Surganya Wisata Indonesia

45 Tempat Wisata Terbaik di Jember dan Sekitarnya

0
45 Tempat Wisata Terbaik di Jember dan Sekitarnya
Nilai Artikel Ini

Tempat wisata di Jember – Jember merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Bondowoso di sebelah utara, Kabupaten Banyuwangi di sebelah timur, Kabupaten Lumajang di sebelah Barat, serta Samudra Hindia di bagian selatan. Kabupaten Jember merupakan salah satu wilayah yang terletak di wilayah Tapal Kuda Jawa Timur. Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten yang memiliki berbagai potensi wisata yang menarik, mulai dari dataran tinggi hingga pesona laut yang mengagumkan. Berikut ini kami sajikan tempat wisata di Jember yang layak menjadi tujuan destinasi wisata Anda.

Pemandian Kebon Agung Kaliwates

Pemandian Kebon Agung Kaliwates
Instagram by @ tempatwisatajember.blogspot.com

Pemandian Kebon Agung merupakan pemandian yang terletak di Kaliwates, Kabupaten Jember. Pemandian ini memiliki dua kolam renang yang berasal dari sumber mata air yang segar, yaitu mata air Watu Remuk. Lokasi wisata ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan menenangkan, serta dilengkapi oleh berbagai fasilitas, di antaranya hotel, restoran, cafe, dan area taman bermain anak.

Pemandian Patemon Jember

Pemandian Patemon Jember
Instagram by @ farika_au

Pemandian Patemon merupakan salah satu destinasi wisata daerah Jember yang terletak di sebalah barat Kota Jember. Pemandian ini berada di lokasi ketinggian 500 mdpl, sehingga memiliki suhu yang cukup sejuk, bahkan cenderung dingin. Mata air Pemandian Patemon Jember berasal dari Pegunungan Argopuro.

Pemandian Rembangan Jember

Pemandian Rembangan Jember
Instagram by @ sonyfajaragustiar

Pemandian ke tiga yang kita bahas adalah pemandian wisata Jember Rembangan, yang berlokasi di Puncak Rembangan. Pemandian ini memiliki beberapa fasilitas, di antaranya hotel, restoran, dll. Pemandangan di sekitar Pemandian Wisata Rembangan Jember ini juga sangat indah, karena berada di sekitar perkebunan kopi dan areal peternakan sapi perah.

Fasilitas, Hotel dan Lokasi di Wisata Rembangan Jember

Pemandian Oleng Si Butong

Pemandian Oleng Si Butong
Instagram by @ www.teluklove.com

Pemandian ini terletak di sekitar 10 Km dari pusat kota Jember. Wisata murah ini memiliki air yang jernih dan bersih. Wisata Pemandian Oleng Si Butong ini sangat cocok di kunjungi oleh Anda dan sekeluarga.

Kimo Swimming Pool

Kimo Swimming Pool
Instagram by @ afifaerial

Pemandian dengan konsep taman ini merupakan salah satu tempat wisata kota Jember. Kolam renang ini memiliki berbagai fasilitas pendukung yang akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini. Suasana sekitar kolam renang ini cukup sejuk, karena di tanami pepohonan di berbagai sudutnya. Kolam Renang Kimo Swimmingpool berlokasi di Kranjingan, Sumbersari, Kabupaten Jember.

Wisata Air Terjun Antrokan

Air Terjun Antrokan
Instagram by @rizalariski94

Air Terjun Antrokan merupakan air terjun yang berlokasi di Ds. Manggisan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, atau berjarak satu jam perjalanan dari pusat kota Jember. Air Terjun tersembunyi ini memiliki ketinggian 15 meter, dan cukup aman untuk dinikmati bersama keluarga.

Air Terjun Lereng Raung Jember

Air Terjun Lereng Raung Jember
Instagram by @ v1.k1

Wisata alam Jember ini bernama Air Terjun Raung, dan terletak di sebelah timur kota Jember, tepatnya di Desa Rowosari, Kecamatan Sumberjamber, Kabupaten Jember. Untuk menuju lokasi, wisatawan ditantang untuk menaklukkan trek yang sangat terjal. Air terjun yang sangat indah ini masih sangat terjaga keasriannya, airnya jernih dan dingin. Di sekitarnya banyak ditumbuhi berbagai macam tanaman, mulai dari tumbuhan paku, lumut, hingga tumbuhan berukuran besar.

Air Terjun Manggisan Jember

Air Terjun Manggisan Jember
Instagram by @ pesonajember

Air Terjun Manggisan memiliki tinggi aliran air sekitar 54 Km, dengan debit air sebesar 198 liter per detik. Air yang mengaliri wisata alam di Jember ini masih sangat jernih. Lokasi air terjun ini berada di Desa Manggisan, Kecamatan Patemon, Kabupaten Jember.

Air Terjun Sumber Salak Jember

Air Terjun Sumber Salak Jember
Instagram by @ pesonajember

Air Terjun yang satu ini cukup unik, karena memiliki dua tingkatan, yaitu aliran atas dan aliran bawah. Air terjun dengan air yang jernih ini terletak di Desa Sumbersalak, Ledokombo. Untuk menuju ke tempat wisata di Jember terbaru ini, wisatawan harus melewati jalanan terjal dan melelahkan. Air terjun ini sangat cocok dikunjungi oleh kalian yang memiliki jiwa petualang.

Kunjungi :  23 Tempat Wisata di Bekasi yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Air Terjun Tancak Jember

Air Terjun Tancak Jember
Instagram by @ piyu_bikul

Satu lai air terjun menantang yang terdapat di Jember, yaitu Air Terjun Tancak. Air Terjun ini berlokasi di Kawasan Perbukitan Tancak, atau berjarak 16 Km dari pusat Kota Jember. Untuk menuju ke lokasi air terjun tersembunyi ini, kalian harus menyusuri jalan setapak sejauh 3 Km. Air Terjun Tancak memiliki ketinggian 16 meter, dengan kondisi air yang jernih.

Air Terjun Tancak Tulis Jember

Air Terjun Tancak Tulis Jember
Instagram by @ aan_adventure

Air Terjun ini terkenal dengan julukan “air terjun dari langi” karena memiliki tinggi aliran sekitar 250 meter, bahkan puncak aliran sering tertutup kabut. Hal ini menjadikan Air Terjun Tancak sebagai salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur. Untuk menuju air terjun ini, para wisatawan harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih 3 Km. Wisata yang ada di Jember ini berlokasi di Dusun Tulis, Desa Darungan, Kecamatan Tanggul, Jember.

Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo
Instagram by @ immanuelagung20

Air terjun watu ondo merupakan air terjun yang terletak di Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember. Air terjun ini memiliki debit air yang cukup stabil, serta memiliki aliran air yang jernih. Lokasi wisata air terjun ini sudah dikelola dengan baik oleh warga setempat, sehingga sudah tersedia beberapa kantong parkir, mushola, bahkan plakat-plakat penunjuk arah.

Pantai Pasir Putih Malikan Papuma

Pantai Pasir Putih Malikan Papuma
Instagram by @ dinybbs

Pantai Pasir Putih Malikan atau disingkat Papuma merupakan salah satu andalan pariwisata kabupaten ini. Destinasi wisata Jember Papuma ini menawarkan keindahan pasir putih yang bersih. Selain itu, pantai ini juga memiliki formasi batu karang yang tersusun rapi. Pantai ini juga sudah memiliki berbagai fasilitas pendukung, di antaranya hotel, restoran, cafe, dll .Untuk menuju ke lokasi pantai ini, Anda dapat menaiki kendaraan pribadi ke arah selatan kota Jember, sejauh 40 Km. Tempat wisata di Jember Pantai Papuma ini berlokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Asal Usul dan Rute Menuju Pantai Papuma Jember Jawa Timur

Pantai Watu Ulo Jember

Pantai Watu Ulo Jember
Instagram by @ nicholas_dtu

Tidak jauh dari lokasi pantai sebelumnya, Papuma, terdapat sebuah pantai yang tidak kalah indahnya, yaitu Pantai Watu Ulo. Dinamai “Watu Ulo” karena sepanjang bibir pantai tersusun bingkahan bebatuan yang menyerupai ular. Lain dari pada itu, lokasi pantai ini juga sangat cocok digunakan untuk berkemah. Objek wisata Jember Jawa Timur ini terletak di ujung selatan Kabupaten Jember, yaitu di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Ambulu, atau 40 Km dari pusat Kota Jember.

Lokasi, Sejarah dan Jalan Menuju Pantai Watu Ulo Ambulu Jember

Pantai Paseban Jember

Pantai Paseban Jember
Instagram by @ masgop.agm

Pantai satu ini terkenal memiliki pasir putih yang cantik, mirip dengan Papuma. Ii merupakan pantai yang paling cocok untuk menikmati sunset. Selain itu, di lokasi wisata ini kalian juga dapat bebas bermain air, karena ombak yang menerjang bibir pantai tidaklah terlalu besar. Lokasi pantai ini berada di wilayah Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, atau satu jam perjalanan dari pusat kota Jember.

Pantai Bande Alit

Pantai Bande Alit
Instagram by @ nmerubetiri

Pantai Bande Alit merupakan sebuah pantai yang berlokasi di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Jember. Ombak besar yang menerjang pantai ini menjadikannya sebagai salah satu pantai yang sering digunakan untuk olah raga surfing. Apabila Anda tidak bisa surfing, di pantai ini juga menyediakan persewaan Jeep yang akan menemani Anda menjelajahi pantai eksotis ini. Selain itu, di sekitar pantai ini juga terdapat Green House yang menjadi tempat koleksi tanaman anggrek.

Pantai Puger

Pantai Puger
Instagram by @ jebrinearifa

Wisata pantai di Jember ini terletak di 36 km barat daya kota Jember. Salah satu daya tarik pantai ini adalah pemandangan barisan kapal kayu nelayan yang sering digunakan untuk mengarungi lautan. Terkadang, para nelayan juga sering berlalu lalang menjajakan hasil tangkapannya kepada para wisatawan. Selain itu, pantai ini juga cukup terkenal karena sering dikunjungi oleh para pemancing. Tidak jauh dari bibir pantai, kalian juga dapat berjalan kaki mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan. Apabila kalian merasa lapar, kalian dapat mengunjungi warung sekitar pantai sembari mencoba wisata kuliner Jember.

Kunjungi :  Wisata Keluarga Pantai Alam Indah Tegal Yang Sangat Populer

Pantai Payangan Jember

Pantai Payangan Jembe
Instagram by @ Pantai Payangan Jembe

Wisata Pantai Payangan Jember merupakan pantai yang masih cukup “perawan” karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Pasir putih bersih serta keindahan ekosistem sekitar pantai yang masih asri dijamin akan membuat kalian betah berlama-lama di lokasi ini. Selain itu, pantai ini juga menawarkan pemandangan lain, yaitu barisan karang dan bukit yang berjajar rapi seakan menjadi pembatas tegas antara dataran dan lautan. Pantai yang masih menjadi bagian dari kawasan wisata Jember Ambulu ini tepatnya berlokasi di Dusun Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

Fasilitas, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Payangan Jember

Pantai Rowo Cangak

Pantai Rowo Cangak
Instagram by @ handyka_putra

Tidak jauh dari lokasi Pantai Payangan, terdapat sebuah pantai yang tidak kalah eksotisnya, yaitu Pantai Rowo Cangak. Tempat wisata di Jember ini menawarkan keindahan alam yang masih cukup asri. Perpaduan antara pasir hitam dengan ombak yang menghantam bibir pantai seakan menjadi sebuah symphony yang romantis. Wisata Jamber Pantai ini terletak di Desa Ungkalan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

Wisata Teluk Love Jember

Wisata Teluk Love Jember
Instagram by @ olshop.murah.jember

Wisata Jember Teluk Love terletak di ujung timur Pantai Payangan. Tempat wisata di Jember yang indah ini terkenal karena memiliki garis pantai yang menyerupai bentuk hati “love”, terlebih lagi apabila Anda melihatnya dari Bukit Domba. Seiring semakin populernya media sosial, wisata Teluk Love Jember juga semakin ramai dikunjungi para wisatawan, khususnya untuk berselfie dengan latar belakang teluk ini.

Lokasi, Spot Fotografi dan Mitos Teluk Love Jember Jawa Timur

Pantai Pulau Nusa Barong

Pantai Pulau Nusa Barong
Instagram by @ nandabalqish

Pantai ini terletak di Desa Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Pantai ini juga sering disebut dengan istilah “Pulau Ular”, karena lokasinya yang menyerupai ular. Untuk menuju lokasi pantai ini, wisatawan harus menempuh perjalanan dengan perahu sekitar 4,5 km dari bibir pantai. Pulau eksotis ini masih tergolong sangat asri, dan menjadi ekosistem dari berbagai binatang, seperti burung, biawak, dll. Tempat wisata di Jember selatan ini menjadi salah satu wisata jember yang paling bagus.

Pantai Pancer

Pantai Pancer
Instagram by @ herny.april

Pantai Pancer terletak di Kecamatan Piger, Kabupaten Jember, atau sebelah barat daya kota Jember. Di pantai ini, kalian dapat melihat bongkahan beton yang ditata secara rapi guna memecah hantaman ombak Laut Selatan. Lokasi ini juga menjadi spot terbaik untuk memancing ikan.

Situs Duplang Megalitikum

Situs Duplang Megalitikum
Instagram by @ titik0km.com

Wisata ini berlokasi di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Jember. Di situs ini, kita dapat melihat artefak manusia purba zaman Megalitikum, di antaranya kubur batu, menhir, dolmen, hingga bau kenong. Berdasarkan informasi, situs ini telah ada sejak tahun ke 4 Masehi.

Perkebunan Teh Gunung Gambir

Perkebunan Teh Gunung Gambir
Instagram by @ danarlarasatis

Perkebunan yang telah ada sejak masa kolonial Hindia Belanda ini berlokasi di lereng Gunung Argopuro, dan berada di ketinggian 900 mdpl. Apabila berkunjung ke lokasi ini, kalian dapat melihat para petani yang sedang memetik daun teh serta melihat bagaimana proses pembuatan teh dari mentah hingga siap minum. Di sekitar lokasi ini, juga terdapat fasilitas olah raga dan hiburan, di antaranya taman bermain anak, lapangan tenis, dan kolam renang.

Taman Botani Sukorambi

Taman Botani Sukorambi
Instagram by @ ardiazlukman

Salah satu wisata edukasi di Kabupaten Jember adalah Taman Botani Sukorambi. Taman ini menawarkan keindahan alam berupa hamparan sawah yang luas serta berbagai macam tanaman herbal dan tanaman berbunga. Taman Botani Sukorambi memiliki luas 4,5 hektar, dan memiliki berbagai fasilitas pendukung, di antaranya kafe, kolam ikan, kolam renang, serta perpustakaan. Menarik bukan?

Kunjungi :  Mitos dan Lokasi Wisata Pantai Carita Anyer Banten

Wisata Agro Kopi Kakao

Wisata Agro Kopi Kakao
Instagram by @ jemberkab.go.id

Objek wisata edukasi selanjutnya adalah Wisata Agro Kopi dan Kakao, yang berlokasi di Kebun Percobaan Kaliwining, Ds. Nogosari, Kecamatan Rambi Puji, Kabupaten Jember. Di lokasi ini, pengunjung dapat melihat bagaimana proses budidaya tanaman kopi, kakao, tembakau, karet, hingga jati pusaka.

Pabrik Kopi Gumitir

Pabrik Kopi Gumitir
Instagram by @ rikarygat

Salah satu wisata ecotourism di Jember adalah Pabrik Kopi Gumitir. Di sini, wisatawan diajak berkeliling untuk melihat proses produksi kopi hingga melihat keindahan terowongan kereta api. Selain itu, kawasan wisata ini juga menawarkan keseruan bermain outbond yang didukung oleh berbagai wahana bermain, salah satunya flying fox. Daya tark lain dari objek wisata di Jember ini adalah kursi raksasa yang sangat hits untuk di posting di media sosial kalian. Pabrik Kopi yang telah beroperasi sejak masa kolonial Hindia Belanda ini berlokasi di tepi jalan raya yang menghubungkan Jember dengan Banyuwangi.

Museum Tembakau Jember

Museum Tembakau Jember
Instagram by @ jatim.antaranews.com

Jember sejak masa kolonial memang identik sebagai kota tembakau. Di Museum Tembakau yang berlokasi di kawasan UPT Penguji Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau ini, wisatawan diajak untuk berkeliling ke perkebunan tembakau, sekaligus belajar mengenai bagaimana proses penanaman hingga proses pengolahan tembakau.

Taman Nasional Meru Betiri Jember

Taman Nasional Meru Betiri Jember
Instagram by @ n_amalinafz

Lokasi yang berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu favorit tempat wisata Jember dan sekitarnya. Taman Nasional Meru Betiri ini menawarkan pengalaman menjelajahi hutan dan pantai yang menjadi area konservasi flora fauna langka, di antaranya Rafflesia Zollingeriana, harimau jawa, penyu, rusa, dll.

Sejarah dan Flora Fauna di Wisata Taman Nasional Meru Betiri Jember

Mumbul Garden Jember

Mumbul Garden Jember
Instagram by @ www.telusurindonesia.com

Mumbul Garden merupakan objek wisata yang dikelola oleh PTPN XII (Persero) Kebun Mumbul. Wisata ini menawarkan keindahan menelusuri perkebunan perkebunan karet, sengon laut, tebu, pisang dan buah naga.

Wisata Agro Glantangan (WAG)

Wisata Agro Glantangan
Instagram by @ jemberkab.go.id

Lokasi wisata ini berlokasi di Kecamatan Tempurejo, atau 35 km arah tenggara kota Jember. Di tempat wisata ini, wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas, di antaranya berkeliling menggunakan ATV, wahana flying fox, sepeda air, hingga berkendara menggunakan kuda.

Water Boom Niagara

Water Boom Niagara
Instagram by @ www.telusurindonesia.com

Tempat wisata Jember terbaru ini terletak di Desa Ambulu, Kabupaten Jember. Lokasi ini menawarkan keseruan bermain air bagi kalian dan keluarga.

Tiara Waterpark

Tiara Waterpark
Instagram by @ ajeng.estu15

Lokasi yang menawarkan keseruan bermain ini menjadi favorit tempat wisata Jember 2017. Di lokasi yang tergolong baru ini, wisatawan dapat menikmati fasilitas kolam renang yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya, di antaranya kafe, dan karaoke “sepuasnya”. Lokasi wisata air ini hanya berjarak 2 km dari Universitas Negeri Jember.

Jember Fashion Carnival

Jember Fashion Carnival
Instagram by @ arby_jaya

Satu hal yang tidak boleh dilupakan ketika mengunjungi kabupaten ini adalah acara Jember Fashion Carnival (JFC). Acara tahunan ini berhasil menjadi salah satu pariwisata unggulan Kabupaten Jember.

Lori Kalibaru – Garahan

Lori Kalibaru - Garahan
Instagram by @ nonikhairani.com

Wisata Jember dekat stasiun lama ini menawarkan keseruan menjelajahi areal perkebunan menggunakan lori, dengan jarak tempuh 18 km.

Pesona wisata Jember J88

Pesona wisata Jember J88
Instagram by @ j88jelbukjember

Wisata yang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian ini berlokasi di Sucopangepok, Jebluk, Jember, Jawa Timur.

Dira Park

Dira Park
Instagram by @ dirapark

Wisata Puslit

Wisata Puslit
Instagram by @ simplesillyjourney.com

Tanoker Ledokombo

Tanoker Ledokombo
Instagram by @ tanoker.id

Baratan Hill Sarana Lamp Poll Cafe

Baratan Hill Sarana Lamp Poll Cafe
Instagram by @ irankus

Jumerto Rafting

Jumerto Rafting
Instagram by @ jumerto_rafting

Kolam Renang Green Hill

Kolam Renang Green Hill
Instagram by @ wisatabarumenarik.blogspot.co.id

Galaxy Park and Mini Zoo

Galaxy Park and Mini Zoo
Instagram by @ tempatwisatajember.blogspot.co.id

Taman Wisata Tropicana

 

Museum Boemi Poeger

Museum Boemi Poeger
Instagram by @ majalahtelapak.blogspot.co.id

Bagaimana ulasan mengenai tempat wisata di Jember yang kami sajikan, sudah cukup lengkap kan? Sembari berpetualang, sempatkan pula untuk mengunjungi kelezatan wisata kuliner di Jember. Selain itu, kalian juga harus mengunjungi wisata di Indonesia lainnya, seperti tempat wisata di Lumajang, tempat wisata di Bondowoso, serta tempat wisata di Probolinggo.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */