31+ Tempat Wisata di Probolinggo Paling Ngetop

0

Tempat Wisata di Probolinggo – Lelah dengan kerjaan atau tugas yang menumpuk? Jenuh dengan rutinitas sehari-hari? Sebaiknya kamu cepat-cepat cuti dan segera membeli tiket untuk liburan. Dengan berlibur dan menuju ketempat yang indah dan menarik, maka jiwa dan ragamu akan segar kembali dan siap untuk menghadapai segala aktivitas. Bagaimana untuk liburan kali ini kamu berkunjung ke tempat wisata di Probolinggo? Wisata yang ada di Probolinggo? Emang wisata di Probolinggo menarik untuk dikunjungi? Wah jangan salah, Probolinggo wisata nggak kalah keren dengan Malang yang selalu menjadi tempat tujuan berlibur nomor satu di Jawa Timur. Probolinggo yang berjarak 100 km dari Surabaya adalah salah satu kota terbesar di Jawa Timur yang mempunyai banyak tempat menarik yang harus kamu kunjungi. Probolinggo merupakan daerah yang padat karena menjadi jalur utama pantai utama yang menjadi penghubung Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Jika Malang terkenal dengan sebutan Kota Apel, maka Probolinggo terkenal dengan sebutan kota Manggur alias Mangga dan Anggur. Selain banyak memproduksi buah Mangga dan Anggur, Probolinggo juga disebut Kota Seribu Taman. Mengapa demikian? Karena Probolinggo mempunyai banyak tumbuhan disepanjang jalan dan bersih dari sampah. Disini dapat dipastikan udaranya bersih dan nyaman untuk berjalan-jalan.

Wisata Probolinggo mempunyai keindahan alam yang indah. Banyak wisata alam yang akan membuatmu terpukau. Selama ini memang orang-orang selalu terpatok pada Malang saja, namun sangat layak untuk dikunjungi dan tidak mengecewakan. Ini dia beberapa tempat wisata Probolinggo dari tempatwisataindonesia.id yang bisa dijadikan referensi jika kamu berkunjung kesini.

Gunung Bromo

gunung-bromo
by instagram @malangwapik

Walaupun Gunung Semeru semakin populer berkat film ‘5 CM’, namun Gunung Bromo masih juara! Gunung Bromo dengan ketinggian 2.392 mdpl ini adalah gunung berapi yang masih aktif sampai sekarang. Gunung Bromo adalah gunung paling terkenal sebagai tempat wisata Jawa Timur. Masih banyak yang mengira bahwa lokasi Gunung Bromo berada di Malang, padahal secara geografis Gunung Bromo berada di wilayah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lumajang. Gunung Bromo dipercaya sebagai gunung suci oleh suku Tengger dan setahun sekali selalu diadakan upacara Yadnya Kasada. Terdapat hamparan pasir sekitar kurang lebih 10 km di Gunung Bromo yang dinamakan Pasir Berbisik karena jika ada angin berhembus maka akan menimbulkan suara lirih. Jangan lupa untuk menelusuri hamparan pasir dengan menunggangi kuda. Selain itu jangan lupa untuk menyaksiakan sunrise yang spektakular di Gunung Bromo.

Puncak B29 Bromo

puncak-b29-gunung-bromo
by instagram @nomagme1

Puncak B29 tidak kalah indahnya dengan Puncak Mahameru. Wisata Probolinggo terbaru ini merupakan tempat wisata yang tak terkupakan serta sangat mempesona. Puncak B29 Bromo dengan ketinggian 2.900 mdpl ini termasuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Puncak B29 Bromo bisa dibilang sebagai negeri di atas awan karena keindahan sunrisenya. Kamu tidak akan menyesal jika mengunjungi Puncak B29 Bromo.

Kunjungi :  Matahari Tenggelam di Green Village Gedangsari Gunung Kidul

Padang Savana Atau Bukit Teletubies Gunung Bromo

bukit-teleubies-gunung-bromo
by instagram @didinsaprudin53

Masih di Bromo, jika kamu menuju sisi selatan Gunung Bromo, maka kamu akan menjumpai Padang Savana Atau Bukit Teletubies. Sekilas hamparan padang rumput ini seperti bukit hijau dan indah ala film masa kecil kita yaitu Teletubbies. Lembah Jemplang adalah nama lain dari Padang Savana Bromo. Disini kamu bisa puas berfoto dengan latar belakang hamparan padang hijau. Hawa disini juga sejuk yang akan semakin menambah kenyaman untuk mengunjungi tempat ini.

Gunung Argopuro

gunung-argopuro
by instagram @diopramudya

Selain Gunung Bromo, Gunung Argopuro juga bisa dijadikan alternative lain untuk berwisata jika kamu bosan dengan wisata kota Probolinggo atau mungkin wisata Gunung Bromo yang memang sudah sangat mainstream. Dulunya Gunung Argopuro adalah gunung berapi aktif. Gunung Argopuro adalah bagian dari Gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 3.088 mdpl. Lebih tinggi daripada Gunung Bromo dan juga mempunyai track yang lebih ekstrim. Salah satu puncak dari Gunung Argopuro yang terkenal adalah Puncak Rengganis. Selain menyajikan pemandangan gunung yang spektakuler, disini kamu bisa mampir ke situs peninggalan zaman purbakala. Terdapat teras berundak yang terdiri dari 3 komplek area dan didalamnya terdapat 5 bekas bangunan.

Pantai Bentar

pantai-bentar
by instagram @mampirprobolinggo

Sudah puas dengan wisata gunung di Probolinggo, sekarang mari kita beralih ke pantai. Salah satu wisata unggulan Probolinggo adalah Pantai Bentar. Pantai ini beda daripada yang lain karena kamu bisa melihat Hiu Tutul atau Whale Shark yang sedang bermigrasi dari Laut Australia. Hiu Tutul muncul sekitar bulan Januari. Sekitar jarak 1 km dari bibir pantai, kamu sudah bisa melihat hiu ini. Terdapat sebuah dermaga yang bisa dijadikan sebagai spot berfoto.

Hutan Mangrove BJBR

hutan-mangrove-bjbr
by instagram @mbolangjatim

Wisata yang ada di Probolinggo BJBR (Beejay Bakau Resort) adalah sebuah wisata mangrove Probolinggo yang patut untuk dikunjungi. Bukan hanya dari warga Indonesia saja, tapi warga asing juga berkunjung ke Wisata Mangrove ini. Selain sebagai tempat wisata, Hutan Magrove juga dijadikan tempat penelitian. Dulunya tempat ini sangat kumuh, namun karena ide dan kerja keras dari 3 pemuda mengubah tempat ini menjadi eksotis. Tempat yang dibangun pada 2013 ini segera menjadi trending topic bagi para pelancong. Di Hutan Mangrove BJBR kamu juga bisa melakukan hal romantis ala-ala drama Korea, yaitu menulis namamu dan pacar kamu di sebuah gembok dan memasang gembok di spot yang tersedia. Fasilitas disini juga sudah lengkap.

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Timur Lainnya : 

Ini Dia 16+ Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur Terpopuler
Rekomendasi 18 Tempat Wisata di Jombang dan Sekitarnya
20 Tempat Wisata Terpopuler di Tuban Jawa Timur
16 Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur Ngehitz !!

Pulau Gili Ketapang

pulau-gili-ketapang
by instagram @doddoddy

Jangan lupa untuk mengunjungi wisata porbolinggo dengan menyebrang ke Pulau Gili Ketapang! Pulau ini jaraknya sekitar 8 km dari bibir pantai Probolinggo yang berada di Selat Madura. Pulau Ketapang mempunyai luas 68 hektar dan dihuni oleh Suku Madura. Kamu bisa menyebrang ke Pulau Gili Ketapang dari Pelabuhan Tanjung Tembaga. Dulunya Pulau Gili Ketapang bergabung dengan Pulau Jawa, namun akibat letusan Gunung Semeru yang dahsyat, pulau ini terpisah. Kamu bisa melihat pemandangan laut yang indah dan airnya yang jernih. Kamu juga bisa snorkeling disini, lho! Yuk segera intip terumbu karang yang cantik disini!

Kunjungi :  Curug Lawe Semarang, Air Terjun Eksotis dan Mempesona

Curug Madakaripura

curug-madakaripura
by instagram @nry.aji

Kembali lagi ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, jika kamu ingin bermain air namun kulit kamu tidak terbakar, maka kunjungi Curug Madakaripura. Curug yang berada di Kecamatan Lumbang ini sangat terkenal di Probolinggo. Curug Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi oleh perbukitan pada seluruh tebing curugnya. Bisa dibilang Curug Madakaripura ini adalah curug tercantik di Probolinggo. Konon katanya, Curug Madakaripura masih berhubungan dengan Kerajaan Majapahit. Di balik curug terdapat sebuah gua yang dulunya digunakan oleh Gajah Mada untuk bersemedi. Masyarakat Jawa yang masih menganut kepercayaan Kejawen biasanya pada malam satu Suro akan datang untuk tujuan tertentu. Terlepas dari benar atau tidaknya mitos ini, nikmatilah kesegaran airnya yang alami dan jangan lupa untuk mencoba diving di Curug Madakaripura.

Air Terjun Umbulan

air-terjun-umbulan
by instagram @nafialmanan

Belum puas mengunjungi satu curug saja? Yuk, ke Curug Umbulan! Memang Curug Madakaripura adalah curug terindah di Probolinggo, tapi masih ada banyak curug yang ntidak kalah indahnya dari Curug Madakaripura. Salah satunya yaitu Curug Umbulan yang letaknya tidak jauh dari Curug Madakaripura. Curug ini recommended untuk kamu yang mungkin nggak suka dengan keramaian di Curug Madakaripura.

Curug Watu Lawang

air-terjun-watu-walang
by instagram @rischianto

Masih di wisata curug, ada Curug Watu Lawang yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Dinamakan Curug Watu Lawang karena diapit ole tebing di kanan kirinya dan sebelum memasuki curug terdapat sebuah lawang yang merupakan bahasa Jawa dari pintu. Curug Watu Lawang berada di Kecamatan Sukapura.

Arung Jeram Sungai Pekalen

arung-jeram-sungai-pekalen
by instagram @khalifarifianto

Masih berhubungan dengan air, sekarang kita beralih ke wisata air yang memacu adrenalin yaitu arung jeram. Kamu bisa melakukan arung jeram di Sungai Pekalen. Sungai ini mempunyai pemandangan yang indah. Sungai Pekalen mengalir di 3 kecamatan, yaitu di Kecamatan Tiris, Kecamatan Maron dan Kecamatan Gading. Panjang sungai ini adalah 29 km dan terbagi menjadi tiga zona. Sungai Pekalen Atas mempunyai panjang sekitar 12 km, Sungai Pekalen Tengah dengan panjang 7 km, dan Sungai Pekalen Bawah sejauh 10 km. terdapat keistimewaan tersendiri di masing-masing zona. Di Pekalen Atas kamu akan menjumpai 10 air terjun yang cukup menguras adrenalin. Sedangkan di Pekalen Bawah ada 32 jeram yang sangat menantang, Disepanjang perjalanan kamu akan melewati curug yang indah dan juga goa kelelawar. Kadang kamu juga bisa bertemu satwa liar di perjalanan. Arung jeram dari zona manapun sama-sama indah, menawan, dan juga menantang!

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainnya : 

Keindahan 13 Tempat Wisata di Kudus Jawa Tengah
11 Tempat Wisata di Sragen Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi
22 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Kunjungi :  Wisata Menyejukkan Air Terjun Roro Kuning Nganjuk Jatim

Danau Ronggojalu

danau-ronggojalu
by instagram @sfa_rosyid

Liburan keluarga terasa menyenangkan jika berkunjung ke Danau Ronggojalu. Selain dijadikan sebagai objek wisata, Danau Ronggojalu juga digunakan untuk sarana air bersih dan industry bagi masyarakat sekitar. Datanglah ke Kecamatan Tegiswalan jika ingin berkunjung ke Danau Ronggojalu. Masyarakat sekitar juga banyak yang memanfaatkan air Danau Ronggojalu untuk kebutuhan air minum dan irigasi sawah. Danau yang terbentuk dari bentukan alam ini ditumbuhi oleh pohon-pohon rindang disekitar danau yang membuat Danau Ronggojalu mempunyai udara yang sejuk dan menyegarkan.

Danau Agung

danau-agung
by instagram @poetry_soewoto

Selain Danau Ronggojalu, terdapat satu danau lagi yang menarik untuk ditengok. Danau Agung terbentuk dari gunung berapi Lamongan yang masih aktif sampai sekarang. Danau yang kadang disebut dengan Ranu Agung ini mempunyai potensi wisata yang sangat menawan. Sebagai destinasi wisata alam, Danau Agung menawarkan keindahan pemandangan yang segar dan menenangkan dengan banyaknya pohon hijau.

Danau Taman Hidup

danau-taman-hidup
by instagram @debumalam

Kembali ke Gunung Argopuro, disini terdapat sebuah danau yang eksotis dan juga mistis. Konon katanya Danau Taman Hidup adalah sebuah danau yang dijadikan Dewi Rengganis untuk mandi bersama dengan dayang-dayangnya. Danau Taman Hidup dijadikan sebagai lokasi berkemah. Danau ini mempunyai area cukup luas. Beruntungnya, para pengunjung akan menjumpai satwa liar seperti merak hijau, kijang, lutung jawa, lutung merah, kancil, bahakan babi hutan.

Kebun Teh Andung Biru

kebun-teh-andung-biru
by instagram @bilqisdstr

Ingin berfoto ala-ala film Sherina atau My Heart? Kunjungi Kebun Teh Andung Biru.Hamparan pemandangan hijau khas kebun teh dengan kombinasi hawa yang sejuk dan dingin menambah indahnya pemandangan kebun teh yang eksotis.

Tempat Wisata di Probolinggo Jawa Timur Lainnya

  • Hutan Mangrove Jawa Timur : Pelabuhan Perikanan Pantai, Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67217
  • Pulau Gili Probolinggo :  Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo
  • Air Panas Desa Tritis : Desa Tritis, Kecamatan Tritis, Probolinggo
  • Air Terjun Triban : Ngepung, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur
  • Air Terjun Kedung Amis : Ngepung, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur 67255
  • Air Terjun Sumber Pakis II : Desa Ngepung, Kec. Sukapura, Kab. Probolinggo
  • Air Terjun Darungan : Desa Bremi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo
  • Air Terjun Kalipedati : Desa Kalianan, Krucil, Probolinggo
  • Ranu Segaran : Desa Segaran, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo
  • Bukit Bentar Probolinggo : Gunung Bentar, Probolinggi
  • Candi Jabung : Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur
  • Candi Kedaton : Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Probolinggo
  • Taman Wisata Study Lingkungan : Joboan, Mangunharjo, Mayangan, Probolinggo
  • Museum Probolinggo : Jl. Suroyo No 7 Kota Probolinggo
  • Agrowisata Sumberbendo : Sumberbendo, Sumberasih, Probolinggo
  • Kolam Renang TRA : Jl. Hayam Wuruk

Itu dia beberapa tempat wisata di Probolinggo yang bisa kamu kunjungi. Lebih lengkap lagi dengan wisata kuliner Probolinggo yang nikmat untuk mengisi perut yang lapar setelah berkunjung ke objek wisata Probolinggo.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */