29 Tempat Wisata Tersembunyi di Bondowoso dan Sekitarnya

0

Tempat Wisata di Bondowoso dan Sekitarnya – Liburan menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh siapa saja, mulai dari anak sekolahan sampai dengan seorang pekerja. Tak bisa dipungkiri jika seorang yang bekerja secara terus-menerus pasti akan merasakan jenuh dan bosan, sehingga liburan untuk refreshing dan menyegarkan otak itu sangatlah perlu. Kekayaan dan keindahan indonesia menjadikan alamnya sangat eksotis dan dijadikan sebagai tempat wista. Hampir di semua daerah yang ada di Indonesia memiliki tempat atau destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Di Jawa Timur sendiri ada salah satu kabupaten yang menyimpan wisata yang seru untuk di kunungi. Kali ini akan membahas mengenai wisata yang ada di kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Bondowoso merupakan sebuah kota kecil yang letak geografisnya berada di daerah pegunungan, perbukitan sampai dengan dataran rendah. Tak heran jika banyak sekali tempat wisata di daerah Bondowoso yang menarik untuk di kunjungi. Lantas seperti apa liburan yang Anda inginkan? Jika Anda bosan dengan liburan yang hanya itu-itu saja, maka mengeksplor kabupatn Bondowoso menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Apa saja ya tempat wisata yang ada di kabupaten Bondowoso? Ternyata kabupaten ini menyimpan destinasi wisata yang menarik yang wajib untuk di kunjungi. Berikut ini merupakan beberapa destinasi wisata Bondowoso yang sangat recommended untuk anda kunjungi saat liburan.

Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso

air-terjun-tancak-kembar-bondowoso
by instagram @dicky_kidz

Di mulai dari destinasi wisata yang pertama yaitu wisata alam air terjun tancak kembar. Tempat wisata di Bondowoso Jawa Timur ini berlokasi di desa Andongsari, kecamatan Pakem. Jika dari kota Bondowoso akan menempuh jarak kurang lebih 25 km ke arah barat. Apa yang menarik dari air terjun ini? Menyajikan keeksotisan alam dengan ketinggian air terjun utamanya setinggi 77 meter dengan debit air yang sangat deas, sedangkan air terjun kembarannya setinggi 50 meter dengan debit air yang relative kecil. Bertempatan juga di hutan lindung dengan ketinggian 900 mdpl menjadikan tempat ini berhawa dingin, segar, sejuk, dan menyegarkan jiwa. Tak hanya untuk tempat rekreasi saja namun air terjun ini juga dimanfaatkan oleh masarakat setempat sebagai sarana irigasi. Lokasi ini sangat tepat untuk anda yang membutuhkan kesegaran dengan melihat panorama asri di sekeliling air terjun.

Air Terjun Pulo Agung Bondowoso

air-terjun-polo-agung-bondowoso
by instagram @riasayu_anggiyanti

Berlokasi di desa Sukorejo, kecamatan Sumber Wringin, dan bisa ditempuh dengan jarak 40 meter ke arah timur dari pusat kota Bondowoso. Wisata di Bondowoso yang satu ini sangatlah menarik untuk dikunjungi. Wisata air terjun ini memiliki debit air yang sangatlah deras dengan ketinggian kurang lebih 30 meter. Pemandangan di sekitar air terjun adalah areal perkebunan warga yang asri. Akses untuk menuju ke lokasi air terjun dapat dibilang cukup sulit dan hanya bisa di lewati dengan berjalan kaki. Sehingga jika Anda tertarik untuk mengunjungi air terjun ini pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup, fisik yang sehat dan kuat, serta mental yang kuat agar bisa sampai ke lokasi air terjun dengan aman. Pemandangan alam yang di dapatkan sebanding dengan perjalanan yang sulit di tempuh. Tentunya baik dalam perjalanan maupun sudah sampai di lokasi, jangan pernah sekalipun usil dengan membuang sampah sembarangan, mengganggu satwa yang dijumpai pada saat bertemu di perjalanan, dan juga jangan merusak lingkungan.

Kunjungi :  Penginapan dan Tiket Masuk ke Pantai Bagedur Banten

Air Terjun Blawan Bondowoso

air-terjun-blawan-bondowoso
by instagram @fujikarisma

Berlokasi di desa Kalianyar, kecamatan Sempol, dan bisa ditempuh dengan jarak kurang lebih 52 meter dari pusat kota. Tempat wisata yang ada di Bondowoso ini merupakan hilir dari sungai Pahit Rembesan kawah Kali Ijen yang memiliki kadar belerang tinggi. Di sekirtar air terjun, ditumbuhi banyak tanaman macadamia yang menjadikan lokasi sekitar air terjun menjadi sangat eksotis. Tak jauh dari lokasi air terjun, terdapat pula pemandian air panas yang bisa untuk Anda kunjuni untu melepas penat. Akses untuk menuju ke lokasi ini dapat dibilang cukup ekstrem yaitu hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki menyusuri anak tangga di antara 2 tebing. Namun pemandangan yang sangat indah sudah menanti anda, keunikan air terjun ini adalah muara alirannya langsug masuk ke dalam tanah seperti layaknya air terjun Niagara yang ada di Amerika. Di lokasi wisata ini terdapat shelter dan hotel untuk Anda menginap menghabiskan liburan di Bondowoso.

Pemandian Damar Wulan Bondowoso

pemandian-damar-wulan-bondowoso
by instagram @dengansangatterpaksa

Pemandian ini berlokasi di desa Kalianyar, kecamatan Sempol, dekat dengan air terjun blawan. Untuk sampai ke temapt wisata di kab Bondowoso yang satu ini, bisa di tempuh perjalanan selama 30 menit dari patulding kawah ijen. Selma perjalanan, Anda akan di suguhi berbagai pemandangan menarik yang sangat memukau.

Bosamba Rafting Bondowoso

bosamba-rafting-bondowoso
by instagram @nadinealexandradewi

Lokasi arung jeram dan rafing ini berada di kecamatan taman krocok. Bosamba sendiri merupakan sebuah singkatan dari Bondowoso –Sampean Baru. Jangan salah, wisata Bondowoso jawa timur yang satu ini sudah sangat terkenal bahkan sampai manca Negara loh. Akses menuju lokasi arung jeram ini cukup mudah untuk di tempuh. Sungai Sampean Baru ini memiliki karakter sungai yang berbatu, berkelok, dan memiliki sisi tebing terjal yang airnya bersumber dari gunung putrid. Sungai ini memiliki panjang kurang lebih 14 jam yang bisa diarungi selama 2 jam. Di pandu oleh guide dan rescue professional seama perjalanan akan menjadikan pengalaman baru yang menantang sekaligus menguji adrenaline. Keseruan mengarungi sungai ini akan sangat tersa jika bersama dengan teman-teman.

Kunjungi :  8 Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan

Pemandangan Arak-Arak Bondowoso

pemandangan-arak-arak-bondowoso
by instagram @nanaz_bftm

Berlokasi di jalur antara Surabaya dengan Bondowoso, lebih tepatnya lagi berada di desa Sumber Cating, kecamatan Wringin ketinggian 345 mdpl. Tempat wisata baru di Bondowoso ini, Anda dapat menikmati pemandangan indah dengan panorama yang sangatlah memukau. Untuk sampai ke wisata yang satu ini bisa dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Udaranya yang segar karena berada di perbukitan yang ditumbuhi banyak pepohonan menjadikan wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati waktu yang relaks.

Kawah Ijen Bondowoso

kawah-ijen-bondowoso
by instagram @sukri_m

Tempat wisata terindah di Bondowoso jatim yang satu ini memiliki keindahan alam yang begitu memukau. Untuk menuju ke lokasi wisata ini bisa di tempuh melalui 2 jalur yaitu jalur utara dan jalur selatan. Untuk jalur utara, bisa ditempuh dengan waktu 2,5 jam dari situbondo menuju Sempol yang nantinya berakhir di Paltuding. Sedangkan dari jalur selatan, bisa di lalui dari banyuwangi menuju Licin yang bisa di tempuh dengan jarak 35 km. Kawah ini memiliki panjang pendakian sepanjang 3 km yang bisa ditempuh dengan waktu 1,5 jam. Pendakian menuju kawah ini dapat di bilang cukup sulit karena memiliki kemiringan 25 sampai dengan 35 derajat. Jalur pendakian menuju kawah juga sangat terjal dan berpasir sehingga diperlukan keahlian dan persiapan khusus untuk menuju ke wisata ini. Tentunya setelah sampai ke kawah Ijen ini, akan terbayar semua kelelahan. Kawah ini di selimuti dengan asap belerang dengan kawah belerang yangberwarna hijau tosca dan ada nyala api biru atau bule fire yang hanya bisa dijumpai di 2 tempat di seluruh dunia.

Situs Megalitikum Bondowoso

Wisata Bondowoso jatim yang berikutnya adalah situs megalitikum yang merupakan peninggalan pada masa jaman batu besar. Di situs ini Anda akan melihat secara langsung sarkofagus yang juga di kenal sebagai keranda yang terbuat dari batu cadas. Fungsinya yaitu sama dengan kuburan batu atau dolmen. Situs seperti ini jarang sekali di temui dan salah satunya bisa Anda lihat langsung di desa Gliseran kecamatan Wringin Bondowoso.

Pemandian Tasnan Bondowoso

pemandian-tasnan-bondowoso
by instagram @roy_lukito

Berlokasi di desa Taman, kecmatan Grujugan, merupakan sebuah pemandian peninggalan sejak jaman Belanda yang masih dilestarikan sampai dengan saat ini. Pemandian ini memiliki berbagai kenyamanan dari fasilitas yang diberikan seperti kamar ganti, mushola, panggung hiburan, tempat beristirahat, dan kantin. Pemandian ini di kelilingi oleh pemandangan indah dari alam sekitar yang memberikan sensasi berbeda ketika berkunjung ke pemandian ini. Lokasinya cukup dekat dengan situs megalitikum menjadikan lokasi in menjadi lokasi yang tak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Bondowoso.

Kunjungi :  Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka

Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit

perkebunan-kopi-arabika-kalisat-jampit
by instagram @joeniecha

Agro tempat wisata terindah di Bondowoso ini di kelola oleh PTP Nusantara VII Kalisat Jampit. Perkebunan ini bisa di tempuh dengan jarak 74 km kea rah timur dari pusat kota Bondowoso. Perkebunan kopi ini memliki luasan 4000 hektar dan berada pada ketinggian 900 mdpl yang menjadikan suasana di perkebunan ini sangatlah asri dan sejuk. Di wisata ini, Anda bisa melihat proses pembuatan kopi mulai dari proses penggilingan kopi sampai dengan proses pengemasan kopi arabika. Anda juga bisa mencicipi hidangan kopi yang sangat lezat langsung di erkebunan opinya. Sensasi ini tentu tak akan bisa di dapatkan di lain tempat bukan? Selain menikmati berbagai hal yang barbau kopi, ada juga bisa melakukan hal lain seperti memancing, menikmati taman bunga, berenang, melakukan olah raga tennis, dan juga bersantai-santai relaks menikmat suasana alam yang sejuk. Di sekitar agro wisata ini juga terdapat home stay yang bersih, nyaman, dan memiliki fasilitas yang sangat lengkap seperti selimut tebal dan air panas. Wisata ini sangat cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga.

Wisata yang sudah dijelaskan di atas merupakan wisata yang peling populerdi kalangan masyarakat dan sangat recommended untuk di kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Tentu masih ada banyak wisata Bondowoso dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi seperti gunung Raung, pegunungan Hyang, Bendungan Sampean Baru, Taman Krocok Bondowoso, padang savanna Kawah Wurung, Kawah Wurung Bondowoso, alun-alun bondowoso, monument gerbong, dan lain wisata tersembunyi lain yang belum terjamah dan belum di eksplor. Untuk Anda yang suka berwisata menyatu dengan alam kabupaten Bondowoso menjadi kabupaten yang tepat untuk Anda kunjungi dan menghabiskan waktu liuran baik bersama teman-teman, maupun bersama dengan keluarga. Mungkin Anda aka mengalami kesulitan jika tidak ada peta petunjuk arah lokasi wisata kabupaten Bondowoso, namun hal itu tak perlu di khawatirkan lagi karena sekarang ini peta wisata Bondowoso sudah bisa dengan mudah di dapatkan di jaringn internet. Dengan adanya bantuan petunjuk arah wisata ini tentunya perjalanan wisata anda akan nyaman dan menyenangkan. Sekian artikel wisata yang ada di Bondowoso ini, semoga dapat memberikan anda referensi dalam menentukan pilihan liburan yang seru dan menarik.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */