Surganya Wisata Indonesia

Petualangan Menuju Lokasi Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi

0
Petualangan Menuju Lokasi Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi
Nilai Artikel Ini

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten dengan wilayah terluas di pulau jawa, bahkan, luasnya ini bersaing dengan luas satu pulau Bali. Di samping itu, Banyuwangi menyimpan banyak sekali keindahan alam, terutama pantai. Tak heran jika Banyuwangi memiliki slogan, the sunrise of Java. Sebab, letakya berada di ujung paling timur pulau jawa, dan merupakan wilayah yang mendapat sinar matahari terbit pertama kali.

Salah satu pantai yang bisa kita pijak untuk menikmati sunrise adalah Pantai Wedi Ireng. Menurut bahasa jawa, wedi atau dalam tulisan jawa wedhi, artinya adalah pasir. Sedangkan ireng berarti hitam. Pantai Wedi Ireng Banyuwangi merupakan satu dari sekian banyak pantai yang ada di kabupaten Banyuwangi dengan pesona pasir putih-coklatnya.

Pantai Wedi Ireng
by instagram @yusantaavi

Pasir putih? Jika Pantai Wedi Ireng memiliki warna pasir putih, mengapa pantai ini dinamakan Pantai Wedi Ireng? Ternyata di sinilah keunikan yang dimiliki Pantai Wedi Ireng. Bila dilihat dari permukaan saja, pantai ini memang berpasir putih. Namun, jika Anda mengambil pasir yang ada hingga mengeruknya sampai dengan beberapa senti ke dalam, akan Anda temukan pasir hitam.

Jadi, pantai ini memiliki tiga gradasi warna pasir, yaitu pasir yang benar-benar berwarna putih, pasir berwarna coklat, dan di lapisan paling bawah adalah pasir hitam. Seperti tempat wisata di Banyuwangi lainnya, Pantai Wedi Ireng pun tergolong pantai yang masih baru dan alami. Tidak seperti pantai lain di Banyuwangi yaitu Pantai Plengkung yang sudah terkenal hingga mancanegara. Anda harus mampir ke pantai ini ketika Anda mengunjungi Banyuwangi. Sayang jika hanya berwisata ke pantai teluk merah dan Pantai Teluk Hijau saja, karena jaraknya yang cukup dekat. Bila dilihat dari atas, Pantai Wedi Ireng ini berada di antara kedua pantai tersebut.

Kunjungi :  39 List Air Terjun di Bali yang Wajib Dijelajah Backpaker
Wisata Pantai Wedi Ireng
by instagram @andikdwiprase

Letak Pantai Wedi Ireng Banyuwangi ada di dusun pancer, desa sumber agung, masuk di kecamatan pesanggaran, kabupaten Banyuwangi. Anda belum dikenakan biaya masuk ketika berwisata ke pantai ini. Walaupun demikian, Anda tetap harus menjaga apapun yang ada di pantai ini. Kebersihan, kelestarian, dan keindahan pantai.

Pantai ini memiliki dua bagian pantai dengan garis pantai yang lumayan panjang. Dua sisi tersebut seolah terbagai dua dengan adanya batu karang berwarna hitam yang menjulang di tepi pantai.

Lokasi Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Lokasi Pantai Wedi Ireng ini cocok untuk Anda yang ingin beristirahat dengan suasana yang tenang. Sebagai pantai yang masih gadis, Pantai Wedi Ireng menyuguhkan suasana sepi dan mendamaikan. Tempat ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Karena letaknya yang berada di balik perbukitan dan jalan untuk mencapainya tidak mudah.

Alamat Pantai Wedi Ireng sebenarnya dekat dengan pantai lain di Banyuwangi yang masih satu deret di perairan pantai selatan. Namun, ombak di pantai ini cenderung lebih kecil. Hanya cipratan-cipratan ombak di batu karangnya saja yang terkadang membuat ombak terlihat besar.

Dikelilingi oleh pepohonan yang subur, membuat pantai ini terlihat sejuk. Anda bisa merasakan hembusan angin yang semilir ditambah suara deburan ombak yang saling bersautan membuat rileksasi Anda semakin nyaman. Tidak ada aktivitas berarti di tempat ini. Anda hanya akan melihat satu dua kapal nelayan yang berlabuh di tepi pantai. Pantai Wedi Ireng belum membangun sarana prasarana untuk menunjang kegiatan pengunjung.

Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi
by instagram @yusantaavi

Tetapi, bagi Anda yang menginginkan aktivitas air, Pantai Wedi Ireng menyediakan peralatan snorkeling yang bisa Anda sewa. Tempat wisata ini selain memiliki pemandangan sekitar pantai yang indah, juga mempunyai pemandangan bawah laut yang memukau. Anda bisa pergi bersama perahu-perahu nelayan yang berlayar dan terjun ke bawah laut ketika sudah mencapai posisi agak ke tengah. Banyak jenis terumbu karang dan hewan laut yang bisa Anda jumpai.

Petualangan Menemukan Pantai Wedi Ireng

Akses Pantai Wedi Ireng ini cukup memakan waktu lama. Bila Anda hendak pergi ke pantai ini, berikut penjelasan singkat mengenai jalur petualangan Anda :

Kunjungi :  Harga Tiket Masuk Wahana Wisata Taman Pintar Jogja
  • Alternatif pertama
by instagram @syintiade
by instagram @syintiade

Alternatif pertama ini adalah bagi Anda yang mengendarai kendaraan baik pribadi maupun sewa. Anda harus menghabiskan waktu selama 3 hingga 4 jam untuk menempuh perjalanan. Dari pusat kota Banyuwangi, jarak pantai ini adalah sekitar 65 kilometer. Jalan yang Anda lalui adalah sama dengan rute menuju Pantai Pulau Merah. Hanya saja, sebelum tiba di pantai bukit merah tersebut, Anda belokkan kendaraan menuju kecamatan pancer. Setelah tiba di kecamatan pancer, Anda bisa menitipkan kendaraan di rumah-rumah warga setempat, dan menanyakan jalan terdekat menuju pantai. Jarak yang harus ditempuh untuk sampai di Pantai Wedi Ireng sekitar dua kilometer.

  • Alternatif kedua
by instagram @anggi_putri7
by instagram @anggi_putri7

Anda memarkirkan kendaraan di area lokasi tempat pelelangan ikan di pancer. Dari tempat pelelangan ikan, Anda harus pergi menuju sungai muara. Anda bisa saja menyeberang sungai untuk sampai di pulau sebelah. Menyeberang sungai ini bisa Anda lakukan hanya pada pagi hari atau ketika keadaan air dalam keadaan surut. Jika kondisi air sedang pasang, satu-satunya jalan adalah Anda menaiki perahu penyeberangan.

Setelah sampai di seberang, Anda masih harus berjalan menyusuri perbukitan, naik turun jalan dengan pohon yang lebat, baru Anda akan tiba di Pantai Wedi Ireng. Hal menarik selama perjalanan adalah Anda bisa berpetualang menikmati aneka tumbuhan yang ada di sepanjang jalan. Anda akan disambut dengan puluhan pohon pisang yang berjajar sebelum tiba di hutan yang lebat.

Memasuki kawasan hutan, Anda harus sangat berhati-hati karena jalanan yang harus dilalui memiliki kemiringan hampir 80 derajat. Jalur yang cukup curam. Anda disarankan membawa peralatan atau tali yang bisa Anda gunakan selama melewati rute ini. Rasa tegang yang Anda alami selama menelusuri jalan akan sedikit mereda ketika angin sejuk dari pohon-pohon yang bergerak berhembus menyapu keringat. Selain itu, suara burung yang mengelepak dan kicauannya, menemani Anda selama perjalanan.

Kunjungi :  Harga Tiket Masuk Wisata Jepara Ocean Park Terlengkap
  • Alternatif ketiga
Welcome Pantai Wedi Ireng
by instagram @mitraprakoso

Rute ini dimulai dari muara sungai. Bagi Anda yang enggan melakukan petualangan dengan berjalan kaki, Anda bisa memulai petualangan baru dengan menaiki kapal. Perjalanan dengan kapal ini tidak kalah menariknya dengan berjalan kaki menyusuri hutan. Dengan menaiki kapal atau perahu ini, Anda akan diperlihatkan pemandangan nan memukau pulau-pulau kecil sebelum Anda sampai di Pantai Wedi Ireng. Pulau yang akan Anda lalui diantaranya adalah pulau mustika, pulau pasir pendek, pulau bedil dan pulau batu mukijo.

Selesai perjalanan Anda melewati pulau-pulau tersebut, bersiaplah untuk disambut dengan view Pantai Wedi Ireng. Anda akan diantar oleh perahu sampai di tepi pantai. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk menaiki kapal ini adalah sekitar Rp. 600.000 untuk 6 orang penumpang. Anda dapat bergabung dengan penumpang lain dengan tujuan sama, atau Anda bisa juga mengajak serta rekan dan keluarga.

Bagi Anda yang telah membawa peralatan snorkeling, Anda dapat berhenti sebelum sampai di tepi pantai. Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling terlebih dahulu, dan mencapai tepi pantai dengan berenang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */