Surganya Wisata Indonesia

Rekomendasi 33 Tempat Wisata di Jakarta untuk Keluarga

0
Rekomendasi 33 Tempat Wisata di Jakarta untuk Keluarga
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Jakarta untuk Keluarga – Jakarta adalah kota impian bagi sebagian besar orang. Pasalnya, Jakarta dikenal sebagai kota yang memiliki banyak hal karena statusnya sebagai Ibukota negara. Karena itulah banyak orang yang berbondong-bondong datang ke Jakarta, terutama para pencari kerja. Sebagai kota yang pembangunannya berkembang dengan pesat, Jakarta mengundang orang dari desa untuk datang bekerja. Karena itulah Kota Jakarta semakin padat oleh pendatang. Meskipun Jakarta terkenal sebagai kota yang padat dan sering macet, namun Jakarta juga memiliki tempat-tempat yang dapat meredakan stres. Tempat-tempat tersebut adalah tempat wisata di Jakarta yang patut dikunjungi. Tempat-tempat tersebut merupakan tempat wisata yang unik dan menarik sehingga bisa menghilangkan stres akibat penatnya kehidupan Jakarta.

Membicarakan tentang tempat wisata di Jakarta untuk anak yang merupakan kota metropolitan bukan berarti tempat-tempat seperti mall atau pusat perbelanjaan. Jakarta juga memiliki tempat wisata yang menarik bagi wisatawan meskipun Jakarta terkenal sebagai kota yang padat. Beberapa tempat wisata tersebut adalah tempat wisata unik yang menjadi ikon Kota Jakarta dan hanya dapat dijumpai di Jakarta. Beberapa tempat wisata alam unik yang menjadi ikon Jakarta adalah sebagai berikut:

Kepulauan Seribu

kepulauan-seribu
by instagram @ilacitra

Ini merupakan gugusan kepulauan yang juga tempat wisata yang ada di bagian utara Jakarta. Karena merupakan kepulauan, Kepulauan Seribu terletak di Laut Jawa. Dengan kata lain, Kepulauan Seribu terpisah dari hiruk pikuk Kota Jakarta. Karena itulah Kepulauan Seribu merupakan tempat wisata alam termasuk wisata mangrove Jakarta yang dapat melepaskan stres bagi pengunjungnya. Kepulauan Seribu tersusun dari pulau kecil yang sebagian besar belum berpenghuni. Salah satu pulau yang terkenal yang menjadi bagian dari Kepulauan Seribu adalah Pulau Bidadari. Selain Pulau Bidadari, masih banyak lagi pulau yang menjadi bagian dari Kepulauan Seribu seperti Pulau Pari, Pulau Harapan dan lain-lain. Kepulauan Seribu merupakan bagian dari Taman Nasional Kepulauan Seribu dan terkenal dengan kealamiannya. Kepulauan Seribu terkenal alami dan indah karena merupakan kawasan konservasi. Karena itulah lingkungan di sekitar Kepulauan Seribu masih alami dan indah. Untuk itu, tempat wisata di Kepulauan Seribu adalah salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi di Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah

taman-mini-indonesia-indah
by instagram @c_tahlina

Taman Mini Indonesia Indah sesuai namanya merupakan taman buatan. Taman Mini Indonesia Indah merupakan salah satu tempat wisata Jakarta Timur yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Konsep utama dari Taman Mini Indonesia Indah adalah kebudayaan Indonesia. Karena itulah di Taman Mini Indonesia Indah, pengunjung bisa menikmati dan melihat-lihat kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Merauketanpa harus berkunjung ke seluruh wilayah Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah dikategorikan sebagai wisata alam unik yang indah karena Taman Mini Indonesia Indah memiliki miniatur negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Pulau mini yang merupakan miniatur dari pulau-pulau yang menjadi wilayah Indonesia tersebut bisa dinikmati keindahannya dari dalam kereta gantung. Selain memiliki miniatur pulau-pulau di Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah juga dilengkapi dengan replika rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan kata lain, Taman Mini Indonesia Indah adalah tempat yang sangat cocok bagi Anda yang ingin wisata budaya di Jakarta. Selain cocok sebagai tempat untuk wisata budaya, Taman Mini Indonesia Indah juga dapat dikategorikan sebagai tempat wisata keluarga di Jakarta karena dilengkapi dengan sarana rekreasi yang menghibur seperti Teater Keongmas, Istana anak-anak, Taman Ria Atmaja, Kolam Renang Snow Bay, Taman Among Puro dan sebagainya.

Kunjungi :  12 Tempat Wisata di Cimahi Jabar yang Harus Dikunjungi

Pulau Tidung

pulau-tidung-jakarta
by instagram @fauzi_hhelda

Pulau Tidung sebenarnya masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Meski begitu, Pulau Tidung adalah salah satu pulau yang paling banyak dikunjungi wisatawan di antara pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. Karena itulah fasilitas di Pulau Tidung jauh lebih lengkap dibanding pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. Meskipun letaknya tidak jauh dari Jakarta yang padat, namun Pulau Tidung dan pulau-pulau lain di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu tetap terjaga kealamian dan keasliannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan air laut di sekitar kepulauan seribu yang masih sangat jernih. Karena itulah banyak wisatawan yang datang ke Taman Nasional Kepulauan Seribu termasuk Pulau Tidung untuk menikmati keindahan bawah lautnya dengan diving atau snorkeling. Selain dapat menikmati keindahan bawah laut, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas olahraga air seperti kano, banana boat, jetsky dan sebagainya. Sebagai tempat wisata alam, berwisata ke Pulau Tidung adalah salah satu wisata Jakarta murah yang bisa dipilih untuk menghilangkan kepenatan.

Kebun Binatang Ragunan

kebun-binatang-ragunan
by instagram @yamin_slow

Jika ingin wisata edukasi dan melihat flora dan fauna, maka Kebun Binatang Ragunan akan jadi objek wisata Jakarta Selatan yang tepat untuk liburan. Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang tertua yang ada diIndonesia sehingga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Kebun Binatang yang terletak di kawasan Ragunan, Pasar Minggu ini dibangun pada tahun 1964 dan telah menyimpan ratusan spesies flora dan fauna. Kebun Binatang yang dibangun pada lahan seluas 140 hektar ini pernah ditutup sementar akibat infeksi flu burung. Namun, penutupan Kebun Binatang Ragunan tidak lama sampai dibuka kembali.

Selain wisata alam, Jakarta juga memiliki tempat wisata lain yang menarik misalnya wisata sejarah dan museum. Meskipun terkenal padat, namun Jakarta memiliki sejarah yang menarik di masa lalu. Karena itulah di Jakarta dapat ditemukan tempat wisata sejarah dan wisata museum yang bisa dikunjungi. Tempat wisata di Jakarta kota yang berupa tempat wisata sejarah dan museum merupakan tempat wisata yang unik dan menarik sehingga dapat menarik perhatian wisatawan. Berikut beberapa tempat wisata sejarah dan museum yang ada di Jakarta:

Kunjungi :  18 Tempat Wisata di Sidoarjo Jawa Timur Terhits

Kota Tua Jakarta

kota-tua
by instagram @dewianggita_

Kota Tua merupakan sisa-sisa dari masa kolonial Belanda yang masih dipertahankan hingga sekarang. Kota Tua dulunya digunakan sebagai tempat untuk menjalankan aktivitas pemerintahan Hindia Belanda. Kini Kota Tua adalah salah satu objek wisata Jakarta Kota Tua yang menarik banyak perhatian dari wisatawan terutama fotografer. Pasalnya, di Kota Tua wisatawan akan disuguhi bangunan-bangunan megah dengan gaya arsitektur Eropa dan Cina kuno. Bangunan dengan arsitektur Eropa dan Cina kuno tersebutlah yang menjadi daya tarik utama Kota Tua. Kompleks Kota Tua bisa dikatakan merupakan kompleks museum. Meski begitu, bukan berarti wisatawan yang berkunjung ke Kota Tua hanya bisa melihat-lihat museum. Wisatawan yang berkunjung ke Kota Tua bisa berfoto, bersepeda dengan gaya noni Belanda dan lain sebagainya.

Museum Wayang Jakarta

museum-wayang
by instagram @karuniaeka12

Museum Wayang adalah salah satu museum yang termasuk dalam kompleks Kota Tua. Museum Wayang adalah salah satu wisata Jakarta Barat yang patut dikunjungi. Pasalnya, Museum Wayang adalah sebuah museum yang digunakan untuk menyimpan berbagai koleksi wayang dari berbagai daerah di Indonesia. Selain menyimpan koleksi wayang dari berbagai daerah di Indonesia, Musem Wayang juga menyimpan koleksi wayang dari negara lain. Di Museum Wayang, pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas. Pasalnya, Museum Wayang tidak hanya memamerkan koleksi wayang yang ada, tetapi juga menyelenggarakan event khusus seperti pergelaran wayang bulanan, karawitan dan berbagai event lain yang ditujukan untuk menarik pengunjung. Harga tiket untuk memasuki Museum Wayang sangat murah sehingga Museum Wayang merupakan tempat wisata Jakarta dan sekitarnya yang bisa dikunjungi.

Monumen Nasional

monumen-nasional
by instagram @haldi_siswanto

Monumen Nasional adalah monumen yang menjadi ikon khas Kota Jakarta. Monumen Nasional yang lebih dikenal dengan nama Monas adalah satu-satunya monumen di Indonesia yang dibangun dengan megah. Ciri khas dari Monas adalah lidah api pada bagian atas monumen. Lidah api tersebut terbuat dari perunggu dan emas dan menjadi daya tarik utama dari Monas. Puncak Monas adalah tempat yang tepat bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan Jakarta dari atas. Melihat Kota Jakarta dari atas Monas pada malam hari sangat direkomendasikan. Pasalnya, tidak hanya gemerlap Kota Jakarta yang bisa dilihat dari puncak Monas, tetapi juga pertunjukkan laser yang dilakukan di kompleks Monas. Sebagai salah satu monumen, Monas memiliki museum di dalamnya yang bisa dikunjungi.

Kunjungi :  Keindahan Spot Wisata di Desa Wisata Panusupan Purbalingga

Museum Taman Prasasti

museum-taman-prasasti
by instagram @arishajianto

Museum Taman Prasasti adalah salah satu museum di Jakarta yang bisa dikunjungi. Museum Taman Prasasti merupakan wisata Jakarta Pusat karena terletak di Tanah Abang. Di Museum Taman Prasasti, pengunjung akan disuguhi koleksi replika mini makam yang khas dari berbagai provinsi di Indonesia dan prasasti nisan kuno. Di Museum Taman Prasasti juga bisa dijumpai koleksi kereta jenazah yang antik. Museum Taman Prasati dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektar yang memamerkan keahlian pematung, pemahat, sastrawan dan kaligrafer dari masa lalu.

Jakarta sebagai kota metropolitan juga memiliki objek wisata berupa taman rekreasi modern yang menyenangkan. Objek wisata tersebut merupakan tempat wisata di Jakarta yang murah meriah selalu ramai dikunjungi karena daya tariknya. Ada 2 objek wisata taman rekreasi populer yang ada di Jakarta adalah sebagai berikut:

Atlantis

atlantis
by instagram @alvin_husni

Atlantis adalah salah satu wahana yang termasuk dalam bagian Taman Impian Jaya Ancol yang termasuk dalam wilayah Jakarta Utara. Taman Impian Jaya Ancol atau yang dikenal dengan nama “Ancol” saja adalah taman rekreasi terbesar yang ada di Jakarta. Karena itulah taman rekreasi yang satu ini selalu dipadati pengunjung terutama saat akhir pekan. Atlantis di Ancol menyediakan berbagai wahana air. Wahana air yang tersedia di Atlantis sangat beragam yang meliputi 8 kolam utama dan 13 permainan. Atlantis juga memiliki fasilitas Crazy Highest Longest Slide. Karena itulah dapat dikatakan bahwa atlantis adalah objek wisata di Jakarta yang sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang menyukai wahana air dan kolam renang. Untuk menikmati wahana Atlantis, pengunjung harus membayar tiket masuk yang terpisah dari tiket masuk Ancol.

Dunia Fantasi

dunia-fantasi
by instagram @dimskyyyy

Sama seperti Atlantis, Dunia Fantasi atau Dufan juga termasuk dalam kompleks Ancol. Tidak seperti Atantis yang menyuguhkan berbagai wahana air, Dufan menyediakan berbagai wahana darat yang menyenangkan dan menegangkan seperti tornado, histeria, kora-kora, dan banyak lagi. Dufan adalah wahana outdoor terbesar di Indonesia. Pasalnya, wahana yang disediakan tidak berada di dalam ruangan tetapi di luar ruangan. Selain itu, teknologi yang digunakan untuk mendukung bekerjanya wahana di Dufan juga tergolong teknologi tinggi. Meski termasuk dalam kawasan Ancol, namun tiket masuk wisata Jakarta Dufan terpisah dari tiket masuk Ancol.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */