Surganya Wisata Indonesia

Aktivitas dan Akses Menuju Lokasi Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

0
Aktivitas dan Akses Menuju Lokasi Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
Nilai Artikel Ini

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi – Indonesia memang terkenal dengan garis pantainya yang terpanjang di dunia. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan dengan begitu banyak pulau. Setelah pada artikel sebelumnya kita bahas mengenai Pantai Boom Banyuwangi dengan wisata sejarahnya, Pantai Plengkung dengan ombaknya yang memukau, dan berjalan-jalan ke bukit merah di Pantai Pulau Merah, Anda juga harus mampir juga ke tempat wisata yang ada di Banyuwangi yang satu ini. Diam-diam, pantai yang masih sepi ini menyimpan kemilau keindahan yang akan membuat kegiatan ‘mantai’ Anda berbeda.

Wisata Pantai Teluk Hijau Banyuwangi memiliki air laut yang berwarna hijau. Hal ini disebabkan kebradaan alga di dalam air yang memantulkan warna hijau di permukaan air laut. Disamping itu, Pantai Teluk Hijau di Banyuwangi ini memiliki pasir putih dengan tekstur yang lembut, sehingga tempat ini cocok untuk Anda yang suka bermain pasir. Pesona lainnya yang bisa Anda nikmati adalah air terjun setinggi delapan meter yang berlokasi di dekat pantai. Suara gemerincing air dan ombak yang menyatu, akan membuat Anda semakin rileks dan fresh kembali.

Berlayar di Pantai Teluk Hijau
by instagram @ishajag

Pantai ini dibuka setiap harinya mulai pukul tujuh pagi hingga pukul setengah lima sore. Waktu yang cukup lama bukan? Anda bisa sepuasnya berada di pantai seharian menikmati keelokan alamnya. Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Teluk Hijau ini masih gadis. Ya, julukan yang tepat. Karena memang pantai ini masih alami. Sama sekali belum tersentuh oleh tangan-tangan manusia. Selain itu, keadaan airnya benar-benar masih bersih dan jauh dari sampah-sampah yang biasanya berserakan di air pantai.

Lokasi Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Dimana Anda bisa menemukan Pantai Teluk Hijau di Banyuwangi? Pantai ini berlokasi di desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini terletak di sebelah selatan Kota Banyuwangi atau berjarak sekitar sembilan puluh kilometer.

Kunjungi :  Backpaker ke Pantai Nepa Sampang Madura Jawa Timur

Letak Pantai Teluk Hijau Banyuwangi yang benar-benar masih tersembunyi, membuat rute Pantai Teluk Hijau Banyuwangi sulit dilalui dan membutuhkan ekstra kesabaran dan hal menantang yang harus dilewati. Anda harus melewati jalan setapak, melewati hutan dengan pohon-pohon besar, dan naik turun bukit. Belum tiba pada lokasi, Anda akan dibawa menuju pantai pertama. Namun, lokasi Anda berada saat itu bukanlah Pantai Teluk Hijau. Melainkan pantai Batu. Di sana terdapat banyak sekali batu di sepanjang pantainya, baik yang berukuran besar maupun kecil.

Pada sekian dekade lalu, sebelum terjadi tsunami, pantai ini sebenarnya juga memiliki pasir putih. Namun setelah terjadi tsunami, muncullah batu-batu tersebut memenuhi bibir pantai. Menurut penelitian, bebatuan tersebut berasal dari dasar laut. Nah, letak Pantai Teluk Hijau dari pantai batu ini hanya tiga ratus meter. Anda masih harus melewati bebatuan karang di depan Anda. Saat Anda melihat dua karang besar seperti gerbang yang menuju ke laut, maka, sampailah Anda di surga tersembunyi di Banyuwangi, Pantai Teluk Hijau. Anda akan dibuat kagum pada salah satu aquarium terbuka milik Tuhan yang satu ini.

Akses Menuju Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Bagi Anda yang hendak menuju ke Pantai Teluk Hijau dengan kendaraan, bisa Anda simak ulasan singkat mengenai rute perjalanan yang bisa Anda tempuh.

Pantai Teluk Hijau di Banyuwangi
by instagram @acaprinaa

Ada dua alternatif jalan yang bisa ditempuh untuk menuju ke Teluk Hijau. Pertama, Anda bisa mengikuti jalan menuju ke arah pantai Rajegwesi. Jalan yang harus ditempuh menuju Teluk Hijau searah dengan jalan menuju pantai Rajegwesi ini. Namun, tidak ada alat transportasi seperti bis atau angkutan umum yang dapat mengantar Anda. Jadi, sebaiknya Anda mengendarai kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan. Untuk mempermudah Anda mencapai tujuan. Setelah tiba di pantai Rajegwesi, Anda bisa menunggang kapal untuk bisa mencapai Pantai Teluk Hijau.

Alternatif kedua adalah Anda mengikuti jalan yang satu arah dengan pantai Sukamade. Biasanya, para pengunjung hanya singgah sementara di dekat Pantai Teluk Hijau. Bukan di tepi pantainya ya, melainkan berada di balik bukit Pantai Teluk Hijau. Nah, Anda bisa berangkat bersama-sama dengan rombongan yang hendak menuju pantai sukamade ini. Anda turun di tempat pemberhentian kemudian berjalan kaki menuju Teluk Hijau.

Kunjungi :  Jalur Pendakian Gunung Merbabu yang Agung

Jalan yang harus ditempuh selama berjalan kaki kurang lebih tiga kilometer. Anda akan melewati jalan perkebunan dan perbukitan yang naik turun. Anda bisa saja menyewa ojek atau menaiki sepeda motor. Tetapi, hanya bisa mencapai satu kilometer ke arah depan. Selanjutnya, Anda harus tetap berjalan kaki. Sampai di penghujung bukit, Anda akan tiba di Pantai Batu. Anda bisa beristirahat sejenak di pantai ini sebelum melanjutkan perjalanan. Rute terakhir yang harus ditempuh untuk mencapai Teluk Hijau adala kurang lebih tiga ratus meter.

Wisata Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
by instagram @mellindarania

Perjalanan yang harus ditempuh selama berjalan kaki memang cukup jauh dan jalan yang dilalui pun masih berupa tanah dan jalan setapak. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana tracking maupun hiking. Biasanya jalan-jalan menuju tempat wisata memang dibuat alami atau tidak dibangun sebagaimana jalan semestinya. Alasannya adalah untuk menjaga keindahan alamnya dan tetap nyaman untuk ditinggali fauna-fauna yang ada.

Anda yang sudah membawa smartphone yang mendukung GPS, Anda bisa memanfaatkan ponsel Anda untuk memandu perjalanan sembari melihat peta Pantai Teluk Hijau. Masuk Taman Nasional Meru Betiri. Tiba di pos pemeriksaan Anda diharuskan melaporkan dan membayar tiket masuk.

Aktivitas Menyenangkan dan Menghibur di Pantai Teluk Hijau

Dengan membayar harga tiket masuk Pantai Teluk Hijau, Anda bisa melakukan aktivitas di pantai sesuka hati. Biaya masuk Pantai Teluk Hijau relatif murah, hanya Rp.5.000 saja.

Beberapa alternatif kegiatan yang bisa Anda lakukan sebagai berikut :

  • Memancing
Memancing di Pantai teluk Hijau
by instagram @khisanzamani

Bagi Anda penggemar kegiatan memancing, aktivitas ini bisa Anda lakukan juga di Pantai Teluk Hijau. Carilah sudut-sudut yang nyaman. Air teluk yang jernih akan menambah kenyamanan saat memancing.

  • Duduk Santai di Tepi Pantai
Kunjungi :  Surga Tersembunyi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang
Duduk di Pantai Teluk Hijau
by instagram @fahlian_deswiga

Tekstur pasir yang lembut, selain asyik digunakan sebagai tempat bermain pasir, Anda bisa menikmati kesejukan udara pantai sambil duduk di atas pasir. Ombak-ombak kecil yang menyapu tubuh membuat kegembiraan Anda semakin bertambah. Apalagi jika Anda datang ke pantai ini bersama rekan, kolega, dan keluarga Anda tercinta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */