Wisata Hits Snorkeling Di Umbul Ponggok Klaten

0

Umbul Ponggok Klaten – Terlepas dari semua pesona yang ada di Indonesia, kali ini kita akan membahas tentang pesona yang ada di Jawa Tengah, utamanya di Kabupaten Klaten. Salah satu Kabupaten yang menjadi surganya purbakala ini memiliki sejuta keindahan dan rahasia yang pastinya tidak akan terlewatkan. Sebut saja Candi Sewu dan Candi Plaosan, keduanya mencerminkan bentuk toleransi beragama yang diwujudkan dalam bentuk bangunan dengan segala peninggalan yang ada.

Candi Plaosan sendiri dibangun kurang lebih abad ke-8 terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan. Sama seperti Candi Plaosan, Candi Sewu juga terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, lebih tepatnya, Candi Sewu ini terletak bersebelahan dengan Candi Prambanan, yang menjadi candi Hindu termegah dan tertinggi. Keberadaan kedua candi ini juga tidak luput dari kehidupan sebelumnya, yaitu pada masa Kerajaan Mataram Kuno dengan Rajanya yang sangat termasyhur yaitu Rakai Pikatan. Dibawah naungannya, candi-candi ini berdiri dengan berbagai relief yang berbeda untuk menceritakan saat kejayaannya dan toleransi agama yang dianutnya bersama sang istri.

Masih dengan kemegahan Klaten, ada satu lagi yang menjadi pilihan saat datang ke Klaten. Umbul Manten, yang merupakan salah satu mata air yang indah di Klaten ini menjadi tempat wisata baru yang keberadaannya sudah mulai dikenal dikalangan luas. Kejernihan airnya yang seperti kaca menjadi ciri khas tempat ini, dengan kedalaman yang hanya mencapai 1,5 m membuat pengunjung yang tidak mahir berenang bisa mendatanginya dan merasakan sensasi kejernihan serta kesegaran mata air ini. Terletak di Desa Janti, Kecamatan Pulanharjo, pengunjung dapat menemukannya dengan mudah. Tempat wisata di Klaten Umbul Ponggok menjadi salah satu pilihan lain jika mengunjungi Kecamatan Pulanharjo.

Alamat, Rute, Fasilitas, Hotel dan Tiket Masuk Wisata Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

Alamat, Rute, Fasilitas, Hotel dan Tiket Masuk Wisata Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah
Instagram by @umbul_ponggok

Selain Umbul Manten, ada satu mata air yang menjadi tujuan wisata andalan di Klaten. Itu adalah Umbul Ponggok, sama seperti Umbul Manten. Dan lokasi Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah satu kecamatan dengan Umbul Manten yaitu di Kecamatan Pulanharjo. Disini pengunjung dapat menikmati keindahan dan kesegaran air yang berasal dari mata air alami dengan segala fasilitas yang ada. Bedanya dari Umbul Manten, fasilitas disini sengaja dibuat untuk menarik minat pengunjung karena memang dikembangkan secara menyeluruh oleh pengelola. Dengan wisata utamanya sebagai wisata pemandian Umbul Ponggok dan tempat untuk snorkeling. Tempat wisata Umbul Ponggok baru dibuka dan dikelola langsung oleh BUMDesa Tirta Mandiri yang keberadaannya sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dahulu.

Kunjungi :  Menawannya 29 Tempat Wisata di Kota Manado Sulawesi Utara

Dengan panjang kolam 70 meter, lebarnya 40 meter serta kedalaman Umbul Ponggok Jogja mulai dari 1,5 meter sampai 2,5 meter, membuat lokasi ini menjadi tempat yang baik untuk berenang, bahkan kegiatan snorkeling. Serta dasar kolamnya yang penuh bebatuan, pasir putih dan ikan warna-warni yang hidup didalamnya membuat lokasi ini menjadi pilihan tersendiri bagi yang menyukai kegiatan underwater. Seperti halnya kegiatan snorkeling, dan bisa dikatakan bahwa tempat ini merupakan pilihan bagi yang ingin belajar snorkeling dan menjadi salah satu tempat snorkeling di air tawar.

Karena keindahan yang ada, banyak diantara pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi prewedding atau sebagai lokasi fotografi biasa. Umbul Ponggok underwater menjadi nilai jual tersendiri, karena didalam air pengelola menyediakan beberapa properti untuk berfoto, mulai dari kursi taman, pot berisi bunga, bahkan sepeda motorpun ada disini. Properti diletakkan dan ditata sedemikian rupa sehingga keberadaannya terkesan alami tanpa mengurangi keindahan yang ada. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus datanglah saat pagi atau sore hari, jam 07.00 sampai 09.00 WIB atau jam 14.00 sampai jam 16.00 WIB. Karena cahaya matahari sedang berada disamping kolam, sehingga hasil foto yang ada akan semakin bagus. Dan datanglah saat hari kerja agar tidak terlalu padat.

Alamat Umbul Ponggok dan rute Umbul Ponggok

Alamat, Rute, Fasilitas, Hotel dan Tiket Masuk Wisata Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah
Instagram by @umbul_ponggok

Umbul Ponggok lokasinya berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Untuk mencapai lokasi sangatlah mudah, baik dari Klaten sendiri maupun dari Kota lain. Jika pengunjung berasal dari Jogjakarta bisa menuju kota menuju Terminal Penggung, sesampainya di terminal, pengunjung harus menuju ke lampu lalu lintas pertama untuk belok kiri kemudian lurus mengikuti jalan yang ada hingga menemukan Koramil di Kiri jalan. Disitu terdapat pertigaan, ambil kanan dan lurus terus sampai 2 km dan pengunjung akan menemukan lokasi. Jika berasal dari Solo, bisa melewati jalan lintas Solo-Jogja yang melewati Kandang Menjangan Kopassus, lokasi ada di sebelah kanan jalan.

Kunjungi :  Pantai Wohkudu Gunung Kidul Lain daripada yang Lain

Dari keterangan diatas dapat diketahui bahwa Umbul Ponggok Klaten lokasinya tidak jauh dari jalan utama. Dengan Umbul Ponggok alamatnya yang mudah dijangkau menjadikan tempat wisata ini sebagai pilihan bagi yang ingin berlibur. Bagi yang terbiasa menggunakan aplikasi bisa mencari dengan mengetikkan umbul Ponggok map atau Umbul Ponggok Klaten map, hasil yang akan didapat tidak jauh dari keterangan diatas tadi.

Fasilitas yang tersedia di Umbul Ponggok

Fasilitas yang tersedia di Umbul Ponggok
Instagram by @umbul_ponggok

Seperti wisata pada umumnya dengan pengelolaan yang sudah profesional, wisata Klaten Umbul Ponggok juga menyediakan fasilitas yang akan membuat pengunjung menjadi lebih nyaman dan betah untuk tinggal atau bahkan kembali ke sini. Disini, pengelola menyediakan kolam yang besar untuk snorkeling dan juga ada kolam kecil yang sengaja dibuat untuk anak-anak atau dapat dikatakan kolam khusus. Ada juga tempat penyewaan pelampung dan alat renang, karena tidak menutup kemungkinan pengunjung yang datang ada yang tidak bisa berenang.

Untuk fasilitas lainnya, pengelola juga menyediakan tempat duduk dan ruang ganti yang letaknya di sebelah kolam. Untuk ruang ganti sendiri dikelola warga sehingga perlu membayar untuk menggunakannya. Ada mushola tetapi tidak dalam satu kawasan, kurang lebih 20 meter untuk sampai. Selain itu juga terdapat warung makan yang menyediakan berbagai menu, mulai dari mie, nasi, minuman panas bahkan gorengan yang panas ada juga disini. Untuk gorengan panas harganya Rp. 1.000,00 dan minuman panas mulai dari Rp. 5.000,00.

Tiket Masuk Umbul Ponggok Sidomukti

Tiket Masuk Umbul Ponggok Sidomukti
Instagram by @umbul_ponggok

Untuk menikmatinya, pengunjung cukup membayar HTM Umbul Ponggok 2017 sebesar Rp. 15.000,00. Tiket Umbul Ponggok yang ada belum termasuk perlengkapan snorkeling dan kamar ganti. Untuk pengunjung yang menginginkan harga paket wisata Umbul Ponggok cukup membayar Rp. 30.000,00 sudah mencangkup alat snorkeling dan foto underwater hanya berlaku dari hari Senin sampai Jum’at. Untuk paket alat snorkeling yang meliputi selang nafas dan kaca mata disewakan dengan harga Rp. 13.000,00. Untuk pelampung dewasa membayar Rp. 7.000,00 dan untuk pelampung anak-anak membayar Rp. 5.000,00. Sewa kaki katak seharga Rp. 6.000,00.

Kunjungi :  Berwisata Keluarga di Pantai Kartini Jepara Jateng

Umbul Ponggok biaya untuk menyewa kamar mandi seharga Rp. 2.000,00, untuk kamar ganti cukup Rp. 1.000,00. Untuk kegiatan foto underwater, bagi yang tidak memiliki kamera khusus, pengunjung dapat menyewa kamera underwater disini dengan harga Rp. 60.000,00 selama 30 menit atau Rp. 100.000,00 untuk 1 jam peminjaman. Untuk informasi lebih lanjut bisa melalui Umbul Ponggok kaskus.

Umbul Ponggok Prewedding

Umbul Ponggok Prewedding
Instagram by @umbul_ponggok

Bagi yang ingin melakukan sesi foto sebelum acara pernikahan atau yang lebih kita kenal dengan prewedding, disini kita bisa melakukannya. Dengan pilihan spot foto underwater Umbul Ponggok yang memadai dan keindahan yang ditawarkan, pastilah tidak akan mengecewakan pengunjung. Karena sejatinya, disini terdapat tim khusus yang disediakan untuk kegiatan prewedding. Dengan berbagai paket yang ditawarkan, bagi pengunjung yang berminat bisa langsung datang ke lokasi untuk bernegosiasi. Jika ingin mendapatkan referensi lain bisa membuka situs Umbul Ponggok Youtube atau bisa melakukkan pencarian di Google.

Hotel dekat Umbul Ponggok

Hotel dekat Umbul Ponggok
Instagram by @umbul_ponggok

Ada beberapa penginapan yang ada didekat Umbul Ponggok Wisata Klaten, diantaranya:

  • Hotel Prambanan Indah yang terletak di Jl. Candi Sewu No. 08 Klaten. Disini menyediakan beberapa pilihan kamar sedang harga yang berbeda, dimana ekonomifun dibandrol dengan harga Rp. 188.234,00 untuk satu malam. Twin Bed AC seharga Rp. 352.941, dan Double Bed AC seharga Rp. 423.529,00 untuk satu malamnya.
  • D’Sawah yang terletak di Desa Kalikotes Rt.02/Rw.02, Klaten. Satu kamar untuk satu malam dipasang tarif Rp. 300.000,00.
  • Grand Tjokro Klaten, di Jl. Pemuda Selatan No. 42, Klaten. Disini menyediakan beberapa kamar seperti superior room seharga Rp. 500.000,00 untuk satu malam, ada juga superior room breakfast seharga Rp. 560.000,00 satu malamnya dan deluxe room breakfast seharga Rp. 660.000,00 satu malam.

Demikian informasi wisata Umbul Ponggok. Setelah mengetahui beberapa hal di atas, Anda dapat mempersiapkan apa-apa saja yang harus dibawa dan apa yang akan Anda lakukan. Selamat berlibur.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */