Surga Tersembunyi Pantai Seruni Gunung Kidul

0

Pantai Seruni Gunung Kidul – Yogyakarta selalu saja memberikan suguhan pemandangan eksotis dan menawan. Perbukitan yang indah untuk menikmati momen romantis di waktu senja, ataupun sejuknya udara dingin menyambut datangnya mentari di ufuk timur bisa dinikmati di salah satu dari sekian banyak wisata  Gunung Kidul. Terlebih membicarakan keindahan pantai-pantainya yang berjajar, menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan-wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung menikmatinya.

Ya, mungkin ketika sebagian orang mendengar nama pantai yang terdapat di Gunung Kidul langsung menyebutkan seperti Pantai Baron maupun Paintai Indrayanti. Karena pantai tersebut memang tersohor di kalangan wisatawan-wisatawan lokal. Namun, ketika pengunjung masih berada di lingkup pantai daerah Gunung Kidul, tidak ada salahnya mencoba mendatangi Pantai Seruni. Mungkin sebagian orang baru mendengarnya, karena memang Pantai Seruni ini masih sepi pengunjungnya, jadi belum viral di kalangan wisatawan asing.

Asal Usul dan Jalan Menuju Lokasi Pantai Seruni Gunung Kidul

Rute Jalan Menuju Air Terjun Pantai Seruni Gunung Kidul
Instagram by @ramafotos

Namun dengan adanya media sosial seperti instagram, banyak traveller muda mendatangi dan menikmati keindahan Pantai Seruni ini yang masih sangat alami dan eksotis, lalu mengunggah spot foto apik di instagram mereka. Pantai Seruni ini termasuk deretan pantai indah lainnya di Gunung Kidul, Pantai Seruni sendiri terletak di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Keindahan Pantai Seruni yang selalu kita dengar di media sosial selama ini ternyata memang benar adanya.

 

Ciri khas keindahan Pantai Seruni ini  adalah dengan pasir putihnya yang cukup luas sehingga membuat pengunjung dimanjakan dengan keindahannya serta cocok untuk bermain-main di tepi pantainya, seperti bermain volly, sepak bola pantai dan lain sebagainya. Pantai Seruni juga diapit tebing-tebing yang menjulang tinggi dan menjadikan pantai ini tersembunyi dari manusia.

Kunjungi :  Air Terjun Coban Sewu Malang yang Ciamik nan Cantik

Lokasi Pantai Seruni Gunung Kidul ini sebenarnya satu arah dengan Pantai Poktunggal yang sudah lama dikenal bagi kalangan wisatawan dari pada Pantai Seruni, namun pantai ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi karena pemandangan yang tak kalah apiknya dari pantai-pantai yang berada di Gunung Kidul. Sebagian orang menjuluki pantai ini dengan emas yang tersembunyi.

Lokasi Pantai Seruni Gunung Kidul

Alamat Pantai Seruni ini terletak di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, atau sekitar 70 Km dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk sampai ke lokasi Pantai Seruni Gunung Kidul ini juga cukup mudah, terdapat dua rute untuk sampai di sini. Rute yang pertama : dari Yogyakarta, melaju ke arah Wonosari , lalu terus saja mengikuti plang yang terdapat di jalan dengan menuju Pantai Baron, setelah itu menuju ke arah Pantai Kukup, terus saja hingga Pantai Krakal, Indrayanti , dan sampailah di Pantai Seruni. Rute yang kedua : dari Yogyakarta, ambil arah ke Wonosari, selanjutnya menuju Desa Tepus, dan sampai di Pantai Seruni.

Pantai Seruni Gunung Kidul
Instagram by @wachidab

Rute menuju ke Pantai Seruni Gunung Kidul hampir sama dengan rute menuju ke Pantai Pok Tunggal. Perbedaannya saat tiba di persimpangan jalan setelah jalan cor semen habis, untuk menuju ke pantai Seruni mengambil jalan ke arah kiri sedangkan Pantai Pok Tunggal ke arah kanan. Akses menuju Pantai Seruni saat ini mulai mudah ditempuh setelah dilakukan pembukaan akses jalan meskipun masih berupa jalan tanah bercampur batu.

Aktifitas yang mungkin Anda lakukan ketika mengunjungi Pantai Seruni ini yaitu selain berfoto-foto  ria Anda juga bisa bermain air yang keluar dari tebing  dan bisa bermain air laut ,tapi dengan catatan jangan terlalu ke tengah karena ombak di pantai selatan Gunung Kidul terkenal akan keganasannya. Selain itu Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai ini dari bawah tebing atau bisa juga di bawah pohon yang berada di pantai ini. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati outbond kecil seperti futsal pantai, volly pantai, balap karung dan lain sebagainya karena memang pasir tepi pantainya yang cukup luas nan indah.

Kunjungi :  30 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta dan Sekitarnya yang Enak

Asal Usul Pantai Seruni Gunugn Kidul

Mengenai asal-usul nama ‘Seruni’ adalah bermakna emas, kurang diketahui apakah kaitan emas dengan keberadaan pantai ini. Namun yang jelas, pantai Seruni merupakan ’emas’ bagi masyarakat sekitar karena menjadi tempat bermatapencaharian utama yaitu berjualan dan mengelola kawasan pantai ini. Untuk harga tiket masuk pun jangan khawatir, Anda cukup membayar parkir sebesar kurang lebih Rp.3000 saja. Karena tiket masuk pantai Gunung Kidul berada di pintu masuk utama dan sudah bisa menikmati pantai-pantai di daerah indah nan menawan ini.

Pada waktu dan musim tertentu, ombak laut Pantai Seruni terlihat besar dan mencapai sebagian area pasir pantai. Dasar karang pantai yang biasanya terlihat saat ombak sedang tenang atau surut tampak tenggelam oleh gelombang air laut. Pengunjung dilarang berenang di laut ataupun bermain air karena cukup berbahaya. Rata-rata pengunjung yang datang ke Pantai Seruni hanya datang mendekati ombak laut di tepi pantai sebentar sambil berfoto ria. Bahkan bagi Anda seorang penikmat senja, Anda bisa mendirikan tenda dan bercamping ceria di Pantai Seruni jika ingin bermalam. Tentunya pengelola setempat menginzinkan, tetapi dengan syarat yang harus ditekankan yaitu selalu menjaga kebersihan lingkungan pantai supaya tetap terjaga keasriannya.

lokasi Pantai Seruni Gunung Kidul
Instagram by @ayyesaaa_

Namun sedikit informasi saja mengenai Air Terjun Pantai Seruni, bahwa jika Anda mengunjungi pantai ini dan ingin menikmati keindahan serta air terjunnya, datanglah disaat yang tepat, yaitu pada musim penghujan. Karena pada musim kemarau air yang keluar dari celah-celah tebing ini sedikit dan bahkan kering. Jadi untuk menikmatinya datanglah disaat yang tepat. Namun jika Anda tetap datang di musim panas tidak menjadi masalah, keindahan panorama pantai serta segarnya angin sepoi-sepoi bisa dinikmati sembari membeli makanan ringan atau minuman segar yang berada di warung-warung sekitar pantai.

Kunjungi :  Trip ke Pantai Pulau Peucang Pandeglang Banten

Nah, mungkin seperti itulah yang bisa dijelaskan mengenai Pantai Seruni Wonosari. Ajaklah teman-teman Anda atau pasangan Anda jika berada di daerah Gunung Kidul untuk mampir ke pantai yang indah ini. Tidak hanya Pantai Seruni saja, masih banyak wisata yang ada di Gunung Kidul lainnya yang patut untuk dikunjungi. Tidak terlalu jauh dari lokasi Pantai Seruni, terdapat pantai yang sangat asyik dan indah sekali pemandangannya, yaitu Pantai Sepanjang. Pantai yang mempunyai garis tepi pantai terpanjang dengan pasir putihnya bisa dijadikan referensi perjalanan wisata Anda.

Pantai Seruni
Instagram by @baggussw

Tidak hanya itu saja, Pantai Sadranan pun tidak kalah serunya jika dikunjungi. Selain wisatawan dapat menikmati panorama khas pantai sejuk nan damai, juga terdapat fasilitas yang cukup memadai seperti gazebo untuk beristirahat sejenak, serta warung-warung jika Anda lapar dan haus setelah mengitari tepi pantai. Terdapat aktivitas lebih seru dari pada berfoto atau bermain di tepi pantai, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati serta melihat pemandangan indah di dasar laut. Tentunya biaya snorkeling tidak terlalu mahal, Anda hanya dikenakan biaya Rp.35.000 saja per orangnya untuk lengkap dengan peralatan snorkeling seperti google, pelampung serta snorkel.  Atau jika wisatawan bosan dengan bermain air laut, terdapat Goa Pindul yang menjadi tempat rekomendasi untuk menikmati kegiatan tubing.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */