Air Terjun Coban Sewu Malang yang Ciamik nan Cantik

0

Air Terjun Coban Sewu Malang – Mendengar nama coban tentu asing bagi yang baru mendengarnya. Akan tetapi bagi penikmat alam air terjun sudah tidak asing lagi mendengarnya. Coban adalah nama julukan lain dari air terjun. Berada di daerah Kabupaten Malang sendiri, terdapat banyak potensi wisata alam yang dapat Anda kunjungi. Mulai dari pegunungan, wisata bahari, keindahan pantai hingga serunya bermain di air terjun alami ada di sini.

Lokasi, Rute Menuju dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Sewu Malang

Air Terjun Coban Sewu merupakan tempat wisata yang masih alami di daerah Pujon. Karena lokasinya juga diantara tebing tinggi, membuat pengunjung pun betah bersama keasrian alamnya. Memang terdapat dua air terjun di Malang yang sama sama menggunakan kata sewu, yakni air terjun coban tumpak sewu yang berada di Lumajang, dan air terjun Coban Grojokan Sewu Malang. Nah, yang akan kita ulas adalah Coban Sewu yang berada di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Jika Anda penasaran dengan lokasi dan tempatnya ada di mana, serta keindahan air terjun ini, mari simak ulasan berikut.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Coban Sewu Pujon

Lokasi Coban Sewu ini terletak strategis dan berada di himpitan tebing serta area persawahan warga yang terlihat hijau sejuk dipandang. Tepatnya, air terjun ini terletak di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju lokasinya pun cukup mudah, sebab jalanannya pun sudah di gagas dengan baik oleh masyarakat setempat serta pemda Kecamatan Pujon dalam mengembangkan wisata alam di daerah ini.

Air Terjun Coban Sewu
Instagaram by @uqal.i.s

Rute menuju Air Terjun Coban Sewu Malang ini pun juga cukup mudah. Pengunjung dapat menggunakan transportasi umum maupun berkendara menggunakan kendaraan pribadi. Mencapai lokasi ini, jika Anda berangkat dari Malang, melajulah ke arah Kediri maupun Jombang, nantinya Anda langsung saja menuju Kecamatan Pujon. Setelah sampai di Kecamatan Pujon, Anda berkendaralah ke arah Desa Bendosari, setelah itu di sisi jalan pertigaan desa tersebut terdapat plang petunjuk menuju Coban Sewu. Atau jika Anda masih tetap bingung, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar mengenai letak tempat air terjun ini.

Kunjungi :  Aktivitas Menarik Berwisata ke Pantai Wediombo Gunung Kidul

Akses menuju lokasinya tidak sesulit Coban Sewu Pronorajan Lumajang, di sana untuk menikmati keindahan dari dasar membutuhkan mental baja dan ekstra tenaga. Pasalnya, berada dari area parkir, pengunjungpun harus berjalan menapaki tangga terbuat dari bambu serta menuruninya harus dengan sangat berhati-hati. Setelah berjalan sekitar 20 menit, barulah sampai di dasar tebing dan menikmati keindahan panorama air yang mengalir begitu banyak mengellilngi tebing. Berbeda dengan air terjun yang terletak di Pujon, dari area parkir Anda cukup berjalan menuju lokasi coban tersebut dengan jalan bermaterial paving.

Jembatan yang menyambung sungai aliran air terjun akan Anda lewati sekitar 30 meter berjalan kaki, setelah itu, Anda harus berjalan kaki kembali dengan jarak 200 meter dari jembatan tersebut untuk mencapai lokasinya. Pemandangan sejuknya alam akan terasa nikmat sekali, tentu bagi Anda yang suka akan hiking pasti lebih menikmatinya. Oh ya, jangan lupa membawa bekal seperti minuman, maupun makanan untuk cemilan Anda di air terjun nantinya.

Keindahan Air Terjun Coban Sewu Malang

Keindahan Air Terjun Coban Sewu Malang
Instagram by @wisataindonesia

Setelah kurang dari sepuluh menit Anda berjalan, selanjutnya Anda akan mendapati pintu masuk area Air Terjun Coban Sewu ini. Setelah memasuki area wisata air terjun Coban Sewu ini, pengunjung akan disuguhkan bangunan seperti pendopo berwarna merah dan kuning serta arsitektur yang sangat unik dan lebih mirip seperti klenteng. Di sampingnya pun terdapat mushola bagi Anda pengunjung seorang Muslim dapat beribadah ketika waktu sholat datang. Nah, pendopo tersebut berada di sekitaran bawah pohon beringin yang besar nan rindang dengan akarnya yang bergelantungan. Berada di sini, pengunjung dapat bersantai sejenak sembari mendengar nyayian alam dari deras air terjun yang dijatuhkan di Coban Sewu ini.

Kunjungi :  6 Tempat Wisata Alam di Bogor untuk Sekeluarga

Secara lebih dominan, pemandangan serta panorama air terjun satu ini masih sangat alami dan terjaga keasriannya. Nuansa di sekitarnya pun masih berupa persawahan luas milik warga, selain itu pepohonan hijau serta sungai yang mengalir akan memperindah bagi siapa saja yang memandangnya. Meski demikian, tempat ini belum dieksplorasi sebagai wisata yang dikenal para travellers meski sudah terdapat fasilitas yang melengkapinnya. Akan tetapi, melihat perkembangan zaman begitu pesat, sangat mungkin tempat ini nantinya menjadi ramai oleh pengunjung dengan adanya media sosial seperti Instagram, youtube dan lain sebagainya.

Air Terjun Coban Sewu Malang
Instagram by @mhmmad_fkr123

Coban Sewu Malang ini juga lebih dikenal dengan Grojogan Sewu, tidak tahu pasti akan pemberian nama sewu tersebut. Tetapi yang jelas, berada di sini hanya ada aliran air terjun yang sangat deras dan tebing cukup tinggi. Pengunjung juga diperbolehkan mandi di bawah air terjun yang deras ini. Selain itu juga banyak yang sudah datang berkunjung ke Coban Sewu ini untuk terapi air. Mengapa demikian? Sebab deras air terjun yang turun ke bawah, jika kita berada dibawahnya akan terasa seperti dipijit. Wah, tentu sangat asyik bukan? Terlebih jika Anda suka dengan bermain-main air di alam langsung.

Harga Tiket Masuk Coban Sewu Malang

Coban Sewu
Instagram by @jejakbayuubay

Harga tiket masuk ke Coban Sewu sangatlah murah, biaya yang harus Anda keluarkan hanya sebesar Rp.4000 saja per orangnya. jika menggunakan kendaraan pribadi, biaya tambahan parkir hanya sebesar Rp.2000 per kendaraan. Dengan harga sedemikian murah, Anda sudah mendapatkan keindahan yang disuguhkan di air terjun satu ini. Jangan lupa juga membawa kamera untuk mengabadikan momen di area ini, pasalnya, spot foto portrait akan Anda dapatkan begitu bagus di air terjun ini.

Kunjungi :  Goa Petruk di Kebumen, Obyek Wisata Dengan Sejuta Pesona

Fasilitas yang mendukung lainnya yakni terdapat toilet serta gazebo untuk Anda beristirahat. Tidak ada warung di area terjun ini, Anda bisa memesan di Jalan utama menuju lokasi Coban Sewu ini dan bersantai ria di gazebo yang telah disediakan pengelola. Jika Anda sedang merasa penat, berkunjung ke air terjun satu ini pasti rasa penat Anda akan hilang seketika. Suara alam dengan nyanyian burung yang berkicau akan menambah nuansa alam bergitu terasa. Jadi jika Anda sedang berada di Malang dan ingin berdestinasi wisata alam, Coban Sewu ini lah tempat rekomendasi untuk Anda.

Selain Coban Sewu, masih banyak lagi tempat wisata alam Malang lainnya yang patut Anda kunjungi. Terlebih jika Anda suka berdestinasi pantai, Anda harus mencoba Pantai Lenggoksono Malang. Wisata pantai satu ini sangat murah, Anda hanya perlu membayar Rp.5000 per orangnya dan bisa menikmati keindahan pantainya.

wisata air terjun Coban Sewu
Instagram by @ariis_96

Dari Pantai Lenggoksono, terdapat perahu nelayan yang siap mengantarkan Anda menikmati keindahan bawah laut Pantai Bowele dan Pantai Banyu Anjlok dengan bersnorkeling. Tentu hal demikian membuat Anda para pecinta keindahan laut akan terpesona dengan aset wisata di Malang ini.

Selain Lenggoksono, di Malang Selatan juga terdapat Pantai Bajul Mati. Pantai ini memang terdengar menyeramkan, tetapi jangan salah, ketika Anda mengunjunginya, Anda akan terpesona dengan keindahan alam yang disuguhkan. Selain itu juga terdapat Pantai Kondang Merak dengan panoramanya yang masih alami serta keasriannya terjaga. Sungguh, berwisata pantai di Malang akan membuat siapa saja yang mengunjunginya akan disuguhkan keindahan dan karakteristik pantai yang berbeda-beda namun tetap indah.

Demikian yang dapat diulas mengenai Coban Sewu Malang Jatim, di manapun Anda berwisata, harus senantiasa menjaga kebersihan dan menjaga alam agar tetap lestari. Terimakasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */