32 Tempat Wisata di Boyolali Jawa Tengah Diserbu Pengunjung

0

Tempat Wisata di Boyolali Jawa Tengah – Jika Anda bepergian ke Semarang atau Solo dari arah timur pasti Anda akan melewati Kabupaten Boyolali. Kabupaten ini masih termasuk daerah Jawa Tengah dan berada di sebelah utara Kota Solo. Kabupaten Boyolali terkenal sebagai penghasil susu sapi. Anda bisa mencicipi susu segar yang bisa Anda temukan penjualnya di pinggir jalan. Selain susu sapi, Kabupaten Boyolali juga masih termasuk alami karena memang belum banyak pembangunan yang dilakukan disana. Karena wilayahnya masih alami, maka jangan heran bila banyak terdapat wisata alam Boyolali. Jika Anda sedang berada di Semarang atau Solo maka jangan lupa untuk mampir kesini dan mampir ke wisata Boyolali kota susu. Apa saja wisata disini? Berikut ulasannya.

Taman Air Tlatar

taman-air-tlatar
Instagram by @umbultlatar

Salah satu objek wisata Boyolali tlatar yang terkenal adalah wisata Tlatar Boyolali. Tempat wisata ini terletak di Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali. Taman Air Tlatar bisa ditempuh dari pusat kota dengan jarak yang sangat dekat sekali yaitu hanya4 km saja. Apa yang bisa Anda lakukan di Taman Air Tlatar? Disini disediakan fasilitas seperti kolam renang, taman wisata, pemancingan, kios oleh-oleh, dan beberapa panggung yang digunakan untuk pentas hiburan. Selain menyediakan wahana wisata air, disini juga dijadikan tempat wisata kuliner di Boyolali yang enak. Taman Air Tlatar coock untuk wisata keluarga karena anak-anak bisa bermain air bahkan ada kolam terapi ikan disini. Tak heran jika Taman Air Tlatar banyak dikunjungi oleh turis lokal.

Gardu Pandang New Selo

new-selo
Instagram by @agendasolo

Wisata Selo Boyolali memiliki pemandangan dengan sejuta warna karena Anda bisa melihat pemandangan berupa pegunungan yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dari gardu pandang inilah Anda akan melihat panorama Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menakjubkan. Selain sebagai tempat wisata, New Selo juga dijadikan sebagai salah satu jalur pendakian menuju Gunung Merapi. Selain melihat kawasan pegunungan, disini Anda juga akan melihat kawasan hitan, joglo, dan beberapa tempat makan dari gardu pandang. Untuk menuju ke tempat tersebut Anda bisa berjalan kaki atau menyewa mobil bak terbuka.

Omah Bambu Merapi

omah-bambu-merapi
Instagram by @nyakizza

Masih berada di New Selo, jika Anda ingin melihat sisi lain dari Boyolali yang tiada duanya wisata Boyolali rumah bambu adalah pilihan tepat. Selain melihat keindahan alam yang super cantik, Anda bisa mengunjungi rumah bambu dan gardu pandang sebagai daya tarik wisata ini. Anda akan merasa seperti menyatu dengan alam. Omah Bambu Merapi masih termasuk wisata baru di Boyolali dan tak lama kemudian menjadi tempat wisata yang populer berkat keindahan dan keunikannya yang tida duanya. Omah Bambu Merapi adalah spot yang tepat untuk berfoto karena selain keunikan rumah bambunya, Anda akan mendapatkan landscape Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sebagai latar belakangnya. Tentunya kombinasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengunjungi tempat ini. Baiaya masuk ke Omah Bambu Merapi juga murah yaitu hanya Rp. 5.000 saja per motor.

Kunjungi :  Nyantai dan Belajar di Eco Green Park Malang Jawa Timur

Bukit Gancik

bukit-gancik
Instagram by @ayodolan

Tempat wisata di Boyolali terbaru selanjutnya adalah Bukit Gancik. Seperti bersaing dengan New Selo, Bukit Gancik juga menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indahnya. Dan Bukit Gancik juga merupakan wisata baru di Boyolali. Bukit Gancik terletak di Selo Nduwur, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Karena tempatnya lebih tinggi, maka pemandangan disini pun menjadi berbeda daripada di New Selo. Gardu pandang disini berada di ketinggian 2000 mdpl sehingga cocok untuk foot dengan pemandangan pegunungan dan awan. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang hobi bertualang dan fotografi. Sama seperti Omah Bambu Merapi, biaya untuk tiket masuk hanya Rp. 5.000 saja.

Air Terjun Kedung Kayang

kedung-kayang
Instagram by @ahsanprasetyo

Terdapat wisata alam di Boyolali yang tak kalah serunya dengan wisata sir di daerah sekitarnya. Di Boyolali terdapat air terjun atau curug yang mempunyai kenidahan alam yang masih alami dan asri, airnya pun mengalirjernih. Uniknya, Air Terjun Kedung Kayang berada di apitan 2 gunung besar di Jawa Tengah yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Jika Anda ingin pergi kesini dari Boyolali atau Magelang, maka Anda akan menempuh perjalanan sepanjang 30 km atau 1 jam. Jika Anda berangkat dari Jogja, maka jaraknya adalah 55 km dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit. Menurut cerita dari warga lokal, air terjun ini sempat menjadi rebutan antar warga Kecamatan Selo, Boyolali dan Kecamatan Sawangan, Magelang. Namun pada akhirnya Air Terjun Kedung Karang ditetapkan sebagai wisata di Boyolali. Tiket masuk air terjun ini hanya Rp. 2.500 per orang. Disini terdapat tempat untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan air terjun. Terdapat juga penginapan di sekitar area air terjun.

Trekking Gunung Merbabu

gunung-merbabu
Instagram by @pricilialinfanny

Tempat wisata di daerah Boyolali Jawa Tengah selanjutnya adalah trekking Gunung Merbabu. Jika Anda adalah anak gunung atau pecinta alam maka jangan melewatkan bagaimana rasanya menaklukan salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah. Mendaki Gunung Merbabu sangat coock untuk Anda yang sangat suka dengan gunung. Terdapat jalur pendakian yang berada di Selo. Gunung Merbabu mempunyai 3 jalur pendakian yang berada di Boyolali, Magelang, dan Salatiga. Jalur Selo adlaah jalur yang aman sekaligus jalur yang paling bagus untuk menuju ke puncak Gunung Merbabu. Sudah banyak yang menggunakan Jalur Selo sebagai jalir pendakian. Jalur Selo mmepunyai pemandangan yang paling indah diantara jalur yang lain. Anda akan melihat bunga edelwais yang tumbuh di hamparan padang sabana yang sangat luas.

Kunjungi :  Menelusuri Keindahan dari Candi Plaosan Klaten yang Sangat Indah

Gardu Pandang Alam Sutera

Masih seputar gardu pandang, wisata Boyolali selo yang satu ini terletak tepat di Dukuh Pojok, Desa Samiran, Keamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa ini adalah objek wisata berupa gardu pandang, maka Anda bisa menebak konsep seperti apa yang dihadirkan disini. Gardu Pandang Alam Sutera memiliki pemandangan yang sangat eksotis yaitu Kota Boyolali dan Gunung Bibi atau punggung Merapi dan Merapi Tua. Sangat menarik, bukan? Gardu Pandang Alam Sutera adalah wisata yang wajib Anda kunjungi jika mampir ke Boyolali. Jika Anda beruntung Anda bisa melihat kera hutan dan elang Jawa yang berkeliaran di sekitar gardu pandang. Harga tiket masuk ke gardu pandang ini sangat murah, hanya Rp. 2.000 saja.

Gardu Pandang Suroteleng

gardu-pandang-suro-teleng
Instagram by @suroteleng_gayeng

Kecamatan Selo memang tiada habisnya memberikan kita pemandangan yang menarik. Masih ada lagi wisata Boyolali Jawa Tengah yang berlokasi di Kecamatan Selo, tepatnya di Desa Suroteleng yaitu Gardu Pandang Suroteleng. Dulunya gardu pandang ini mempunyai jalur yang ekstrim namun karena pemandangan yang indah tidak menghalangi wisatawan untuk berbondong—ondong menuju kesini. Tempat ini dipenuhi oleh anak muda yang doyan jalan-jalan dan ingin punya foto dengan pemandangan yang bagus.

Candi Lawang

candi-lawang
Instagram by @bintangnovario98

Tempat wisata di Kabupaten Boyolali memang lengkap, termasuk candi. Di Boyolali terdapat Candi Lawang yang tak kalah menarik dengan candi-candi yang ada di Jogja, Magelang, dan Klaten. Candi Lawang adalah bangunan bersejarah peninggalan kaum Hindu. Di sekitaran Candi Lawang tidak terdapat relief yang menjadi bukti peninggalan sejarah kaum Hindu. Namun di sekitar candi masih banyak reruntuhan dan bebatuan candi yang berserakan, yang jelas bebatuan ini adalah ornamen masa lalu. Candi Lawang berada di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Rute perjalanan menuju candi ini yang terdekat adalah dari Jogja menuju ke Klaten Baru dan langsung menuju Boyolali.

Candi Sari

candi-sari
Instagram by @ari_keceng

Selain Candi Lawang, masih ada peninggalan bersejarah milik kerajaab Hindu di Boyolali yaitu Candi Sari. Berbeda dari Candi Lawang yang tidak memiliki informasi tahun berapa candi itu dibuat atau ditemukan oleh warga Boyolali, Candi Sari mempunyai sejarah masa lalu yang ditemukan warga sekitar pada tahun 1967. Candi Sari terletak tidak jauh dari Candi Lawang. Menurut warga sekitar, Candi Sari dikeramatkan oleh masyarakat sampe sekarang karena memiliki mata air kepercayaan. Karea itulah masyarakat sekitar candi masih melestarikan Candi Sari sampai sekarang.

Kunjungi :  48 Tempat Wisata di Tangerang Pilihan untuk Liburan Keluarga

Pemandian Alam Kedung Goro

Beralih ke wisata Boyolali Jateng yang lain, jika Anda senang dengan wisata air mungkin Pemandian Alam Kedung Goro menjadi spot yang tepat untuk Anda. Disini tidak ada tiket masuk alias gratis untuk dapat menikmati kesegaran dari pemandian alam yang satu ini. Airnya sangat jernih dan segar, Anda juga bisa diving disini. Kedung Goro terlokasi di Desa Bolo, Kecamatan. Wonosegoro, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Selain menikmati kesegaran airnya yang dingin, Anda dapat menikamti pemandangan di sekitar Kedung Goro yang eksotis dan asri.

Pemandian Umbul Pengging

umbul-pengging
Instagram by @dekiismarmaulanakoto

Objek wisata alam Boyolali lainnya adalah pemandian Umbul Pengging. Bukan cuma Klaten yang memiliki umbul atau mata air, tapi Boyolali juga punya umbul yang pastinya ingin membuat Anda segera menyelam dan merasakan kejernihan airnya. Anda dapat menuju Umbul Pengging dengan jarak tempuh sekitar 20 menit dari Solo. Umbul Pengging berada di Kecamatan Banyudono. Menurut catatan sejarah, tempat ini dulunya merupakan pemandian yang digunakan untuk tempay mandi keluarga Keraton Kasunan Surakarta. Pada zaman dahulu tempat ini dinamakan dengan Pemandian Tirto Marto. Karena dulunya merupakan tempat mandi keluarga ningrat, maka Anda jangan heran jika melihat bangunan yang unik dan memiliki arsitektur khas Jawa zaman dulu di sekitar umbul. Bangunan yang berada disini masih terasa suasanan Keraton Kasunan Surakarta. Dan bangunan inilah yang menjadi salah satu daya tariknya selain umbul itu sendiri. Tak jauh dari Umbul Pengging, terdapat makan pujangga dari Keraton Kasunan Surakarta yaitu makan Raden Nagbehi Yosodipura.

Waduk Cengklik

waduk-cengklik
Instagram by @wadukcengklik

 

pantaran
Pantaran Waterfall Instagram by @explore_boyolali

 

irung-petruk
Irung Petruk Instagram by @explore_boyolali

 

gunung-madu
Gunung Madu Instagram by @explore_boyolali

 

wonosegoro
Wonosegoro Instagram by @explore_boyolali

Wisata Boyolali yang satu ini akan membuat Anda serasa di dunia lain karena keindahan alamnya yang super eksotis dan menawan. Waduk yang berada di Desa Ngargorejo, Kecamtan Ngemplak, Kabupaten Boyolali ini adalah tempat favorit para fotografer. Kunjungi waduk ini menjelang matahari terbenam karena sunset-nya sangat luar biasa. Selain sunset, waduk ini juga ditumbuho oleh eceng gondok yang semakin membuat tempat ini menjadi indah. Bahkan siluet Gunung Merapi dan Merbabu pun terlihat jelas dari Waduk Cengklik.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */