26 Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur

0

Tempat Wisata di Kediri Jawa Timur –  Jika Anda ingin menggali berbagai tempat wisata di Jawa Timur, Anda harus mencoba berkunjung ke kota Kediri. Kota yang menyimpan banyak sejarah panjang di masa lalu ini menyimpan banyak tempat wisata Kediri yang seru yang tentunya akan memuaskan liburan Anda walaupun hanya menghabiskannya di satu kota saja. Ya, Kediri dapat menjadi salah satu referensi destinasi wisata Anda karena wisata Kediri menyimpan banyak keseruan yang siap menemani Anda selama berlibur di sana. Ada belasan tempat menarik yang sayang jika terlewat jika Anda wisata kota Kediri. Apa saja ya? Berikut ulasannya.

Wisata Alam

Wisata alam merupakan wisata yang selalu Anda dan didukung penuh oleh pemerintah untuk dikembangkan agar lebih maju. Tiap daerah di Indonesia sangat mengunggulkan wisata alamnya untuk dijadikan ikon pariwisata di daerahnya. Terdapat berbagai wisata alam Kediri yang akan menyambut Anda dengan panorama yang khas pegunungan dengan udara yang sejuk dan menentramkan. Mari kita simak berbagai tempat wisata di Kediri tabanan yang berbasis alam ini.

Gunung Kelud

gunung-kelud
by instagram @arifhanafi77

Tujuan wisata alam yang favorit di Kediri adalah mengunjungi gunung Kelud. Kita dapat merasakan sensasi berada di puncak gunung tanpa harus mendaki dengan banyak perlengkapan dan menempuh waktu khusus dengan menyusuri hutan. Puncak gunung Kelud ini dapat Anda jangkau dengan mudah karena terdapat jalan yang sudah sangat rapi dan beraspal yang dapat ditempuh untuk mencapai puncaknya dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Sehingga tidak hanya para pendaki saja yang dapat menikmati pemandangan puncak, para wisatawan biasa juga bisa menikmatinya dengan mudah. Gunung yang pernah meletus ini menjadi wisata di Kediri yang diunggulkan.

Sumber Ubalan

sumber-ubalan
by instagram @laykaikaa

Apa itu Sumber Ubalan? Sumber Ubalan adalah salah satu wisata alam yang dapat Anda kunjungi di Kediri. Merupakan tempat wisata alam yang berada di dalam area hutan lindung, Sumber Ubalan menyuguhkan sensasi berbeda dalam berlibur. Selain dapat menikmati kesejukan udara dan rimbunan pepohonan di sini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang dan melihat mata air yang tenang dengan di huni ikan-ikan yang sangat dilindungi. Walaupun Anda berhasrat berenang karena airnya yang sangat bersih, Anda tidak boleh berenang ataupun memancing di sini. Wisata Kediri Jawa Timur yang sangat nyaman ini dapat Anda jangkau dengan menyusuri jalan sepanjang 15 km jika ditempuh dari kota Kediri.

Goa Selomangleng

goa-selomangleng
by instagram @bendottetapsemangat

Goa ini merupakan salah satu tempat yang harus ada dalam peta wisata Kediri yang Anda miliki. Goa Selomangleng merupakan tempat dengan cerita rakyat yang kental. Goa indah ini konon merupakan tempat mengasingkan diri dan tempat pertapaan dewi Kilisuci yang tidak mau menerima tahta yang diturunkan oleh ayahnya pada dirinya. Terdapat relief cantik di dalam goa yang menambah keindahan goa yang tidak terlalu luas ini. Anda dapat menjangkaunya dengan menempuh perjalanan sejauh 7 km dari kota Kediri.

Kunjungi :  26 Tempat Wisata di Mojokerto dan Sekitarnya yang Murah

Wisata Air

Siapa yang tidak suka bermain air? Objek wisata Kediri yang berbasis wisata iar selalu menjadi salah satu yang populer. Di Kediri terdapat beragam obyek wisata air baik yang modern atau yang alami seperti wisata Kediri air terjun Parijotho sesuai dengan preferensi Anda.

Gumul Paradise Island

gumul-paradise-island
by instagram @marthin47

Gumul Paradise Island merupakan slaah satu wahana permainan air yang termasuk dalam wisata Kediri Jatim yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Di sini tersedia beberapa kolam dengan beberapa aktraksi permainan yang berbeda dan tentunya sangat mengasyikan bagi Anda yang menyukai permainan air. Anda dapat mencoba berbagai macam seluncuran atau slide dengan bebagai tipe, yaitu slide yang mengAndalkan kecepatan dan slide tubuh, kolam tumpah dan beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti fliying fox, food court, masjid, dan lainnya yang tentunya menambah kenyamanan Anda dan keluarga jika berlibur kesini.

Air Terjun Dolo

air-terjun-dolo
by instagram @aakhsin

Air terju ini merupakan air terjun di Kediri yang sangat terkenal. Yang menjadi daya tarik yang menggugah minat pengunjung adalah view air terjun yang sangat indah dan suasana yang sangat sejuk sehingga menbuat para pengunjung menjadi betah berlama-lama di sini untuk hanya sekedar duduk-duduk menikmati keindahan alam. Anda dapat menemukan air terjun ini di Besuki, desa Jugo, Mojo, Kediri. Anda dapat mencapainya dengan menempuh perjalanan sepanjang 25 km jika dari pusat kota Kediri. Lokasinya yang berada di dataran tinggi dengan tinggi 1.800 mdpl, air terjun ini dapat menjadi salah satu yang menarik minat wisatawa karena pemandangannya serta udaranya yang menyejukan.

Air Terjun Irenggolo

air-terjun-irenggolo
by instagram @ibrahim.erik95

Satu lagi air terjun yang bisa Anda kunjungi di Kediri. Air terjun Irenggolo adalah air terjun indah yang dapat Anda temukan dengan berkendara selama 30 menit atau sejauh 20 km dari kota Kediri. Menyuguhkan pemandangan daerah pegunungan yang asri menjadi ciri khas utama air terjun ini. Di sini Anda juga dapat melakukan kegiatan menarik karena di air terjun ini dilengkapi area camping, hutan teduh yang dapat Anda jelajahi, serta area hiking dan jogging.

Konto River Rafting

sungai-konto
by instagram @rezzaabe

Ini nih wisata yag cocok pagi para pemburu jeram. Konto River Rafting menyuguhkan wisata kota Kediri yang lebih ekstrim dan menantang. Anda dapat mencoba jeram ekstrim di sungai konto dengan menempuh perjalanan sejauh 40 km dari kota Kediri. Dengan jarak rafting atau arung jeram yang panjang yaitu sekitar 13 km Anda akan dipuaskan dengan berbagai jeram yang menantang dan ekstrim. Siap untuk mencoba?

Kunjungi :  Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Jombang dan Sekitarnya

Pagora

pagora
by instagram @kezia_mamahit612

Pagora merupakan tempat wisata di Kediri dekat stasiun yang menyuguhkan wisata keluarga yang nyaman dengan fasilitas yang dapat dibilang lengkap dan tiket masuk yang terbilang murah. Berada di depan stadion Brawijaya, tempat wisata ini menjadi sangat mudah untuk untuk ditemukan dari arah manapun. Wisata yang mengangkat kolam renang sebagai fasilitas utamanya ini juga dilengkapi dengan kolam pancingan, berbagai permainan anak, dan pentas musik setiap hari libur. Ada juga mini zoo dan sepeda air yang menarik minat anak-anak untuk berkunjung ke sini.

Kediri Water Park

kediri-water-park
by instagram @dianaprilia_242

Kediri Water Park merupakan salah satu wisata Kediri dan sekitarnya yang juga sangat dikenal. Hal tersebut karena tempat ini merupakan salah satu water park terbesar di Jawa Timur. Di wisata Kediri terbaru ini Anda dapat mencoba seluncuran yang merupakan selincuran terpanjang di asia. Wah seperti apa yang rasa nya? Pasti sangat seru dan mengasyikan. Ada juga monorail dan gondola loh, bagi Anda yang ingin menikmati penadangan malam hari kota Kediri, gondola dan monorail ini menjadi tempat yang pas. Karena fasilitasnya yang lengkap, tempat ini dapat Anda jadikan salah satu tujuan wisata Anda di kota Kediri yang tentunya bakal mengasyikan dan seru.

Wisata Pendidikan dan Sejarah

Obyek wisata Kediri yang terkenal lainnya adalah wisata pendidikan dan sejarahnya. Terdapat beberapa situs sejarah yang dapat Anda kunjungi. Ada pula kampung inggris yang pastinya sudah Anda kenal.

Monumen Simpang Lima

monumen-simpang-lima
by instagram @annisarezaa

Monumen ini terkenal karena bentuknya yang mirip dengan salah satu bangunan di Paris. Ya, monumen simpang lima berbentuk seperti pintu gerbang besar Arc De Triomphe yang ikonik di Paris. Hal ini membuat monumen ini sering diburu para wisatawan untuk sekedar perfoto di monumen yang menjadi penghubung 5 jalan utama di Kediri ini.

Kampung Inggris

kampung-inggris
by instagram @_duaransel

Kampung inggris merupakan unggulan dari wisata Pare Kediri. Kenapa demikian? Hal ini karena tempat wisata Kediri di Pare ini sangat populer terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa yang ingin memperdalam kemampuan penguasaan bahasa inggris mereka. Di kampung ini Anda akan mendapati ratusan lembaga bimbingan belajar bahasa inggris yang siap membantu Anda untuk meningkatkan level berbahasa inggris Anda. Puncak keramaian pengunjung kampung inggris di Pare ini adalah pada saat musim liburan sekolah dan musim peralihan semester perguruan tinggi karena pada musim-musim tersebt banyak siswa yang ‘mondok’ atau menginap selama seminggu atau sebulan untuk memperdalam bahasa inggris mereka. Kampung ini menjadi sangat terkenal karena unik dan menarik minat banyak orang yang ingin belajar bahasa inggris dengan intens.

Kunjungi :  Kebun Binatang Mangkang Semarang, Taman Margasatwa Yang Asyik

Candi Surawana

candi-surawana
by instagram @fyndi_aw

Banyak situs candi yang dapat ditemukan di seantero Indonesia. Di Kediri sendiri Anda dapat menemukan candi surawana tidak jauh dari kampung inggris di Pare. Candi hindu ini dibangun pada masa kerajaan wengker sekitar abad ke 14 untuk menghormati raja wengker yang wafat pada tahun 1338. Candi dengan ukuran cukup kecil yaitu sekitar 8×8 meter ini terletak di desa canggu, Pare.

Candi Tegowangi

candi-tegowangi
by instagram @mazidah.nf

Salah satu candi lain yang dapat Anda temukan di Kediri adalah candi Tenggowangi. Cerita sejarah Kediri banyak ditemukan di candi ini sehingga candi ini dikenal sebagai candi yang menyimpan sejarah masa lampau kota Kediri. Para pecinta wisata sejarah pasti akan senang mengunjungi situs ini karena keunikan serta nilai sejarahnya yang sangat tinggi. Kompleks candi ini berbentuk persegi panjang yang unik.

Tjoe Hwie Kiong

tjoe-hwie-kiong
by instagram @tjoe_hwie_kiong

Tjoe Hwie Kiong merupakan suatu kuil yang dibangun pada masa penjajahan dahulu. Kuil yang berada di tengah kota Kediri yakni di jalan Yos Sudarso 148 ini merupakan bangunan bersejarah yang dibangun tepat di tepi sungai Brantas. Kuil ini terkenal dengan pertunjukan wayang nya yang diadakan pada bulan Mei dan Juni.

Gereja Puh Sarang

gereja-puh-sarang
by instagram @arfian_aan

Gereja ini menjadi wisata Kediri yang unik dan layak Anda kunjungi karena arsitektur nya yang sangat unik. Perpaduan antara arsitektur majapahit dan gaya eropa yang digabungkan dengan sangat apik merupakan salah satu wujud penggabungan agama kristen dengan budaya lokal. Dibangun pada tahun 1931 yang dipelopori oleh Yohanes Humbertus Wolters CM, gereja tua ini dapat Anda temukan di Kediri barat sekitar 10 km barat kota Kediri. Nama puhsarang diambil dari nama desa tempat gereja tersebut berdiri yakni desa Puhsarang.

Wisata kuliner

sate-bekicot
by instagram @kekecoo_eco

Wisata kuliner Kediri yang harus Anda coba adalah sate bekicot. Walaupun terdengar menjijikan, sate dengan kandungan protein yang tinggi sangat nikmat disantap loh. Rasanya yang nikmat dapat Anda cicipi dengan harga seporsi yang murah tentunya dapat menjadi salah satu referensi kuliner Anda. Sate ikonik ini juga dapat dengan mudah Anda temukan di desa Jarak, Plosokaten, dekat dengan sumber Ubalan.

Itulah berbagai wisata Kediri hits yang dapat Anda kunjungi diwaktu liburan Anda. Ada dapat memilih liburan seperti apa yang akan Anda lakukan, apakah berolahraga ekstrim atau wisata sejarah. Dapat juga wisata alam atau berburu foto. Semua dapat Anda lakukan Wisata di kota Kediri.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */