Pesona Waduk Kedung Ombo Purwodadi yang Memikat

0

Waduk Kedung Ombo Purwodadi – Jika Anda berwisata ke Jawa Tengah, khususnya Boyolali atau Purwodadi dan sekitarnya, jangan lupa akan satu objek wisata air yang satu ini. Objek ini tidak kalah indah dengan wisata daerah Grobogan yang lain seperti Bledug Kuwu yang sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan baik lokal maupun turis asing. Objek wisata ini selain pemandangannya sangat indah, juga memiliki nilai guna yang lain sebagai irigasi dan PLTA. Yap, tidak salah lagi objek wisata ini adalah Waduk Kedung Ombo.

Sejarah, Lokasi dan Tiket Masuk Waduk Kedung Ombo Purwodadi Jateng

Objek wisata ini memang sangat indah dan cocok dinikmati Anda bersama – sama keluarga, teman sebaya, atau rekan kerja. Suasananya yang indah akan sangat membuat Anda tenang dan menyegarkan kembali pikiran Anda. Lihat saja gambar Waduk Kedung Ombo yang bisa Anda cari di internet. Semuanya terlihat begitu tenang dan damai yang membuat Anda bisa menikmati liburan yang sesungguhnya.

Lokasi Waduk Kedung Ombo Purwodadi

Jika Anda belum tahu dan masih bertanya – tanya dimana letak Waduk Kedung Ombo Purwodadi, sebenarnya dalam mencarinya tidak terlalu sulit. Waduk yang sangat luas ini terletak di tiga kabupaten. Ketiga kabupaten tersebut adalah Purwodadi, Sragen, dan Boyolali. Oleh karena itu, terkadang orang menyebutkan ketiga kabupaten tersebut sebagai lokasi waduk ini. Ketiganya benar karena waduk ini memang lokasinya berbatasan dengan kabupaten – kabupaten tersebut.

Jika dilihat dari peta Waduk Kedung Ombo, waduk ini masih berada di dalam satu provinsi, yaitu Jawa Tengah. Sumber air dari waduk ini sendiri berasal dari beberapa sungai diantaranya adalah Sungai Braholo, Sungai Tengah, Sungai Nglanji, dan masih ada beberapa sungai yang menjadikan waduk ini sebagai tujuan akhirnya. Oleh karena itu, tidak salah lagi bahwa waduk ini menjadi salah satu waduk terbesar di Jawa Tengah.

Kunjungi :  Pesona Bukit Cumbri Wonogiri Jawa Tengah

Perjalanan Menuju Kedung Ombo

Perjalanan Menuju Kedung Ombo
Instagram by @namaku_gie

Untuk menuju waduk ini, ada beberapa alternatif pilihan. Lokasi terbaik untuk menikmati waduk ini adalah di Desa Rambat yang berada di Kecamatan Geyer. Kecamatan Geyer sendiri masih berada di wilayah administratif Kabupaten Boyolali. Unutk menuju kesana, bila Anda dari Solo, Anda bisa mengambil rute melalui Kalioso, untuk menuju Gemolong. Bila Anda dari arah Boyolali, langsung ambil saja arah menuju Kalioso – Gemolong. Bila Anda dari Yogyakarta, baiknya Anda ambil rute ke Solo terlebih dahulu kemudian ke arah Kalioso – Gemolong. Ketika Anda sudah sampai di Gemolong, langsung saja Anda mengambil arah ke Sumberlawang. Setelah itu Anda akan tiba di Kecamatan Geyer dan kemudian tiba di Waduk Kedung Ombo.

Sejarah Waduk Kedung Ombo

Sejarah Waduk Kedung Ombo
Instagram by @maxwardo

Jika melihat kembali sejarah Waduk Kedung Ombo Purwodadi Jateng ini, sebenarnya pada awalnya waduk ini diproyeksikan sebagai PLTA dan penampungan air untuk irigasi kebutuhan sawah – sawah yang berada disekitarnya. Waduk ini sendiri mulai dibangun pada tahun 1985, akan tetapi baru selesai dibangun pada tahun1989, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 18 Mei 1991 setelah pembangunan benar – benar selesai. Kontraktor yang membangun waduk ini sendiri bukan dari dalam negeri, melainkan berasal dari asing. Biaya pembangunan pun berasal dari pihak asing, dan sedikit dari APBN Indonesia pada waktu itu.

Dibalik indahnya Waduk Kedung Ombo, terdapat ironi di dalamnya, terutama selama masa pembangunan. Untuk mewujudkan waduk buatan ini, terpaksa harus mengorbanakan sekitar 5.000 keluarga, sehingga mereka kehilangan tanah dan rumahnya akibat pembangunan waduk ini. Total 37 desa di tiga kabupaten tersebut harus tenggelam demi terwujudnya waduk seluas 6.576 hektar ini. Oleh karena itu, dikenal pula Kasus Kedung Ombo sebagai misteri Waduk Kedung Ombo Purwodadi Jawa Tengah akibat protes warga terhadap pemerintah yang menggusur dan merelokasi warga demi terwujudnya waduk bersejarah ini.

Kunjungi :  Sejarah dan Lokasi Wisata Pantai Baron di Yogyakarta

Wisata Waduk Kedung Ombo Purwodadi

Wisata Waduk Kedung Ombo Purwodadi
Instagram by @farisputrai

Banyak hal yang dapat Anda lalukan bersama teman – teman dan keluarga untuk menghabiswan waktu liburan di Kedung Ombo. Karena luasnya waduk yang satu ini, Anda bisa menikmati keindahan pemandangan dari tengah waduk. Untuk melakukannya, Anda bisa menyewa perahu yang disediakan oleh warga sekitar. Namun Anda perlu sangat berhati – hati, khususnya bagi Anda yang tidak bisa berenang, jangan sekali – kali Anda mencoba untuk lompat dari perahu. Karena sebenarnya waduk ini sangatlah dalam, sudah ada beberapa korban yang tenggelam di waduk ini karena kurang berhati – hati. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menikmati keindahan waduk ini dari tepi saja.

Di tepi waduk, Anda bisa melakukan banyak hal seperti memancing, bakar – bakar ikan, atau hanya sekedar menikmati keindahan alam sebagai pelepas penat Anda dalam menjalani aktivitas sehari – hari. Tempat ini cocok sekali bagi Anda untuk piknik dan bersantai, terlebih lagi dengan udaranya yang sejuk dan angin yang sepoi – sepoi. Bagi Anda yang ingin berlari – lari juga bisa karena di tepi waduk, terdapat padang rerumputan yang bisa sekali dijadikan arena bagi Anda yang ingin bermain – main.

Selain itu, bagi Anda yang hobi memancing, waduk ini dapat dijadikan referensi tempat untuk memancing. Waduk ini didalamnya terdapat banyak sekali jenis ikan. Di samping itu pula, air di Waduk Kedung Ombo ini juga relatif tenang. Oleh karena itu, tempat ini cocok sekali bagi Anda yang ingin pergi memancing, untuk menuntaskan hobi Anda sembari mengisi waktu libur Anda.

Tiket Masuk dan Fasiitas Wisata Kedung Ombo

Tiket Masuk dan Fasiitas Wisata Kedung Ombo
Instagram by @farisputrai

Untuk menikmati indahnya pemandangan dan suasana Waduk Kedung Ombo, Anda tidak perlu takut akan menguras kantong Anda karena biaya yang dikeluarkan sangatlah murah. Cukup membayar sebesar 5.000 rupiah per orang, Anda dan keluarga sudah bisa menikmati indahnya Kedung Ombo dan menikmati segala fasilitas yang ada.

Kunjungi :  Nyantai dan Belajar di Eco Green Park Malang Jawa Timur

Untuk fasilitas di lokasi wisata sendiri, terdapat warung, toilet umum, dan tempat duduk yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sembari menikmati keindahan alam yang disuguhkan salah satu waduk terbesar di Pulau Jawa ini. Di samping itu, masih ada juga fasilitas lainnya yaitu gardu pandang. Gardu pandang ini memang disediakan supaya Anda bisa menikmati indahnya Waduk Kedung Ombo secara sempurna, terutama untuk menikmati matahari terbenam yang terlihat seolah – olah tenggelam di tengah waduk yang indah ini.

Kedung Ombo
Instagram by @curugpenganten

Pemandangan di waduk ini sangatlah indah. Anda bisa melihat foto – foto Waduk Kedung Ombo Grobogan yang diambil oleh para wisatawan yang datang untuk berlibur. Anda pasti akan terkesima dengan pemandangan indah yang ada. Foto – foto tentang waduk ini pasti akan membuat Anda ingin datang langsung untuk menikmatinya.

Jika Anda benar – benar penasaran karena Waduk Kedung Ombo, tidak ada salahnya Anda datang langsung kesana. Akan tetapi, pastikan tetap menjaga keamanan ketika Anda berlibur di waduk terbesar di Jawa Tengah ini. Jangan bermain – main dengan kedalaman air disana. Dan yang terakhir, selamat berlibur !

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */