58 Tempat Wisata Terbaik di Jember dan Sekitarnya

0

Tempat Wisata di Jember dan Sekitarnya – Jember merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata menarik yang patut Anda kunjungi. Selain wisata alam dan wisata kuliner Jember, kota ini juga populer dengan wisata air dan pantainya. Pemandangan yang eksotis wisata Jember Jawa Timur ini sangat sayang jika harus Anda lewatkan. Dalam artikel ini akan kami bahas mengenai wisata kabupaten Jember info bagian wisata air, pemandian, dan wisata pantai. Semoga dapat menjadi referensi tempat wisata bagi Anda jika sedang singgah di kota unik ini.

Pemandian Kebon Agung

pemandian-kebon-agung
by instagram @angiealviana

Berlokasi di Kaliwates, kabupaten Jember, pemandian Kebon Agung memiliki pemandangan yang indah dan menenangkan. Ada dua buah kolam renang yang dapat Anda gunakan. Sumber air wisata di Jember ini berasal dari mata air yang masih alami yakni mata air Watu Remuk. Kolam dewasa yang disediakan di pemandian ini memiliki ukuran yang berstandar internasional yakni 50×20 meter. Disekitar pemandian ini juga terdapat hotel, fasilitas restoran, serta taman bermain.

Pemandian Patemon

pemandian-patemon
by instagram @noratristiana

Pemandian populer di Jember ini terletak di 30 km sebelah barat kota Jember. Pemandian yang masuk dalam wisata Jember dan sekitarnya ini terletak di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 500 mdpl. Mata air yang menjadi sumber pemandian ini berasal dari mata air yang ada di pegunungan Argopuro. Pada saat musim liburan, pemandian ini akan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yang sebagian besar merupakan wisatawan domestik.

Pemandian Rembangan

pemandian-rembangan
by instagram @eriec_lamela

Tempat wisata Rembangan di Jember merupakan wisata air yang berlokasi di puncak Rembangan. Di fasilitas pemandian ini Anda juga bisa dapat menikmati pemandangan dataran tinggi yang indah. di pemandian ini juga terdapat hotel dan agrowisata kebun kopi serta peternakan sapi perah.

Pemandian Oleng Sibutong

Jika Anda bergerak ke arah utara kota Jember sekitar 10 km Anda dapat menemukan pemandian Oleng Sibutong yang merupakan salah satu wisata Jember murah ini. nama oleng sibutong merupakan serapan dari bahasa madura yang berarti belut tanpa ekor. Kolam renang legenda ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga.

Kimo Swimming Pool

kimo-swimming-pool
by instagram @explorejember

Kimo swimming pool merupakan salah satu pemadian yang terletak di 4 km dari pusat kota Jember. Kolam renang ini berada di tengah taman yang indah dan nyaman dengan banyak tanaman bunga dan pohon yang menabah keasrian kolam renang ini. jika berkunjung ke tempat ini, kita akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap, selain dapat berenang, para orang tua juga bisa memuaskan hasrat belanja oleh-oleh saat berada di tempat wisata ini.

Kunjungi :  Harga Tiket Masuk Wahana Wisata Taman Pintar Jogja

Air Terjun Antrokan

air-terjun-antrokan
by instagram @rizalariski94

Air terjun antrokan merupakan air terjun yang berada di desa Manggisan, Tanggul, Jember. Anda perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam dari pusat kota Jember untuk dapat menjangkau air terjun ini. dari tempat parkir, kita masih harus treking selama kurang lebih 30 menit untuk dapat menyaksikan keindahan air terjun yang tidak terlalu tinggi ini. karena ketinggiannya yang hanya 15 meter, air terjun ini dirasa cukup aman untuk sebuah tempat wisata di Jember Jawa Timur yang dapat Anda kunjungi.

Air Terjun Lereng Raung

air-terjun-lereng-raung
by instagram @qyqylvirgo

Air terjun Lereng Raung merupakan air terjun yang terletak di timur laut kota Jember. Dengan berkendara sejauh 32 km Anda dapat menemukan wisata kota Jember dengan pemandangan eksotis ini. ada tiga jenis air terjun yang dapat Anda temukan di sini. Masing-masing air terjun dapat ditempuh dengan berjalankaki sejauh 1,5 km. air terjun yang terletak di desa Rowosari ini dinamai sesuai dengan nama gunung tempat air terjun itu berada yakni gunung raung. Jika Anda berkendara mengunjungi air terjun ini pada musim-musim tertentu Anda akan mendapati banyak pohon durian yang sedang berbuah di sebuah kompleks perkebunan durian milik warga.

Air Terjun Manggisan

air-terjun-manggisan
by instagram @rahmad.agung

Jika kita menyusuri jalanan ke arah barat dari kota Jember sejauh kurang lebih 35 km, Anda dapat menemukan air terjun manggisan. Air terjun yang merupakan tempat wisata Jember barat dengan ketinggian 54 meter ini mengalirkan air 198 liter per detik. Air nya yang jernih dan pemandangannya yang memukau membuat para wisatawan betah berlama-lama di sini hanya sekedar berfoto atau menikmati pemandangan dan udara yang segar.

Air Terjun Sumber Salak

air-terjun-sumber-salak
by instagram @laudy_widhi

Air terjun yang tersembunyi ini terletak jauh di dalam hutan di desa Sumber Salak, Ledokombo. Tidak semua penduduk sekitar tahu lokasi persis air terjun indah ini. Untuk mencapai wisata Jember air terjun ini Anda memerlukan kendaraan yang prima karena medan yang perlu ditempuh cukup menantang. Perjalanannya yang menantang cocok bagi Anda yang suka berpetualang dan ingin menjajal trek berkendara yang anti mainstream.

Air Terjun Tancak

air-terjun-tancak
by instagram @alfidasuwaji08

Air terjun tancak berada di kawasan perbukitan tancak yang berjarak 16 km dari arah barat daya pusat kota Jember. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 82 km dengan debit air mencapai 150 meter kubik per detik. Cukup berkendara selama 30 menit dari Jember, Anda sudah dapat menjangkau air terjun menawan ini. namun, dari area parkir Anda masih harus berjuang menyusuri setapak sejauh 3 km untuk menjangkau air terjun ini.

Kunjungi :  Goa Terindah Asean itu Bernama Goa Gong Pacitan

Air Terjun Tancak Tulis

air-terjun-tancak-tulis
by instagram @aan_adventure

Air terjun tancak tulis berada di dusun Tulis, Darungan, Tanggul, Jember. Walaupun namanya sama dengan salah satu air terjun yang juga ada di Jember namun keindahan yang disuguhkan jelas berbeda. hal ini terutama karena ketinggian air terjun ini yang mencapai 250 meter sehingga puncaknya sering tertutup kabut yang membuat tempat ini semakin menawan dan terkesan misterius. Kadang warga sekitar dan para wisatawan juga menybutnya iar terjun yang turun dari langit.

Air Terjun Watu Ondo

air-terjun-watu-ondo
by instagram @syarif.alhabsyi

Air terjun terakhir yang dapat Anda kunjungi sebagai salah satu Tempat wisata di Jember jatim yang tidak boleh Anda lewatkan adalah air terjun Watu Ondo. Air terjun ini berlokasi di kecamatan Tempurejo kabupaten Jember. Untuk dapat menjangkaunya, kita perlu menyusuri daerah perumahan para pekerja perkebunan. Di lokasi air terjun ini sudah tersedia beberapa fasilitas yang dikelola oleh warga sekitar seperti penunjuk jalan dan tempat parkir yang terletak di dekat masjid di sekitar lokasi air terjun.

Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma)

pantai-pasir-putih-malikan
by instagram @jenitra1212

Wisata pantai di Jember yang termasuk jajaran pantai paling terkenal adalah pantai pasir putih Malikan atau biasa disebut dengan singkatan Papuma. Tempat wisata di Jember Pantai Papuma ini dapat Anda jangkau dengan berkendara dari pusat kota Jember sejauh 40 km. pantai dengan pasir putih dihiasi batu karang yang indah ini harus Anda kunjungi jika singgah di kota Jember. Disekitar pantai ini terdapat berbagai fasilitas pendukung seperti tempat penginapan yang memiliki harga yang bervariasi.

Pantai Watu Ulo

pantai-watu-ulo
by instagram @rizaladitia31

Berada di dekat pantai papuma, wisata Jember watu ulo ini juga harus Anda singgahi. Dinamai watu ulo karena di pantai ini terdapat batu yang dalam bahasa jawa disebut watu yang disusun memanjang seperti ular atau ulo dalam bahasa jawa. Pantai ini termasuk pantai yang memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk dijadikan sebagai tujuan wisata.

Pantai Paseban

pantai-paseban
by instagram @masgop.agm

Pantai paseban juga termasuk salah satu pantai yang memiliki pasir putih cantik. Pantai ini juga memiliki air yang jernih dan panorama yang memukau. Anda dapat bermain air di pantai ini dengan tenang karena ombaknya yang tidak terlalu tinggi dan nyaman karena garis pantai yang panjang dan cukup jauh. Dengan berkendara selama 1 jam dari kota Jember, Anda dapat mencapai wisata alam Jember dengan pantai eksotis ini.

Kunjungi :  Pesona Bukit Cumbri Wonogiri Jawa Tengah

Pantai Bande Alit

pantai-bande-alit
by instagram @alwi14hernandes

Pantai bande alit merupakan pantai favorit untuk Anda penikmat olahraga body surfing. Bawa perlengkapan surfing Anda dan kunjungi pantai ini untuk merasakan keganasan ombak di pantai ini. Anda juga dapat menyewa di beberapa booth yang tersedia di sekitar pantai.

Pantai Puger

pantai-puger
by instagram @fennelafela

Pantai puger selalu ramai dikunjungi wisatawan dan menjadi favorit salah satunya karena terdapat tempat pelelangan ikan dan juga dapat melakukan aktifitas memancing di pantai ini. ada juga cagar alam puger yang dapat Anda kunjungi karena lokasinya yang berdekatan dengan pantai.

Pantai Payangan

pantai-payangan
by instagram @nandamerdeka

Wisata jember payangan dapat disebut sebagai salah satu pantai yang masih virgin karena belum terjamah oleh banyak orang. Pantainya memang tidak memiliki pasir putih, namun, pasir putih saja bukan merupakan ukuran keindahan dari sebuah pantai. Pantai ini memiliki pesona yang menggoda dengan batu-batu karang eksotis dan bukit-bukit yang mengelilinginya mengingatkan pada pantai mawun yang merupakan salah satu pantai di Lombok. Anda juga dapat melihat pemandangan tidak biasa dari para nelayan yang beraktifitas di pantai ini. pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Pantai Rowo Cangak

pantai-rowo-cangak
by instagram @rizalismail_cb

Pantai Rowo Cangak merupakan pantai dengan panorama indah yang belum dikembangkan dengan maksimal oleh pemerintah Jember. Di sini fasilitas pendukung pariwisata seperti toilet masih belum memadai. Sangat disayangkan karena sebenarnya suasana pantai ini sangat alami dan bersih tanpa sampah sehingga Anda dapat dengan nyaman berjalan-jalan menyusuri pantai yang memiliki pasir hitam ini. ombaknya yang besar menderu melengkapi jalan-jalan Anda.

Teluk Love

teluk-love
by instgram @sukmaldaa_

Teluk ini diberi nama teluk love karena bentuk teluknya yang menyerupai gambar hati jika dilihat dari atas bukit. Anda dapat mampir ke teluk menawan ini sembari mengunjungi pantai payangan karena lokasi keduanya hanya dipisahkan dengan sebuah bukit. Anda juga dapat menjangkaunya dengan berjalan kaki dari pantai payangan selama 30 menit untuk dapat menjangkau teluk kece ini.

Sekian rincian pantai dan wisata air yang termasuk dalam wisata Jember yang patut Anda kunjungi saat liburan nanti. Anda bisa menjelajah Jember lebih dalam dengan menjelajah pantai dan wisata airnya yang beberapa diantaranya masih virgin dan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah. Dalam peta wisata Jember ada banyak tempat wisata lain seperti wisata alam dan budaya yang juga dapat Anda jelajahi. Selamat menjelajah di liburan Anda berikutnya!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */