Surganya Wisata Indonesia

Harga Tiket Masuk Wahana Wisata Taman Pintar Jogja

0
Harga Tiket Masuk Wahana Wisata Taman Pintar Jogja
Nilai Artikel Ini

Taman Pintar Jogja – Libur sekolah selalu menjadi saat yang ditunggu-tunggu oleh si kecil, apalagi jika sudah dijanjikan pergi berlibur. Meskipun begitu, euforia liburan tidak berarti hanya bersenang-senang tanpa tambahan ilmu pengetahuan bagi sang buah hati. Apalagi jika sedang berada di Yogyakarta yang notabene memiliki sangat banyak lokasi piknik yang menyenangkan. Beragam destinasi wisata di Jogja yang edukatif dapat menjadi pilihan untuk dikunjungi sembari mengisi waktu libur. Salah satunya adalah taman pintar.

Gedung Oval
Instagram by @tamanpintar_yogyakarta

Taman pintar di Jogja adalah tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi karena menyediakan beragam wahana edukatif. Meskipun begitu, permainan yang dipenuhi dengan eksperimen sains ini tidak akan menimbulkan kejenuhan, bahkan cenderung menyenangkan. Dengan ketenaran dan manfaat dari beragam wahana rekreasi ini, tak heran jika banyak yang membuat makalah taman pintar Yogyakarta. Maka tidak ada salahnya, bahkan sangat disarankan bagi Anda yang sedang berwisata keluarga untuk mengunjungi wahana bermain sambil belajar di taman pintar. Apalagi jika Anda merupakan bagian dari instansi sekolah formal, tentu sangat berkesan di hati peserta didik jika diajak berkunjung ke taman pintar.

Sejarah Taman Pintar

Sebelum disulap menjadi tempat rekreasi, bangunan yang saat ini digunakan sebagai taman pintar di Jogja adalah shopping center. Relokasi area dimulai pada tahun 2004 dengan beberapa tahapan dalam pembangunan yang dilakukan. Empat tahun kemudian, tepatnya 16 Desember 2008, digelar grand opening yang dihadiri langsung oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.

Pembangunan tahap I dimulai dengan Playground dan gedung PAUD Barat serta Timur. Peresmian dilakukan oleh Bambang Soedibyo selaku Mendiknas dalam sift opening I tanggal 20 Mei 2006. Pembangunan tahap II berupa Gedung Obal lantai I dan lantai II serta gedung kotak lanati I. Peresmian dilakukan dalam soft opening II oleh Mendiknas Bambang Soedibjo ditemani Menristek Kusmayanto Kadiman dan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Pembangunan tahap akhir adalah gedung kotak lantai II dan lantai III, gedung memorabilia, serta tapak presiden.

Kunjungi :  Nyantai dan Belajar di Eco Green Park Malang Jawa Timur
Paud Taman Pintar
Instagram by @tamanpintar_yogyakarta

Diberi nama “Taman Pintar” karena tempat ini akan memfasilitasi anak-anak usia sekolah maupun pra sekolah untuk berkenalan secara langsung dengan sains. Mengingat perkembangan sains yang begitu pesat, sehingga diharapkan bangsa Indonesia tidak hanya menjadi pangsa pasar, tetapi juga mampu menciptakan. Demikianlah sejarah taman pintar Jogja yang hingga kini terus menyajikan wahana menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi si kecil.

Harga Tiket Masuk Taman Pintar Jogja

Harga tiket masuk Taman Pintar Jogja (non rombongan) adalah 10.000 rupiah untuk anak-anak dan Rp.18.000 untuk dewasa. Harga tersebut hanya sebagai destribusi masuk saja, belum termasuk biaya menikmati beberapa wahana Untuk mencoba wahana theater 3D, dikenakan biaya Rp.20.000 untuk umum, 15.000 untuk pelajar, dan 15.000 untuk rombongan minimal 20 orang.

Di zona program kreativitas, tiket kreasi batik sama seperti kreasi gabah dan hand on science sebesar 5.000 rupiah (anak-anak dan dewasa). Sedangkan harga lukis kaos untuk anak-anak adalah 30.000 dan dewasa 40.000 rupiah. Kemudian jika ingin latihan menjadi presenter TV Anda akan dikenakan biaya 10.000 rupiah, baik anak-anak maupun dewasa.

Gedung Planetarium
Instagram by @tamanpintar_yogyakarta

Wahana Taman Pintar Jogja berupa gedung PAUD yang khusus untuk anak usia 2-7 tahun dihargai 3.000 rupiah per anak. Sedangkan zona planetarium yang dibukan untuk semua umur dapat dinikmati setelah membeli tiket sebesar 15.000 per orang. Biaya yang dikenakan tersebut sama seperti di zona wahana bahari. Sedangkan untuk harga tiket masuk taman sari yogyakarta yang berlokasi tidak terlalu jauh dari taman pintar sudah kita bahas pada artikel sebelumnya.

Jika Anda ingin membawa rombongan sekolah, prosedur yang dilalui adalah sebagai berikut:

  1. Menuju ke pengelola Taman Pintar dengan membawa surat pemberitahuan kunjungan dari sekolah.
  2. Jumlah minimal rombongan sekolah adalah dua puluh orang yang terdiri dari guru dan siswa.
  3. Pada hari Minggu atau hari libur nasional, prosedur pendaftaran rombongan tidak dapat berlaku.

Wahana di Taman Pintar

Terdapat tiga gedung utama yang menyediakan beragam wahana di Taman Pintar Jogja, yaitu gedung kotak, oval, dan memorabilia. Saat ini taman pintar memiliki 35 zona dengan 3.500 alat peraga. Untuk gedung kotak sendiri memiliki 10 wahana, yaitu replika candi Borobudur, pengolahan susu, peraga turbulensi, koleksi keris, batik, tokoh wayang, planning city, air untuk kehidupan, dan pengolahan minyak gas dan bumi.

Kunjungi :  Lokasi, Tiket Masuk dan Mitos Curug Cinulang Cicalengka Bandung

Sedangkan di gedung oval tersedia 12 wahana yaitu aquarium air tawar, generator van de graaf, zona nuklir, cuaca iklim dan gempa, pojok kreasi sains, kehidupan purba, zona argo, terowongan ilusi, pojok kreasi sains, generator pedal, zona teknologi komunikasi, dan TV trainer. Kemudian di gedung memorabilia, sesuai dengan namanya menyediakan wahana yang berkaitan dengan sejarah, yaitu sejarah kesultanan keraton, tokoh pendidikan dan kepustakaan kepresidenan.

Wisata Taman Pintar Jogja
Instagram by @tamanpintar_yogyakarta

Di samping tiga gedung utama tersebut, terdapat gedung PAUD Barat dan Timur yang menyediakan permainan edukatif bagi anak TK dan pra-TK. Kemudian disediakan playground sebagai ruang publik dengan beragam alat peraga gratis dan menyenangkan bagi keluarga. Selanjutnya taman pintar di Jogja juga memiliki planetarium yang memberi fasilitas berupa pertunjukan film pengetahuan tentang antariksa dan tata surya.

Selain itu tersedia juga fasilitas taman pintar Yogyakarta yang memudahkan pengunjung. Seperti lapangan parkir, toilet, atm center, foodcourt, ruang kesehatan, mushola, pusat informasi, pelayanan pengunjung, dan lift khusus difable. Terdapat juga beberapa space yang bisa disewa seperti exhibition hall untuk pameran sekolah atau instansi dalam ruang. Lalu ruang audiovisual yang berkapasitas sekitar 40 orang. Dan ada juga playground yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat pameran luar ruang bagi sekolah atau instansi.

Lokasi Taman Pintar

Alamat Taman Pintar Jogja adalah di Jalan Panembahan Senopati No.1-3 Yogyakarta, kurang lebih 200 meter dari timur perempatan Malioboro. Lokasinya berada di pusat kota dan berdekatan dengan objek wisata lain, seperti Benteng Vredeburg, Malioboro, Istana Negara, dan Keraton Yogyakarta. Tak jauh dari sana juga terdapat taman budaya dan shopping center yang merupakan tempat penjualan buku dengan puluhan toko di dalamnya. Namun rute menuju air terjun sri gethuk cukup jauh jika ditempuh dari taman pintar.

Kunjungi :  Keindahan Panorama Perbukitan Kapur Pantai Suwuk Kebumen

Wisata taman pintar Jogja buka jam 9 pagi hingga jam 4 sore setiap selasa hingga minggu. Untuk hari senin taman pintar tidak dibuka kecuali saat hari libur nasional. Nomor telpon yang bisa dihubungi (0274) 583631, 583713. Dan fax (0274) 583664.

Gambar Taman Pintar Jogja

Halaman depan taman pintar

Playground di depan gedung kotak

Gedung oval

Gedung planetarium

Menyenangkan sekali, bukan, jika bisa berwisata bersama keluarga sambil tetap menambah ilmu pengetahuan terutama yang berkaitan dengan sains. Pastikan datang di jam dan hari ketika taman pintar sedang dibuka, ya. Jika Anda ingin menikmati keindahan alam di Jogjakarta, bisa dengan paket Goa Jomblang Jogja yang telah kami review sebelumnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */