Surganya Wisata Indonesia

Backpaker Seru ke Wisata Wonosalam Jombang Jawa Timur

0
Backpaker Seru ke Wisata Wonosalam Jombang Jawa Timur
Nilai Artikel Ini

Tiket Masuk Wisata Wonosalam Jombang

Wisata Wonosalam Jombang
by instagram @baguspmd

Wonosalam Jombang – Kawasan yang satu ini merupakan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Jombang. Di sinilah gudangnya tempat wisata di Jombang. Namun tidak hanya di Wonosalam Jombang saja, di plandaan, Anda bisa berkunjung ke Kedung cinet Jombang. Meskipun termasuk tempat wisata yang sulit dikunjungi karena jauh berada di tengah hutan, namun kedung cinet juga menjadi tempat wisata Jombang yang harus Anda datangi.

Wisata Wonosalam Jombang terkenal sebagai tempat tujuan wisata dengan beraneka ragam wisata alam yang terdapat di dalamnya. Hal ini sesuai dengan letak kecamatan Wonosalam yang berada di lereng gunung, yaitu lereng gunung anjasmoro. Udara yang sejuk, dan lokasinya yang terletak di pegunungan, membuat Wonosalam kaya akan tempat wisata.

Wisata Jombang Wonosalam diketahui mempunyai hampir puluhan destinasi wisata. Tempat-tempat tersebut terletak di desa-desa di kecamatan Wonosalam. Sungguh ajaib bukan? Dalam satu kecamatan saja, terdapat puluhan tujuan wisata. Julukan desa wisata sepertinya cocok juga untuk kecamatan Wonosalam ini. Tempat wisata di Wonosalam tersebut memiliki keelokan dan keunikan masing-masing. Bagi Anda yang merasa penasaran dan ingin mengetahui seperti apa tempat-tempat wisata tersebut, dapat Anda simak ulasan-ulasan singkat beberapa destinasi wisata Wonosalam yang bisa Anda kunjungi :

Kampung Jawa Wonosalam (Kampoeng Djawi)

Kampoeng Djawi Jombang
by instagram @richa_yulia2

Kawasan wisata kampung jawa ini paling banyak dicari sebagai destinasi wisata di Wonosalam. Hal ini disebabkan, Kampung Jawi Wonosalam merupakan tempat yang unik, memiliki ciri khas, dan banyak wahana wisata yang bisa dikunjungi dan dinikmati.

Kampung jawa atau dalam bahasa jawa ditulis dengan kampung jawi, atau mashur dengan sebutan kampoeng djawi (ejaan bahasa jawa kuno) sebenarnya adalah sebuah kawasan tempat penginapan. Aneka villa Wonosalam resort yang ada di tempat ini diantaranya adalah griya majapahit, griya joglo, griya jineman, dan griya dorogepak. Ada dua jenis penginapan yang ditawarkan di kampung ini :

Kunjungi :  Menaiki Gondola Tradisional di Pantai Timang Gunung Kidul

Pertama, penginapan dengan bermalam atau menginap. Anda yang datang dari luar kota atau luar provinsi dan hendak menginap, Anda bisa menyewa salah satu penginapan di tempat ini dengan harga mulai Rp. 350.000.

Kedua, penginapan dengan tanpa menginap. Anda bisa menyewa penginapan untuk jangka waktu satu hari saja. Bila Anda datang bersama teman, kolega, maupun keluarga, dan ingin beristirahat sejenak dan berkumpul bersama, Anda bisa menggunakan paket penginapan ini dengan harga mulai Rp. 150.000.

Wisata kampung jawa ini mengusung tema adat dan budaya khas jawa. Hal ini terlihat dari bangunan yang ada. Di pintu masuk, Anda akan disambut bangunan dengan bentuk rumah joglo. Di samping itu, bangunan-bangunan penginapan juga dibuat dengan tema minimalis dan lingkungan yang masih alami.

Tiket masuk Kampoeng Djawi Wonosalam Jombang adalah sebesar Rp. 50.000 per orang. Mahal memang, biaya tersebut sudah termasuk fasilitas yang ada di dalamnya selama satu hari. Yaitu mulai pukul delapan pagi hingga pukul empat sore.

Tidak hanya penginapan, Anda juga bisa menikmati fasilitas outbond dengan paket kegiatan yang sudah disediakan. Atau jika Anda ingin berpetualang secara mandiri, Anda bisa mencoba beberapa aktivitas seperti flying fox, mengendarai mobil di jalur off road, menaiki mountain bike, motor cross, high rope, berenang di kolam renang, dan lain-lain.

Pesta Durian Wonosalam

Pesta Durian Wonosalam
by instagram @ririnj_puspitasari

Wilayah kecamatan Wonosalam Jombang ini memang terkenal sebagai penghasil durian. Kampung durian terbesar ini terletak di desa sumber, kecamatan Wonosalam. Pesta kampung durian ini diadakan pada musim panen durian sekitar bulan september sampai dengan februari. Ada banyak jenis buah durian yang tumbuh di kampung ini. Ada buah durian jenis ketan, buah durian sus, buah durian kerikil, durian bido, dan masih beberapa lagi. Varian durian yang paling populer di tempat ini adalah jenis buah durian bido.

Kunjungi :  26 Tempat Wisata Terbaru di Trenggalek dan Sekitarnya Rekomended

Anda bisa menyaksikan tumpuk-tumpukan buah durian yang disajikan saat pesta durian. Jika Anda hendak membawa pulang buah dengan bau khas ini, Anda bisa membelinya langsung ke tempat petani durian, atau mendatangi kedai-kedai kecil di tepian jalan yang menjajakan buah durian. Selain itu, Anda bisa pergi ke kebun durian Wonosalam untuk memetik sendiri buah durian yang telah matang.

Bagi Anda pecinta durian, kedatangan Anda ke Jombang ini adalah waktu dan tempat yang tepat. Tidak hanya Jombang ini, kampung durian terbesar yang bisa dijumpai adalah di Kabupaten Magelang, provinsi Jawa Tengah.

Air Terjun Wonosalam

Air Terjun Wonosalam
by instagram @nasgor_naruto

Dua air terjun yang cukup terkenal di daerah Wonosalam adalah air terjun tretes dan air terjun sekelip.

Air terjun sekelip Wonosalam kabupaten Jombang, Jawa Timur ini memiliki dua air terjun. Yaitu air terjun sekelip 1 dan air terjun sekelip dua. Dua air terjun ini bertempat di Desa Wonokerto, Kecamatan Wonosalam. Air terjun sekelip ini sebenarnya terdapat dalam satu lokasi. Hanya saja lokasi kedua air terjun terpisah oleh jarak kurang lebih 30 meter.

Air terjun sekelip termasuk kawasan wisata yang masih “perawan”, karena belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, jalan menuju lokasi masih berupa jalan desa yang masih berupa tanah (belum beraspal), dan rute ke lokasi yang masih harus ditempuh dengan berjalan kaki. Tempat wisata ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat.

Air terjun yang kedua adalah air terjun tretes. Air terjun tretes merupakan air terjun tertinggi di provinsi jawa timur, dengan ketinggian mencapai 158 meter. Tempat wisata ini terletak di Pengajaran, Galengdowo, Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Goa Sigolo Golo Wonosalam

Goa Sigolo Golo Wonosalam
by instagram @tribudi09

Goa sigolo golo terletak di dusun kraten, desa panglungan, kecamatan Wonosalam, kabupaten Jombang, jawa timur. Goa ini merupakan goa yang terjadi secara alami di sebelah lereng gunung welirang. Tempat wisata ini cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terutama hari libur.

Kunjungi :  Ketep Pass Magelang, Obyek Wisata Alam Kegunungapian

Beberapa titik yang menjadi pusat perhatian para pengunjung adalah pemandangan lereng gunung yang sangat indah jika dilihat dari atas goa. Ya, para pengunjung datang melewati pagar tepat di atas mulut goa. Untuk menuju goa ini, hanya ada satu jalan yang cukup berbahaya karena berada di sisi tebing. Kebanyakan pengunjung tidak memasuki area mulut goa ini. Mereka justru pergi ke tempat wisata sungai yang ada di bawahnya.

Wonosalam Training Center

Wonosalam Training Center
by instagram @athaliacv

Wonosalam training center atau pusat pelatihan Wonosalam merupakan sebuah tempat yang khusus disediakan untuk kegiatan-kegiatan outbond maupun outdoor. Tempat ini merupakan sarana pelatihan bagi sumber daya manusia agar semakin mengenal dan dekat dengan alam. Selain itu, tempat ini bisa disewa sebagai tempat berkumpul, rapat, dll.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Wonosalam training center ini diantaranya adalah musholla, bagi Anda yang beragama islam, kolam renang, hall atau aula pertemuan, arena outbond, dll.

Wonosalam Jombang ini sangat cocok untuk kegiatan outdoor karena letaknya yang strategis dan berada di lereng gunung. Suasana yang nyaman, tempat yang sejuk, akan menjadi alasan utama Anda saat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Training center ini biasanya ramai pada hari jum’at sampai dengan hari minggu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */