Surganya Wisata Indonesia

Tak Sekadar Instagenic, Taman Bunga Goa Kiskendo Juga Jadi Obat Ampuh Usir Stres

Simak juga mengenai Goa Kiskendo serta mitos dan sejarah yang menyelimutinya, satu tempat dengan beragam spot menarik.

0

Photo credit : hearstapps

Yogyakarta menyimpan banyak tempat wisata yang mampu membawa wisatawan untuk datang dan enggan beranjak. Salah satu daerah yang terkenal dengan wisatanya adalah Kulon Progo. Di Kulon Progo sendiri hadir sebuah taman bunga cantik yang menarik untuk dikunjungi. Tempat yang dimaksud adalah Taman Bunga Goa Kiskendo.

Taman bunga ini terletak di area wisata Goa Kiskendo. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai taman bunga tersebut tak ada salahnya untuk lebih dahulu mengenal mengenai Goa Kiskendo serta mitos dan sejarah yang menyelimutinya. Yuk simak selengkapnya di sini.

Legenda dan Sejarah Area Goa Kiskendo

Goa Kiskendo Tempat Wisata

Photo credit: Instagram Kiskendokp

Taman Bunga Goa Kiskendo merupakan bagian dari komplek wisata Goa Kiskendo. Goa yang satu ini memang memiliki legenda dan sejarah tersendiri. Bahkan banyak legenda yang beredar mengenai asal usul goa ini. Salah satunya terkait dengan Sugriwa dan Subali.

Dimana disebutkan jika Prabu Mahesasura dan Patih Lembusura yang sakti namun sombong serta tamak bertarung memiliki sebuah kerajaan. Namun, suatu hari Subali serta Sugriwa yang menjadi pemilik asli dari kerajaan tersebut datang untuk bertempur dengan keduanya.

Pada pertempuran tersebut Subali sempat terkburu di dalam tanah. Untuk keluar dari dalamnya ia kemudian menjebol tanah dan terbentuklah Goa Kiskendo.

Terlepas dari berbagai mitos yang mengelilinginya, goa yang satu ini ditemukan sejak 2 abad lalu. Kemudian pada tahun 1979 goa tersebut mulai dikelola sebagai tempat wisata yang ramai hingga sekarang.

Goa Kiskendo merupakan komplek wisata yang terdiri dari beberapa tempat. Mulai dari wilayah goa, area teater terbuka, taman bermain sampai dengan daerah taman bunga yang akan kita bahas selanjutnya. Wah, satu tempat dengan beragam spot menarik ya?

Ada Apa Saja di Taman Bunga Kiskendo

Taman Bunga Goa Kiskendo sendiri merupakan taman yang berada di wilayah Goa Kiskendo. Ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan pada daerah ini. Untuk yang bertanya-tanya ada apa saja yang dapat ditemukan di tempat wisata ini dapat menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kunjungi :  Curug Silawe, Wisata Air Terjun Recomended di Magelang

Nuansa Alam yang Mempesona

Salah satu yang dapat ditemui dari tempat wisata yang satu ini adalah nuansa alam yang mempesona. Bagi yang ingin menikmati nuansa alam sejuk dan segar di Yogyakarta, nampaknya tidak ada salahnya berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Terletak di ketinggian 1.200meter dari permukaan air laut membuat nuansa sejuk hadir dari tempat wisata yang satu ini. Apalagi ditambah dengan deretan pepohonan yang semakin menambah kesan sejuk dan alami dari tempat wisata yang satu ini.

Warna-warni Bunga Jengger yang Cantik

taman bunga kiskendo tempat wisata

Saat memasuki area taman, pengunjung akan disambut dengan warna-warni dari Bunga jengger yang cantik. Ada bunga dengan warna merah serta kuning yang membuat nuansa taman menjadi meriah serta cantik.

Bunga Jengger Ayam atau yang memiliki nama latin Celosia cristata ini merupakan salah satu bunga yang memiliki banyak khasiat. Salah satu khasiat yang dimilikinya adalah sebagai anti radang. Bahkan lebih lanjut ia dapat membantu untuk mengatasi mimisan sampai dengan batuk berdarah.

Pada bagian daun bunga ini terdapat kandungan saponin, polifenol sampai dengan flavonoid. Sedangkan untuk bagian bunganya kandungannya juga tak kalah banyak, yaitu kaempferitrin, amaranthin, minyak lemak sampai dengan pinitol.

Gazebo Untuk Menikmati Keindahan Sekitar Taman Bunga

Ingin menikmati kecantikan bunga-bunga ini sembari bersantai atau menyantap bekal yang dibawa dari rumah? Tak perlu khawatir di sekitar taman terdapat gazebo-gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat sembari menikmati keindahan taman bunga.

Kapan lagi dapat menikmati kecantikan bunga yang berwarna-warni sembari menikmati makanan kesukaan atau sekedar beristirahat melepas lelah. Jika ingin melakukan hal tersebut, tinggal pilih gazebo yang dirasa paling nyaman dan mulai menyantap bekal makanan. Tapi, ingat untuk tidak membuang sampah sembarangan ya.

Kunjungi :  21 Tempat Wisata di Blora Jawa Tengah Terbaik

Pemandangan Pepohonan yang Asri

Selain menikmati pemandangan taman bunga yang cantik, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan pepohonan yang ada di sekitar taman ini. Pepohonan hijau ini tidak hanya memberikan kesejukan, namun juga menghadirkan nuansa asri tersendiri.

Kehadiran banyak pohon ini karena tempat wisata ini sebenarnya terletak di dalam hutan. Meski sekarang sudah banyak pemukiman di sekitar tempat komplek Goa Kiskendo. Tak heran jika banyak pengunjung yang betah berada di sini. Pasalnya nuansa sejuk dan asri ini tentu akan sangat sulit diperoleh di wilayah perkotaan, bukan?

Wisata-wisata di Sekitar Taman Bunga yang Sayang untuk Dilewatkan

Tadi sudah disebutkan jika taman bunga ini terletak di komplek Goa Kiskendo. Dimana di sekitar taman bunga tersebut ada berbagai wisata menarik lainnya yang siap dikunjungi. Ini akan menjadi liburan yang menyenangkan dan menghemat waktu.

Pasalnya di satu tempat, pengunjung dapat mendatangi berbagai jenis wisata dengan keseruan yang berbeda-beda. Tinggal pilih yang paling menarik untuk dikunjungi. Bahkan tak ada salahnya untuk menyempatkan diri menjelajah seluruh tempat wisata yang ada di sini.

Perjalanan Menuju Lokasi

Lokasi Taman Bunga Goa Kiskendo terletak di dalam area wisata Goa Kiskendo yang berada di Jalan Kaligesing, Giri Mulyo, Kulon Progo. Tempat wisata yang satu ini dapat dikatakan cukup mudah diakses dari pusat kota.

Bagi yang datang dari arah kota, sebaiknya menuju ke arah Jalan Godean lebih dahulu. Kemudian menuju ke arah barat nanti akan ada papan petunjuk yang akan mengarahkan pengunjung menuju ke tempat wisata Goa Kiskendo.

Selama perjalanan pengunjung akan dihadapkan dengan pemandangan asri pepohonan karena letaknya yang berada di tengah hutan. Namun jangan khawatir sudah banyak perkampungan yang berdiri di sana dan berbagai jalan alternatif yang dapat dilalui oleh pengunjung. Untuk medan perjalanannya sedikit berkelok-kelok, tapi tentu aman untuk dilewati.

Kunjungi :  Hits 22 Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri Terbaru

Nantinya letak dari taman bunga ini adalah di bagian bawah area parkir. Di sana terdapat taman dengan deretan bunga cantik yang siap menyambut pengunjung.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk tempat wisata yang satu ini terhitung sangat terjangkau. Pasalnya pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 6.000 rupiah. Selain itu untuk tiket parkirnya sendiri adalah Rp. 2.000. Hanya dengan harga tiket tersebut, pengunjung sudah dapat menjelajah cantiknya taman bunga yang berwarna-warni tersebut.

Bagaimana dengan jam operasional tempat wisata yang satu ini? Pengunjung dapat berkunjung ke sini setiap hari. Kawasan tempat wisata ini sendiri buka mulai pukul 10.00 WIB serta tutup pukul 15.00 WIB.

Itulah beberapa hal seputar Taman Bunga Goa Kiskendo yang harus diketahui pengunjung sebelum mulai menjelajah tempat ini. Mulai dari apa saja yang dapat ditemukan pengunjung di tempat wisata tersebut sampai dengan jam buka dan tiket masuk yang harus dibayarkan pengunjung.

Kehadiran taman bunga ini menjadi salah satu alternatif wisata terbaik yang dapat diakses dengan mudah dari kota. Tak hanya memperoleh keindahan taman bunga saja, pengunjung juga dapat menyempatkan mengunjungi area wisata lain di sekitar taman bunga ini yang sayang untuk dilewatkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */