Surganya Wisata Indonesia

Surga Dunia di Wisata Guci Tegal yang Sangat Indah

1

Wisata Guci Tegal – Masih berada dalam lingkup Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Setelah sebelumnya kita pergi ke daerah pesisir dan mengunjungi pantai, yaitu Pantai Alam Indah, kali ini kita akan mencoba untuk merangkak naik ke daerah pegunungan. Meskipun merupakan daerah tepi laut, sebagian wilayah Tegal ini terletak di kawasan gunung, yakni Gunung Slamet. Selain mashur dengan ketinggiannya yang paling mengangkasa se-Provinsi Jawa Tengah, ternyata Gunung Slamet ini juga memberi keindahan lain di sekitar lerengnya. Terdapat sebuah mata air ajaib yang jernih dan asri di bagian utara gunung ini. Tempat tersebut dijadikan tempat rekreasi air sejak berpuluh-puluh tahun silam. Lokasi tersebut adalah obyek wisata Guci di Tegal.

Fasilitas, Sejarah dan Penginapan di Wisata Guci Tegal

Fasilitas, Sejarah dan Penginapan di Wisata Guci Tegal
Instagram by @wisataguci

Ajaibnya tempat ini adalah adanya air panas yang mengalir secara alami dari perut bumi. Jika kebanyakan lokasi sumber mata air panas dilengkapi dengan adanya belerang, berbeda dengan Taman Wisata Guci Tegal ini. Walau berada di lereng gunung, air panas yang mengalir dari pancuran-pancuran yang ada muncul begitu saja. Konon, air yang ada di lokasi ini mempunyai banyak khasiat, salah satunya adalah menyembuhkan penyakit. Anda yang mempunyai riwayat penyakit seperti rematik, bisa mencoba untuk berendam di obyek wisata Guci Tegal Jawa Tengah ini. Di samping itu, Anda yang mempunyai penyakit kulit seperti gatal, sangat disarankan untuk berkunjung ke tempat ini. Belum teruji secara ilmiah perihal manfaat air yang berada di lereng Gunung Slamet ini. Hal tersebut hanya mitos dan kepercayaan masyarakat sekitar yang mengklaim bahwa penyakit yang mereka derita sembuh berkat mandi di Wisata Air Panas Guci Tegal ini. Nah, tergantung Anda ya, akan mempercayai sugesti ini atau tidak. Meski demikian, banyak yang percaya bahwa keajaiban yang mereka terima adalah berkah dari Tuhan lantaran tempat ini adalah bekas peninggalan salah satu Walisongo yang menyebarkan agama Islam di daerah Tegal. Mereka percaya bahwa keberadaan Wisata Alam Guci di Tegal tersebut merupakan rahmat karena kebaikan Wali terhadap warga di sekitar Tegal.

Jalan yang harus dilalui untuk bisa tiba di tempat ini sudah cukup baik. Namun Anda harus tetap berhati-hati, karena berada di pegunungan, akses jalan yang dilewati berkelok-kelok. Anda bisa lebih paham dengan melihat peta Wisata Guci Tegal 2016. Kurangi kecepatan kendaraan Anda dan perhatikan benar-benar jalan yang ada terutama ketika berpapasan dengan kendaraan lain. Jangan sampai Anda lengah. Walaupun, akses jalan yang tersedia cukup luas. Satu hal lagi yang wajib Anda perhatikan adalah jangan lupa untuk membawa baju ganti. Sepanjang perjalanan mendekati lokasi, Anda akan ditemani oleh pemandangan hijau khas pegunungan. Sebelum memasuki gerbang tempat Wisata Guci Tegal Jawa Tengah, Anda akan melihat huruf-huruf besar di lereng bukitnya bertuliskan “Taman Wisata Air Panas Guci”. Bila Anda berangkat dari arah Kota Tegal, Anda harus memutar kendaraan ke arah selatan sejauh kurang lebih 40 kilometer untuk dapat sampai di tempat wisata ini. Agar dapat menikmati fasilitas wisata air yang ada, Anda harus membayar tiket masuk Wisata Guci Tegal Guci Tegal Jawa Tengah tepat di gerbang masuk wisata. Harga tiket yang dikenakan cukup murah, bagi wisatawan dewasa, besar harga tiket adalah Rp. 5.000 pada hari biasa dan Rp. 7.000 pada akhir pekan atau musim liburan. Sedangkan untuk anak-anak, tiket masuk yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 4.500 pada hari biasa dan Rp. 6.500 pada hari Sabtu Minggu dan hari libur. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Kunjungi :  Eksotiknya 17 Tempat Wisata Pulau di Kepulauan Seribu

Tempat wisata Guci di Tegal ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Namun, lokasi ini akan sangat ramai pada hari Jum’at Kliwon. Anda bisa melihat foto wisata Guci Tegal Jawa Tengah yang memperlihatkan betapa banyaknya pengunjung yang mendatangi tempat wisata air ini. Kepercayaan yang beredar di telinga warga dan pengunjung adalah hari Jum’at tersebut merupakan hari keramat. Bagi Anda pengunjung yang mandi di tempat ini terlebih pada tengah malam dan memiliki hajat atau permintaan, maka tidak lama kemudian, selepas pulang dari wisata Tegal Guci ini, hajat tersebut pastii terkabul. Anda bisa mencoba ya. Namun hal yang perlu diingat adalah kesuksesan yang bisa dicapai oleh seseorang adalah dengan bekerja keras. Urusan hasil yang besar atau kecukupan adalah hadiah dari Tuhan. Meskipun kita tidak pernah mengetahui datangnya keberuntungan.

Fasilitas di Wisata Guci

Fasilitas di Wisata Guci
Instagram by @bedeal_carstensz

Obyek wisata Guci Tegal Jateng ini mempunyai area yang cukup luas yaitu 210 Hektar. Dalam area tersebut, Anda dapat dengan sepuasnya mandi di beberapa sudut tempat yang disediakan tanpa dipungut biaya tambahan. Tempat wisata di Tegal Guci ini benar-benar memberikan totalitas dalam hal wisata air. Tempat yang bisa digunakan untuk mandi diantaranya adalah 10 air terjun, pancuran 7, pancuran 13, dan pancuran 5. Pancuran-pancuran tersebut dinamakan demikian sesuai dengan jumlah pancuran yang ada. Pancuran 13 memiliki jumlah pancuran 13 buah, pancuran 5 dengan jumlah pancuran 5 buah dan pancuran 7 dengan pancuran berjumlah 7 buah. Di pancuran 13 inilah biasanya para pengunjung yang ngalap berkah mandi dan meminta permohonan. Mitos ini sudah lama beredar dan dipercaya secara turun temurun sejak puluhan tahun silam. Tak heran, banyak pengunjung yang turut percaya.

Kunjungi :  Candi Mendut, Wisata Sejarah yang Ada di Magelang

Selain pemandian sebagai fasilitas utama, Guci Tegal wisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti bumi perkemahan yang bisa Anda gunakan untuk berkemah baik perseorangan maupun kelompok, dua lapangan untuk berolahraga yaitu lapangan tenis dan lapangan sepak bola, wisata hutan atau wana wisata bagi Anda yang ingin melakukan hiking menikmatii rindangnya pohon-pohon di lereng Gunung Slamet ini, serta kolam renang.

Sejarah dan Cerita Mistis Seputar Tempat Wisata di Guci Tegal

Sejarah dan Cerita Mistis Seputar Tempat Wisata di Guci Tegal
Instagram by @amadreza85

Pemandian Guci ini secara resmi dibuka pada tahun 1974. Sebelumnya beberapa pihak telah melakukan penelitian terkait keberadaan sumber air baru di wilayah mereka. Setelah terbukti aman, tempat wisata Guci Tegal 2015 ini mulai dibuka untuk umum. Pada mulanya, hanya warga sekitar saja yang memanfaatkan keberadaan wisata air panas ini, itupun belum terdapat pancuran-pancuran air seperti sekarang, pengunjung masih memanfaatkan air panas yang berada di bawah goa. Di tempat inilah dibangun pancuran 13. Anda bisa melihat patung naga di pancuran ini. Dari cerita mulut ke mulut, patung naga tersebut merupakan penanda bahwa tempat tersebut dihuni oleh salah satu pengikut setia Nyi Roro Kidul berwujud seorang wanita yang menjelma sebagai naga. Oleh karena itu, dibuatlah patung naga di tempat ini.

Selain patung, taman wisata Guci Tegal video ini juga memiliki pohon keramat yang konon sudah berumur ratusan tahun, yaitu pohon karet dan pohon beringin. Sudah terlintas bukan, seperti apa gambaran tempat ini? Bagi masyarakat Jawa khususnya, keberadaan pohon beringin dipercaya sebagai tempat tinggal para makhluk halus. Namun, ditanamnya pohon beringin di tempat ini menurut sebagian tokoh adalah agar daerah Guci ini tidak mudah terkena longsor dan membuat lingkungan di kawasan tersebut menjadi asri. Penanam kedua pohon tersebut adalah dua orang dari keturunan ulama atau kyai setempat bernama Kyai Klitik pada tahun 1918 silam. Sudah lama sekali bukan? Segera nikmati sensasii mandi di tempat yang penuh dengan suasana mistis ini ya.

Kunjungi :  62 Tempat Wisata di Banyuwangi Jawa Timur Terupdate

Penginapan Murah di Wisata Guci Tegal

Penginapan Murah di Wisata Guci Tegal
Instagram by @gatot_retrospot

Disamping menikmati pemandian di tempat terbuka di atas, Anda juga bisa menikmati kolam air panas yang ada di tempat-tempat yang dekat dengan objek wisata Guci Tegal Hotel. Sebab, beberapa tempat mengambil sumber air di tempat yang sama. Sehingga jika menginginkan suasana rekreasi yang lebih privat, Anda bisa mendatangi salah satu hotel dekat wisata Guci Tegal. Ada beberapa penginapan yang tersedia untuk Anda. Mulai dari kelas bawah yakni kelas melati sampai dengan hotel berbintang bisa Anda pesan. Akan tetapi, ada satu penginapan dengan lokasi yang cukup dekat dengan tempat wisata, jadi apabila Anda pulang dari wisata Guci sudah menjelang malam, Anda tidak perlu khawatir mengenaii tempat tinggal. Guci Duta Wisata Hotel Tegal bisa menjadi solusi untuk Anda. Hotel ini terletak di Kecamatan Bojong, tepatnya Desa Rembul. Hotel di wisata Guci Tegal satu ini menjadi andalan bagi sebagian besar pengunjung. Harganya cukup terjangkau dan fasilitas yang ditawarkan juga lumayan lengkap. Hotel wisata Guci Tegal mempunyai beberapa pilihan kamar dengan tarif yang berbeda-beda. Tarif Hotel Duta Wisata Guci Tegal paling murah ada pada harga Rp. 100.000 an untuk Extra Bed dan yang paling mahal adalah Governoor Room dan Executive Room dengan sewa per malam sebesar Rp. 750.000 an. Anda dapat memilih sesuai dengan besarnya anggaran yang Anda persiapkan untuk liburan ke Kota Tegal ini. Jika ingin lebih berhemat, Anda bisa mengikuti paket wisata Guci Tegal yang sudah banyak tersedia di internet.

Baik, lelah setelah seharian bermain air di wisata Guci, kini saatnya kembali ke Kota dan memanjakan diri beserta keluarga di Rita Park Tegal. Taman wisata ini tidak hanya bisa dikunjungi pada siang hari saja, namun juga malam hari. Tepat sebagai kegiatan penutup rekreasi Anda sekeluarga. Mengabadikan kenangan di spot selfie ala Prancis di Menara Eiffel bisa Anda coba di tempat ini. Persiapkan segala perlengkapan dan tentunya badan yang prima untuk menikmati keindahan di Provinsi Jawa Tengah. Mari ramaikan wisata Tegal!

1 Comment
  1. paket wisata dieng says

    wah..keren…makasih buat info nya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */