Sejarah, Lokasi, Event dan Penginapan Pantai Pulau Merah Banyuwangi

0

Pernah berkunjung ke Pantai Pulau Merah? Bagi Anda yang pernah merasakan keindahan alamnya, tentu Anda mengetahui, alasan mengapa pantai yang juga terletak di Banyuwangi ini disebut dengan Pulau Merah. Tentu saja bukan karena warna pantainya yang berwarna merah atau air lautnya berwarna merah ya. Dinamakan Pantai Pulau Merah, sebab, tak jauh dari bibir pantai, terdapat gundukan tanah seperti bukit kecil berwarna hijau, dengan tanahnya yang berwarna merah. Anda bisa mencapai bukit tersebut dengan berjalan kaki pada saat air laut sedang surut.

Pantai Pulau Merah ini terkenal dengan tempatnya yang bersih. Pengelola pantai ini mempekerjakan orang-orang yang selalu bersiaga di lokasi untuk membersihkan pantai dari sampah yang dibuang tidak pada tempatnya oleh para pengunjung. Pantai dengan garis panjang sejauh tiga kilometer ini juga dijaga ketat oleh satpam pantai yang selalu siap berada di tempat berjaga atau pos jaga.

Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi
by instagram @abhisekatour

Seperti halnya Pantai Plengkung Banyuwangi yang disebutkan pada artikel sebelumnya, Pantai Pulau Merah di Banyuwangi Jawa Timur ini menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi.

Sejarah Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Sejarah Pantai Pulau Merah
by instagram @chowmohammed

Warga meyakini, pada saat senja tiba, tanah dan air laut kawasan Pantai Pulau Merah ini akan berubah menjadi berwarna merah. Hal ini sebetulnya wajar, karena warna merah pada pantai adalah karena bias warna matahari, namun, nama Pulau Merah dipekuat dengan adanya gundukan tanah berwarna merah di seberang bibir pantai.

Sebenarnya, nama asli Pantai Pulau Merah adalah Pantai Ringin Pitu. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini lebih dikenal dengan sebutan Pulau Merah. Ciri khas yang lain dari pantai ini adalah terdapat pura, dimana pura tersebut digunakan oleh baik pengunjung maupun warga yang beragama Hindu untuk bersembahyang. Selain itu juga, pura ini seringkali mendapat kunjungan dari warga Hindu dari seluruh Indonesia terutama warga Bali. Pura tersebut bernama Tawang Alun.

Kunjungi :  Coba Sensasi Gumul Paradise Island Kediri Jawa Timur

Tidak ada kejadian atau peristiwa pasti mengenai asal usul Pantai Pulau Merah ini. Yang menjadi ciri khas lain dari pantai ini adalah adanya pohon kelapa dan pohon pisang di belakang bibir pantai. Lambai daun kelapa dan angin sepoi menambah asyiknya bermain di pantai. Foto Pantai Pulau Merah Banyuwangi bisa Anda dapatkan dengan mudah, jika Anda terlebih dahulu ingin melihat potret keelookan alamnya.

Lokasi Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai yang terkenal dengan Pulau Merahnya ini terletak di desa Sumberagung, Kecamatan Pesangaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini berlokasi di sebelah selatan Banyuwangi.

Hampir sama dengan G Land, Pantai Pulau Merah pun memiliki ombak yang besar dan cocok untuk peselancar. Hanya saja ombak di Pulau Merah tidak setinggi G Land atau Pantai Plengkung. Pantai Plengkung sudah banyak digunakan oleh kalangan profesional, sedangkan Pulau Merah masih digunakan oleh kalangan amatir, seperti para pemula yang baru belajar berselancar.

Event atau kegiatan bertaraf nasional internasional juga sering diadakan oleh pengelola Pantai Pulau Merah Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini. Seperti halnya pada Pantai Plengkung G Land.

Anda pecinta surfing, namun masih dalam tahap belajar? Pantai Pulau Merah ini cocok sebagai alternatif destinasi. Harga tiket masuk Pantai Pulau Merah Banyuwangi yang murah, hanya Rp. 2.500 saja, dan sewa papan selancar Rp.25.000 sampai dengan Rp.50.000, sudah cukup dapat membayar keinginan Anda untuk berselancar menikmati ombak Pantai Pulau Merah.

Untuk Anda yang belum pernah mengunjungi Pulau Merah, rute ke Pantai Pulau Merah yang bisa Anda tempuh diantaranya adalah

  • Melalui jalur selatan

Rute yang harus dilalui jika melalui jalur ini adalah jalan pedesaan yang masih khas dengan perbukitan. Anda bisa mengikuti jalan sesuai dengan petunjuk yang terpasang di sepanjang jalan. Anda akan dipandu sampai lokasi wisata. Lama perjalanan yang harus ditempuh kurang lebih dua setengah hingga tiga jam.

  • Menggunakan kendaraan umum
Kunjungi :  Menikmati Sunrise Terbaik di Gunung Sindoro Temanggung

Jika Anda dari arah Jember, sebaiknya Anda turun dan berganti kendaraan di terminal Jajag dan naik bus sampai ke Kecamatan Pesanggaran. Dari Kecamatan Pesanggaran, Anda bisa menuju lokasi Pantai Pulau Merah dengan menyewa kendaraan. Tak jauh dari pantai, pengelola telah menyediakan lahan parkir yang cukup luas, sehingga kendaraan-kendaraan bisa memasuki kawasan pantai.

Setelah Anda berkunjung ke Pantai Pulau Merah, jangan lewatkan pula Pantai Boom Banyuwangi dan Pantai Teluk Hijau ya. Karena, lokasi-lokasi pantai ini berdekatan dan menarik untuk dikunjungi.

Event-Event Wisata Internasional Di Pulau Merah

Sebetulnya bukan paket wisata pantai saja yang ditawarkan. Anda juga bisa menikmati berbagai paket sajian khas wisata Banyuwangi. Berikut ini beberapa event yang biasa digelar di Pantai Pulau Merah :

  • Tour De Ijen

Tour De Ijen
by instagram @mokhrizaziz

Tour De Ijen merupakan acara perlombaan balap sepeda tingkat internasional yang diadakan setiap tahun. Pembalap-pembalap dari dalam negeri dan luar negeri bertarung untuk memenangkan event ini. Rute yang ditempuh oleh pembalap dimulai dari pendopo Banyuwangi, mengelilingi daerah sekitar Banyuwangi dan berakhirlah di Pantai Pulau Merah ini. Tour De Ijen atau ada yang menyebutnya Internasional Tour De Banyuwangi Ijen diadakan pada bulan mei setiap tahunnya. Event internasional ini dibuka perdana pada tahun 2012.

Dinamakan Tour De Ijen sebab rute yang harus ditempuh oleh pembalap melewati Gunung Ijen. Tepatnya, kaki Gunung Ijen. Panjang jalur yang harus ditempuh mulai dari awal hingga akhir adalah enam ratus kilometer. Dari panjang rute yang harus ditempuh tersebut, peserta balap dibagi menjadi empat etape. Waktu yang harus ditempuh untuk mengikuti tour de ijen ini adalah empat hari. Saat Anda berkunjung ke Banyuwangi pada bulan Mei, maka Anda berada di waktu yang tepat. Anda bisa berwisata ke Pantai Pulau Merah sambil menyaksikan perlombaan Tour De Ijen.

  • Surfing International
Kunjungi :  11 Tempat Wisata di Jakarta Utara Selain Mall
Surfing Pantai Pulau Merah
by instagram @redislandsurfcamp

Event selanjutnya yang tak kalah menarik adalah ajang surfing internasional. Seperti kegiatan Tour De Ijen, surfing internasional diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Surfing internasional diadakan pada bulan yang sama dengan Tour De Ijen. Yakni pada bulan Mei. Namun pernah juga diadakan pada bulan September. Jadi, tunggu apa lagi, berkunjung ke Banyuwangi pada bulan-bulan tersebut ya, dan saksikan rangkaian-rangkaian kegiatan wisata menarik yang bisa menghibur Anda.

Penginapan Pantai Pulau Merah

Penginapan Pantai Pulau Merah
by instagram redislandsurfcamp

Bila Anda hendak bermalam di Pantai Pulau Merah, ada baiknya Anda memilih hotel di Pantai Pulau Merah Banyuwangi sesuai dengan budget yang Anda bawa. Semakin dekat penginapan dengan pantai, semakin mahal tarif yang dikenakan. Penginapan yang bisa dijumpai di sekitar pantai yaitu Red Island Jessi’s Beach House. Biaya yang harus Anda keluarkan sebesar Rp. 500.000.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */