32 Daftar Tempat Wisata di Karanganyar Paling Diminati

0

Tempat Wisata di Karanganyar – Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang memiliki segudang tempat atau obyek wisata yang terdapat di setiap daerah dan banyak menarik perhatian para wisatawan baik itu wisatawan asing ataupun wisatwan dalam nergeri. Jawa Tengah terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota, hampir disetiap kabupaten memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi pada saat liburan tiba. Salah satu kabupaten yang memiliki tempat wisata menarik untuk dikunjungi yaitu kabupaten Karanganyar.

Kabupaten ini berlokasi dekat dengan kota Surakarta atau yang dikenal dengan kota Solo. Jarak Karanganyar menuju ke kota Solo hanya berjarak sekitar kurang lebih 14 km. hal ini lah yang menjadikan Karanganyar menjadi sebuah destinasi wisata yang yang tak bisa dilepaskan ketika berkunjung ke wisata Solo. Yang menjadi andalan wisata dari kabupaten Karanganyar ini adalah pesona keindahan alamnya yang sangat memukau dan hanya dapat dijumpai di kabupaten tersebut.

tempat-wisata-di-karanganyar
by instagram @rhomadhonasaputra

Wisata Karanganyar memiliki keindahan alam yang luar biasa karena hampir sebagian wilayahnya terletak pada lereng Gunung Merapi, hal ini yang menyebabkan kondisi alamnya sangat segar. Selain kondisi alam yang segar, Karanganyar juga terkenal dengan tanaman hiasnya. Banyak wisatawan yang menjadikan tanaman hias dan berbagai macam sayuran menjadi buah tangan ketika berkunjung ke kabupaten ini. tentunya ada beberapa tempat wisata di Karanganyar yang menjadi spot menarik untuk dikunjungi. Apa saja ya kira-kira? Berikut ini tempatwisataindonesia.id akan membahas mengenai wisata di Karanganyar yang populer dan wajib untuk dikunjungi.

Grojokan Sewu

grojokan-sewu-2
by instagram @ariswant

Obyek wisata Karanganyar grojokan sewu terletak tepat di bawah lereng kaki gunung Lawu yang lokasinya berada di kalisoro, tawangmangu, Karanganyar. Akses untuk menuju lokasi wisata ini cukup mudah yaitu hanya perlu menyusuri anak tangga yang jika dihitung sebanyak kurang lebih 1250 buah anak tangga yang sudah dibuat khusus untuk memudahkan pejalan kaki. Sembari menyusuri anak tangga, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam hutan yang sangat asri. Keadaan serta kondisi alam yang ada di daerah grojokan sewu ini masih dalam kawasan cagar budaya sehingga tanaman nya tumbuh liar selayaknya berada di hutan dengan pohon tinggi menjulang, semak belukar, tanaman hias yang cukup langka, serta satwa yang masih hidup secara liar. Satwa yang hidup secara liar di hutan cagar budaya tersebut yang banyak dijumpai yaitu kera. Banyak kera liar yang sering kali menyerobot tas wisatawan sehingga untuk mengunjungi lokasi wisata ini disarankan harus hati-hati dan jaga barang bawaan dengan baik. Tentunya keindahan alam air terjun dari mata air pegunungan asli ini akan menyegarkan hati dan pikiran ditemani kesejukan alam yang sangat memukau.

Kunjungi :  Pemandangan Unik Air Terjun Pantai Banyu Tibo Pacitan

Taman Ria Balekambang

taman-ria-balekambang
by instagram @indragram_

Taman ini merupakan wisata Karanganyar solo yang merupakan taman yang dekat dengan areal parkir dari grojokan sewu. Namun taman ini bukan sembarang taman biasa loh. Taman tersebut dihiasi dengan aneka tanaman hias yang sangat indah. Karena lokasinya yang berada di lereng kaki gunung Lawu sehingga membuat suasana taman terasa sangat sejuk dan menyegarkan. Di lokasi taman tersebut terdapat banyak fasilitas penunjang seperti hotel dan vila untuk menghabiskan malam, restoran yang menyajikan makanan lezat, serta kedai oleh-oleh untuk buah tangan sanak saudara di rumah. Selain itu, di taman ria balekambang Karanganyar ini juga menyediakan fasilitas kolam renang untuk anak, sanggar lukis untuk berkreasi dan berimajinasi, serta lapangan tenis untuk melakukan kegiatan olah raga. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang benar-benar ingin refreshing.

Candi Cetho

candi-cetho
by instagram @pengeja.rindu

Candi ini menjadi salah satu obyek wisata di Karanganyar yang menarik minat para wisatawan untuk pergi bertamasya ke lokasi ini. Candi cetho berlokasi di dusun cetho tepatnya di desa Gumeng, kecamatan jenawi, kabupaten Karanganyar. Candi Cetho sendiri merupakan sebuah candi peninggalan dari agama hindu pada saat masa kejayaan kerajaan majapahit. Tentunya di lokasi candi ini memiliki keunikan serta keunggulan tersendiri di banding dengan candi-candi lainnya. masih di lokasi yang sama, terdapat pula petilasan Ki Ageng Krinciwesi yang menjadi sebuah ikon dari leluhur desa cetho ini.

Candi Sukuh

candi-sukuh
by instagram @aiidamn

Candi sukuh menjadi salah satu wisata kabupaten Karanganyar yang wajib untuk dikunjungi. Kemegahan bangunan candi yang sudah dibangun dari jaman dahulu kala serta alam sekitar sangat cocok untuk dinikmati keindahannya. Lokasi dari candi ini yaitu berada di daerah Berjo, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar. Struktur dari bangunan candi ini cukup berbeda dari candi lain yang ada di Indonesia, bangunan candi lebih condong seperti bangunan suku maya yang ada di luar negeri. Selain itu, bangunan patung yang ada bernuansa erotis yang memiliki artian sebuah kesuburan pada masanya. Ini lah yang menjadikan candi sukuh mengundang wisatawan yang penasaran.

Perkebunan Teh Kemuning

perkebunan-teh-kemuning
by instagram @hevhaifa

Wisata Karanganyar yang satu ini juga tak kalah menarik dengan wisata-wisata lainnya. Yap, wisata perkebunan teh ini menarik dikunjungi karena hamparan pohon teh yang tertata rapih dengan suasana alam yang menyegarkan. Wisata alam ini sangat cocok untuk mendinginkan pikiran dari segala macam hiruk pikuk rutinitas yang menjemukan setiap harinya. Perkebunan teh ini juga menjadi tempat untuk merasakan ekstrem sport seperti paralayang yang berada di sebuah bukit dekat kebun teh yang berlokasi di venues bukit paralayang desa Segoro, kemuning, Karanganyar. Lokasi perkebunan teh ini berdekatan dengan beberapa kompleks obyek wisata Karanganyar yaitu dekat dengan daerah candi dan air terjun. Sehingga menjadikan rute perjalanan yang pas untuk mampir merasakan keindahan alam dari ketinggian.

Kunjungi :  26 Tempat Wisata Terkenal di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

Kunjungi Tempat Wisata di Sekitar Karanganyar : 

Rekomendasi 22 Destinasi Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya
11 Tempat Wisata di Sragen Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi
16 Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur Ngehitz !!

Air Terjun Jumog

air-terjun-jumog
by instagram @pengeja.rindu

Tempat wisata Karanganyar yang satu ini termasuk tempat wisata yang baru dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Dulunya sebelum dikelola dan diberi fasilitas dengan baik, tak banyak yang tahu lokasi air terjun tersebut. namun setelah air terjun ini di kelola dengan baik dan diberi fasilitas yang memadai, menjadikan kompleks air terjun nyaman, bersih dan meyanangkan untuk dikunjungi terutama untuk bermain air. Akses untuk menuju air terjun tak terlalu jauh, hanya perlu menuruni anak tangga yang tidak terlalu banyak serta melewati jembatan dengan waktu yang tak lama. Suasana kesejukan lereng gunung Lawu sangat terasa dan membuat hati menjadi tenang sambil menikmati kesegaran alam yang disuguhkan.

Agrowisata Sondokoro

agrowisata-sondokoro
by instagram @evyaini

Tak jauh dari pusat kota, terdapat tempat wisata di Karanganyar yang menyediakan berbagai fasilitas permainan yang dapat dinikmati oleh anak dan juga orang dewasa. Terdapat senuah kereta tua yang bisa dinaiki untuk mengelilingi kawasan agrowisata sondokoro ini. selain itu, fasilitas permainan lain yang ada yaiu flying fox, waterboom, serta berbagai permainan di arealbermain agrowisata.

Wisata Tubing Goasari Ngargoyoso

wisata-tubing-goasari-ngargoyoso
by senatahadventureblog

Obyek wisata di Karanganyar yang satu ini merupakan tempat untuk melakukan refting menyusuri sungai diantara tebing dengan peralatan yang tentunya sangat aman sesuai dengan standar. Areal sungai untuk refting memiliki air yang sangat jernih sehingga bermain air disini terasa sangat segar dan menyenangkan.

Bumi Perkemahan Camping Lawu Resort

bumi-perkemahan-camping-lawu-resort
by instagram @@rezadiasjetrani

Bumper tersebut berlokasi di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar yang letaknya di daerah kaki gunung Lawu. Lokasi tersebut menjadi lokasi andalan wiata tawangmangu Karanganyar yang dikhususkan untuk melakukan camping sembari menikmati keindahan alam yang memukau. Melakukan camping atau bermalam di alam terbuka akan membuat pikiran menjadi tenang dan menyadari betapa indahnya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Puncak Gunung Lawu

puncak-gunung-lawu
by instagram @khoirul_anm

Bagi para pecinta alam, lokasi ini sudah sangat populer dan menjadi destinasi utama wisata Karanganyar. Puncak gunung ini begitu populer karena jika sudah berhasil mendai sapai puncak akan menyuguhkan pemandangan yang sangtlah indah terutama pada saat sun rise. Tak perlu takut untuk kehabisan perbekalan makanan karena beberapa meter sampai ke puncak, ada warung yang menjajakan berbagai makanan yang akan terasa sangat nikmat untuk disantap dengan menikmati suasana gunung yang dingin nan sejuk

Kunjungi :  32 Tempat Wisata di Boyolali Jawa Tengah Diserbu Pengunjung

Agrowisata Amanah

agrowisata-amanah
by instagram @agrowisata_amanah

Menjadi salah satu wisata tawangmangu Karanganyar yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Fasilitas yang ada di agrowisata ini diantaranya adalah arena outbond, melakukan praktek beternak secara langsung, berkebun, melakukan budidaya ikan, serta kegiatan lainnya yang melatih anak untuk bersatu dengan alam.

Air Terjun Pringgodani

air-terjun-pringgodani
by www.karanganyarkab.go.id

Berlokasi di blumbangan yang hanya berjarak 5 km dari terminal Karanganyar. Namun keindahan alam air terjun yang memiliki ketinggian 100 meter ini masih sangat virgin dan belum banyak diketahui oleh banyak orang karena lokasi ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Museum Purbakala Dayu

museum-purbakala-dayu
by www.karanganyarkab.go.id

Museum ini terletak di desa Dayu, kecamatan Kondangrejo, Karanganyar. Museum yang memiliki luas sebesar 10.500 m2 inibisa sebagai wahana untuk belajar mengenai sejarah manusia purba pada jaman dahulu kala.

Telaga Madirda

telaga-madirda
by instagram @dwi_yulianti08

Lagi-lagi wisata di Karanganyar menyuguhkan keindahan alamnya yang hanya dapat di temui di kabupaten ini. telaga Madirda berlokasi di Ngargoyoso, Karanganyar. Akses untuk menuju lokasi telaga ini hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak kecil.

Astana Giribangun

astana-giribangun
by instagram @vinailmawati

Merupakan pemakaman presiden kedua Indonesia, banyak juga wisatawan yang datang untuk sekedar mengenang jasa beliau, serta melakukan ziarah untuk mendoakan mendiang bapak Soeharto.

Cemoro Kandang Tawangmangu Karanganyar

cemoro-kandang-tawangmangu-karanganyar
by instagram @frizka_tama

Jawa Dwipa Heritage Resort & Convention

jawa-dwipa-heritage-resort-convention
by instagram @nitamurtia

Nah kira-kira itulah tadi beberapa list atau daftar tempat wisata di Karanganyar yang menjadi destinasi wisata yang cukup populer khususnya untuk para wisatawan berkunjung ke kabupaten Karanganyar. Lokasi dari beberapa tempat wisata yang ada di daerah Karanganyar letaknya saling berdekatan sehingga akses untuk menuju tiap-tiap lokasi wisata sangat mudah untuk dijangkau. Sangat disayangkan ternyata banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya terdapat banyak wisata yang ada di kabupaten Karanganyar ini sangat menarik untuk dikunjungi pada saat musim liburan tiba. Untuk menikmati suasana liburan yang berbeda, tak ada salahnya untuk mengunjungi berbagai lokasi wisata yang ada di Karanganyar. Tentunya wisata Karanganyar jawa tengah tak kalah menarik dengan wisata lain yang banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Semoga setelah membaca artikel ini, anda menjadi berminat untuk mencicipi liburan seru yang lain daripada yang lain tentunya hanya di Karanganyar, Jawa Tengah.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */