orang-orang sering datang ke sini untuk mandi air hangat yang keluar dari sumber banyu kuning ini. Warna kuning yang muncul dari tempat ini berasal dari kandungan belerang yang memang cukup tinggi di daerah itu. Tempat ini berada di lereng gunung Pandan. Tepatnya berada di dusun Jomblang Jati, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, Bojonegoro.

Wisata Wana Tirta Dander

Wisata Wana Tirta Dander
by instagram @jokpitt

Tempat Wisata Dander merupakan salah tempat wisata alam favorit di Bojonegoro. Wisata ini terletak di Desa Dander, Kecamatan Dander, Jawa Timur. Wisata ini dilengkapi beberapa fasilitas, di antaranya fasilitas outbound, lapangan golf, dan kolam renang. Tentu saja fasilitas bermain air di sini lengkap, mulai dari water boom, seluncur air, blower embun, kolam arus, dan berbagai fasilitas permainan air lainnya sudah tersedia di Wana Wisata Tirta Dander. Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang berkeinginan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Taman Wisata Sariyo

Taman wisata sariyo
foto by @rudhy_kenthung

Selain beberapa lokasi wisata air di atas, masih ada Taman Wisata Sariyo yang berada di kilometer 8 Jl. Raya Padangan-Ngawi. Tepatnya berada di wilayah desa Purworejo Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro. Tempat ini memang belum ramai karena masih banyak orang yang belum tahu. Harga tiket masuknya juga lumayan murah: Rp10.000 untuk Senin sampai Sabtu, dan Rp15.000 untuk hari Minggu.

Kunjungi :  42 Tempat Wisata Terbaik di Lombok yang Paling Dikenal

Bendungan Gerak Bojonegoro

Bendungan Gerak Bojonegoro
by instagram @gilang_euyy

Salah satu tempat wisata yang cukup mudah diakses adalah bendungan gerak yang terletak di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. Bendungan yang membelah sungai Bengawan Solo ini menjadi alat untuk pengendali debit air serta digunakan untuk menampung aliran irigasi bagi warga. Lokasi wisata ini cocok dikunjungi pada sore hari sembari menikmati senja romantis bersama orang-orang terdekat.

Berbagai Macam Wisata Pegunungan di Bojonegoro

Selain wisata air, Bojonegoro juga mempunyai berbagai destinasi wisata yang cocok untuk berlibur. Beberapa tempat berikut ini adalah tempat-tempat wisata di Bojonegoro yang berada di pegunungan dan menyajikan pemandangan-pemandangan yang elok.

Agro Wisata Belimbing

Agro Wisata Belimbing

by instagram @wahyubahtiyar

Apabila kalian memiliki keinginan untuk merasakan sensasi menikmati buah belimbing langsung dari kebunnya, kami sarankan kalian untuk menuju Agro Wisata Belimbing. Desa wisata ini terletak tidak jauh dari Sungai Bengawan Solo, tepatnya di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. Perkebunan agrowisata ini memiliki luas 20 hektare, dan memiliki beberapa gazebo yang tersebar di berbagai sudut perkebunan. Di sini kalian dapat menikmati buah segar langsung dari pohonnya, serta menikmati berbagai olahan belimbing yang tentu saja akan memanjakan lidah Anda. Adapun harga belimbing di sini cukup murah, yaitu sekitar Rp3.000 – Rp4.000 per kilo untuk belimbing ukuran kecil dan Rp5.000,00 – Rp8.000 untuk belimbing ukuran jumbo.

Wisata Selfie Bukit Tono

Wisata Selfie Bukit Tono
by instagram @wid_da

Salah satu tempat wisata lain yang juga instagramable di Bojonegoro adalah Bukit Tono. Wisata Bojonegoro baru ini terletak di Dusun Kadung, Desa Sambungrejo, Kecamatan Gondang, Bojonegoro. Bukit Tono menawarkan spot foto yang romantis, sangat cocok untuk menambah koleksi foto pribadi Anda. Tidak hanya itu, penduduk setempat juga sedang menyiapkan taman bunga dan bumi perkemahan di Kawasan Wisata Selfie Bukit Tono. FYI, Bukit Tono ini memiliki nama yang cukup unik, yaitu Tono. Siapa sih dia? Berdasarkan kabar yang beredar di masyarakat, Tono merupakan nama seseorang yang dahulu menjadi pemilik ladang di bukit ini.

Wisata Negeri Atas Angin Bojonegoro

Wisata Negeri Atas Angin Bojonegoro
by instagram @anggakamerabojonegoro

Tempat wisata yang akan kita bahas ini tergolong wisata yang sangat keren, kalian dapat menikmati Negeri di Atas Angin!”. Wisata ini terletak Desa Deling, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, tepatnya sekitar 50 km dari pusat Kota Bojonegoro. Wisata Negeri Atas Angin Bojonegoro ini berada di ketinggian 650 meter dan kalian dapat memandang luas kabupaten Bojonegoro dari ketinggian ini. Terlebih lagi, apabila kalian menyempatkan untuk camping di Bukit Cinta, salah satu bukit di Negeri Atas Awan, kalian dapat menikmati indahnya sunrise. Wisata Bojonegoro Negeri Atas Angin ini juga menjadi tempat yang sangat kami rekomendasikan bagi kalian yang berkeinginan mengambil foto prewedding. Kami jamin kalian akan betah berlama-lama di tempat Wisata Atas Angin Bojonegoro ini.

Kunjungi :  Curug Pengantin Banyumas yang Tersembunyi dan Mistis

Watu Gandul

Watu Gandul
foto by @tejo_abadee

Belum banyak orang yang tahu dengan adanya lokasi wisata Watu Gandul. Meski demikian, tempat wisata ini sudah terdafatar didaftarkan ke UNESCO sejak 2016 silam. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin melihat bagaimana batu-batu berukuran raksasa seolah ditata dengan rapi di daerah perbukitan. Sulit membayangkan kalau batu-batu besar ini sengaja ditata oleh manusia, apalagi akses menuju tempat ini amatlah sulit.

Taman Rajekwesi Bojonegoro

Taman Rajekwesi Bojonegoro
by instagram @dhikasafrina

Salah satu alternatif untuk beristirahat adalah tempat wisata Rajekwesi. Objek wisata di Bojonegoro ini baru saja diresmikan pada tahun 2016 oleh pemerintah daerah Bojonegoro. Wisata ini tergolong murah karena pengunjung hanya dibebani tiket parkir saja. Di sini kalian dapat berfoto-foto di taman yang indah, serta duduk-duduk di kursi yang tersebar di berbagai sudut taman. Selain itu, kalian juga dapat olahraga karena tersedia trek joging. Apabila kalian membawa anak kecil, jangan khawatir karena wisata ini cukup seru yaitu menyediakan fasilitas ayunan, jungkat-jungkit, serta mainan anak yang lain.

Wisata Alam lain yang tak kalah menarik

Hutan Jati Bojonegoro

Hutan Jati Bojonegoro
foto by @lenggang_dwi

Terdapat Hutan Jati di Bojonegoro. Hutan ini terletak tidak jauh dari Waduk Pacal yang telah kita bahas di atas. Di pinggir jalan yang membelah hutan jati, orang-orang sering berhenti untuk sekadar foto-foto atau mampir untuk makan di warung-warung makan yang menjual nasi jagung, tiwul, ataupun ikan bakar hasil tangkapan dari Waduk Pacal.

Wisata Texas / Teksas Wonocolo

Teksas Wonocolo
by instagram @putupadmi

Tempat wisata daerah Bojonegoro Jawa Timur ini menawarkan konsep wisata menyerupai Texas di Amerika Serikat. Wisata bertema minyak bumi ini terletak di Desa Wisata Geopark Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Di tempat ini, terdapat sekitar 250 sumur minyak bumi. Apabila kalian ke lokasi ini, mungkin kalian akan terheran-heran mengapa spelling nama lokasi ini “Teksas”, bukan “Texas”. Berdasarkan penuturan warga sekitar, “Teksas” memiliki kepanjangan dari “Tekad Selalu Aman dan Sejahtera”. Unik bukan? Wisata ini menawarkan lokasi spot foto yang bagus, sangat cocok bagi kalian yang gemar dengan fotografi.

Kunjungi:  Sejarah dan Flora Fauna di Wisata Taman Nasional Meru Betiri Jember

Kayangan Api

Kayangan Api
by instagram @aliffalaww

Tempat selanjutnya yang kita bahas adalah Wisata Kayangan Api Bojonegoro. Apabila kalian ingin melihat fenomena alam api abadi, kalian tidak perlu jauh-jauh ke Door to Hell Turkmenistan, karena kabupaten Bojonegoro juga memilikinya, meskipun tidak sebesar di Turkmenistan. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. Tempat wisata ini semakin terkenal setelah pada tahun 2000 digunakan sebagai lokasi pengambilan api Pekan Olahraga Nasional (PON) XV. Di Wisata Bojonegoro Kayangan Api ini, kalian akan melihat kobaran api abadi yang seakan muncul dari balik bebatuan. Di sekeliling titik api, terdapat empat bangunan berbentuk candi kecil., serta sebuah sumur “blekutuk” yang sering digunakan untuk merendam benda pusaka di waktu-waktu tertentu. Berdasarkan kepercayaan masyarakat sekitar, Kayangan Api sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit, dan tidak pernah punah hingga sekarang.

Lokasi, Sejarah dan Fasilitas di Kayangan Api Abadi Bojonegoro

Wisata di Kota Bojonegoro

Selain menyajikan wisata alam, Bojonegoro juga mempunyai tempat-tempat wisata yang berada di tengah kota, di antaranya GoFun Entertainment Complex dan Alun-alun Bojonegoro

GoFun Entertainment Complex

GoFun Entertainment Complex
by hargatiketmasuk.info

Go Fun Entertainment menawarkan keindahan tempat wisata malam di Bojonegoro. Eits… kalian tidak perlu risau, karena wisata Bojonegoro Go Fun Entertainment juga cocok dinikmati pada sore hari. Go Fun Entertainment Bojonegoro terletak di Jl. Veteran, Sukorejo, Bojonegoro, Jawa Timur. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 16.00 sampai 23.00 WIB. Tempat ini hampir menyerupai Disney Land-nya Bojonegoro serta yang menyediakan berbagai fasilitas permainan, di antaranya rumah bencana, rumah kaca, rumah jagal, derlemon, lempar piring, bianglala, komidi putar, kereta koboi, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk wisata ini terbilang cukup murah, yaitu 20.000 rupiah untuk weekday dan 25.000 rupiah untuk weekend. Untuk biaya wahana permainan wisata ini sebesar 3.000 sampai 15.000 rupiah. Murah bukan? Yuk segera ajak keluarga dan juga teman-teman dekat untuk menikmati suasana romantis Go Fun Entertainment Bojonegoro.

Kunjungi :  Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung

Alun-alun Bojonegoro

Alun Alun Bojonegoro
by instagram @ama_andre

Alun-alun Bojonegoro terletak di pusat Kabupaten Bojonegoro. Beragam kegiatan masyarakat sering dilakukan di tempat ini seperti pertunjukan kesenian, salat id, pertandingan olahraga, atau hanya jalan-jalan sore. Di alun-alun ini terdapat juga Masjid Agung Bojonegoro yang sudah berumur tua. Salah satu hal yang ikonik dari alun-alun Bojonegoro adalah adanya Batu Semar yang bobotnya diperkirakan lebih dari 80 ton.

Wisata Religi yang ada di Bojonegoro

Bagi Anda yang ingin mengembalikan semangat lewat wisata rohani, Anda bisa mengujungi beberapa tempat ini. Beberapa di antaranya adalah rumah ibadah, sebagian yang lain adalah makam para ulama.

Wisata di Tempat Peribadatan di Bojonegoro

Kelenteng Hok Swie Bio

Kelenteng Hok Swie Bio
by instagram @hakimsunjoyo

Selain wisata alam, Bojonegoro juga dikenal memiliki Klenteng yang indah, yaitu Klenteng Hok Swie Bio. Klenteng ini memiliki ornamen yang istimewa, ukiran naga yang unik, serta gaya bangunan khas Tionghoa. Setiap harinya, klenteng ini ramai dikunjungi para penziarah, terlebih lagi memasuki Imlek. Klenteng ini terletak di Kota Bojonegoro, sehingga akses menuju tempat ini juga sangat mudah.

Masjid Al Birru Pertiwi

Masjid Al Birru Pertiwi
by instagram @imanaimaa

Masjid yang satu ini sangat menarik dan indah karena memiliki kubah yang terbuat dari emas. Lokasi masjid ini persis terletak di pinggir jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Nganjuk, tepatnya di Desa Dander. Masjid yang baru diresmikan pada tahun 2014 ini merupakan sebuah masjid yang didirikan oleh keluarga Besar Santoso.

Masjid Agung Darussalam Bojonegoro

Masjid Agung Darussalam Bojonegoro
foto by @aden_baim

Masjid Agung Darussalam Bojonegoro ini sudah berdiri sejak tahun 1825. Dulunya, tempat ini disebut Masjid Jami’ yang berarti pemersatu. Dengan luasnya yang kurang lebih 2.422 meter persegi, Masjid Agung Darussalam mampu memanpung 1100 orang jamaah untuk beribadah.

Wisata di Makam Para Tokoh dan Ulama di Bojonegoro

Makam Wali Kidangan Sukorejo Bojonegoro

Makam Wali Kidangan Sukorejo Bojonegoro
by Adi Gendot

Salah satu wisata religi lain yang dimiliki Bojonegoro adalah Makam Wali Kidangan Desa Sukorejo. Lokasi makam ini berada di atas Bukit Kidangan, atau 1,5 Km dari Jembatan Malo. Untuk mencapai puncak, kalian dituntut untuk menaiki sekitar 500an anak tangga.

Makam Buyut Dalem di Kalangan Pacar

Makam Buyut Dalem di Kalangan Pacar
foto by @boojoo

Wisata daerah Bojonegoro lainnya adalah Makam Buyut Dalem di Kalangan Pacar. Lokasi ini merupakan makam Adipati Bojonegoro, biasa dikenal dengan nama Pangeran Aryo Dalem, yang pernah memerintah di wilayah ini pada tahun 1614 – 1619. Wisata religi ini terletak di Desa Kadipaten, Bojonegoro., atau sekitar 500 meter dari pusat Bojonegoro. Pada setiap Rabu Wage, di tempat ini diadakan sebuah ritual untuk mengganti cungkup makam Pangeran Aryo Dalem. Uniknya, cungkup tersebut terbuat dari alang-alang.

Makam Mbah Malang Negoro di Ngasinan

Makam Mbah Malang Negoro di Ngasinan
foto by @boojoo

Tempat wisata religi terakhir yang kami rekomendasikan untuk kalian adalah Makam Mbah Malang Negoro, yang terletak di Desa Ngasinan, Padangan, Bojonegoro. Berdasarkan kepercayaan warga setempat, Makam Mbah Malang Negoro merupakan makam dua orang pengikut Pangeran Diponegoro ketika sedang terjadi Perang Jawa, 1925 – 1930. Dua orang tersebut bernama Kyai Hasan Wirodikromo dan Panglima Perang Tanggono Puro.

Petilasan Angling Darma

Petilasan Angling Darma
foto by kompasiana

Orang-orang percaya Angling Darma pernah melakukan ritual di sebuah tempat di Desa Weton Ngare, Kalitidu, Bojonegoro. Tempat ini kini terkenal dengan nama Petilasan Angling Darma. Menariknya, Anda baru akan menemukan tempat ini di tengah-tengah sawah yang cukup jauh dari pemukiman warga. Konon, Prabu Angling Darma ke tempat ini karena mendapat hukuman dan dikutuk menjadi seekor burung belibis.

Bagaimana guys ulasan tempat wisata daerah Bojonegoro yang kami sajikan? Sudahkah cukup membantu kalian untuk menentukan tempat wisata selanjutnya? Apabila kalian sudah mengunjungi tempat wisata di Bojonegoro, luangkan waktu pula menikmati wisata kuliner Bojonegoro. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengunjungi objek-objek wisata lain di sekitar Bojonegoro, seperti objek wisata di Tubanobjek wisata di Lamongan, serta objek wisata di Ngawi. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian wisata-wisata yang kalian kunjungi.

2 Comments
  1. Trisno says

    Wisata sejarahnya memang bagus2 di sini.. nice info min.

  2. Muhammad Kuswari says

    wah keren nih refresi wisata indah, tapi sayang sekali tempat tinggal ane jauh…

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */