Surganya Wisata Indonesia

26 Tempat Wisata di Mojokerto dan Sekitarnya yang Murah

0
26 Tempat Wisata di Mojokerto dan Sekitarnya yang Murah
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Mojokerto dan Sekitarnya – Mojokerto merupakan salah satu daerah yang termasuk Provinsi Jawa Timur. Mojokerto sendiri terbagi ke dalam dua wilayah, pertama adalah Kota Mojokerto dan kedua adalah Kabupaten Mojokerto. Letak dari Mojokerto adalah lima puluh kilometer di sebelah barat daya kota Surabaya. Luas Mojokerto termasuk yang paling kecil dari seluruh wilayah yang ada di Jawa Timur. Mojokerto juga menjadi wilayah paling tua nomor sepuluh yang ada di Provinsi Jawa Timur. Batas-batas kabupaten ini di antaranya adalah Kabupaten Lamongan di sebelah utara, Kabupaten Pasuruan, Gresik dan Sidoarjo di sebelah timur, Kabupaten Jombang di sebelah barat dan Kota Batu serta Kabupaten Malang di sebelah selatan.

Salah satu daya tarik Mojokerto adalah adanya tempat wisata di Mojokerto budha tidur yang dapat kita kunjungi. Sebut saja mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata pantai, semuanya ada di Mojokerto. Mojokerto dapat menjadi tujuan wisata yang menarik bagi seluruh anggota keluarga. Berikut adalah beberapa tempat wisata Mojokerto hits yang bisa kita datangi saat berada di kota ini.

Gunung Penanggungan

gunung-penanggungan
by instagram @clouds_falha

Tempat wisata di Mojokerto yang murah pertama adalah sebuah gunung yang terletak di kawasan Trawas. Namanya adalah Gunung Penanggungan. Gunung ini merupakan sebuah gunung berapi yang sedang dalam keadaan tidak aktif. Pengunjung bisa mendaki menuju puncaknya yang berada pada ketinggian seribu enam ratus meter di atas permukaan air laut. Dari puncaknya, kita bisa melihat keindahan kota Mojokerto serta melihat aneka peninggalan purbakala seperti candi, pemandian hingga pertapaan yang ada di hampir seluruh lerengnya.

Coban Canggu

coban-canggu
by instagram @lesmana_bagus

Tempat wisata di Mojokerto yang kedua adalah sebuah air terjun, yaitu air terjun Coban Canggu. Ketinggiannya sekitar tujuh puluh meter dan berada di ketinggian delapan ratus meter di atas permukaan air laut. Panorama alamnya terutama sangat indah dan pengunjung bisa merasakan kesejukan dari udara segar. Kegiatan lain yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah bermalam karena di sekitarnya terdapat banyak villa. Kita bisa menginap bersama teman-teman atau keluarga.

Air Terjun Dlundung

air-terjun-dlundung
by instagram @riskirocher

Tempat wisata di Mojokerto Jawa Timur yang masih berupa air terjun lagi adalah air terjun Dlundung. Letaknya masih di Kecamatan Trawas. Air terjun ini tidak terlalu tinggi akan tetapi suasananya sangat sejuk dan tenang. Tempat ini cocok bagi pengunjung yang ingin melepas penat dari rutinitas pekerjaan sehari-hari. Aneka aktivitas yang bisa dilakukan di wisata Trawas Mojokerto di antaranya adalah berenang, mandi hingga sekedar bermain air atau berfoto bersama. Fasilitas pendukung tempat wisata termasuk kegiatan outbound serta warung makan.

Kunjungi :  Keliling di Ekowisata Taman Air Tlatar Boyolali Jateng

Air Terjun Grenjengan

air-terjun-grenjengan
by instagram @bendottetapsemangat

Mojokerto ternyata menyimpan begitu banyak pesona air terjun. Selain air terjun Dlundung di atas, masih ada lagi air terjun Grenjengan. Wisata di Mojokerto yang satu ini berada di sebelah selatan dari air panas Padusan. Sepanjang jalan menuju air terjun Grenjengan, kita akan melihat adanya deretan pohon pinus pada sebelah kiri dan kanan jalan. Mengunjungi air terjun ini terutama dapat ditempuh dengan berjalan kaki, apalagi jika kita termasuk pecinta alam. Begitu sampai di air terjun, kita dapat menikmati indahnya pemandangan alam yang tersaji di sana sembari bermain air.

Kolam Segaran

kolam-segaran
by instagram @arif_khurniawan

Berikutnya ada wisata Mojokerto dekat stasiun Trowulan, tepatnya adalah Kolam Segaran yang ada di Kecamatan Trowulan. Kolam ini sendiri banyak dipercaya sebagai salah satu peninggalan dari masa Kerajaan Majapahit. Ukuran kolam ini sangat besar sehingga banyak yang mempercayainya sebagai salah satu simbol dari kejayaan kerajaan Majapahit di masanya. Bahkan kolam ini dianggap sebagai kolam kuno yang ukurannya paling besar di Indonesia. Panjangnya sekitar tiga ratus tujuh puluh lima mter dan tingginya sekitar satu setengah meter. Kolam ini masih terawat dengan baik hingga kini dan menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Mojokerto.

Pemandian Air Panas Ubalan

pemandian-air-panas-ubalan
by instagram @widodoadiprasetyo

Tempat wisata di Mojokerto Jombang lainnya yang bisa dikunjungi adalah sebuah pemandain air panas yang ada di Desa Padusan. Namanya adalah Pemandian Air Panas Ubalan. Di sini, pengunjung juga bisa mengajak anak-anak untuk melihat ikan karena suasananya yang tenang dan asri serta cocok sebagai wisata keluarga.

Pemandian Air Panas Padusan

pemandian-air-panas-padusan
by instagram @stevanyvony

Selain pemandian air panas Ubalan, ada lagi pemandian air panas Padusan. Wisata Pacet Mojokerto ini terletak di Kecamatan Pacet, tepatnya Desa Padusan. Nama objek wisata ini sesuai dengan tempatnya berada yaitu Desa Padusan. Objek wisata Mojokerto Pacet yang satu ini juga cukup populer di kalangan masyarakat Mojokerto dan sekitarnya. Banyak orang percaya bahwa berendam di pemandian ini akan dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit maupun penyakit tulang.

Candi Kedaton

Wisata yang ada di Mojokerto dan bisa kita kunjungi selanjutnya adalah wisata aneka candi. Dari sekian banyak candi yang ada di Mojokerto, salah satunya adalah Candi Kedaton. Letaknya ada di sisi kiri dari Situs Kedaton, di mana di bagian bawah dari bangunan candi ini terdapat sebuah pendopo berbentuk persegi datar seperti sebuah pendopo kuno dan dibuat menggunakan batu bata merah setinggi dua meter. Pengunjung juga bisa melihat adanya galian purbakala yang merupakan sisa tempat tinggal penduduk era Kerajaan Majapahit.

Kunjungi :  Wisata Negeri Diatas Awan Puncak B29 Lumajang

Candi Bajang Ratu

candi-bajang-ratu
by instagram @dindanatameliaa

Tak hanya Candi Kedaton, tempat wisata Mojokerto Jombang selanjutnya yang berupa candi adalah Candi Bajang Ratu. Letaknya ada di Desa Temon dan objek ini cukup populer sebagai salah satu lokasi foto yang menarik. Sayangnya, belum diketahui pasti siapa yang dulunya membangun candi ini serta kapan tahun pembangunan tepatnya. Fungsi candi pada zaman dahulu juga belum diketahui secara pasti.

Candi Brahu

candi-brahu
by instagram @didiartca

Masih dari Kecamatan Trowulan, ada lagi satu candi bernama Candi Brahu. Letak candi ini tepatnya adalah di Dukuh Jambu Mente, sekitar dua kilometer arah utara dari jalan raya Mojokerto – Jombang. Asal nama candi ini diduga berasal dari kata warahu atau wanaru yang merupakan bangunan suci dalam Prasasti Alasantan. Prasasti ini sendiri bisa ditemukan tidak jauh dari lokasi Candi Brahu tersebut. Candi ini menggunakan batu bata merah dalam pembangunannya dan menghadap ke arah barat.

Candi Tikus Mojokerto

candi-tikus-mojokerto
by instagram @sahat_simarmata

Wisata desa Mojokerto terkait candi berikutnya adalah Candi Tikus. Candi ini berada di Desa Temon dan merupakan salah satu tujuan dari wisata sejarah terpopuler di Mojokerto. Candi ini sendiri berada di tengah-tengah dari sebuah kolam air. Untuk dapat menuju Candi Tikus, pengunjung harus menempuh jarak hingga tiga belas kilometer dari arah pusat kota Mojokerto.

Candi Wringin Lawang

candi-wringin-lawang
by instagram @livyah08

Candi berikutnya yang ada di Mojokerto adalah Candi Wringin Lawang. Candi ini merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Majapahit dan lokasinya ada di desa Jati Pasar. Candi ini hingga kini masih terawat dengan baik.

Candi Jolotundo Mojokerto

candi-jolotundo-mojokerto
by instagram @bendottetapsemangat

Wisata di Mojokerto Jatim berikutnya ialah Candi Jolotundo Mojokerto. Candi ini diperkirakan sebagai tempat pemandian dari Raja Udayana, yaitu Raja Bali yang kala itu hendak menikah dengan Putri Gunapriyadharmatpatni dari Jawa. Candi ini terbuat dari material batu kali, lebar tiga belas meter, panjang enam belas meter, tinggi lima meter.

Situs Kedaton

situs-kedaton
by instagram @bimariot

Wisata Mojokerto Jawa Timur tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Situs Kedaton. Situs ini berupa sebuah kompleks yang terdiri atas beberapa buah bangunan kuno yang berasal dari Kerajaan Majapahit di abad ketiga belas. Situs ini terletak di Desa Kedaton, dan di sini pengunjung juga bisa menemukan sisa-sisa dari Candi Kedaton yang bahan pembuatannya dari batu bata merah. Kita juga bisa melihat adanya Sumur Upas di dalam Situs Kedaton.

Kunjungi :  Pemandangan Cantik Pantai Cahaya Weleri Kendal

Situs Trowulan

situs-trowulan
by instagram @rizkiesurya

Selain Situs Kedaton, wisata kota Mojokerto lainnya yang tak kalah menarik adalah Situs Trowulan. Di sini, kita akan melihat sisa-sisa dari kejayaan Kerajaan Majapahit. Di dalamnya kita bisa melihat aneka benda purbakala, mulai dari candi, makam hingga kolam. Luasnya sendiri mencapai seratus kilometer persegi.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala

Wisata kota Mojokerto berikutnya adalah sebuah balai pelestarian di mana di dalamnya kita bisa melihat aneka benda peninggalan purbakala. Akan tetapi, kegiatan memotret tidak akan diperbolehkan di sini dan hanya diizinkan apabila telah mendapat izin resmi dari kepala balai. Ada banyak benda purbakala yang dapat kita lihat dan temukan di sini.

Museum Trowulan

museum-trowulan
by instagram @faiqken

Selain terkenal akan wisata alam Mojokerto, di Trowulan kita juga bisa menemukan sebuah museum arkeologi. Berlokasi di Desa Trowulan, di museum ini kita bisa menemukan berbagai peninggalan dari Kerajaan Majapahit secara lengkap. Selain itu, kita juga bisa melihat peninggalan dari Kerajaan Singasari, Kahuripan serta Kediri. Museum Trowulan menyimpan koleksi yang sangat lengkap sehingga wajib untuk dikunjungi terutama apabila kita adalah penggemar sejarah.

Pendopo Agung Trowulan

Wisata sejarah tidak hanya dengan mengunjungi museum namun juga pendopo. Salah satunya adalah Pendopo Agung Trowulan di Desa Temon ini. Letaknya sendiri tidak terlalu jauh dari Museum Trowulan sehingga kita bisa menyempatkan datang kemari sepulangnya dari Museum.

Makam Troloyo

Objek wisata bersejarah lainnya yang tak boleh luput dari perhatian di Mojokerto adalah makam Troloyo. Letaknya ada di Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, dan telah menjadi salah satu tujuan wisata ziarah bagi para pengunjung. Makam Troloyo ini sendiri telah dipercaya merupakan makam kakek dari Sunan Ampel bernama Sayyid Muhammat Jumadil Qubro. Jika dilihat dari tahun lahir sampai tahun wafat, yaitu 1350 sampai tahun 1478, beliau hidup pada masa Kerajaan Majapahit.

patung-budha-tidur-mojokerto
Patung Budha Tidur Mojokerto by instagram @intan_ulvia

Demikian adalah aneka tempat wisata yang ada di Mojokerto. Kita bisa mengunjungi aneka wisata yang ada, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata adat hingga wisata kuliner Mojokerto. Berlibur ke Mojokerto dapat menjadi alternatif liburan pada akhir pekan bersama seluruh anggota keluarga atau teman-teman. Semoga informasi di atas dapat menjadi referensi tempat-tempat wisata terbaik yang harus kita kunjungi di Mojokerto. Selamat berlibur ke Mojokerto Jawa Timur!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */