Surganya Wisata Indonesia

39 Tempat Wisata di Jombang yang Wajib Anda Kunjungi

0
39 Tempat Wisata di Jombang yang Wajib Anda Kunjungi
4 (80%) 1 vote

Tempat wisata di Jombang dan Sekitarnya – Jombang merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terletak di antara jalur utama yang menghubungkan Surabaya dengan Madiun. Kota ini juga sering dikenal sebagai “Kota Santri” karena memiliki jumlah pondok pesantren yang cukup banyak, salah satunya Tebuireng. Sebagai wilayah yang tidak memiliki garis pantai, kabupaten Jombang tetap tidak kehilangan pesona wisata alamnya. Di antaranya wisata edukasi sejarah, spot selfie kekinian, hingga tempat wisata di Jombang yang tersembunyi dan belum banyak dikenal orang. Pada kesempatan kali ini Tempatwisataindonesia.id akan membahas mengenai tempat wisata Jombang dan sekitarnya. Yuk simak!

Wisata Alam di Jombang

Ada banyak destinasi wisata di Jombang yang menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. Mulai dari air terjun, gua, waduk, hingga wisata pegunungan tersedia di Jombang.

Wisata Air Terjun di Jombang

Ada cukup banyak air terjun yang ada di Jombang yang menyediakan pemandangan yang indah. Anda bisa menentukan di mana ingin menghabiskan waktu selama liburan di sini.

Air Terjun Tretes Jombang

Air Terjun Tretes Jombang
Instagram by brahmantea

Objek wisata Jombang Wonosalam memang menyimpan berbagai keindahan alam, salah satunya adalah Air Terjun Tretes yang sangat memesona. Air terjun ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian aliran air sekitar 158 meter. Bagian paling atas air terjun ini berada di ketinggian 1250 mdpl. Air terjun ini berada di kompleks Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo di Gunung Jurung Guah dan masih merupakan kawasan hutan lindung Gunung Anjasmoro. Lokasi wisata Air Terjun Jombang ini masih sangat asri dan terjaga keindahannya. Apabila Anda ingin berkunjung ke lokasi ini, silakan menuju ke Pangajaran, Desa Gelengdowo, Kecamatan Wonosalam, Jombang.

Backpaker Seru ke Wisata Wonosalam Jombang Jawa Timur

Air Terjun Sekar Pudak Sari Jombang

Air Terjun Sekar Pudak Sari Jombang
Instagram by yoyok1990

Air Terjun Sekar Pudak Sari merupakan salah satu andalan objek wisata Wonosalam Jombang. Untuk menuju lokasi wisata tersembunyi ini, dibutuhkan perjuangan ekstra karena kondisi jalanan yang terjal. Wisata alam Jombang ini menyuguhkan pemandangan alam yang masih asri, alami, dan “perawan”. Lokasi wisata ini berada di Dusun Wonorekso, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonosalam, Jombang.

Air Terjun Selo Lapis Jombang

air terjun selolapis
Instagram by seloringgit_ecotourism

Lokasi wisata ini terletak di Dusun Mendir, Desa Pangklungan, Kecamatan Wonosalam. Objek wisata ini terletak tidak jauh dari dua air terjun Air Terjun Tretes dan Air Terjun Pudak Sari. Wisata Wonosalam Jombang ini menawarkan pemandangan yang masih sangat alami dengan airnya segar dan dingin. Untuk memasuki lokasi ini, para wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 saja.

Air Terjun Grenjeng

Air Terjun Grenjeng
Instagram by nanangfendi666

Satu lagi objek wisata daerah Jombang yang memiliki pemandangan alam memesona, yaitu Air Terjun Grenjeng. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, tetapi memiliki debit air yang stabil, serta air yang jernih. Lokasi wisata ini terletak di Jenis Gelaran, Bareng, Kabupaten Jombang.

Air Terjun Sanggar

Air Terjun Sanggar
Instagram by sigit_siem

Air Terjun ini berlokasi di Dusun Jarak, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Meski lokasinya cukup susah dijangkau dan belum banyak di ketahui orang, pemandangan di air terjun ini tak bisa dibilang buruk. Salah satu keuntungan objek wisata baru ini belum dikelola dengan baik, para pengunjung belum dibebani biaya masuk objek wisata alias masih gratis.

Air Terjun Sekelip

Air Terjun Sekelip
Instagram by teguhsetiawan6

Air Terjun ini berlokasi di Desa Wonokerto, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Aliran air terjun ini cukup deras dan memiliki air yang jernih juga segar. Apabila sedang di lokasi tersebut, Anda dapat melihat tebing-tebing karang berdiri kokoh mengelilingi air terjun.

Wisata Gua di Jombang

Ada dua gua yang cukup terkenal di Jombang. Pertama adalah Gua Si Golo-Golo dan yang kedua adalah Gua Sriti.

Kunjungi :  Asal Usul Wisata Pulau Cangkir Kronjo Tangerang Banten

Gua Si Golo-Golo Jombang

Gua Si Golo-Golo Jombang
Instagram by daniselawase

Satu lagi wisata eksotis yang wajib Anda kunjungi adalah Gua Si Golo-Golo. Gua ini berada di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Untuk menuju lokasi ini, wisatawan harus berjalan kaki menaiki anak tangga untuk mencapai mulut gua. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati keindahan tebing yang curam, dan bebatuan lembab yang eksotis. Tempat wisata Jombang Wonosalam ini cocok dikunjungi Anda dan keluarga.

Gua Sriti Jombang

Gua Sriti Jombang
Instagram by reennyy_asyifa

Satu lagi objek wisata Jombang Wonosalam yang harus Anda jelajahi adalah Gua Sriti, Gua ini cukup unik karena memiliki stalagmit dan stalaktit yang nyaris saling berbenturan. Selain itu, objek wisata tersembunyi ini juga masih asri. Pengunjung juga tidak akan dikenakan biaya saat mengunjungi wisata ini.

Wisata Waduk dan Sungai di Jombang

Ada cukup banyak waduk dan sungai yang ada di Jombang. Tempat-tempat ini oleh warga sekitar dijadikan tempat wisata yang nyaman dan indah untuk dikunjungi.

Waduk Jambe Jombang

Waduk Jambe Jombang
Instagram by debu.alam

Salah satu destinasi wisata Jombang terbaru adalah Waduk Jambe. Lokasi ini menawarkan keindahan panorama alam yang alami. Lokasi waduk yang instagramable ini berada di Bangsri, Plandaan, Kabupaten Jombang.

Embung Kedu Jombang

Embung Kedu Jombang
Instagram by muhajirkun

Satu lagi wisata baru Kabupaten Jombang yaitu Embung Kedu. Embung ini berlokasi di Desa Kepuhrejo, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang.

Wisata Kedung Cinet Jombang

Wisata Kedung Cinet Jombang
Instagram by radhiyah_fahra

Wisata Kedung Cinet Jombang ini sering dijuluki sebagai “Green Canyon Mini” a la Jombang. Wisata ini menawarkan keindahan air kedung yang jernih dengan dasar bebatuan yang cantik. Selain itu, wisata ini juga memiliki panorama hutan hijau yang rimbun sehingga udara yang dihasilkan masih sangat segar. Tempat wisata di Jombang Kedung Cinet ini berlokasi di Desa Pojok Klitih, Plandaan, Jombang, tepatnya 10 km dari Jembatan Ploso Brantas. Lokasi ini juga menjadi salah satu tujuan tempat wisata di Jombang dan Mojokerto.

Suka Fotografi? Wajib Jelajah Kedung Cinet Jombang

Wisata Sendang Made Jombang

Wisata Sendang Made Jombang
Instagram by novijevicko

Wisata Sendang Made menawarkan keindahan sebuah sendang jernih yang tidak pernah surut meskipun musim kemarau. Selain itu, sendang ini juga berlokasi di sekitar pepohonan rimbun yang sangat cocok melepas penat. Wisata alam di Jombang ini berlokasi di Desa Made, Kecamatan Kudu, atau 20 km dari pusat Kota Jombang.

Sumber Penganten Jombang

Sumber Penganten Jombang
Instagram by andri_ihiiik

Tempat wisata di Jombang Jawa Timur ini berlokasi 1 km dari arah kecamatan Jogoproto. Di lokasi ini, Anda dapat berenang di bawah sejuk dan segarnya suasana alam. Berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat, mandi di Kolam Sumber Penganten pada malam hari bisa menjadi lantaran untuk memberikan berkah.

Tirta Wisata Keplaksari Jombang

Tirta Wisata Keplaksari Jombang
Instagram by nggi.anggi

Ruang Taman Hijau Keplaksari berlokasi di Desa Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Di lokasi ini, pengunjung dapat menikmati fasilitas kolam pemancingan, taman segar, danau dengan air yang jernih, serta lapangan tenis. Lokasinya mudah dijangkau, sehingga menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Jombang.

Wana Air Sumberboto Jombang

Wana Air Sumberboto Jombang
Instagram by kknsumberboto2

Wana Wisata Air Sumberboto Jombang ini berlokasi di Desa Japangan, Kecamatan Mojowarno. Wisata Jombang Mojoagung ini menawarkan beberapa fasilitas alam di antaranya kolam renang alami, bumi perkemahan, serta napak tilas salah satu pejuang Kemerdekaan RI, Wanara. Objek wisata Jombang ini cocok dikunjungi oleh Anda dan keluarga.

Kedung Sewu Jombang

Kedung Sewu Jombang
Instagram by brewsnection_18

Satu lagi wisata Jombang Jawa Timur terbaru yang kami rekomendasikan untuk Anda, yaitu Kedung Sewu. Lokasi ini menawarkan keindahan kolam-kolam alam dengan air yang cukup jernih. Untuk menuju wisata ini Anda harus melalui jalan tanah yang sempit. Kedung Sewu terletak di kawasan Perhutani, Desa Kubah, Kecamatan Plandaan, Jombang.

Kunjungi :  34 Tempat Nongkrong 24 Jam di Bandung yang Hits

Dam Karet Sungai Brantas

Dam Karet Sungai Brantas
Instagram by jombangawesome

Salah satu lokasi yang sering digunakan para muda-mudi untuk menghabiskan waktu bersama adalah Dam Karet, Jombang. Selain digunakan untuk mengendalikan aliran Sungai Brantas, lokasi ini juga cukup instagramable. Dam Karet ini berlokasi di Desa Sudimoro, Kecamatan Megaluh, Jombang.

Sendang Tlimo

Sendang Tlimo
Instagram by anggakriss

Satu lagi tempat wisata yang dapat menjadi referensi untuk melepas penat yaitu Sendang Timo. Tempat wisata di Jombang Ploso ini menawarkan keindahan sumber mata air yang berasal saru tengah Hutan Jati.

Wisata alam yang lain

Bulu View (Segolo-golo Eco Park)

Bulu View (Segolo-golo Eco Park)
Instagram by erikbrengos

Tempat wisata di Jombang ini menawarkan keindahan pemandangan alam dari ketinggian. Untuk dapat melihat pemandangan yang sempurna, ada baiknya untuk datang di pagi hari. Lokasi Bulu View di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Alas Gedangan Mojoagung

Alas Gedangan Mojoagung
Instagram by asrory_fm

Kawasan Wisata Jombang Gedangan ini memiliki beberapa spot menarik untuk dikunjungi, di antaranya Bukit Sunrise dan wisata Jombang Gua Jepang. Lokasi Jombang Wisata ini terletak di kawasan Perhutani, Jombang.

Wana Wisata Panglungan

Wana Wisata Panglungan
Instagram by andrian.lybot

Destinasi Jombang wisata ini menawarkan keindahan pemandangan alam pegunungan yang sangat memukau. Lokasinya di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam.

Wisata di Kota Jombang

Selain menyuguhkan pemandangan alam, Jombang juga menyediakan destinasi wisata di daerah perkotaan. Berikut daftarnya.

Alun-alun Jombang

 Alun-alun Jombang
Instagram by rahayuretno

Alun-alun Jombang merupakan lokasi wisata alternatif di pusat Kota Jombang. Di alun-alun ini, pengunjung dapat menikmati berbagai makam jajanan yang dijual oleh para pedagang. Selain itu, wisata Jombang dekat stasiun ini juga memiliki trek lari, sehingga sering digunakan untuk joging di pagi hari.

Ringin Contong

Ringin Contong
Instagram by yudistira23

Ringin Contong merupakan salah satu spot foto yang sedang hits di Instagram. Selain itu, Ringin Contong juga merupakan penanda titik 0 km kabupaten Jombang. Di lokasi yang berada tepat di samping jalan raya ini Anda dapat ber-selfie sembari menikmati wisata Jombang malam hari.

Wisata Pujasera Kebon Rojo Jombang

Wisata Pujasera Kebon Rojo Jombang
Instagram by JombangCityGuide

Wisata ini berlokasi di Jl. KH. Wahid Hasyim, Kota Jombang, Wisata PUJASERA (Pusat Jajan Serba Ada) ini menawarkan berbagai macam makanan dari pagi hingga malam hari. Selain itu, masyarakat sekitar juga sering memanfaatkan lokasi ini untuk berolahraga. Lokasinya sangat nyaman, rindang, sejuk, dan asri.

Taman Kebon Ratu

Taman Kebon Ratu
Instagram by ayuna_anggia

Taman yang terletak tidak jauh dari taman Keplaksari menawarkan keseruan permainan anak-anak yang mengasyikkan. Lokasi Taman Kebon Ratu tepat di Desa Keplaksari, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Kampung Djawi

Kampung Djawi
Instagram by mallanvr

Kampung Djawi merupakan sebuah vila yang memiliki berbagai wahana permainan. Selain itu, udaranya yang sejuk merupakan nilai tambah yang dimiliki objek wisata ini. Kampung Jawi sangat cocok digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Lokasi wisata ini berada di Desa Godang, Kecamatan Wonosalam, Jombang.

Kampung Durian Jombang

Kampung Durian Jombang
Instagram by DesaWonosalam

Apabila Anda penggila buah Durian, di sinilah tempatnya. Seperti di serial kartun Upin-Ipin, desa agrowisata ini juga sering dikenal dengan sebutan “Kampung Durian”, tepatnya di Desa Sumber, Wonosalam, Kabupaten Jombang. Di wisata kuliner Jombang ini, Anda dapat menikmati sensasi memetik dan memakan buah durian langsung dari pohonnya. Selain itu, Anda juga dapat membawa pulang durian untuk dijadikan oleh-oleh.

Borobudur Mall Jombang

Borobudur Mall Jombang
Instagram by FERRYYOHANA

Apabila Anda ingin menghabiskan uang gajian dengan segera, kami merekomendasikan Anda untuk memasuki Borobudur Mall Jombang. Sejak tahun 2016, mal ini menjadi tujuan shopping paling hits di Kabupaten Jombang.

Wisata Religi di Jombang

Sebagai daerah yang terkenal karena ulama-ulamanya, Jombang juga menyimpan destinasi wisata yang menarik. Selain berpakansi, kunjungan Anda juga dapat menjadi

Masjid Dr. H. Moeldoko

Masjid Dr. H. Moeldoko
Instagram by ikomada

Wisata religi menjadi ikon penting kota Jombang. Sebagai sebuah “Kota Santri”, Jombang memiliki beberapa masjid indah yang sayang Anda lewatkan, salah satunya Masjid Dr. H. Moeldoko, yang terletak di Jl. Raya Kayen, Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kunjungi :  22 Tempat Wisata Terindah di Purworejo dan Sekitarnya

Masjid Agung Jombang

Masjid Agung Jombang
Instagram by shafi_laili_dnl

Satu lagi sebuah masjid yang memiliki arsitektur unik, sinkretisasi antara kebudayaan Hindu dan Islam, yaitu Masjid Agung Jombang. Masjid ini memiliki dua buah menara, serta atap tumpang tiga, khas bangunan Jawa. Masjid ini dapat Anda temui di Jombang, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Makam Kiai Hasyim Asyari

Makam Kiai Hasyim Asyari
Instagram by uyy_snowwhite

Kiai Hasyim Asyari merupakan salah satu tokoh penting penyebar agama Islam di Jawa. Beliau juga dikenal sebagai pendiri NU, sekaligus menjadi figur penting dalam jalannya sejarah Indonesia, khususnya pada saat pertempuran Surabaya. Kiai Hasyim Asyari juga merupakan kakek dari Presiden RI IV, yaitu KH. Abdurrahman Wahid. Karena jasa-jasa yang besar itu, Makam Kiai Hasyim Asyari banyak dikunjungi oleh para penziarah dari berbagai kota.

Makam Gus Dur (Abdurrahman Wahid)

Makam Gus Dur (Abdurrahman Wahid)
Instagram by farid_elnashir

Seperti yang telah kami singgung di atas, KH. Abdurrahman Wahid merupakan salah satu tokoh nasional pejuang pluralisme yang banyak dikagumi orang. Setelah beliau meninggal, beliau dimakamkan di Tebuireng, Cukir, Diwek, Kabupaten Jombang. Setiap tahunnya, ribuan penziarah berkunjung ke makam Gus Dur.

Makam Sayid Sulaiman

Makam Sayid Sulaiman
Instagram by caturfirmann

Sayid Sulaiman merupakan penyebar agama Islam di pesisir utara Pulau Jawa yang berasal dari Yaman. Beliau juga masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Sunan Gunung Jati. Makam beliau banyak dikunjungi penziarah setiap harinya. Lokasi Makam Sayid Sulaiman berada di Mojoagung, Jombang.

Makam Pangeran Benowo

Makam Pangeran Benowo
via Blogger Mistikus Cinta

Pangeran Benowo merupakan salah satu tokoh penting dan pengaruh dalam perkembangan Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Semasa hidupnya, beliau berjuang menata administrasi desa, membangun saluran irigasi, mengajari beternak sapi, dll. Berkat jasa yang besar tersebut, makam Pangeran Benowo selalu ramai dikunjungi penziarah.

Makam Gunung Kuncung Jombang

Makam Gunung Kuncung
Instagram by ARMODASworld

Berdasarkan kepercayaan masyarakat, Makam Gunung Kuncung ini merupakan tempat peristirahatan terakhir orang yang dikenal sakti. Makam yang masih sering digunakan sebagai lokasi mencari “ilmu” ini, terletak di Gunung Kuncung, Kecamatan Wonosalam, Jombang.

Gereja Mojowarno Jombang

Gereja Mojowarno Jombang
Instagram by asli_jombang

Gereja Mojowarno merupakan gereja tertua yang berada di Jombang. Gereja Kristen Jawa ini diresmikan pada tahun 1881, dan menjadi pusat persebaran agama Kristen ketika masa kolonial.

Klenteng Boo Hway Bio

Klenteng Boo Hway Bio
viva.co.id

Apabila Anda masih ingat sosok Gus Dur, Presiden RI ke-IV, salah satu kebijakan luar biasa yang dia cetuskan adalah mengakui agama Kong Hu Chu. Nah, di tempat kelahiran Gus Dur ini, Anda juga dapat melihat Klenteng Boo Hway Bio Mojoagung, tepatnya di Jalan Belakang Pasar, Mojoagung, Kademangan, Jombang.

Klenteng Hon San Kiong

Klenteng Hon San Kiong
jia-xiang.biz

Klenteng ini berlokasi di Desa Gudo, Jombang. Berdasarkan informasi, bangunan klenteng ini sudah ada sejak tahun 1700an. Sungguh luar biasa.!

Candi Ngrimbi Jombang

Candi Ngrimbi Jombang
Instagram by rosa_ocha_nia

Masih di sekitar kaki Gunung Anjasmoro, di sini terdapat sebuah candi Hindu peninggalan Kerajaan Majapahit bernama Candi Rimbi. Berdasarkan informasi, Candi Rimbi menjadi salah satu pintu masuk untuk menuju ke Kerajaan Majapahit. Lokasi Candi Rimbi terletak di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Bagaimana ulasan mengenai tempat wisata di Jombang yang kami sajikan, sudah cukup lengkap kan? Kalo mimin Tempatwisataindonesia.id sih lebih suka mengunjungi Wisata Jombang Kedung Cinet, kalau Anda bagaimana? Apabila sedang mengunjungi tempat wisata di Jombang dan sekitarnya, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian alam ya guys. Terus dukung tempat wisata Indonesia, dan simak juga mengenai tempat wisata di Mojokerto, tempat wisata di Kediri, dan tempat wisata di Nganjuk.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */