Surganya Wisata Indonesia

36 Tempat Wisata Tersembunyi di Bondowoso dan Sekitarnya

1

Tempat wisata di Bondowoso Jawa Timur – Bondowoso merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di bagian timur Pulau Jawa, atau biasa disebut sebagai wilayah Tapal Kuda. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyuwangii, di bagian selatan berbatasan dengan Kabupaten Jember, wilayah barat berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo, sedangkan wilayah utara berbatasan dengan Kabupaten Situbondo. Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu kabupaten yang tidak memiliki laut, sehingga mata pencaharian utama masyarakat di sini adalah petani. Kabupaten Situbondo memiliki suhu udara sejuk, karena terletak di antara beberapa gunung, antara lain Kaki Gunung Raung, Gunung Ijen, Kaki Gunung Argopuro, dll. Potensi alam pegunungan yang dimiliki oleh Kabupaten Bondowoso menyebabkan kabupaten ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah. Dan pada kesempatan kali ini tempatwisataindonesia akan membahas mengenai tempat wisata di Bondowoso. Apa saja tempat wisata yang akan kita bahas, terus simak sampai habis ya guys.

Kawah Ijen Bondowoso

Kawah Ijen Bondowoso
by instagram @thesofyandyoka

Lokasi wisata paling favorit dan menjadi andalan Kabupaten Bondowoso adalah Kawah Ijen. Wisata Kawah Ijen Bondowoso ini memiliki panjang jalur pendakian 3 Km, dan bisa ditempuh sekitar 1,5 jam. Pendakian menuju ke kawah ini tergolong cukup sulit karena memiliki akses jalan yang lumayan terjal. Namun demikian, kalian dapat menikmati keindahan yang tidak ada duanya apabila bisa mancapai bibir kawah. Jangan lupa mengenakan jaket ya guys, karena suhu Kawah Ijen cukup dingin, bisa mencapai 2 derajat celcius.

Air Terjun Tancak Kembar di Bondowoso

Air Terjun Tancak Kembar di Bondowoso
by instagram @alippuji

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang cukup tinggi dan memiliki aliran air yang stabil. Tinggi aliran Air Terjun Tancak Kembar adalah 77 meter dan 50 meter, dan berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata Air Terjun Tancak Kembar ini berada di Desa Andongsari, Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso.

Air Terjun Pulo Agung Bondowoso

Air Terjun Pulo Agung Bondowoso
by instagram @taufiqirahman

Air Terjun ini berlokasi di Ds. Sukorejo, Kecamatan Sumber Wringin, Bondowoso, atau 40 Km dari pusat Kota Bondowoso. Air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang masih asri dan alami. Akses jalan yang cukup sulit menyebabkan air terjun ini belum banyak terjamah orang. Tempat wisata tersembunyi di Bondowoso ini cocok bagi kalian yang memiliki jiwa petualang.

Air Terjun Blawan Bondowoso

Air Terjun Blawan Bondowoso
by instagram @luciasantosoo

Air terjun selanjutnya yang kita bahas bernama Air Terjun Blawan. Tempat wisata alam di Bondowoso ini menawarkan keindahan air terjun dengan tinggi aliran air 52 meter. Air terjun ini berlokasi di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, atau berjarak 52 Km dari Pusat Kota Bondowoso.

Bosamba Rafting Bondowoso

Bosamba Rafting Bondowoso
by instagram @nadinealexandradewi

“Bosamba” merupakan kependekan dari “Bondowoso – Sampean Baru”. Wisata ini menawarkan keseruan bermain rafting menyusuri aliran Sungai Sampean Baru selama kurang lebih dua jam. Sungai Sampean Baru terkenal sangat menantang, karena memiliki karakter berbatu, dan tebing yang terjal.

Pemandangan Arak-arak di Bondowoso

Pemandangan Arak-arak di Bondowoso
by instagram @pakpaktung

Tempat wisata baru di Bondowoso ini merupakan salah satu destinasi utama yang menjadi incaran para wisatawan. Tempat wisata ini menawarkan keindahan panorama alam dari ketinggian 345 meter di atas permukaan laut. Udara di perbukitan ini sangat sejuk, dan memberikan sensasi yang menenangkan. Lokasi wisata ini berada di Desa Sumber Cating, Kecamatan Wringin, Bondowoso.

Situs Megalitikum Bondowoso

Situs Megalitikum Bondowoso
by forum.maxmanroe.com

Salah satu tempat wisata sejarah di Bondowoso adalah Situs Megalitikum. Di tempat ini, kalian dapat melihat sarkofagus dan dolmen peninggalan zaman batu besar. Lokasi wisata ini terletak di Desa Gliseran, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso.

Kunjungi :  70+ Daftar Tempat Wisata di Gunung Kidul Paling Dicari

Pemandian Tasnan Bondowoso

Pemandian Tasnan Bondowoso
by instagram @frizanuriza

Salah satu pemandian yang banyak di kunjungi wisatawan adalah Pemandian Tasnan, yang berlokasi di Desa Taman, Kecamatan Grujugan. Pemandian ini merupakan salah satu warisan sejak masa kolonial Hindia Belanda. Di tempat ini, kalian dapat bermain air, berenang, dan berbagi keseruan lainnya bersama orang-orang terdekat.

Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit

Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit
by www.agro-ptpn12.com

Apabila kalian pecinta kopi, kami sarankan untuk berkunjung ke Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit ini. Tempat wisata di Jampit Bondowoso ini dikelola oleh PTP Nusantara VII Kalisat Jampit, dan berjarak 74 Km dari pusat Kota Bondowoso. Perkebunan ini memiliki luas 4.000 hektar, dan berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Di tempat ini, kalian dapat melihat bagaimana proses pembuatan kopi, sekaligus mencicipi kopi langsung dari kebunnya.

Bendungan Sampean Baru

Bendungan Sampean Baru
by instagram @bendottetapsemangat

Konstruksi unik dari bendungan ini merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Di tempat ini, kalian dapat berselfie ria dengan latar belakang bendungan yang sedang instagramable. Tempat wisata menarik di Bondowoso ini berlokasi di Dusun Tapen, Desa Pandak, Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso.

Wisata Kawah Wurung

Wisata Kawah Wurung
by instagram @adisusanto10

Wana wisata kawah wurung terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bodowoso. Wana wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Bondowoso. Di tempat ini memiliki suhu yang cukup dingin. Apabila hari sedang cerah, kalian dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan indah dari ketinggian. Tempat wisata terindah di Bondowoso ini sangat cocok di jadikan tujuan destinasi liburan kalian.

Sejarah, Alamat dan Akses Menuju Kawah Wurung Bondowoso

Air Terjun Solor Bondowoso

Air Terjun Solor dan Batu So’on Bondowoso
by instagram @bendottetapsemangat

Salah satu objek wisata di Bondowoso adalah Air Terjun Solor. Di tempat ini, kalian dapat melihat air terjun berukuran sedang yang berada di tengah-tengah rimbunnya pepohonan. Selain itu, kalian juga akan melihat barisan batu besar yang mengingatkan kita pada keajaiban dunia Stonehenge di Inggris. Apabila sampai di sini, jangan lupa menjaga keasrian alam.

Alun Alun Bondowoso

Alun Alun Bondowoso
by instagram @lailafifie22

Apabila kalian sedang berada di pusat Kota Bondowoso, luangkan waktu mampir ke Alun-alun Bondowoso. Di sini menawarkan berbagai macam wisata kuliner Bondowoso dan keseruan melihat suasana perkotaan. Tempat wisata di Kota Bondowoso ini juga sering dijadikan sebagai tempat berolahraga, salah satunya jogging. Alun-alun ini berlokasi di Jalan Jaksa Agung, Kotakulon, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso.

Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso

Masjid At Taqwa Bondowoso
by blogspot.com

Salah satu masjid yang berada di pusat Kota Bondowoso dan wajib kalian kunjungi adalah Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso. Masjid ini memiliki bangunan cukup besar. Lokasi masjid ini terletak di Jl. Ahmad Yani, Kotakulon, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso.

Museum Kereta Api Bondowoso

Museum Kereta Api Bondowoso
by instagram @ryanindrawardana

Satu lagi tempat wisata sejarah di Bondowoso adalah Museum Kereta Api Bondowoso. Di museum ini, kalian dapat belajar mengenai berbagai proses perkembangan kereta api di Jawa pada masa kolonial Hindia Belanda. Pada masa kolonial, kereta api merupakan transportasi utama untuk mengangkut hasil bumi masyarakat, misalnya tebu dan kopi. Museum ini berlokasi di Kademangan, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso.

Air Terjun Gentongan Bondowoso

Air Terjun Gentongan Bondowoso
by instagram @bendottetapsemangat

Wisata Bondowoso tersembunyi yang memiliki sensasi luar biasa adalah wisata air terjun Gentongan Bondowoso. Air yang mengalir di lokasi wisata ini cukup unik, karena memiliki bau belerang yang cukup pekat yang berasal dari Kawah Ijen. Tempat wisata di Bondowoso ini berlokasi di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.

Kunjungi :  Lihat Keunikan dari Pantai Kutang Lamongan Jawa Timur

Air Terjun Belerang

Air Terjun Belerang
by instagram @yafiemiftahul

Sama seperti lokasi air terjun sebelumnya, Air Terjun Belerang ini juga terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Air terjun ini unik karena memiliki air belerang yang berasal dari Kawah Ijen. Apabila ke tempat ini, jangan lupa membawa untuk selalu menjaga keselamatan dan juga kelestarian alam ya.

Air Terjun Polo Agung

Air Terjun Polo Agung
by instagram @jayasudadio

Air terjun ini berada di Desa Sokorejo, Kecamatan Wrinin, atau sekitar 40 Km sebelah timur pusat Kota Bondowoso. Air terjun ini menawarkan pemandangan tebing megah dengan aliran air yang segar. Di tempat wisata terbaru Bondowoso ini, kalian dapat duduk cukup dekat dengan aliran air terjun ini.

Pendakian Gunung Raung

Pendakian Gunung Raung
by instagram @garudaiken

Gunung Raung merupakan salah satu gunung yang menjadi pembatas tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Bondowoso. Pendakian ke Puncak Gunung Raung ini merupakan salah satu aktivitas anak muda yang lagi hits. Gunung Raung ini memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut, serta memiliki kaldera dengan kedalaman 500 meter. Perlu diwaspadai, bahwa Gunung Raung merupakan salah satu gunung yang masih aktif di Jawa, dan selalu mengeluarkan asap. Pemandangan dari puncak gunung ini sangat menakjubkan.

Pegunungan Hyang Bondowoso

Pegunungan Hyang Bondowoso
by instagram @ahmadmuharramzainul

Pegunungan Hyang memiliki puncak tertinggi, yaitu Gunung Argopuro dengan ketinggian 3.008 meter di atas permukaan laut. Pegunungan Hyang ini menyimpan potensi alam yang menakjubkan karena memiliki pemandangan indah dari ketinggian yang tidak ada duanya. Wisata alam di Bondowoso ini perlu kalian jadikan referensi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Taman Krocok di Bondowoso

Taman Krocok di Bondowoso
by instagram @khairunnissarahmawati

Taman Krocok merupakan wilayah perbukitan dan pegunungan yang menjadi jalur alternatif Bondowoso – Situbondo. Tempat wisata Bondowoso Jawa Timur ini cocok sekali dijadikan sebagai trek lintas alam bagi para pecinta petualangan.

Taman Bunga Villa Afdeling Jampit

Taman Bunga Villa Afdeling Jampit
by detik.net.id

Tempat wisata ini merupakan salah satu villa bergaya arsitektur indies yang terletak di kawasan Jampit, Kabupaten Bondowoso. Wisata Bondowoso Jatim ini memiliki berupa taman bunga berbagai macam varian, dan disusun menjadi berbagai macam bentuk. Suhu di lokasi ini cukup sejuk, yaitu antara 18 – 20 derajat celcius. Biasanya, para wisatawan akan berfoto di depan Villa klasik ini.

Kebun Stroberi Organis Afdeling Jampit

Kebun Stroberi Organis Afdeling Jampit
by rollaasarabicahomestay.com

Berdekatan dengan Taman Bunga Villa afd. Jampit, kalian dapat berkunjung ke kebun stroberi yang dikelola oleh PTPN XII. Di tempat ini kalian bisa merasakan dan juga menikmati berbagai olahan stroberi.

Bukit Seranding Bondowoso

Bukit Seranding Bondowoso
by instagram @il_ham101

Di lokasi ini, kalian dapat melihat sunrise dari ketinggian 300 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata terbaru di Bondowoso ini masih belum diketahui oleh banyak orang, dan belum dikelola dengan baik oleh masyarakat ataupun pemerintah daerah. Untuk memasuki objek wisata ini, kita tidak dikenakan biaya, alias gratis. Lokasi wisata ini terletak di Maskuning Wetan, Kabupaten Bondowoso.

Puncak P28 Bondowoso

Puncak P28 Bondowoso
by instagram @ardhia_ep

Salah satu lokasi favorit selfie di Bondowoso adalah Puncak P28 yang memiliki ketinggian 1674 mdpl. Panorama wisata Bondowoso P28 ini sangat memukau, karena menawarkan keindahan pemandangan pegunungan yang dipadukan dengan berbagai macam hiasan romantis, salah satunya sebuah ornamen berbentuk hati. Apabila datang ke tempat ini, jangan lupa selalu menjaga keselamatan berkendara ya guys. Tempat wisata di Bondowoso ini terletak di Dusun Patirana, Desa Wonosari, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso.

Kunjungi :  Eksotisme Air Terjun Cantik Curug Dengdeng Tasikmalaya

Rawa Indah Almour Bondowoso

Rawa Indah Almour Bondowoso
by instagram @taufiqirahman

Wisata Bondowoso Rawa Indah Almors merupakan alah satu destinasi wisata keluarga baru di Kabupaten Bondowoso. Lokasi wisata ini terletak di Desa Alas Sumur, Kecamatan Pujer. Di tempat ini, kalian dapat menaiki perahu getek untuk menyusuri indahnya rawa-rawa yang pada saat ini banyak ditumbuhi bunga. Selain itu, wisatawan juga dapat memancing ikan nila segar dengan harga 15.000 per kilo. Selanjutnya, kalian juga dapat menikmati adrenalin wahana flying fox, dengan biaya sebesar 5.000 rupiah saja. Murah sekali.

Bukit Putus Wringin Bondowoso

Bukit Putus Wringin Bondowoso
by instagram @_eny11

Salah satu objek wisata baru yang menjadi andalan tempat wisata Bondowoso dan sekitarnya adalah Puncak Bukit Putus. Lokasi wisata ini berada di Sumber Canting, Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Bukit Apetlepet Bondowoso

Bukit Apetlepet Bondowoso
by instagram @adisusanto10

Bukit Apetlepet ini berada di kawasan kaki Gunung Ijen, dengan keindahan alang-alang yang dapat menghilangkan stress Anda. Di sini kalian dapat menikmati sensasi relaksasi yang menenangkan.

Bukit Maha Desa Bondowoso

Bukit Maha Desa Bondowoso
by i.ytimg.com

Salah satu destinasi wisata baru di Bondowoso adalah Bukit Maha Dewa. Lokasi peta wisata Bondowoso ini terletak di Desa Kupang, Kecamatan Curahdami, atau 25 kilo meter dari pusat Kota Bondowoso. Bukit ini terletak di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Wisatawan dapat melihat pemandangan alam dari ketinggian yang menakjubkan. Rencananya, objek wisata ini juga akan disediakan wahana flying fox sepanjang 2 kilo meter.

Puncak Scorpio Wringin Bondowoso

Puncak Scorpio Wringin Bondowoso
by bp.blogspot.com

Salah satu lokasi terbaru lainnya di Wringin Bondowoso adalah Puncak Wringin. Di sini, kalian dapat menikmati keindahan alam dari ketinggian. Apabila hari cerah, kalian dapat melihat gunung-gunung yang mengelilingi Bondowoso. Puncak Scorpio ini belum begitu dikelola dengan baik, dan masih dalam tahap pengerjaan untuk menjadi destinasi unggulan di Kabupaten Bondowoso.

Jembatan Desa Gubrih Bondowoso

Jembatan Desa Gubrih Bondowoso
by blogspot.com

Salah satu desa asri yang banyak menjadi lokasi foto para aktivis Instagram adalah jembatan Desa Gubrih, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso. Di lokasi ini, kalian dapat menikmati suasana pedesaan yang damai dan sejuk, sehingga membuat kalian betah berlama-lama di tempat tersebut.

Taman Galuh di Bondowoso

Taman Galuh di Bondowoso
by instagram @tiapitripitri

Lokasi ini merupakan salah satu “hidden paradise” yang berlokasi di Kaki Gunung Crengih. Di tempat tersebut, kalian dapat menikmati hamparan perbukitan yang memanjakan mata. Tempat wisata di Bondowoso ini menawarkan tantangan bagi kalian yang memiliki jiwa survivor.

Tancak Maesan

Tancak Maesan
by instagram @gus_jayaaa

Air Terjun Busa

Air Terjun Busa
by instagram @syawalnesia_traveler

Gunung Argapura

Gunung Argapura
by instagram @@tyuniar93

Batu So’on Bondowoso

Batu So'on Bondowoso
by instagram @s.a.prayogi

Wisata Bondowoso Jatim memang sungguh menakjubkan. Bagaimana ulasan Bondowoso wisata yang sudah kami sajikan, apakah kalian sudah cukup membantu Anda menemukan dan juga menentukan destinasi wisata di sekitar Bondowoso selanjutnya? Apabila kalian sedang menikmati tempat wisata di Bondowoso Jawa Timur, sempatkan pula untuk menikmati lezatnya wisata kuliner di Bondowoso. Jangan lupa juga untuk mengunjungi ulasan-ulasan destinasi wisata di tempatwisataindoensia.id , seperti mengenai wisata Situbondo, Wisata Banyuwangi, serta wisata Probolinggo.

1 Comment
  1. mex publisher says

    wah ini sangat menginspirasi saya buat jalan jalan…
    info yang sangat menarik

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */