25 Daftar Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur

0

Daftar Tempat Wisata di Nganjuk Jawa Timur – Berbicara mengenai wisata, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sejuta wisata alam yang indah. Wisata alam ini menjadi salah satu potensi suatu tempat untuk meningkatkan dan mengembangkan wisata di Indonesia. Satu dari sekian banyak wisata di Indonesia yang sering di kunjungi oleh turis yaitu wisata Nganjuk dan sekitarnya. Nganjuk merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Timur. Kota dari provinsi yang terkenal akan kebudayaannya ini menyimpan sejuta wisata alam yang wajib Anda kunjungi.

Memasuki waktu liburan sekolah dan libur panjang, berlibur menjadi salah satu rencana yang akan dilakukan oleh banyak orang. Bagi Anda yang sedang menyusun rencana untuk berlibur bersama dengan keluarga maupun rekan dan pasangan Anda, Kabupaten Nganjuk Jawa Timur bisa menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Pasalnya, Nganjuk menawarkan sejuta pesona alam yang sangat luar biasa. Nah, untuk menambah referensi wisata Anda, berikut ini adalah beberapa tempat wisata Nganjuk Jawa Timur yang tak kalah indah dengan wisata kota lainnya.

Nganjuk ternyata memiliki salah satu potensi alam yang sangat luar biasa. Wilayahnya yang berada cukup strategis menjadikan Wisata di Nganjuk sebagian besar di dominasi dengan wisata air terjun. Inilah beberapa wisata air terjun di Nganjuk yang bisa Anda kunjungi.

Air Terjun Sedudo

air-terjun-sedudo
by instagram @aji_ston

Tempat wisata Nganjuk Sedudo ini berupa air terjun pertama yang bisa Anda kunjungi. Air terjun Sedudo atau sering disebut sebagai Grojogan Sedudo ini berada di desa Ngliman, Sawahan, Nganjuk. Tempat wisata Nganjuk kota ini menawarkan pesona alam yang sangat indah. Dengan lingkungan yang asri dan pemandangannya yang hijau, pesona air terjun Sedudo bisa memanjakan mata Anda. Air terjun setinggi 105 meter ini siap menggoda Anda untuk merasakan kesejukan dari air terjun Sedudo ini. Uniknya, air terjun Sedudo ini memiliki mitos atau cerita yang masih diyakini oleh beberapa orang baik para wisatawan maupun masyarakat local. Mitos ini berhubungan erat dengan tradisi dan ritual sakral mandi sedudo yang di adakan setiap tahun setiap bulan Sura. Selain segar, mandi di bawah air terjun ini, dipercaya bisa menambah awet muda diri Anda.

Air Terjun Sumbermanik

air-terjun-sumbermanik
by instagram @saraidwik

Wisata air terjun Nganjuk lainnya yang sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu air terjun Sumbermanik. Air terjun ini berada di desa Blongko, kecamatan Ngetos, Nganjuk. Bagi Anda yang ingin menikmati liburan ala traveler dan mengunjungi beberapa spot wisata Nganjuk terdekat dengan medan cukup menantang, mengunjungi air terjun Sumbermanik ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 35 meter ini tak hanya menawarkan kesejukan air yang bisa Anda nikmati dengan berenang maupun bermain disekitar air terjun. Anda juga bisa melihat kucuran airnya jatuh dari bukit Punjul Gunung Wilis. Sehingga memberikan suasana dan pemandangan yang sangat berbeda.

Kunjungi :  Panorama Indah Serasa di Surga Pantai Lampon Kebumen

Air Terjun Roro Kuning

air-terjun-roro-kuning
by instagram @rahmad_sullivan

Pesona wisata kota Nganjuk yang berupa air terjun memang cukup banyak. Selain mengunjungi wisata air terjun Sedudo maupun Sumbermanik, pesona air terjun Roro Kuning yang berada di Kecamatan Loceret tepatnya di desa Bajulan ini banyak dikunjunig oleh wisatawan. Mengunjungi tempat wisata di Kab Nganjuk yang satu ini, Anda bisa melihat tiga jenis air terjun yang berbeda-beda. Air terjun setinggi 10 hingga 15 meter ini diapit oleh dua buah air terjun yang keluar dai sela-sela bebatuan. Di tempat wisata ini, Anda tidak hanya akan melihat keindahan dan keasrian dari air terjun Roro Kuning saja, Anda juga bisa melihat beberapa panorama yang hanya ada di air terjun Roro Kuning yaitu dengan adanya tempat penangkaran rusa. Sehingga Anda bisa bercengkrama dengan rusa bahkan di tempat populer ini, Anda bisa berenang dengan bebas di areal kolam renangnya.

Air Terjun Singokromo

air-terjun-singokromo
by instagram @rivaldocp

Air terjun Singokromo merupakan salah satu air terjun yang ada di Ngajuk tepatnya di desa Ngliman, Sawahan ini merupakan satu dari sekian banyak wisata air terjun yang cukup terkenal. Untuk mencapai objek wisata kota Nganjukyaitu air terjun Singokromo ini, medan yang dilaluinya tidak cukup berat. Namun, jalanannya hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua saja. Tinggi dari air terjun ini yaitu 20 meter. Dengan mengunjungi wisata air terjun ini, Anda tidak hanya akan disambut dengan gemericik air yang siap memanjakan diri Anda. Anda juga bisa merasakan sensasi sejuk dari curug ini. Sayangnya, air terjun yang berada tak jauh dari air terjun Sedudo ini berlum dikelola oleh pemerintah sehingga air terjun ini banyak di datangi oleh para wisatawan local saja.

Air Terjun Ngebleng

air-terjun-ngebleng
by instagram @haris_setyawan

Menjelajahi tempat-tempat wisata di Indoesia tertama air terjun Ngebleng yang ada di Nganjuk Jawa Timur ini merupakan salah satu air terjun dengan pemandangan terbaik. Air terjun Ngebeleng merupakan tempat wisata di Kabupaten Nganjuk yang banyak di kunjungi oleh wisatawan. Pesona alam akan objek wisata air terjun yang cukup besar ini menjadikan air terjun yang berada di Dusun Tondowesi Utara, Desa Pule, Jatikalen, Nganjukna Jawa Timur. Bagi Anda yang ingin menngunjugni air terjun yang cukup bagus ini, Anda harus menempuh kurang lebih 2 kilometer perjalanan.

Kunjungi :  9 Tempat Nongkrong Enak di Jakarta Barat yang Murah Meriah

Jurang Gatuk Nganjuk

Bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata Nganjuk, Jurang Gathuk Nganjuk merupakan salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi selanjutnya. Tempat wisata ini cocok dikunjungi oleh merreka yang menyukai tantangan atau mendaki. Pasalnya, jalan menuju jurang ini cukup sulit. Namun, hal tersebut akan cukup sebanding dengan keindahan yang ditawarkan jurang ini. Meskipun memiliki nama jurang yang selalu dianggap tidak menarik, berbeda dengan jurang yang satu ini. Jurang yang terdapat di desa Gondang, Pace, Nganjuk ini menawarka aliran sungai yang cukup bagus dan jernih. Anda juga bisa melihat air terjun yang jatuh ke sebuah kolam dengan indahnya. Pasalnya, air yang ada di Jurang ini sangatlah jernih dan bersih. Jika Anda penasaran, Anda bisa menambahkan objek wisata Nganjuk ini saat berlibur di Nganjuk.

Selain mengeksplor bumi Nganjuk dari pemandangan air terjun saja memang akan terasa kurang. Nganjuk memiliki objek wisata lain baik budaya, sejarah bahkan potensi alam yang dimiliki cukup banyak.

The Legend Waterpark

the-legend-waterpark
by instagram @eka_ch4n

The Legend Waterpark merupakan salah satu tempat wisata di Nganjuk Kediri yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga Anda. Tempat wisata ini berupa sebuah taman bermain air yang cukup besar dnegan fasilitas yang memadai. Taman bermain anak yang berada di sebuah perbatasan antara Surabaya dan Madiun sehingga memiliki kombinasi tempat duduk kursi yang bagus. Taman bermain anak ini memiliki fasilitas yang cukup unik. Tak hanya menyediakan berbagai macam wahana seperti kolam renang dengan waterboom yang cukup besar sehingga Anda bisa melihat keindahan taman bermian ini.

Agrowisata Perkebunan Mawar Nganjuk

Selain beberapa jenis wisata yang menunjukkan keindahan bumi Nganjuk Jawa Timur, terdapat salah satu agrowisata yang memiliki pemandangan cukup bagus. yaitu agrowisata perkebunan mawar. Agrowisata ini berada di desa Ngliman, kecamatan Sawahan. Mengunjungi tempat wisata ini, Anda tidak hanya bisa menambah wawasan saja. Anda juga bisa belajar mengenaii bercocok tanam suatu tumbuhan cantik yang satu ini. Tempat wisata di Nganjuk ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan keluarga Anda. Tempat wisata ini juga berlokasi yang cukup dekat dengan air terjun Sedudo.

Bukit Watu Songgong

bukit-watu-songgong
by instagram @fransiskaaaha

Bukit Watu Songgong merupakan jenis wisata kota Nganjuk yang cukup menarik untk dikunjungi. Pasalnya, bukit ini menawarkan pemandangan berupa bebatuan endemic yang ditata dengan segala rupa sehingga sangat indah untuk dilihat. Taman bebatuan berwarna kuning ini terletak di desa Sawahan. Mengunjungi tepat seluas 1 hektar ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang unik dan luar biasa dari sebuah bebatuan. Bebatuan ini memang menjadi salah satu tempat wisata buatan manusia. Namun, menyuguhkna pemandangan yang cukup unik dan berrsih.

Kunjungi :  Suasana Hotel Kledung Pass Temanggung yang Asri

Wisata Kuliner Nganjuk

Mengunjungi aneka macam wisata Nganjuk, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi aneka macam makanan khas Nganjuk. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Nganjuk yang enak.

Dumbleg

dumbleg
by instagram @cassetteid

Salah satu makanan khas Nganjuk yang unik yaitu Dumbleg. Dumbleg merupakan makanan yang terbuat dari ketan dan tepung beras. Cita rasa yang unik ini menciptakan suatu resep yang berbentuk hampir seperti dodol. Tekturnya yang lembut dan manis. Namun, yang membedakan Dumbleg dengan dodol yaitu selain ada pada bahan pembuatannya, bentuk Dumbleg pun sedikit bebeda. Dumbleg berbentuk mirip lontong yang panjangdan terbungkus dari bahan pelepah jambe. Bau kha dari pelepah Jambe ini ternyata bisa menambah cita rasa makanan khas Khas Nganjuk ini sangat berbeda dan Khas. Anda bisa menikmati makanan khas ini di beberapa tempat salah satunya yaitu pasar Gondang.

Nasi Becek

nasi-becek
by instagram @elvira.rahmi

Nasi Becek merupakan salah satu wisata kuliner Nganjuk yang sering disajikan di beberapa rumah makan khas Nganjuk. Nasi becek ini merupakan makanan khas Nganjuk yang terbuat dari nasi yang dicampuri dengan soto babat dan sate kambing. Namun, sate kambing yang ditambahkan telah di buang tusuknya. Makanan ini dinamai dengan nasi becek karena adanya kuah dari kare Kambing yang enak, gurih dan asin ini. Sehingga menyebabkan makanan ini sangat becek atau berair.

Onde-onde Ketawa

onde-onde-ketawa
by instagram @liza_uzla

Dari namannya saja sudah cukup unik. Inilah salah satu wisata kuliner Nganjuk yang sangat unik. Onde-onde Ketawa khas Nganjuk sangat berbeda dengan gambaran umum makanan yang sering disebut dengan onde-onde ini. Umumnya, onde-onde merupakan salah satu makanan yang berbentuk bulat dengan isian didalamnya. Namun akan berbeda dengan onde-onde ketawa khas Nganjuk ini. Onde-onde ini memiliki bentuk bulat dengan permukaan atas yang seperti kue kukus kecil yaitu mekar. Bentuknya yang mekar inilah yang sering orang sebut dengan tertawa. Onde-onde ini menjadi salah satu wisata Nganjuk yang khas ini juga tidak memiliki isian didalamnya. Sehingga rasanya sangat unik dan manis. Nah, onde-onde ketawa ini sudah banyak dijual dipasaran. Sehingga Anda yang ingin mencicipi wisata kuliner Nganjuk satu ini bisa mendapatkannya dengan mudah di beberapa tempat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */