11 Tempat Wisata Terindah di Indramayu dan Sekitarnya

0

Tempat Wisata di Indramayu Jawa Barat – Liburan sudah datang! Di penghujung tahun pasti ditunggu-tunggu oleh banyak orang karena libur akhir tahun yang dimulai dari Natal sampai Tahun Baru sudah menanti. Cara terbaik untuk menikmati libur panjang akhir tahun adalah dengan berwisata. Tidak perlu jauh-jauh berpikir untuk melakukan wisata ke luar negeri seperti Singapura atau Jepang. Kita bisa memilih tempat liburan yang menyuguhkan pesona wisata yang luar biasa dan dengan dana yang terjangkau seperti Kabupaten Indramayu.

Kabupaten Indramayu merupakan sebuah kabupaten yang termasuk ke dalam Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Indramayu memiliki ibukota di Kecamatan Indramayu. Namun, pusat keramaian dari Kabupaten Indramayu berlokasi di kawasan Haurgeulis dan Jatibarang. Secara geografis, Kabupaten Indramayu berbatasan dengan Kabupaten Subang di sebelah barat, Kabupaten Sumedang di sebelah selatan, Kabupaten Cirebon di sebelah tenggara dan Laut Jawa di sebelah utara. Selain itu, Kabupaten Indramayu berada di lokasi yang strategis karena memiliki akses yang sangat mudah menuju jalur Pantura. Tidak heran jika Kabupaten Indramayu menjadi salah satu tempat yang tempat untuk menghabiskan hari libur akhir tahun karena aksesnya yang mudah dan biayanya yang terjangkau. Dan, di bawah ini ada beberapa tempat wisata terindah di Indramayu yang bisa menjadi referensi untuk menghabiskan jatah libur akhir tahun.

Hutan Mangrove Karangsong

hutan-mangrove
Instagram by @exploreindramayu

Seperti yang kita ketahui bahwa letak Kabupaten Indramayu berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara. Tidak heran jika Kabupaten Indramayu memiliki kawasan hutan mangrove yang bertujuan untuk mencegah abrasi air laut dan menjadi habitat bagi spesies ikan yang tinggal di sana. Hutan mangrove Karangsong merupakan hutan mangrove di Kabupaten Indramayu yang memiliki potensi tempat wisata Indramayu Jawa Barat yang tinggi. Hutan mangrove Karangsong berlokasi di Desa Karangsong yang berada di Kecamatan dan Kabupaten Indramayu. Tempat wisata di Kabupaten Indramayu ini menyuguhkan keindahan keasrian hutan mangrove di Desa Karangsong yang bisa kita nikmati dengan menggunakan perahu.

Waduk Cipancuh

waduk-cipancuh
Instagram by @exploreindramayu

Objek wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Indramayu adalah Waduk Cipancuh. Selain berfungsi sebagai objek wisata Indramayu terbaru, Waduk Cipancuh menjadi sumber untuk irigasi sawah yang ada di Kabupaten Indramayu. Waduk Cipancuh berlokasi di Desa Situraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu. Waduk Cipancuh yang dibangun saat era Kolonial Belanda pada tahun 1927 memiliki luas yaitu 70 hektare.

Pulau Biawak

pulau-biawak
Instagram by @pulaubiawak_indramayu

Pulau Biawak adalah sebuah kepulauan kecil di Laut Jawa dan masih tergabung dalam wilayah Kabupaten Indramayu. Pulau Biawak dapat ditempuh dari pusat Kabupaten Indramayu sekitar 40 kilometer. Pulau Biawak terdiri atas tiga pulau kecil yang dinamai dengan Pulau Biawak, Pulau Candikian dan Pulau Gosong. Ada banyak biawak yang bisa ditemukan di Pulau Biawak. Selain itu, di Pulau Biawak ada sebuah mercusuar tua yang bertugas untuk membantu jalannya lalu lintas kapal laut yang beroperasi di perairan Kabupaten Indramayu.

Kunjungi :  Wisata Keluarga di Jatim Park 2 Malang Jawa Timur

Waterboom Bojongsari Indramayu

Jika ingin mencari tempat wisata di Kota Indramayu yang cocok untuk menghabiskan libur akhir tahun bersama keluarga maka Waterboom Bojongsari Indramayu jawabannya. Waterboom Bojongsari Indramayu atau dikenal dengan WBI merupakan objek wisata Indramayu Jawa Barat yang baru terkenal di Kabupaten Indramayu belakangan ini. Di waterboom ini kita bisa berenang di kolam renang yang luas dan lengkap dengan fasilitas seluncur, kolam air, Bunge trampolin dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga fasilitas karaoke yang disediakan Waterboom Bojongsari Indramayu agar pengunjung bisa memiliki waktu yang berkualitas dengan keluarga.

Taman Cimanuk

taman-cimanuk
Instagram by @aboutindramayu

Objek wisata Indramayu kota yang baru-baru ini dikenal oleh masyarakat luas adalah Taman Cimanuk. Taman Cimanuk merupakan sebuah taman yang berada di kawasan Masjid Agung Indramayu, tepatnya di Jalan Veteran. Taman Cimanuk menjadi pilihan terbaik jika kita mencari tempat wisata di Kabupaten Indramayu yang murah meriah tetapi memiliki pemandangan yang bagus. Di Taman Cimanuk pengunjung bisa menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama keluarga atau sekadar berkeliling taman saja.

Situs Buyut Banjar

Tidak hanya menyuguhkan tempat wisata alam di Indramayu saja. Kabupaten Indramayu juga menyuguhkan pesona wisata sejarah yang edukatif seperti Situs Buyut Banjar. Situs Buyut Banjar berlokasi di Desa Bulak Kidul. Di objek wisata ini pengunjung bisa berziarah makam dari Buyut Banjar atau Pangeran Surya Negara. Di Situs Buyut Banjar juga terdapat 41 ekor monyet yang dipercaya penduduk Kabupaten Indramayu sebagai prajurit dari Kerajaan Karang Kendal yang dulunya dikutuk. Sehingga, suasana dari Situs Buyut Banjar tidak jauh berbeda dengan suasana hutan monyet yang ada di Ubud, Bali.

Pantai Lemah Abang

Kabupaten Indramayu yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara memiliki banyak pantai. Pantai-pantai yang berada di pesisir Kabupaten Indramayu menyuguhkan keindahan yang bisa dinikmati selagi dalam perjalanan menyusuri jalur Pantura seperti Pantai Lemah Abang. Pantai Lemah Abang berada di Desa Lemah Abang, Kecamatan Eratan, Kabupaten Indramayu. Di Pantai Lemah Abang pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang berisi batu-batu besar yang sengaja diletakkan guna mencegah abrasi air laut. Pengunjung juga tidak perlu takut kelaparan karena Pantai Lemah Abang terkenal dengan seafood-nya.

Pantai Blayem

Pantai Blayem bisa menjadi rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga ketika libur akhir tahun tiba. Pantai Blayem berlokasi di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Ombak di Pantai Blayem tidak terlalu besar karena sudah ada deretan pemecah ombak yang dibangun Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu. Dengan begitu, anak-anak akan aman jika bermain di laut yang ada di Pantai Blayem.

Kunjungi :  32 Tempat Wisata Kuliner di Kota Solo Jawa Tengah

Pantai Balongan Indah

pantai-balongan-indah
Instagram by @balonganbeach

Bali juga ada di Kabupaten Indramayu. Bali di Indramayu merupakan kependekan dari Pantai Balongan Indah. Pantai Balongan Indah merupakan pantai tercantik yang ada di Kabupaten Indramayu meski pun pasirnya berwarna hitam. Pantai Balongan Indah berlokasi di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. Saat terbaik untuk mengunjungi Pantai Balongan Indah adalah saat sore hari ketika matahari nyaris terbenam dan pagi hari saat matahari akan terbit. Dari pesisir Pantai Balongan Indah pengunjung bisa menyaksikan indahnya proses matahari terbit dan terbenam.

Pantai Tirtamaya

pantai-tirtamaya
Instagram by @tirtamayabeach

Debur ombak yang berpadu dengan pasir pantai ini ada di Desa Jatinyuat, Kecamatan Jatinyuat, Kabupaten Indramayu tidak terlalu jauh dari Pantai Blayem. Di Pantai Tirtamaya pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang bersih karena sistem pengelolaan Pantai Tirtamaya oleh pemerintah setempat yang baik. Pantai Tirtamaya ramai akan pengunjung karena letaknya yang strategis yaitu sekitar 20 kilometer dari jantung Kabuparen Indramayu.

Situ Bolang

situ-bolang
Instagram by @kotaindramayu

Jika ingin mencari tempat wisata di Indramayu dan sekitarnya yang memberikan ketenangan jiwa dan raga maka jawabannya adalah Situ Bolang. Situ Bolang adalah sebuah danau yang berlokasi di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu. Situ Bolang berada sekitar 20 kilometer dari pusat Kabupaten Indramayu. Dengan luas sekitar 74 hektar, Situ Bolang menyuguhkan keindahan danau yang luas dengan pemandangan hamparan sawah yang asri ditemani suasana pedesaan yang tenang dan sejuk.

Situ Bojong Sari

situ-bojongsari
Instagram by @suryanamuhammadfajar

Situ Bojong Sari atau Danau Bojong Sari merupakan objek wisata di Kabupaten Indramayu yang tidak boleh terlupakan ketika mengunjungi Kabupaten Indramayu. Situ Bojong Sari memiliki lokasi yang strategis yaitu di pusat kota Indramayu. Tidak heran jika Situ Bojong Sari selalu ramai pengunjung, terutama jika hari libur dan akhir pekan. Situ Bojong Sari memiliki luas yaitu 6,5 hektare yang berfungsi untuk irigasi dan juga pembangkit listrik tenaga air. Selain itu, kawasan Situ Bojong Sari sudah dilengkapi fasilitas seperti sepeda air, waterboom, lahan luas untuk berkemah, perahu wisata dan tempat untuk memancing ikan.

Berbelanja Kerupuk Kulit Ikan di Bungkul

Sebagai kabupaten yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa, Kabupaten Indramayu terkenal dengan hasil lautnya seperti ikan, udang, kerang, cumi-cumi, kepiting dan masih banyak lagi. Ikan-ikan hasil tangkapan nelayan di Kabupaten Indramayu tidak hanya dimanfaatkan dalam bentuk hidangan seperti ikan bakar. Kerupuk kulit ikan menjadi alternatif mengolah ikan hasil tangkapan nelayan Kabupaten Indramayu. Ikan yang dijadikan untuk bahan baku kerupuk kulit ikan khas Indramayu adalah ikan manyun dan ikan remang karena teksturnya yang gurih begitu digoreng. Kerupuk kulit ikan khas Indramayu bisa dijumpai dengan mudah di daerah Bungkul, Desa Dukuh, Indramayu. Kerupuk kulit ikan khas Indramayu yang gurih cocok dijadikan oleh-oleh yang awet dan bisa dinikmati sebagai camilan dan makanan pelengkap untuk soto, bakso, mi ayam dan lain-lain.

Kunjungi :  Sensasi Mancing di Wisata Pantai Sadeng Gunung Kidul

Berbelanja Mangga Indramayu di Jalan Baru

mangga
Instagram by @exploreindramayu

Kabupaten Indramayu memiliki ikon yang terkenal seantero Indonesia yaitu mangga Indramayu. Mangga Indramayu tidak boleh lupa dibeli ketika berwisata di Kabupaten Indramayu sebagai oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga. Mangga Indramayu bisa ditemukan dimana saja di seluruh Kabupaten Indramayu. Tetapi pusat dari mangga Indramayu adalah di kawasan Jalan Baru, Kabupaten Indramayu. Di sepanjang jalan ini ada banyak toko buah yang menjual mangga Indramayu berkualitas dengan harga yang bersaing.

Sup Kambing Karang Mekar

sup-kambing
Instagram by @69_bunga_mawar

Sup kambing memang ada dimana-mana. Tetapi jika berada di Indramayu tidak ada salahnya mampir ke warung sup kambing Karang Mekar yang berlokasi di Jalan Jenderal Soedirman, Kabupaten Indramayu yang terkenal kelezatannya.

Warung Bang Combet

Kabupaten Indramayu tidak hanya menyuguhkan wisata alam dan wisata budaya saja. Tempat wisata kuliner di Indramayu tidak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satunya dengan mengunjungi Warung Bang Combet yang berada di depan Indramayu Sport Center, lebih tepatnya di Jalan Olahraga. Di Warung Bang Combet, pengunjung bisa menikmati sensasi pedas dalam menu Pedesan Entog atau itik yang dimasak dengan bumbu yang pedas yang merupakan kuliner khas Indramayu. Banyak orang yang singgah di Warung Bang Combet meski pedesan entog memberikan sensasi pedas yang langsung meledak di dalam mulut begitu gigitan pertama.

Pindang Gombyang Rumah Makan Panorama

pindang-gombyang
Instagram by @hanghungry_chef

 

hutan-kayu-putih
Hutan Kayu Putih Instagram by @exploreindramayu
gedung-kesnian
Gedung Kesnian Instagram by @exploreindramayu

 

pantai-dadap
Pantai Dadap Instagram by @exploreindramayu

 

randu-gede
Randu Gede Instagram by @exploreindramayu
pantai-karangsong
Pantai Karangsong Instagram by @exploreindramayu

Jika berbicara tentang Kabupaten Indramayu maka tidak boleh dilupakan dari aneka makanan laut yang menggugah selera seperti pindang gombyang. Salah satu tempat yang sudah terkenal dengan hidangan pindang gombyang adalah Rumah Makan Panorama yang berlokasi di Desa Karangsong, Kecamatan Karangsong, Kabupaten Indramayu. Orang-orang berbondong-bondong datang ke Rumah Makan Panorama usai mengunjungi Hutan Mangrove Karangsong demi mencicipi lezatnya pindang gombyang. Selain pindang gombyang ada juga hidangan khas laut lain seperti udang, ikan, kerang, kepiting dan cumi-cumi yang kesegarannya masih terjaga.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */