Indahnya Pesona Obyek Wisata Curug Putri Brebes

0

Curug Putri Brebes – Jawa Tengah memang selalu punya pesona bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bagaimana tidak, disebelah mana saja terdapat objek wisata yang luar biasa indahnya dan memiliki kearifan lokal yang kuat. Kali ini, di pesisir utara Pulau Jawa ini terdapat sebuah kabupaten yang memiliki berbagai objek wisata yang indah. Kota ini adalah Kabupaten Brebes, kota yang berada di ujung perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat di sisi utara. Ketika Anda berada di Brebes, atau hanya sekedar lewat, singgahlah sejenak untuk menikmati tempat wisata di Brebes. Salah satu objek wisata yang sering menjadi rekomendasi adalah Curug Putri Brebes.

Sejarah dan Rute Menuju Lokasi Curug Putri Brebes

Sebagai wisata alam di Brebes, tempat ini sangat menawan bagi Anda yang senang berpetualang untuk menjelajahi Indonesia. Air terjun ini indah sekali, meskipun pamornya masih kalah dengan wisata alam lainnya di Brebes seperti Ranto Canyon yang sudah terkenal di kalangan wisatawan muda karena indahnya pemandangan dan dikelilingi bebatuan tinggi yang menawan.

Lokasi Curug Putri Brebes

Air terjun menawan yang satu ini tepatnya berada di Dukuh Padanama, yang masih masuk wilayah Desa Mendala – Kecamatan Siamprog. Lokasinya memang tidak berada di jalur utama transportasi pantai utara yang terkenal. Akan tetapi, air terjun ini berada di area perbatasan ke selatan, yang mana disana terdapat perbukitan yang semakin melengkapi keindahan air terjun yang satu ini dimata para wisatawan.

Rute Curug Putri Brebes

Rute Curug Putri Brebes
Instagram by @rita_casna_aesih

Untuk menuju ke objek wisata alam satu ini, rute ke Curug Putri Brebes memang agak sulit untuk dijangkau karena lokasinya yang bisa dibilang agak masuk dan belum semua kendaraan dapat mengaksesnya. Untuk datang ke objek wisata yang satu ini, Anda disarankan sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor. Jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, Anda akan menemui kesulitan tersendiri karena jalan untuk menuju ke curug ini sangat sulit dan sempit.

Kunjungi :  Hits 22 Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri Terbaru

Perjalanan untuk menuju ke curug ini sekitar 30 menit dari jalan utama Tegal – Purwokerto bila Anda mengikuti peta Curug Putri Brebes dari arah jalan pantura. Akses menuju kesana memang agak sulit karena jalan menuju kesana masih belum diaspal semuanya. Selain itu, dari tempat parkir, Anda juga harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jaraknya sendiri tidak terlalu jauh, hanya sekitar 500 meter saja, akan tetapi bila Anda tidak terbiasa berjalan kaki, maka itu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Selain itu, medan yang dilalui juga terbilang terjal dan penuh dengan bebatuan. Dengan kondisi seperti itu, sebaiknya Anda menggunakan sepatu yang tertutup atau sandal gunung yang nyaman digunakan dalam medan yang menanjak.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena sepanjang Anda berjalan kaki, Anda akan ditemani oleh pemandangan indah dari sawah yang berada di kanan – kiri jalan menuju kesana. Hamparan hijau yang indah membuat rasa lelah Anda hilang, dan bisa saja tanpa terasa Anda sudah tiba di lokasi air terjun ini. Suasananya memang pedesaan dan jauh dari keramaian, sehingga lokasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur di tempat wisata yang tenang dan jauh dari keramaian. Kawasan ini memang dikenal sebagai penghasil padi terbesar di Kabupaten Brebes sendiri. Tanahnya memang dikenal subur, oleh karena itu tidak salah lagi bila banyak tanaman padi yang tertata indah di sepanjang mata memandang.

Sejarah Curug Putri Brebes

Sejarah Curug Putri Brebes
Instagra by @rita_casna_aesih

Menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat, air terjun ini dulunya memiliki dua curug, dan dikenal juga dengan Curug Kembar. Akan tetapi, karena debit air yang menurun seiring dengan berjalanannya waktu, hanya tersisa satu curug yang mengalir hingga saat ini. Meskipun demikian, air terjun ini tetap memiliki keindahan yang luar biasa yang tidak sia – sia rasanya setelah Anda menebusnya dengan perjalanan yang lumayan melelahkan.

Kunjungi :  29 Daftar Tempat Wisata di Purwakarta Paling Diminati Wisatawan

Nama dari air terjun yang satu ini juga bisa dibilang unik. Sebagian masyarakat percaya bahwa nama Curug Putri ini memiliki asal usul yang unik. Mitos Curug Putri Brebes sendiri berasal dari pengambilan namanya yang unik. Curug diartikan sebagai air terjun, sedangkan kata “putri” sendiri menurut para sesepuh di sekitar lokasi diartikan sebagai bidadari dari khayangan. Arti tersebut muncul karena menurut nenek moyang mereka, air terjun tersebut dulunya sebagai tempat mandinya bidadari khayangan. Menarik bukan? Memang air terjun ini memiliki cerita dan pemandangan yang tidak kalah menariknya.

Selain itu, keindahan air yang terjatuh semakin lengkap rasanya karena di kanan – kirinya terdapat tebing batu yang tampak indah dan seperti terukir dengan rapi sekali. Curug Putri daerah Brebes ini juga terbilang cukup tinggi. Ketinggian air terjun ini mencapai 35 meter, jadi Anda perlu berhati – hati bila berada tepat di bawah air terjun ini karena bisa saja Anda merasa kesakitan menahan air yang jatuh ini.

Curug Putri Brebes
Instagram by @pesona_brebes

Selain tebing yang indah, air terjun ini makin seksi karena tumbuhan hijau yang menyelimuti di sekitarnya. Tumbuhan – tumbuhan hijau tersebut menjadikan air terjun ini seakan – akan memang menghidupi alam sekitarnya. Jadi, selain keindahan alamnya, air terjun ini juga memiliki manfaat bagi kehidupan disekitarnya.

Walau demikian, obyek wisata Curug Putri Brebes ini masih bisa dibilang kurang diperhatikan oleh pemerintah. Hanya warga – warga sekitar yang peduli saja yang terus merawat dan memberikan pelayanan bagi Anda para wisatawan. Buktinya, akses utama untuk menuju ke air terjun ini masih saja belum dibangun dan dibuat layak untuk dilalui. Meskipun demikian, warga sekitar akan senantiasa menemani Anda selama berwisata disini, mulai dari mencarikan jalan akses, hingga kebutuhan – kebutuhan lainnya. Namun, untuk fasilitas seperti warung makan dan toilet umum memang belum tersedia disini. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum Anda datang kemari, pastikan Anda sudah membawa bekal dan cukup, dan akan lebih baik lagi apabila Anda tiba di objek wisata ini dengan kondisi perut yang sudah terisi kenyang.

Kunjungi :  21 Tempat Nongkrong Enak di Bekasi Malam Hari

Meskipun denah Curug Putri Brebes ini terbilang sulit untuk Anda akses, akan tetapi tidak ada salahnya bila Anda menjelajahi lokasi yang bisa dibilang anti mainstream ini. Karena masih sepi, air terjun ini terlihat sangat alami dan indah sekali. Oleh karena itu, ketika Anda sudah sampai di air terjun ini, jangan lupa abadikan momen – momen terindah Anda melalui kamera atau smarphone Anda. Mengapa? Karena air terjun ini memiliki keindahan yang tiada duanya. Dengan berbagi cerita dan foto selama Anda berlibur disini, Anda sudah membantu warga sekitar dalam mempromosikan tempat wisata lokal di desa mereka.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk datang ke Curug Putri Brebes? Tidak ada salahnya Anda mencoba, dan bisa dipastikan pula Anda tidak akan menyesal. Dan terakhir, selamat berlibur !

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */