4 Tempat Wisata Alam di Magelang yang Wajib Dikunjungi

0

Tempat Wisata Alam di Magelang – Kalau urusan wisata alam yang mengasyikan, sepertinya anda harus mencantukan Magelang sebagai salah satu tujuan liburan anda bersama keluarga. Di wisata Magelang ini anda akan menemukan beberapa kawasan alam yang indah dan asyik untuk dikunjungi. Mulai wisata alam yang biasa sampai wisata alam yang menantang adrenalin anda.

Beberapa tempat wisata alam yang ada di Magelang kebanyakan terbentuk secara alami sehingga akan memberikan nuansa keindahan yang sangat terasa. Bila anda ingin mengetahui apa saja wisata alam yang dapat dikunjungi, mari simak ulasan tempat wisata alam di Megelang dan sekitarnya berikut ini.

Rafting di Sungai Progo Atas

Rafting di Sungai Progo Atas
Instagram by @nikenpradith

Pembahasan awal ini kita akan membahas obyek wisata alam di Magelang yang menantang adrenalin yaitu rafting atau arung jeram di sungai Progo atas. Sungai Progo memang terkenal dengan keindahan sungai bebatuannya. Wisata ini sangat cocok bagi anda yang menyukai petualangan dengan keceriaan dan ketegangan.

Melewati sungai bebatuan dengan arus yang lumayan kuat menggunakan perahu karet tentu akan memberikan kepuasan tersendiri. Segarnya air yang mengenai badan serta berbagai belokan-belokan perahu akan membuat perasaan berdesir tegang. Jarak yang ditempuh sekitar 12 km dengan durasi waktu kurang lebih sekitar 2-3 jam perjalanan.

Kalau anda belum pernah melakukannya dan penasaran dengan bagaimana sensasinya, datang ke lokasi rafting di sungai Progo adalah pilihan yang tepat. Anda akan mendapatkan bimbingan dari para ahli arung jeram. Mereka akan membimbing secara langsung dengan mengikuti arung jeram bersama anda.

Selain itu, keindahan di sekitar lintasan arung jeram juga sangat mengesankan. Beberapa tumbuhan hijau menghiasi pinggiran sungai ini. para pengunjung dapat menikmati arung jeram sambil melihat suasana sungai luas dan menyegarkan.

Kunjungi :  Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Varian Wisata Kampung Coklat Blitar 

Anda penasaran dengan olahraga alam ini? Langsung saja datang ke daerah Magelang dan pilih paket dari para penyedia jasa wisata di tempat ini. Mereka akan membantu anda menikmati keindahan alam ini.

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Instagram by @mhd_syahfuddin

Pernahkah anda berkunjung ke air terjun? Bila sudah, pasti anda akan ingat dengan udara dingin dan sejuk di sekitar air terjun. Rasanya sangat menyegarkan dan membuat pengunjung mau berlama-lama sambil menikmati air yang mengalir di bawahnya.

Air terjun yang mempunyai ciri-ciri di atas merupakan salah satu tempat wisata alam di daerah Magelang, tepatnya di kecamatan Sawangan. Jaraknya kurang lebih sekitar 3 km dari wisata Ketep Pass yang sangat fenomenal itu. Nama air terjunnya yaitu Kedung Kayang.

Untuk mencapai air terjun ini, anda harus melakukan trekking terlebih dahulu. Sebab letaknya yang cukup jauh dari tempat parkir kendaraan. Tapi, bagi para petualang seperti anda, tentu lintasan seperti ini akan sangat menyenangkan. Anda dapat merasakan keindahan alam secara langsung.

Bila anda sudah sampai ke spot air terjun, bisa dipastikan keletihan selama perjalanan akan terbayarkan dengan sempurna. Karena Kedung Kayang memiliki keindahan alam asri dan masih terjaga keaslianya. Suasana air terjun yang lekat dengan tumbuh-tumbuhan hijau dan bebatuan dapat anda temukan di air terjun ini. Sungguh sangat menyenangkan.

Selain air terjun, ternyata di tempat ini juga ada sebuah goa dengan lebar sekitar 2 meter dan tinggi sekitar 2,5 meter dengan panjang yang belum diketahui pastinya. Goa ini terletak di belakang air terjun dengan ketinggian sekitar 1,5 meter.

Nah.. bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam ini lebih lama, terdapat beberapa fasilitas yang ada di sekitar air terjun ini. Ada tempat penginapan, bumi perkemahan, dan tempat makan enak.

Kunjungi :  Rute Pendakian, Harga Tiket dan Fasilitas di Kawah Ijen Banyuwangi

Ketep Pass

Ketep Pass
Instagram by @wisata_magelang

Apakah anda ingin menikmati keindahan perbukitan dari ketinggian? Jika iya, anda bisa berkunjung ke Ketep Pass. Sebuah tempat wisata alam yang menawarkan panorama keindahan gunung dan area pertanian dari ketinggian. Tempat ini terletak di desa Ketep kecamatan Sawangan.

Tempat wisata alam di Kabupaten Magelang ini saat ini sedang naik daun, karena banyak para wisatawan yang menjadikan Ketep Pass sebagai salah satu destinasi wajib saat liburan tiba. Ada beberapa hal menarik yang dapat dilihat dari spot di Ketep Pass, diantaranya:

  • Pemandangan bekas awan panas Merapi. Dari Ketep Pass anda bisa melihat bekas luncuran awan panas Merapi atau sering dengan sebutan wedus gembel. Sungguh terlihat nyata seperti apa ganasnya awan panas gunung berapi menyapu daratan yang dilewatinya.
  • Perbukitan. Terdapat perbukitan yang sangat menawan ketika dilihat dari tempat ini. Iringan awan yang menyelimutinya terasa sangat sejuk terlihat. Apalagi anda melihatnya pada waktu pagi hari.
  • Area Pertanian. Area pertanian yang berbaris rapi dengan susunan khas pegunungan nampak sekali bila dilihat dari ketinggian Ketep Pass.

Selain pemandangan yang sangat menakjubkan, ternyata terdapat juga beberapa fasilitas yang disediakan untuk memanjakan pengunjung yang berkesempatan datang ke Ketep Pass. Fasilitas yang dimaksud adalah:

  • Museum Vulkanologi. Museum ini sangat bagus digunakan untuk menambah pengetahuan mengenai gunung berapi. Di dalam museum ini terdapat miniatur gunung Merapi beserta dengan jenis bebatuan hasil letusan gunung dari tahun ke tahun.
  • Teropong. Mata tanpa alat bantu mempunyai batasan dalam melihat sesuatu. Terkadang keterbatasan ini dapat mengurangi keindahan yang diterima. Nah.. pada area ini sudah disiapkan teropong. Teropong ini bermanfaat untuk melihat pemandangan alam sekitar Ketep Pass dengan lebih detail dan leluasa.
Kunjungi :  View Cantik Pantai Soge Pacitan Jawa Timur

Gunung Andong

Gunung Andong
Instagram by @mfkurniawan_

Selanjutnya kita akan membicarakan tempat wisata alam Magelang yang menantang. Yaitu terkait dengan pendakian. Dalam melaksanakan wisata ini diperlukan kebugaran tubuh serta ketepatan dalam memilih keadaan cuaca. Bila anda merasa tertantang dengan wisata pendakian anda bisa datang ke Gunung Andong.

Kalau dilihat dari puncaknya gunung Andong tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 1726 mdpl. Tapi bila sudah sampai di atasnya, pemandangan yang diberikan sangatlah luar biasa dan mempesona.

Birunya langit serta awan yang beriringan tertiup angin terlihat jelas dari puncak gunung Andong. Pesona alam yang sangat dinantikan oleh para pendaki. Dengan keindahan yang ada membuat para wisatawan harus berkorban mendirikan tenda-tenda di atas gunung ini.

Disaat cuaca yang bersahabat, pendakian gunung Andong hanya diperlukan waktu sekitar 1,5 jam saja. Pendakian ini tergolong dalam pendakian yang singkat. Tapi kualitas alam yang dihasilkan akan sangat terasa. Bagi para pendaki pemula, ketinggian gunung ini sangatlah tepat untuk dicoba.

Bila anda menyempatkan diri untuk bermalam di atas gunung Andong, anda akan terpukau di saat pagi harinya. Suasana sejuk ditambah dengan warna merah merekah terbitnya matahari dari ufuk timur sangat terlihat jelas dari ketinggian gunung ini. Inilah yang membuat para wisatawan sanggup bermalam sambil menunggu pagi hari datang.

Demikianlah 4 daftar tempat wisata alam di Magelang yang wajib dikunjungi. Beberapa tempat wisata alam di atas dapat menjadi solusi liburan yang menyenangkan. Nikmati keindahannya dan abadikan bersama keluarga. Maka, kenangan itu akan menjadi keindahan yang dapat dilihat di kemudian hari.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */