Surganya Wisata Indonesia

Aktivitas, Fasilitas dan Rute Menuju Pantai Plengkung Banyuwangi

0
Aktivitas, Fasilitas dan Rute Menuju Pantai Plengkung Banyuwangi
Nilai Artikel Ini

Pantai Plengkung Banyuwangi – Setelah sebelumnya kita bahas tentang Pantai Boom yang sarat akan sejarah, budaya, dan misteri, Pantai Pulau Merah, dan Pantai Teluk Hijau, kali ini kita akan goes to Pantai Plengkung. Pantai yang terletak di tenggara provinsi Jawa Timur ini juga berlokasi di Banyuwangi. Letaknya yang berada di perairan samudera Hindia membuat tempat wisata Banyuwangi Jawa Timur ini memiliki ombak yang cukup besar dan tinggi. Oleh karena itu, tidak hanya turis domestik, turis asing dari berbagai negara datang ke tempat ini untuk berselancar. Di kalangan para surfer, Pantai Plengkung termasuk tempat surfing kalangan menengah-profesional.

Pantai Plengkung bwi atau terkenal dengan sebutan g land ini jika dilihat keseluruhan wilayahnya dari atas, bentuk pantai ini berupa gugusan pulau membentuk huruf G. Oleh karena itu, Pantai Plengkung disebut juga dengan g land. Namun ada juga sebab musabab pemberian nama g land ini. Disisi lain, ternyata Pantai Plengkung ini dekat dengan sebuah teluk, yakni teluk Grajagan, huruf G pada g land diambil dari kata Grajagan.

Pantai Plengkung
by instagram @indtravel

Ada pula yang mengatakan huruf g diambil dari kata Great, great disini condong pada artian Pantai Plengkung yang memiliki ombak yang besar. Pada kamus bahasa Inggris, great berarti besar, sehingga Pantai Plengkung juga disebut g land, karena mashur dengan ombaknya yang besar.

Pendapat lain, Pantai Plengkung dikelilingi oleh hutan tropis yakni Taman Nasional Alas Purwo. Hutan dan pepohonan dilambangkan dengan warna hijau. Dalam bahasa asing, hijau diartikan Green. G pada g land ini diartikan juga green yang berarti pantai yang asri karena masih alami dan banyak pepohonan. Memang tidak seperti pantai untuk surfing di negara lain, lokasi Pantai Plengkung Banyuwangi ini masih alami, jauh dari kebisingan perkotaan.

Kunjungi :  Jelajah 5 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang gemar melakukan petualangan. Lokasi yang masih sejuk dan jalan menuju Pantai Plengkung atau g land yang masih alami, bisa Anda jadikan jalur untuk tracking. Lelah dengan langkah Anda menuju lokasi, rasa penat akan hilang setelah sampai di pantai yang amat eksotis dengan ombaknya ini.

Rute ke Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi Jawa Timur Indonesia

Rute ke Wisata Pantai Plengkung
by instagram @danielwongso17

Ada beberapa jalan akses menuju Pantai Plengkung yang bisa Anda lalui. Secara singkat, rute perjalanan ke Pantai Plengkung dibagi menjadi tiga, berikut ulasannya :

  • Jalur darat

Agar lebih mudah mencapai tujuan, Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Langsung saja dari Banyuwangi memutar kendaraan menuju arah Taman Nasional Alas Purwo. Anda hanya bisa menaiki kendaraan sampai dengan pos jaga Pancur. Sampai pos ini, Anda harus menaiki kendaraan yang disediakan sebab jalan yang dilalui adalah jalur sulit. Kendaraan ini akan mengantar Anda sampai pintu gerbang g land.

  • Jalur Darat – Laut

Rute ke Pantai Plengkung Banyuwangi melalui jalur darat dan laut ini bisa Anda tempuh jika perjalanan Anda dimulai dari luar kota dan tempat transit wisata pertama adalah pantai Grajagan. Anda menempuh jalur darat terlebih dahulu menuju pantai Grajagan, dan Anda menaiki kapal, baik kapal nelayan atau kapal lain dari pantai tersebut. Begitu juga jika Anda berwisata dari Bali, maka Anda perlu menempuh perjalanan darat terlebih dahulu menuju pelabuhan, baru menaiki kapal menuju Pantai Plengkung.

  • Melalui Laut

Jika melalui jalur laut saja, Pantai Plengkung bisa dicapai dengan menaiki kapal bila Anda dari pulau Bali maupun dari arah pantai Grajagan.

Berikut peta Pantai Plengkung di Banyuwangi :

Kunjungi :  34 Tempat Nongkrong 24 Jam di Bandung yang Hits

Fasilitas Mewah di Pantai Plengkung

Bobby's Surf Camp
by instagram @alexandre.goncalves.nogueira

Selain ombaknya yang banyak diminati oleh para wisatawan, ada juga fasilitas lain yang bisa dinikmati. Seperti hotel di Pantai Plengkung g land yang bisa didapati di sekitar lokasi. Ada tiga penginapan di Pantai Plengkung yang bisa disewa. Bobby’s Surf Camp, Joyo’s Surf Camp, dan G-Land Surf and resort. Ketiga penginapan itu mematok harga di atas satu juta rupiah. Mahal memang. Tapi harga yang mahal tentu sebanding dengan fasilitas yang disediakan, seperti jaminan makan dan koneksi internet gratis. Selain itu, lokasinya yang berada di Taman Nasional Alas Purwo menjadikan penginapan tersebut layaknya villa di tengah-tengah rindangnya pepohonan hijau Alas Purwo.

Fasilitas lain yang juga disediakan oleh pengelola adalah papan selancar tentunya, restoran, bar, jungle camp, dll. Wah, enak sekali ya, fasilitasnya sudah seperti di tempat surfing luar negeri. Menarik bukan? Jangan sampai tidak mengunjungi Pantai Plengkung di hari liburan Anda ya.

Aktivitas di Pantai Plengkung Banyuwangi

Di samping surfing yang menjadi kegiatan utama, banyak pilihan aktivitas lain yang mungkin saja cocok dengan passion Anda, dan tentunya disediakan fasilitasnya oleh pengelola. Beberapa pilihan kegiatan diantaranya :

  • Bermain Istana Pasir
Pasir Pantai Plengkung
by instagram @pingin_kurusbeh

Selain keindahan ombak besarnya, Pantai Plengkung juga memiliki keindahan pasir putih. Jika Anda bukan penggemar surfing, apalagi bagi Anda yang membawa serta keluarga beserta anak-anak tercinta, bermain pasir bisa menjadi salah satu alternatif. Bercanda bersama keluarga sejenak dapat melepas penat dari kegiatan sehari-hari yang melelahkan dan menguras tenaga.

  • Memancing

Bagi Anda mancing mania, di Pantai Plengkung ini juga terdapat spot yang lumayan asyik untuk memancing. Sambil melihat hamparan warna biru laut Plengkung, Anda dapat menikmati aktifitas memancing ini. Jangan khawatir terseret arus ombak ya, karena ombak Pantai Plengkung nan eksotis dengan ketinggiannya yang mencapai 4 meter hanya akan muncul pada bulan April sampai dengan Oktober, terlebih pada bulan Agustus.

Kunjungi :  40 Tempat Wisata di Tegal Jawa Tengah Terbaru
  • Bersepeda

Bosan dengan aktivitas pantai namun masih butuh hiburan? Bersepeda mungkin jawabannya. Terdapat tempat untuk menyewa sepeda yang bisa Anda temui di sana. Mengelilingi Taman Nasional Alas Purwo, mengelilingi pantai, atau sekedar melihat-lihat tempat di sekitar penginapan.

  • Berfoto dengan Alam
Foto Pantai Plengkung
by instagram @siateddy

View Pantai Plengkung yang menggoda ini, jangan sampai Anda lewatkan. Bagi para penggemar fotografi, banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa dijadikan background untuk berfoto.

  • Snorkeling dan Diving
Snorkeling Pantai Plengkung
by instagram @arip_026

Nah, selain bulan April sampai dengan Oktober, air laut yang jernih dan tenang ini menjadi alasan tepat bagi Anda. Anda bisa menyewa pakaian menyelam yang disediakan oleh pengelola Pantai Plengkung. Mengeksplore keindahan bawah laut sambil mengenal bermacam-macam ikan yang hidup di sana.

  • Duduk Bersantai di Tepi Pantai
Duduk di Pantai Plengkung
by instagram @evachoirul

Restoran yang ada di Pantai Plengkung dan Alas Purwo, selain menyuguhkan sajian makanan, resto ini juga menyediakan tempat duduk di bawah payung, sehingga sambil menikmati makanan, Anda bisa berfoto dan menghabiskan waktu berada di tepi pantai.

Masih banyak aktivitas yang bisa Anda kerjakan di Pantai Plengkung ini. Tergantung dari hobi dan isi kantong tentunya. Demikian artikel Pantai Plengkung ini, semoga bisa menjadi bahan referensi tambahan untuk mencari destinasi wisata ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */