Surganya Wisata Indonesia

19 Tempat Wisata di Kabupaten Ngawi Jawa Timur

0

Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur – Berbicara tentang destinasi wisata paling populer di Indonesia, biasanya pasti langsung tertuju pada pulau Bali, Lombok, dan Bandung. Namun tahukah kamu bahwa Jawa Timur juga punya banyak destinasi wisata seru yang bisa jadi pilihan tempat berlibur terbaik. Salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak potensi wisata seru adalah di kabupaten Ngawi. Kabupaten Ngawi ini berada di ujung provinsi Jatim, berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Lokasinya yang strategis membuat kabupaten Ngawi ini sangat mudah untuk diakses dengan berbagai jenis transportasi umum, sehingga tentu akan lebih mudah untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata Ngawi.

Berencana untuk menghabiskan liburan di kabupaten Ngawi? Penasaran ada apa saja tempat wisata Ngawi yang paling indah? Yuk simak top list tempat wisata di Kabupaten Ngawi Jawa Timur yang bisa jadi referensi tempat liburan kamu selanjutnya:

Air Terjun Pengantin

air-terjun-pengantin
by instagram @endottetapsemangat

Wisata Ngawi air terjun pengantin ini merupakan objek wisata yang paling populer di Ngawi karena dikenal dengan keindahan panoramanya. Saking populernya, objek wisata ini bahkan menjadi salah satu inspirasi dari sebuah film layar lebar bergenre horror di Indonesia. Lokasi dari air terjun Pengantin ini sendiri berada di desa Hargomulyo, Ngambre Kabupaten Ngawi. Selain menawarkan pemandangan air terjun yang eksotis dan suasana hutan yang sangat khas, Air Terjun Pengantin juga dikenal dengan mitosnya yakni jika ada pasangan kekasih atau suami dan istri datang ke air terjun ini, konon mereka bisa menjadi pasangan selamanya.

Air Terjun Srambang

air-terjun-srambang
by instagram @izal_kunkun

Masih seputar wisata air terjun, kali ini ada sebuah air terjun di tempat wisata di Kab Ngawi yang tak kalah indahnya yakni Air Terjun Srambang.Berada di desa Girimulyo, Jogorogo, Kabupaten Ngawi, air terjun eksotis satu ini menawarkan udara yang sangat sejuk serta panorama air terjun yang cantik berpadu dengan hutan pinus yang mengelilingi di sekitarnya. Air terjun Srambang juga punya mitos unik yang dipercaya oleh masyarakat di sekitarnya, yakni jika pengunjung membasuh wajah dengan air di air terjun Srambang ini maka dipercaya bisa panjang umur dan awet muda.Unik bukan?

Argowisata Kebun Teh Jamus

argowisata-kebun-teh-jamus
by instagram @glennmartin346

Salah satu destinasi wisata alam yang pastinya tidak akan mengecewakan adalah pergi ke kebun teh. Selain panorama hamparan hijau kebun teh yang sangat indah, suasana sejuk yang ditawarkan setiap pergi ke kebun teh juga tentunya bisa memberikan kesegaran tersendiri. Seperti salah satu kebun teh paling indah di Jawa Timur adalah di perkebunan teh Jamus, kabupaten Ngawi. Disini pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alam sekitar yang masih sangat asri, yang dikelilingin perbukitan unik berundak. Masyarakat setempat menyebut bukit ini sebagai bukit Borobudur karena bentuknya yang menyerupai candi berundak. Tak hanya itu, di wisata Jamus Ngawi yang satu ini juga terdapat fasilitas wisata tambahan untuk pengunjung yakni outbond. Dijamin seru deh!

Kunjungi :  Pancaran Cahaya Goa Jomblang Gunung Kidul

Waduk Pondok

by instagram @anggicil_172
by instagram @anggicil_172

Bagi yang suka dengan wisata air, sayangnya di kabupaten Ngawi ini ternyata tidak ada objek wisata pantai karena memang lokasi kabupatennya tidak berada di daerah pesisir. Namun tak perlu khawatir karena ada objek wisata air yang cukup populer di wisata Ngawi Jawa Timur yakni Waduk Pondok. Ragam aktivitas seru bisa dilakukan disini, seperti memancing, berkeliling waduk dengan jetski atau perahu, atau bisa juga memanfaatkan landscape waduk yang berpadu apik dengan hutan jati di sekitarnya sebagai latar berfoto. Untuk pengunjung yang tertarik ingin berkunjung ke Waduk Pondok ini, waktu kunjung yang direkomendasikan adalah di bulan Muraham, dimana pada bulan ini biasanya ada ritual unik masyarakat sekitar yakni ritual nyadran yang seringkali menyedot perhatian banyak orang.

Waterboom Tirto Nirmolo

waterboom-tirto-nirmolo
by instagram @arfillaakbar

Selain waduk Pondok, ada juga nih tempat wisata terbaru di Ngawi berupa objek wisata air yang seru dan cocok untuk liburan bareng keluarga yakni di Waterboom Tirto Nirmolo. Berlibur ke Waterboom Tirto Nirmolo ini pastinya akan menjadi tempat favorit keluarga terutama anak-anak, karena fasilitas waterboom yang lengkap dan ada arena khusus untuk anak-anak. Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati misalnya ada outbond area, perahu air, kereta gantung, dan ada juga aneka sajian wisata kuliner Ngawi. Akses untuk menuju ke Waterboom Tirto Nirmolo juga cukup strategis, yakni berada di desa Tempuran, Kec Paron, Ngawi.

Pemandian Tawun

pemandian-tawun
by instagram @dkusmaryadi

Bagi kamu yang mencari tempat wisata di Kota Ngawi Jawa Timur yang murah meriah namun mengesankan, bisa banget nih berkunjung ke Pemandian Tawun. Disini ada banyak fasilitas rekreasi seru yang cocok menjadi tujuan liburan keluarga.Berada di desa Tawun, sekitar 7 km ke timur dari pusat kota Ngawi, Pemandian Tawun ini merupakan objek wisata yang berupa mata air yang digunakan untuk kolam pemandian. Untuk kamu yang penasaran dan berencana akan berkunjung kesini, waktu yang tepat untuk datang adalah hari Selasa Kliwon, dimana pada hari tersebut biasanya masyarakat sekitar rutin melakukan ritual adat yang dinamakan Keduk Beji Tawun atau pembersihan kolam mata air.

Benteng Pendem Ngawi

by instagram @bang.ijal
by instagram @bang.ijal

Jika sebelumnya berbicara tentang objek wisata alam, nah wisata Ngawi benteng yang satu ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang populer di Jawa Timur. Benteng Pendem merupakan salah satu bangunan saksi sejarah saat masa kolonial Belanda. Awalnya benteng ini memiliki nama benteng Van Den Bosch. Namun karena keunikan bangunannya yang lebih rendah dari tanah di sekitarnya, maka benteng ini kemudian lebih dikenal dengan nama Benteng Pendem (berasal dari kata terpendam). Berkunjung ke benteng Pendem ini, pastinya pengunjung akan dibuat terpukau dengan arsitektur bangunan yang khas, serta ada banyak benda-benda peninggalan sejarah seperti penjara bawah tanah, gudang persenjataan, hingga barak tentara Belanda yang bisa ditemui disini. Terletak di Kelurahan Pelem, Ngawi, Benteng Pendem ini dulunya (sekitar tahun 1825 sampai 1830) merupakan tempat pertahanan tentara Belanda di wilayah Madiun ketika perang Diponegoro, dimana pada tahun 1825 saat itu pemerintah Belanda berhasil menduduki Ngawi dan menjadikan Benteng Pendem sebagai tempat untuk menguasai jalur perdagangan di Jawa Timur.

Kunjungi :  Surga Dunia di Wisata Guci Tegal yang Sangat Indah

Museum Trinil

museum-trinil
by instagram @tridoso

Masih berbicara mengenai wisata sejarah, kali ini kita berpindah ke Museum Trinil. Jika sebelumnya kita membahas tentang sejarah masa kolonial Belanda di Benteng Van Den Bosch, Museum Trinil ini merupakan tempat tersimpannya beragam peninggalan sejarah kehidupan manusia di masa purba. Disini pengunjung dapat melihat langsung fosil manusia purba yang ditemukan di Ngawi oleh ilmuwan Eugene Dubois yang diberi nama Pithecanthropus Erectus. Selain itu, ada juga aneka fosil makhluk hidup di zaman purba lainnya yang menjadi koleksi Museum Trinil ini. Museum Trinil sendiri berada di desa Kawu, Kedunggalar Ngawi, sekitar 15 km dari pusat kota Ngawi.

Monumen Soerjo

monumen-soerjo
by instagram @yunuswandap

Bagi masyarakat Jawa Timur terkhusus masyarakat di Ngawi pastinya sudah tidak asing lagi mendengar nama Soerjo, mantan gubernur Jawa Timur yang gugur karena tragedi PKI 1948. Untuk mengenang beliau, maka terbentuklah sebuah monumen yang dikenal dengan nama Monumen Soerjo. Berada di lokasi yang strategis, dikelilingi pohon rindang dan spot tempat beristirahat, menjadikan kawasan Monumen Soerjo ini bisa juga menjadi tujuan liburan. Monumen yang sangat ikonik di Ngawi ini juga tak kalah populer dengan wisataNgawi air terjun pengantin dan wisata lainnya.

Rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat

Masih berbicara tentang tokoh di Ngawi, tentu tidak terlepas dari nama Dr. Radjiman Wedyodiningrat. Radjiman Wedyodiningrat merupakan tokoh pendiri BPUPKI atau Badan Pergerakan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.Di rumah Dr. Radjiman Wedyodiningrat, yang kini digunakan sebagai sebuah museum bersejarah, terdapat banyak koleksi peningalan sejarah yang digunakan Dr. Radjiman Wedyodiningrat seperti alat rumah tanggga dan yang lainnya.

Pesanggarahan Srigati

Untuk objek wisata Ngawi Jawa Timur yang satu ini agak unik dibandingkan dengan objek wisata yang lainnya. Hal ini karena Pesanggarah Srigati merupakan sebuah objek wisata bernuansa spiritual yang sangat kental dengan unsur mistis, dimana biasanya orang datang ke tempat ini untuk bersemedi. Setiap hari Jumat Pon dan Jumat Legi ketika masuk bulan Syuro, biasanya di Pesanggarahan Srigati ini dilakukan sebuah ritual adat yang dinakaman Ganti Langse.

Kerajinan Jati Gembol

Tak hanya punya banyak wisata Ngawi dan sekitarnya, namun Ngawi juga punya hasil karya kreatif yang berdaya jual tinggi yakni kerajinan seni Jati Gembol.Disini terdapat banyak hasil kerajinan unik dari kayu jati yang sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan dari Ngawi. Beragam kerajinan tersebut juga banyak diincar oleh para kolektor barang antik baik dari dalam maupun luar negeri.Selain itu, Ngawi juga punya industri gamelan yang hingga kini masih eksis, dimana seni bermain gamelan ini tentu sangat penting untuk dilestarikan.

Kunjungi :  Mau Mbolang? Coba ke Landscape Eksotik Pantai Molang Tulungagung

Taman Wisata Tawun

taman-wisata-tawun
by instagram @tristiyaapp

Berada di desa Tawun, ada juga nih tempat wisata Ngawi Jatim yakni sebuah taman kota yang nyaman dan pas untuk jadi tempat piknik bersama keluarga. Di taman wisata Tawun ini ada beberapa fasilitas wisata tambahan yang bisa dinikmati seperti mini zoo, kolam renang, hingga ada juga fasilitas untuk memancing.

Nah itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Ngawi terbaik. Terbukti kan? Untuk bisa merasakan liburan yang menyenangkan tidak perlu jauh-jauh dan tidak perlu merogoh kocek yang berlebihan. Bagi kamu yang berdomisili di kawan Jawa Timur dan sekitarnya bisa banget tuh mencoba liburan di tempat-tempat wisata asik yang ada di Ngawi. Meski banyak orang menganggap bahwa Ngawi hanyalah kota kecil, tapi ternyata kota ini menyimpan beberapa tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Tips tambahan nih untuk kamu yang berencana liburan dan ingin mendapatkan waktu liburan yang berkualitas, jangan lupa untuk mengajak orang-orang terkasih saat pergi liburan. Dengan ditemani orang-orang yang membuat kamu nyaman, tentu liburan juga akan semakin seru, apalagi ditambah dengan tempat wisatanya yang memang sudah menarik. Selain itu, jangan lupa juga untuk membuat rencana perjalanan dan budgeting biaya wisata sebelum pergi liburan. Hal ini penting agar waktu liburan bisa lebih maksimal tanpa menghabiskan banyak budget. Dengan demikian maka liburan akan semakin menyenangkan dan tentu bisa membuat kamu lebih bersemangat memulai aktivitas. Semoga bermanfaat dan selamat liburan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */