Hits 22 Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri Terbaru

0

Tempat Wisata di Wonogiri Jawa Tengah – Mungkin jika Anda diberikan pilihan untuk mengunjungi salah satu tempat di Pulau Jawa bagian tengah, Anda akan memilih Jogja sebagai destinasi liburan Anda. Jogja yang terletak di selatan Provinsi Jawa Tengah memang mempunyai banyak sekali tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata pantai, wisata gunung, wisata belanja, wisata kebudayaan dan masih banyak lagi. Namun, Jogja sudah terlalu mainstream. Bagaimana jika melihat daerah di Jawa Tengah? Selain Semarang, sebenarnya ada banyak sekali daerah di Jawa Tengah yang mempunyai tempat wisata yang recommended. Salah satu wisata di Provinsi Jawa Tengah yang seru dan mampu memuaskan liburan Anda adalah wisata Wonogiri.

Wonogiri adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Jika Anda melihat peta, maka Anda bisa menemukan Wonogiri di sebelah tenggara Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki julukan Kota Gaplek. Selama ini mungkin tempat wisata alam di Wonogiri yang Anda ketahui hanyalah Waduk Gajah Mungkur saja. Memang Waduk Gajah Mungkur adalah tempat wisata di Kabupaten Wonogiri yang paling terkenal diantara wisata Wonogiri lainnya. Padahal Wonogiri menyimpan banyak sekali tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Potensi wisata di Wonogiri sangat banyak namun belum begitu terekspos.

Kabupaten Wonogiri diapit oleh beberapa kabupaten lainnya. Di utara berbatasan langusng dengan Kabupaten Karanganyaru dan Kabupaten Sukoharjo, di bagian timur berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Magetan, di bagian selatan berbatasan langsung dengan Pantai Selatan, dan di bagian barat berbatasan langsung dengan Gunung Kidul di Provinsi Yogyakarta. Ibukota Kabupaten Wonogiri adalah Wonogiri. Karena bentang alamnya yang bervariasi membuat tempat wisata di Wonogiri Jateng lengkap. Berikut ulasannya.

Waduk Gajah Mungkur

waduk-gajah-mungkur
Instagram by @explore_wonogiri

Seperti yang sudah disebbut di atas bahwa Waduk Gajah Mungkur adalah daftar tempat wisata di Wonogiri yang paling terkenal. Waduk Gajah Mungkur dibangun pada tahun 1970an. Waduk Gajah Mungkur memiliki luas sekitar 8.800 hektar. Fungsi utama Waduk Gajah Mungkur sudah pasti untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga sekitar. Waduk ini sangat penting untuk kegiatan pertanian di sekitar daerah waduk. Bukan hanya itu saja, Waduk Gajah Mungkur juga menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat akhir pekan dan libur nasional. Dimanakah letak Waduk Gajah Mungkur? Tenang saja, Waduk Gajah Mungkur mudah ditemukan akrena letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Wonogiri. Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 3 km saja untuk mencapai lokawisata Waduk Gajah Mungkur. Pemandangan alam disini sangat indah terutama pada sore hari. Di sekitar waduk terdapat wisata kuliner Wonoogiri berupa olahan ikan yang sudah pasti lezat.

Kunjungi :  48 Tempat Wisata di Tangerang Pilihan untuk Liburan Keluarga

Pantai Sembukan

pantai-sembukan
Instagram by @ayodolan

Beralih ke wisata pantai di Wonogiri, ada sebuah pantai bernama Pantai Sembukan. Pantai ini adalah salah satu dari beberapa pantai di Wonogiri yang wajib Anda kunjungi. Pantai Sembukan sendiri merupakan objek wisata Wonogiri yang menjadi favorit banyak wisatawan. Siap-siap saja untuk bertemu dengan banyak orang jika berkunjung kesini saat akhir pekan. Pantai Sembukan berada di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Pantai Sembukan memiliki air laut yang berwarna biru jernih dan bersih. Pemandangan di sekitar pantai juga sangat indah sehingga bisa menghipnotis Anda sejauh mata memandang. Selain menimati suasana pantai yang kental dan damai, di pantai ini Anda juga bisa melakukan kegiatan memanciing. Di Pantai Sembukan cukup sering diadakan acara adat, Anda beruntung jika pergi ke Pantai Sembukan saat sedang ada acara adat seperti sedekah laut.

Pantai Banyutowo

pantai-banyutowo
Instagram by @explore_wonogiri

Selain Pantai Sembukan, ada juga pantai di Wonogiri yang ramai dikunjungi oleh wisatawan yaitu Pantai Banyutowo. Pantai ini berada di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Pantai Banyutowo memang tidak jauh dari Pantai Sembukan. Uniknya, jika air di Pantai Sembukan benar-benar langsung dari laut, di Pantai Banyutowo terdapat campuran antara air tawar dan air laut. Air tawar ini bersumber dari sungai-sungai yang ada di sekitar pantai. Pemandangan di Pantai Bnayutowo mampu memanjakan mata karena keeksotisannya. Selain melihat langsung percampuran antara air tawar dan air laut, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam nerupa batu-batu karang yang sangat mempesona. Karena pemandangan inilah yang menjadikan Pantai Banyutowo sebagai wisata di Wonogiri yang wajib Anda kunjungi.

Pantai Nampu

pantai-nampu
Instagram by @explore_wonogiri

Masih di Kecamatan Paranggupito, jika Anda melihat peta wisata Wonogiri, maka Anda akan melihat bahwa didekat Pantai Banyutowo terdapat Pantai Nampu yang harus Anda kunjungi. Ini adalah pantai yang tidak boleh Anda lewatkan jika sedang berada di Pantai Banyutowo. Pantai Nampu adalah pantai pasir putih yang dihiasi oleh airnya yang biru kehijauan dan karang-karang yang menakjubkan. Pantai Nampu menajdi salah satu primadona pantai di Wonogiri. Akses jalan menuju Pantai Nampu sangat mudah dan bisa dilewati oleh bis dan kendaraan pribadi. Petunjuk jalannya pun sangat mudah.

Air Terjun Binangun Watu Jadah

Setelah puas dengan wisata pantai di Wonogiri, mari kita beralih ke wisata alam Wonogiri yang lain yaitu Air Terjun Bingangun Watu Jadah. Air terjun ini cocok dikunjungi bagi Anda yang senang berpetualangan. Air terjun ini berada di lokasi yang agak tersembunyi dan masih jarang dikujungi oleh wisatawan karena minimnya petunjuk arah dan akses jalan yang cukup susah. Namun justru itulah yang diacri oleh para petualangan, bukan? Karena jarang dikunjungi, sudah pasti Air Terjun Binangun Watu Jadah masih perawan. Air terjun ini terletak di Desa Girimulyo, Kecamtan Jatipurmo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Untuk mencapai Air Terjun Binangun Watu Jadah Anda harus melalui perjalanan yang lumayan melelahkan namun semua rasa lelah Anda akan terbayarsudah ketika sampai di tempat tujuan.

Kunjungi :  Wisata Favorit Keluarga Ya Pantai Delegan Gresik

Air Terjun Setren Girimanik

Selain Air Terjun Binangun Watu Jadah, masih ada air terjun lagi di Wonogiri yaitu Air Terjun Setren Girimanik. Air terjun ini berada di Setren, Kecamatan Slogohirmo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Air terjun ini sangat seru untuk dijadikan sebagai tempat main air bahkan mandi saat liburan. Air terjun yang sangat eksotis ini selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan dan libur nasional. Biasanga wisatwan dari sekitar Wonogiri berbondong-bondong ke Air Terjun Setren Girimanik. Jika Anda melihat peta wisata Wonogiri terbaru, maka Anda harus menempuh perjalanan sekitar 40 menit atau 30 km untuk menuju Air Terjun Setren Girimanik. Dari pusat kota, Anda harus menuju ke timur menuju arah Desa Setren. Sebenarnya Air Terjun Setren Girimanik selalu ramai setiap harinya, memang saat akhir pekan atau masa liburan air terjun ini akan lebih padat dan lebih ramai lagi. Hal ini tidak dapat dihindari mengingat betapa indah dan segarnya Air Terjun Setren Girimanik.

Alas Kethu

alas-kethu
Instagram by @danielhariprasetyo

Wisata Wonogiri Jateng selanjutnya adalah wisata alam yang sudah pasti akan membuat Anda menyukai tempat ini begitu melihatnya. Tempat ini adalah Alas Kethu. Alas Kethu adalah objek wisata Wonogiri terdekat yang menyajikan hutan jati, kayu putih, dan mahono yang rindang. Alas Kethu adalah wisata kota Wonogiri, sehingga letaknya berada di jantung Kota Wonogiri. Berada di AlasKethu seperti berada di tempat lain karena disini hawanya sejuk, Anda seperti tidak berada di sebuah kota. Akses menuju Alas Kethu tentu saja sangat mudah karena berada di pusat kota. Alas Kethu sering dijadikan sebagai tempat syuting yang membutuhkan adegan di sebuah hutan yang rindang. Selain sebagai tempat wisata, Alas Kethu juga dijadikan sebagai paru-paru Kota Wonogiri juga. Rasanya sangat menyenangkan ketika berada di Alas Kethu untuk menghilangkan penat setelah beraktivitas selama seminggu ini.

Kunjungi :  Obyek Wisata Alam Situ Gede Tasikmalaya Jabar

Bukit Cumbri

bukit-cumbri
Instagram by @bendottetapsemangat

Wisata Wonogiri Kota selanjutnya adalah sebuah tempat wisata yang sayang sekali untuk dilewatkan. Wisata ini adalah puncak Bukti Cumbri. Baru-baru ini memang Bukti Cumbri menjadi terkenal akibat foto-foto pemandangan bukit yang viral di sosial media seperti Instagram, Path, Snapchat, dan lain-lain. Bukit Cumbri adalah tempat yang tepat untuk melihat sunrise ataupun sunset. Walaupun jalur untuk mendaki Bukit Cumbri cukup pendek, namun tetap menguras teanag sehingga Anda harus fit. Mendaki Bukit Cumbri membutuhkan waktu sekitar 1 jam, namun bisa kurang atau lebih tergantung kecepatan Anda. Hati-hati saat mendaki karena jalurnya cukup terjal dan jalannya licin. Berkat kekuatan sosial media, Bukit Cumbri menjadi terkenal dan banyak sekali wisatawan yang berkunjung kesini. Bagi Anda yang tertatik untuk mendaki Bukit Cumbri, terdapat 3 jalur pendakian yang bisa Anda pilih yaitu Pintu Barat yang berada di Dusun Kepyar, Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Pintu Tengah yang berada di Dusun Sumber, Desa Biting, Kecamatan Purwantoro, dan Pintu Timur yang berada di Dusun Jatisari, Desa Biting, Kecamatan Purwantoro. Bukit Cumbri berada di Desa Kapyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Biaya masuk kesini sangat murah, hanya Rp. 3.000 saja.

Wisata Spiritual Kahyangan

Wisata Wonogiri Pacitan yang satu ini merupakan tempat yang sakral bagi warga sekitar namun menarik sekali untuk Anda kunjungi. Wisata Spiritual Kahyangan akan memberikan Anda pengalaman menarik tersendiri. Di tempat wisata ini biasanya akan dilakukan kegiatan tirakat dan nenepi yang dilakkan oleh masyarakat sekitar. Dalam budaya Jawa, tirakat berarti ritual yang dilakukan untuk mecapai tujuan tertentu. Konon menurut cerita masyarakat serikat, Wisata Spiritual Kahyangan adalah tempat tirakat untuk pendiri Kerajaan Mataram yaitu Sutowijoyo. Dalam ritual tirakatnya, Sutowijoyo melakukan komunikasi dengan Nyi Roro Kidul untuk membahas perjanjian mengenai pembangunan Kerajaan Mataram. Jika Anda tertarik datang kesini, Anda tidak perlu mengikuti acara tirakat dan nenepi.

Wisata Kuliner Wonogiri

nasi-tiwul
Nasi Tiwul Instagram by @explore_wonogiri

Di pusat Kota Wonogiri, Anda akan menemu banyak penjual yang menjajakan makanan khas Wonogiri. Tentunya wisata kuliner tidak boleh Anda lewatkan. Beberapa makanan khas Wonogiri adalah Nasi Tiwul yaitu singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk dengan rasanya yang manis khas singkong, Cabuk yaitu ampas dari biji wijen yang dicampur dengan merang pagi yang dibakar, garam, gula Jawa, cabe rawit, bawang putih, dan kemangi, dan ada juga pindang kambing yang terbuat dari adonan tepung gaplek yang diberi jeroan dan kikil kambing dan dibungkus dengan daun jati.

jurug-kemukus
Jurug Kemukus Instagram by @explore_wonogiri
jembatan-cinta
Jembatan Cinta Instagram by @explore_wonogiri
pantai-dhadhapan
Pantai Dhadhapan Instagram by @explore_wonogiri

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */