39 Tempat Wisata Eksotik di Sleman yang Sayang Terlewatkan

0

Tempat Wisata di Sleman – Jangan berpikir bahwa tempat yang bisa dijadikan destinasi liburan di Indonesia hanya Bali dan daerah Indonesia Timur saja, di pulau Jawa sendiri juga menawarkan tempat yang tak kalah keren juga. Yogyakarta adalah salah satu destinasi liburan di pulau Jawa yang tepat untuk kamu. Yogyakarta merupakan provinsi yang terdiri dari 4 kabupaten. Salah satunya adalah Kabupaten Sleman. Di Kabupaten Sleman terdapat banyak sekali potensi objek wisata di Sleman yang sangat besar dan cocok dijadikan destinasi tujuan. Di Kabupaten Sleman Terdapat wisata alam, wisata sejarah, wisata keluarga, wisata kuliner Sleman dan ada juga desa wisata Sleman. Tempat wisata di Sleman juga tidak kalah bagus dengan wisata di kabupaten lain di Yogyakarta.

Meskipun di Kabupaten Sleman tidak ada wisata pantai, namun wisata daerah Sleman juga sudah cukup banyak dan yang pasti indah. Saking indahnya, wisata di Sleman sudah banyak dikunjungi oleh para turis baik dalam maupun luar. Disini kamu bisa mempelajari budaya setempat dengan mengunjungi tempat wisata Sleman. Suasana dan keramahan orang Yogyakarta tentunya tidak akan bisa kamu lupakan dan akan selalu membuatmu ingin kembali berlibur ke Yogyakarta, terutama untuk mengunjungi objek wisata Sleman. Berikut adalah tempat wisata di Sleman Yogyakarta yang sayang sekali untuk dilewatkan teman-teman tempatwisataindonesia.id saat liburan tiba :

Candi Prambanan

candi-prambanan
by instagram @sefiiin

Candi Prambanan pastinya merupakan salah satu ikon dari Yogyakarta. Wisata ini adalah salah satu wisata yang populer di Yogyakarta. Masih banyak orang yang mengira Candi Prambanan terletak di Provinsi DIY. Sebenarnya secara administratif wilayah wisata Candi Prambanan ini berada di dua provinsi yaitu di Provinsi Yogyakarta dan juga Provinsi Jawa Tengah. Candi Prambanan berlokasi di Kabupaten Sleman. Candi Prambanan yang merupakan peninggalan dari agama Hindu ini dibangun pada abad ke-9. UNESCO sudah menetapkan Candi Prambanan sebagai situs warisan dunia. Terdapat 5 candi utama dan reruntuhan candi pasca gempa bumi yang bisa kamu lihat disini. Legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso juga bisa kamu pelajari disini. Jangan lupa untuk melihat patung Roro Jonggrang di dalam salah satu candinya, ya.

Candi Boko

candi-boko
by instagram @redhatrinanda

Saat mengunjungi Candi Prambanan, jangan lupa untuk mampir ke Candi Boko yang terletak tidak jauh dari Candi Prambanan. Berkat film Ada Apa Dengan Cinta? 2, Candi Boko menjadi tempat wisata Sleman yang semakin populer. Tentunya kalian masih ingat kan adegan saat Rangga mengajak Cinta jalan-jalan menglilingi Yogyakarta? Nah, salah satu tempat yang mereka kunjungi adalah Candi Boko. Candi Boko ini, menurut mitos, dulunya merupakan bekas kerajaan Raru Boko. Ratu Boko adalah ayah Roro Jonggrang. Wilayah Candi Boko ini cukup luas, jadi kamu harus siapkan energi untuk mengelilinginya. Disini kamu bisa melihat candi dan juga bekas reruntuhannya. Situs Ratu Boko pernah dijadikan sebagai benteng pertahanan, maka jangan heran jika kamu menemui beberapa kerusakan di puing-puing Situs Ratu Boko.

Kunjungi :  14 Tempat Wisata Kuliner di Bali Murah Meriah

Candi Kalasan

candi-kalasan
by instagram @dimas.hy

Walaupun lokasi Candi Kalasan masih dekat dengan Candi Prambanan, namun Candi Kalasan masih belum populer dan belum banyak dikunjungi. Jika kamu sudah bosan dengan wisata Candi Prambanan, tak ada salahnya untuk mampir ke Candi Kalasan yang tak kalah bagusnya dengan Candi Prambanan. Malahan kamu bisa menikmati suasana yang santai karean tidak banyak orang disini. Candi yang merupakan peninggalan dari agama Budha ini adalah candi tertua di Yogyakarta, dan menjadi salah satu wisata Sleman yang eksotis.

Candi Ijo

candi-ijo
by instagram @norel08

Masih berlokasi di dekat wisata Candi Prambanan, Candi Ijo yang terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, ini bisa dijadikan alternatif pilihan untuk wisata candi. Candi ini mirip dengan candi yang dibangun pada abad 7-8 Masehi dan diperkirakan Candi Ijo dibangun dalam periode waktu yang sama.

Candi Sari

candi-sari
by instagram @deny.crseven

Candi Sari adalah candi yang merupakan peninggalan dari agama Buddha. Dulunya Candi Sari dipakai sebagai wihara atau asrama pendeta. Hal ini mengacu pada adanya pembagian ruang di Candi Sari. Candi ini juga dibangun dalam periode waktu yang sama dengan Candi Kalsan yaitu sekitar abad 8 Masehi.

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainnya : 

50+ Daftar Objek Tempat Wisata Hits di Magelang Jawa Tengah
Rekomendasi 22 Destinasi Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya
20 Tempat Wisata di Temanggung Jawa Tengah Terpopuler

Kaliurang

kaliurang
by instagram @riszky_wulandari

Kaliurang adalah kawasan desa wisata Sleman yang berhawa sejuk karena letaknya berada di lereng Gunung Merapi. Kaliurang selalu ramai dikunjungi saat musim libiran. Beberapa hal yang menyenangkan yang bisa kamu lakukan disini adalah melihat puncak Gunung Merapi di gardu pandang Gunung Merapi. Dengan menggunakan teropong, kamu bisa melihat puncak Gunung Merapi yang pernah meletus pada tahun 2010 silam. Disini juga terdapat Resot Kaliurang yang mempunyai agrowisata. Jangan lupa untuk mampir ke wisata kuliner Sleman¸ Kalimilk yang menyajikan susu murni dan juga berbagai menu makanan lainnya yang asik untuk teman nongkrong.

Sendratari Ramayana

sendratari-ramayana
by instagram @bulanriesta

Jika kamu suka dengan kesenian, terutama kesenian tari, maka Sendratari Ramatana adalah tempat wisata di Kabupaten Sleman yang cocok untuk kamu.Disini akan disuguhkan dengan pertunjukan seni tari dan drama yang menceritakan kisah Ramayana. Pertunjukan Seni Drama dan Tari Ramayana dilaksanakan di panggung terbuka tak jauh dari Kawasan Candi Prambanan. Jika cuaca sedang tidak cerah, maka pertunjukan akan dipindah ke dalam ruangan gedung Trimurti. Sama seperti pertunjukan tari Kecak di Bali, pertunjukan seni tari dan drama Ramayana ini selalu ramai penonton.

Kunjungi :  32 Tempat Wisata di Surabaya dan Sekitarnya

Monumen Jogja Kembali

monumen-jogja-kembali
by instagram @tisnaseptinugrahini

Tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata daerah Sleman yang mempunyai sejarahnya sendiri. Monumen Jogja Kembali atau yang biasa disingkat menjadi Monjali adalah monumen yang dibangun untuk memperingati jasa para pahlawan kita yang gugur dalam

medan perang Serangan Umum 1 Maret 1949. Para tentara Indonesia menyerang tentara Belanda dan serangan berakhir pada 29 Juni 1949. Berkat perjuangan tentara yang membuat tentara Belanda mundur, akhirnya Yogyakarta kembali ke dalam kekuasaan RI.

Museum Affandi

museum-affandi
by instagram @linn.hw

Tentunya nama Affandi sudah tidak asing di telinga kamu. Beliau adalah pelukis profesional yang karya-karyanya mendapat apresiasi yang sangat baik. Walaupun Affandi adalah pria asal Cirebon, namun di Sleman kamu bisa melihat karya-karya Affandi yang sudah didokumentasikan dalam Museum Affandi. Museum Affandi dekat dengan Bandara Adisucipto, tepatnya dipinggir sungai Gajah Wong. Lihat dan resapi 300 lukisan Affandi dengan gaya lukisan romantisme beliau. Museum Affandi adalah wisata Sleman yang patut dikunjungi jika kamu adalah pecinta seni.

Wisata Kali Kuning

kali-kuning
by instagram @bendottetapsemangat

Kembali ke Kaliurang, disebelah timur objek wisata Kaliurang, tepatnya di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman ada sebuah wisata Kali Kuning yang terletak di bawah Gunung Merapi.Untuk menuju ke Wisata Kali Kuning sangat mudah, anda bisa menggunakan motor atau mobil untuk menuju Wisata Kali Kuning. Wisata Kali Kuning merupakan desa wisata Sleman yang biasa dijadikan tempat untuk camping, kegiatan pramuka, atau hanya sekedar refreshing saja. Namun akhir-akhir ini karena keindahan alamnya, banyak pasangan yang melakukan pengambilan foto untuk prewedding. Saat letusan gunung Merapi terjadi, daerah Kali Kuning menjadi tandus dan gersang karena tidak ada pohon dan air yang mengalir dan hanya menyisakan batu-batu besar di daerah itu. Tapi sekarang daerah Kali Kuning sudah kembali menghijau dan sudah ada air yang mengalir.

Museum Gunung Merapi

museum-gunung-merapi
by instagram @ahmad_ivoel

Letusan Gunung Merapi yang sempat membuat beberapa daerah di sekitar Jogja seperti Cilacap dan Banyumas terkena hujan abu ini memang merupakan letusan yang bisa dibilang dahsyat. Selain itu, letusan yang terjadi pada tahun 2010 ini juga menewaskan juru kunci Gunung Merapi yaitu Mbah Marijan. Setelah kejadian itu, dibangunlah Museum Gunung Merapi yang terletak di Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Museum ini hanya berjarak sekitar 5 km saja dari daerah Kaliurang, dan masih masuk dalam daerah lereng Gunung Merapi.

Kunjungi :  Golden Sunrise Terbaik di Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Museum Ullen Sentalu

museum-ullen-sentalu
by instagram @christina_melati

Setelah menuju Museum Gunung Merapi, kamu harus menengok Museum Ullen Sentalu yang juga berada di Kaliurang. Di museum ini kamu akan melihat bagaimana kehidupan bangsawan Dinasti Mataram dan juga koleksi batiknya yang cantik. Mencari Museum Ullen Sentalu memang cukup sulit karena tersembunyi diantara rimbunan pohon-pohon. Museum ini cukup luas dann berliku layaknya lbairin, sebaiknya kamu menggunakan jasa guide yang tersedia disana. Museum yang unik ini tidak memperbolehkan untuk mengambil foto atau video.

Kinahrejo

kinahrejo
by instagram @fienikonjogja

Mbah Marijan yang merupakan juru kunci Gunung Merapi dan juga merupakan juru kunci yang terkenal sampai dia wara-wiri di iklan tingga di dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Sekarang Dusun Kinahrejo sudah benar-benar hancur dan rata dengan tanah akibat letusan Gunung Merapi yang terjadi 6 tahun yang lalu. Banyak wisatawan yang berminat untuk mengunjungi tempat tinggal Mbah Marijan. Perkampungan Kinahrejo ini akhirnya menjadi wisata Sleman yang ramai oleh pengunjung karena rasa penasaran ingin melihat reruntuhan rumah Mbah Marijan. Disini kamu bisa melihat sisa lava yang menumpuk dan sudah mengeras. Kamu juga bisa melihat reruntuhan barang-barang yang sudah rusak keganasan lava Gunung Merapi. Tidak ada salahnya untuk merasakan kesedihan dan ketakutan warga saat letusan terjadi, hal ini akan membuatmu semakin mensyukuri hidup.

Goa Jepang

goa-jepang
by instagram @refansmaulana

Jika kamu ingin menelusuri jejak penjajahan Jepang, maka kamu bisa mengunjungi dua buah Goa Jepang yang terletak di Dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah dan di sisi barat bukit Plawangan, Kaliurang. Dulunya goa ini dijadikan sebagai bunker pertahanan saat pendudukan Jepang untuk menghindari tentara sekutu. Ada 25 buah Goa Jepang di Sleman. Untuk mencapai Goa Jepang, kamu harus menempuh perjalanan selama 45 menit. Jika kamu memang tidak menyukai wisata adaventure maka tidak usah kesini karena pasti sudah menyerah ditengah perjalanan.

Blue Lagoon

blue-lagoon
by instagram @alfiandickyp

Untuk kamu yang hobi berenang, maka wajib untuk mencoba berenang di Blue Lagoon. Blue Laggon adalah pemandian alami yang menyajikan air yang segar dan jernih berwarna biru. Rasakan sensasi airnya yang dingin dan jangan lupa untuk menyelam dan mengambil foto underwater.

Jogja Bay Waterpark

jogja-bay-pirates-adventure
by instagram @jogjabay

Ini adalah tempat wisata di Sleman terbaru yang diresmikan pada bulan Desember tahun lalu. Di waterpark ini terdapat 19 wahana air menarik yang bisa kamu mainkan sampai puas. Selain itu ada 8 jenis ombak besar yang bisa kamu cobain disini. Jogja Bay Waterpark tidak kalah menariknya lho dengan waterpark ditempat lain.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */