Surganya Wisata Indonesia

Pesona Taman Wisata Bendungan Waduk Selorejo Malang

0
Pesona Taman Wisata Bendungan Waduk Selorejo Malang
Nilai Artikel Ini

Tiket Masuk dan Jalan Menuju Waduk Selorejo Malang

Tiket Masuk dan Jalan Menuju Waduk Selorejo Malang
Instagram by @fairuzifa

Waduk Selorejo Malang – Menghabiskan waktu libur akhir pekan memang dinanti-natikan para travellers. Dengan mengunjungi tempat yang indah nan eksotis pasti suatu hal yang didambakan juga. Jawa Timur sangat terkenal dengan wisata alamnya, terdapat banyak gunung yang menjadi rujukan para pendaki untuk menjelajahi alam. Seperti Gunung Semeru contohnya, kini para penikmat keindahan tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama gunung tersebut, ya Gunung Semeru berada di Jawa Timur Lumajang dan dekat dengan Kota Malang.

Membicarakan daerah Malang, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat menghabiskan waktu weekend Anda. kini di Malang para travellers mulai berdatangan untuk mengunjungi Wisata Waduk Selorejo Malang. Waduk Selorejo adalah tempat wisata yang berada di Kecamatan Ngantang. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam, serta dapat berkeliling menggunakan kapal yang disewakan para pengelola wisata waduk setempat. Jadi jika Anda sedang berdestinasi wisata di Malang, jangan segan-segan untuk mengunjungi tempat wisata satu ini. Untuk tahu dimana lokasinya dan harga tiket masuknya, yuk simak ulasan berikut ini.

Lokasi dan Akses Menuju Waduk Selorejo Malang

Wisata Selorejo yaitu nama suatu waduk atau bendungan yang terletak di Kecamatan Ngantang, yang mana lokasinya adalah bagian barat dari Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hal yang menarik untuk mengunjungi tempat ini ialah tempatnya yang cocok untuk lokasi gathering, outing perusahaan, rapat, outbond ataupun aktivitas outdoor lainnya. Rute Bendungan Selorejo mudah untuk dicapai, pengunjung bisa mengaksesnya menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Tepatnya, Alamat Waduk Selorejo ini terletak di sebuah Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Waduk Selorejo Malang
Instagram by @mfakhri_26

Jalan menuju Waduk Selorejo jika menggunakan transportasi umum, Anda bisa menaiki bus menuju ke arah Kediri. Setelah itu naiklah bus kembali menuju terminal Malang, setelah sampai di terminal, Anda bisa menaiki angkutan umum menuju waduk Selorejo ini. Bila Anda datang dari daerah luar Kota Malang, rute nya ialah Malang-Batu, atau bisa dari Kediri-Pare, selanjutnya bila dari Jombang -Pare ataupun yang datang dari Blitar-Wlingi Anda akan melihat panorama alam yang begitu indah dan mempesona walaupun harus menempuh jarak jauh, karena memang tempat wisata satu ini terlihat dari sisi pinggir jalan.Jika Anda masih bingung untuk menemukan lokasinya, Anda bisa melihat peta Waduk Selorejo ini di google maps pada smartphone Anda. atau lebih baiknya jika Anda sudah sampai di Desa Pandansari, bisa bertanya dengan warga setempat menuju ke waduk ini.

Kunjungi :  52 Tempat Nongkrong Murah di Malang yang Romantis

Wisata Waduk Selorejo ini berada di ketinggian 600 mdpl, sehingga akan terasa sejuk udara disekitarnya. Pemandangan waduk selorejo juga indah dikarenakan dikelilingi oleh gunung-gunung diantaranya gunung Kelud, Gunung Anjasmoro serta Gunung Kawi. Berdiri di pinggiran waduk dengan menikmati panorama waduk serta latar pegunungan yang diselimuti awan adalah kesenangan tersendiri bagi pengunjung obyek wisata Selorejo. Sambil melihat nelayan sekitar menjaring ikan di bendungan. Bagi Anda yang hobi memancing, obyek wisata Selorejo juga menjadi tujuan utama karena ikannya disini terkenal besar-besar. Yang paling dominan jenis ikan yang ada di bendungan selorejo adalah ikan Mujair/ Mujaer. Jadi jika Anda berkunjung ke tempat ini, sempatkanlah membawa alat pancing dan rasakan serunya sensasi memancing di Waduk Selorejo.

Harga Tiket Masuk Waduk Selorejo dan Fasilitasnya

Harga Tiket Masuk Waduk Selorejo dan Fasilitasnya
Instagram by @adi_mrizal

Waduk Selorejo selain dijadikan aset wisata alam, tempat ini juga dijadikan sumber pembangkit listrik tenaga air untuk Kecamatan Ngantang. Khususnya para warga Desa Pandansari. Nah, ketika Anda sudah sampai di lokasi waduk Selorejo, Anda akan dikenakan biaya yang pasti tidak menguras kantong Anda dalam-dalam. Harga tiket masuk Waduk Selorejo ini ialah Rp.7.000 per orangnya, adapaun tambahan biaya parkir jika menggunakan kendaraan pribadi ialah sebesar Rp.3000 per kendaraan.

Di kawasan Waduk Selorejo juga bisa Anda jumpai warung-warung yang berlokasi dipinggir waduk, kebanyakan makanan yang mereka jual didominasi berbagai jenis ikan yang dimasak seperti ikan goreng dan ikan bakar. Sambil istirahat Anda bersama keluarga Anda juga bisa menikmati panorama dengan sepuasnya, apalagi di taman wisata Selorejo juga terdapat jembatan gantung yang menghubungkan taman wisata dengan kolam renang dan bisa juga digunakan untuk Jogging track bagi yang yang menyukainya di sepanjang sisi waduk tersebut.

Kunjungi :  Harga Tiket Masuk Wahana Wisata Taman Pintar Jogja

Sarana dan fasilitas pendukung lainnya adalah lapangan golf, lapangan tenis, camping area, tempat pemancingan yang nyaman, dan lahan parkir yang cukup luas. Jadi jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata satu ini, tidak ada salahnya membawa perlengkapan camping, seperti tenda, kompor portable, nesting, matras dan tidak ketinggalan yaitu logistik yang enak. Menikmati keindahan sembari bersantai menggunakan laybag juga ide cemerlang untuk memanjakan tubuh Anda.

Selain itu Anak-anak bisa bermain-main dengan bebas di taman. Anda juga bisa berperahu ke Pulau Jambu yang ada di tengah waduk. Di pulau itu terdapat ratusan pohon jambu klutuk atau jambu biji. Untuk mencapai Pulau Jambu, Pemda Kabupaten Malang telah menyediakan perahu milik masyarakat setempat. Pemilik perahu menawarkan jasa untuk mengantar pengunjung dengan tarif yang terjangkau. Tarif perahu mesin PP adalah Rp 8.000–Rp 10.000 sedangkan perahu dayung Rp 3.000-Rp 5.000. Begitu sampai di Pulau Jambu, pengunjung dapat mendaki bukit kecil dan masuk lokasi. Untuk bisa masuk dan makan buah jambu klutuk wisatawan dikenai tarif Rp 5.000. Kebun jambu ini sangat rimbun. Anda juga bisa membawa pulang buah jambu yang Anda petik di sini.

Jalan Menuju Waduk Selorejo Malang
Instagram by @fairuzifa

Selain Waduk Selorejo, masih terdapat tempat wisata Malang lainnya yang patut Anda kunjungi pula. Seperti Museum Angkut, Menyaksikan koleksi mobil antik tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang mencintai otomotif. Museum ini memiliki banyak koleksi transportasi dari yang masih tradisional alias belum menggunakan tenaga mesin seperti becak, dokar, pedati, dan sepeda onthel hingga kendaraan yang sudah menggunakan tenaga listrik. Sejarah Museum Angkut Kota Magelang ini dibuka untuk umum pada tanggal 9 Maret 2014. Museum Angkut ini dikelola oleh Jawa Timur Park Group yang sebelumnya juga membangun wisata seperti Batu Screet Zoo serta tempat indahlainnya di Provinsi Jawa Timur. Dengan dikelola sedemikian rupa, tempat ini menjadi tempat yang menakjubkan untuk dikunjungi.

Kunjungi :  Rute Jalan Menuju Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta

Selain itu terdapat juga Air Terjun Coban Talun jika Anda ingin merasakan sensasi berwisata alam sembari bermain air. Kealamian coban talun membuat tempat ini memiliki pandangan sangat indah nan asri. Udara di sekitar objek wisata ini cukup menyegarkan karena disamping masih banyaknya pepohonan yang tumbuh, lokasi Coban Talun ini berada di perbukitan kota Batu yang terkenal cukup dingin.

Wisata Selorejo
Instagram by @lingkarmalang

Demikianlah ulasan tentang tiket masuk dan lokasi Waduk Selorejo Malang, jika Anda sedang berada di daerah Malang, pasti akan sangat disayangkan jika tidak mengunjungi tempat ini. Selain itu, membawa buah hati untuk diajak berkeliling menggunakan perahu adalah hal yang menyenangkan. Nah, jika Anda ingin berlama-lama dikawasan Waduk Selorejo ini, terdapat penginapan di selorejo dengan harga yang cukup terjangkau. Namun jangan lupa, ketika sedang berdestinasi wisata dimanapun, utamakan jangan membuang sampah sembarangan. Apalagi ditempat waduk pemukiman warga, itu akan menjadi masalah besar jika lama kelamaan dibiarkan. Salam lestari!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */