Surganya Wisata Indonesia

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru Jogja

0
Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru Jogja
Nilai Artikel Ini

Wisata Alam Kalibiru – Bagi Anda yang suka berwisata, mendengar kata Kalibiru pasti Anda sudah tidak ang lagi dengan tempat ini. Ya, Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Wates ini merupakan salah satu wisata alam yang cukup terkenal. Lalu berapa ya biaya yang perlu kita keluarkan untuk masuk ke wisata alam Kalibiru ini? Simak ulasan Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru Jogja di bawah ini.

Lokasi Wisata Alam Kalibiru Yogyakarta

Wisata Alam Kalibiru
Instagram by @kalibiru

Wisata alam Kalibiru dahulunya berada di hutan milik pemerintah. Namun saat wisata alam Kalibiru dikelola oleh masyarakat setempat dan dijadikan tempat wisata edukasi dan wisata alam.

Nah untuk menuju ke Kalibiru, Anda hanya memerlukan waktu sekitar dua jam dari pusat kota. Letak Wisata Alam Kalibiru berada di desa Hagrowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta.

Alamat Wisata Alam Kalibiru Jogja tidak begitu sulit untuk dicari. Hanya berjarak sekitar 40 Km dari pusat kota Yogyakarta atau sekitar 10 km dari Kota Wates. Disarankan jika kita ingin berwisata ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi agar lebih bisa mengefesiensi waktu dan biaya.

Denah Wisata Alam Kalibiru Kabupaten Kulon Progo sendiri bisa kita temukan di aplikasi google maps. Untuk rute yang bisa kita lewati adalah kita harus berkendara melewati Jalan Wates atau Jalan Godean. Bila kita sudah sampai ke jalan Wates ikuti terus arah menuju Waduk Sermo. Setelah sampai waduk Sermo nantinya akan kita temukan papan petunjuk wisata Kalibiru. Lalu ikuti saja petunjuk tersebut.

Wisata Alam Kalibiru Jogja
Instagram by @kalibiru

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru sendiri tergolong cukup murah. Kita hanya dikenakan tarif retribusi sebesar Rp. 10.000/ orang. Untuk tarif parkir, sama seperti tarif-tarif yang dikenakan seperti kebanyakan parkir kendaraan lainnya. Untuk parkir motor kita hanya dikenakan biaya Rp. 2.000 dan Rp.5000 untuk mobil.

Kunjungi :  Rute Pendakian, Harga Tiket dan Fasilitas di Kawah Ijen Banyuwangi

Bila dihitung Biaya Wisata Alam Kalibiru Wates tergolong murah meriah juga. Sebab di sini kita benar-benar dimanjakan dengan pemandangannya yang benar-benar indah. Wisata alam Kalibiru merupakan hutan wisata yang dilengkapi dengan gardu pandang, jalur trekking, camping ground, homestay dan fasilitas outbond.

Objek Wisata Alam Kalibiru sendiri buka dari jam 08.00-17.00 untuk hari biasa. Tapi untuk hari Minggu, Kalibiru buka dari jam 08.00-16.00. Kalibiru sendiri terletak di pegunungan Menoreh yang memiliki suhu sangat sejuk dan udara yang segar.

Menikmati Indahnya Menara Pandang Kalibiru

Dari wisata alam Kalibiru ini kita bisa melihat indahnya Waduk Sermo dan Perbukitan Menoreh yang begitu rimbun dan berwarna hijau. Adapula beberapa gardu pandang dengan pemandangan yang sangat menarik. Kita bisa mncapai gardu pandang ini dengan traking menyusuri jalan setapak.

Nah, menara pandang yang ada di Kalibiru ini sangat bagus untuk dijadikan spot foto terbaik. Karena di menara pandang ini foto Anda akan berlatar Waduk Sermo. Oleh sebab itu wajar jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Kalibiru ingin berfoto di menara pandang.

Menara Pandang Kalibiru
Instagram by @kalibiru

Menara pandang sendiri terletak diatas pohon yang cukup tinggi. Jadi kita harus ekstra hati-hati jika ingin menuju ke menara pandang. Meskipun untuk menuju ke menara ini ada seorang penjaga yang akan membantu kita, tapi tetap waspada itu perlu. Sayangnya jika kita ingin berfoto di menara pandang, kita akan dikenakan biaya tambahan.

Kalibiru sendiri berada pada ketinggian 450 M dpl, maka wajar saja jika cuaca di sekitar daerah ini sangat sejuk sekali. Jika kita ingin refreshing dari segala kegiatan yang membuat penat, berkunjung ke Kalibiru sangat cocok disarankan untuk kita.

Kunjungi :  38 Tempat Wisata di Bandung yang Hits dan Instagramable

Untuk waktu tepat datang berkunjung ke wisata alam Kalibiru adalah saat sore hari dan juga pagi hari. Tapi sayangnya karena jam buka Kalibiru sendiri adalah jam 8 pagi, maka kita tidak bisa menemukan sunrise dari tempat ini.

Maka waktu yang tepat untuk datang ke Kalibiru adalah saat sore hari. Sebab saat sore hari itulah kita akan disuguhkan dengan siluet senja yang mulai berganti malam. Senja yang perlahan-lahan berganti malam ini sangat indah disaksikan dari ketinggian menara pandang. Kita seolah-olah merasakan kedamaian dengan alam karena sejuknya hembusan udara yang bisa membuat pikiran kita segar kembali.

Selain wisata alam Kalibiru ada banyak sekali tempat wisata di Kabupaten Kulonprogo yang perlu Anda coba kunjungi. Ada waduk Sermo, Kedung Pedut, Kebun Teh Nglinggo, Taman Sungai Mudal, Goa Kiskendo, anting Mas Puncak Dipowono, Air terjun Sidoharjo. Serta masih banyak pula tempat wisata lainnya yang berada di kabupaten Kulonprogo.

Wisata yang ada di kabupaten Kulonprogo tidak kalah bagusnya dengan yang ada di kabupaten Gunung Kidul. Tempat-tempat wisata yang ditawarkan adalah lokasi yang akrab dengan alam. Beriwisata dengan alam akan membuat kita jauh lebih merasakan damai. Apalagi ketika kita sedang suntuk-suntuknya, udara segar yang berhembus di sekitar alam. Seketika suntuk kita serasa hilang.

Jembatan Kalibiru
Instagram by @kalibirumemotret

Namun ada baiknya pula jika kita tidak hanya mengunjungi wisata alam saja. Tetapi juga tempat wisata bersejarah lainnya. Di Yogyakarta sendiri ada banyak candi dan museum yang berdiri. Ada Candi Kalasan, Ratu Boko, Sambisari, Plaosan dan sebagainya. Tapi candi terbesar di Yogyakarta adalah Prambanan. Selain bisa menikmati prasasti peninggalan zaman kuno ini, kita juga bisa melihat pertunjukan sendratari ramayana.

Kunjungi :  Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung

Dalam pertunjukan Sendratari Ramayana Prambanan ini kita akan disuguhkan bermacam macam seni Jawa seperti seni tari, musik ,drama yang tergabung semuanya di dalam satu panggung pertunjukan.

Pertunjukan sendratari sendiri dibagi menjadi empat babak. Babak yang pertama penculikan Sinta, kedua Anoman ke Alengka, ketiga kematian Kumbakarna dan Rahwana, dan terakhir adalah Kembali bersatunya Rama-Sinta.
Harga Tiket Sendratari Ramayana Di Candi Prambanan dibuka dari Rp.30.000 untuk kalangan pelajar dan Rp. 100.000 hingga Rp. 350.000 per orang. Semakin tinggi harga semakin spesial pula tempt duduk yang akan kita dapatkan nantinya.

Nah penasaran? Mau tahu bagaimana serunya pertunjukan Budaya Sendratari Ramayana ini di Prambanan? Silahkan cek jadwalnya dan segeralah reservasi tiket sebelum kehabisan. Kapan lagi kita bisa menikmati seni dan budaya dari Jawa ini?

Sunset di Kalibiru
Instagram by @rinasubiyanto

Selain candi, tempat bersejarah lainnya adalah museum. Ada banyak museum yang ada di Yogyakarta, seperti museum Ullen Sentalu, Wayang, Gunung Api dan sebagainya. Jika penasaran dengan sejarah berdirinya museum, silahkan baca artikel kami sebelumnya yakni Sejarah Museum Affandi Jogja dan Sejarah Berdirinya Monumen Jogja Kembali.

Mungkin seperti itulah yang bisa kami ulas dari Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru Jogja. Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kita jelajahi. Mau pilih pantai, waduk, menara pandang, goa, semuanya lengkap ada di Yogyakarta. Tidak perlu takut jika tidak menemukan tempat wisata yang diinginkan. Sebab Yogyakarta selain dikenal dengan istilah kota pendidikan, juga dikenal dengan sebutan kota wisata. Selamat berlibur!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */