32 Tempat Wisata Kuliner di Kota Solo Jawa Tengah

Tempat Wisata Kuliner di Solo – Kota Solo merupakan salah satu kota kecil yang ada di Jawa Tengah. Kota Solo atau disebut dengan kota Surakarta memiliki luas hanya 44 km2. Tapi jangan anggap remeh dulu, walau kota ini tergolong kecil, kota Solo memiliki banyak potensi yang luar biasa, seperti potensi sumber daya alam maupun tempat wisata yang menarik.

Di samping itu, ternyata kota Solo memiliki banyak tempat wisata kuliner yang dapat memanjakan lidah anda. Bagi anda yang sedang berada di Solo untuk berlibur atau keperluan lainnya, dan anda ingin bersantai sambil menikmati wisata kuliner Solo, berikut ini akan kami rekomendasikan kepada anda 7 tempat wisata kuliner di Solo Jawa Tengah yang dapat anda kunjungi.

Srabi Notosuman

srabi-notosuman

Instagram by @24_sewa_mobil_elf_hiace_solo

Wisata kuliner Solo Surakarta yang satu ini sudah terkenal dan telah beroperasi sejak tahun 1923. Warung makan ini menyediakan menu makanan berupa srabi. Tempat ini bernama Srabi Notosuman.

Menurut para pengunjung, srabi yang paling enak adalah Srabi Notosuman sehingga tak heran banyak wisatawan lokal yang berkunjung ke sini. Bagi anda yang ingin menikmati srabi yang lezat ini, anda bisa datang ke lokasi Srabi Notosuman berada di jalan Mohammad Yamin, no. 28, Solo.

Srabi merupakan makanan yang tebuat dari campuran tepung beras dan santan. Adonan yang telah becampur tersebut dimasakan dalam cetakan di atas tungku-tungku kecil. Serabi Notosuman memiliki rasa yang sangat unik, dimana ada pilihan 2 rasa srabi di dalamnya yaitu polos dan coklat. Untuk serabi polos berisi 10 buah dipatok dengan harga Rp. 20.000,- sedangkan untuk srabi rasa coklat dipatok harga Rp. 25.000,- Harga yang cukup terjangkau kan? Srabi dapat pula dijadikan sebagai cemilan di rumah atau juga untuk oleh-oleh khas solo.

Gudeg Ceker Bu Kasno Solo

gudeg-ceker-bu-kasno-solo

Instagram by @patriawr

Tempat wisata murah di kuliner Solo selanjutnya adalah Gudeg Ceker Bu Kasno Solo. Tempat makan ini terkenal dengan menu makanan yang lezat. Makanan gudeg mungkin sudah pernah anda rasakan, tapi bagaimana dengan gudeg yang dicampur dengan ceker ayam di dalamnya. Rasanya yang lezat pasti membuat anda penasaran untuk mencobanya.

Tempat wisata keluarga di Solo Gudeg Ceker Bu Kasno telah berdiri sejak tahun 1970 yang lalu. Karena sudah lama berdiri, warung Bu Kasno ini termasuk legendaris di Solo. Jika anda ingin mencicipi menu andalan yang ada di Gudeg Ceker Bu Kasno, anda harus datang pagi-pagi karena warung gudeg ceker ini hanya buka dari jam 1 dini hari sampai jam 4. Untuk harga satu porsi gudeg ceker dihargai dengan tarif Rp. 22.000,-

Timlo Solo

timlo-solom

Instagram by @timlopaksur

Sebuah tempat wisata terkenal di kuliner Solo selanjutnya adalah Timlo Solo. Tempat makan lezat ini terletak di jalan Urip Sumoharjo 94, Solo. Menu makanan yang bisa anda dapatkan di sini yaitu timlo yang berarti perpaduan antara sop dan soto yang bisa anda kombinasikan dengan nasi putih. Minumannya bisa berupa teh hangat atau teh es. Bahan pembuatan timlo ini tergolong rumit, dimana satu porsi timlo adalah sop yang sangat gurih bercampur dengan irisan dadar, sosis, suiran ayam goreng, ati, empela, telur, dan berbagai bahan lainnya.

Kita bisa merasakan betapa enaknya timlo Solo ini, ditambah lagi dengan kuah segar yang disajikan. Harga yang dibandrol terbilang cukup murah, hanya dengan harga Rp. 4.000,- saja anda sudah dapat menikmati menu lezat di sini.

Selat Solo Mbak Lies

selat-solo-mbak-lies

Instagram by @tangguh_zatya

Selanjutnya kita masuk pada tempat wisata kuliner Selat Solo Mbak Lies. Lokasi kedai beradadi jalan Veteran, Gang Yudistira II No. 42, Cerengan, Surakarta, JawaTengah. Konon katanya tempat wisata kuliner di kota Solo soto mbak Lies ini sangat legendaris. Rasa selat solo yang sengat lezat akan menarik perhatian para pengunjung untuk datang guna menyantapnya.

Di dalam sajian selat solo terdapat banyak irisan daging sapi yang sangat empuk. Tidak hanya daging sapi saja yang disajikan, akan tetapi terdapat kombinasi lain pada menu selat solo seperti wortel, telur pindang, buncis, tomat, selada, kentang goreng, serta bahan-bahan lainnya yang membuat selat solo lebih terasa nikmatnya.

Harga yang dipatok untuk dapat menikmati makanan di selat solo mbak Lies sangat terjangkau yaitu Rp. 10.000,- saja untuk setiap porsinya. Tempat wisata kuliner yang satu ini buka di siang hari saja, yaitu mulai pukul 10.00 sampai pukul 17.00.

Oh La Vita

oh-la-vita

Instagram by @wahyuarifw

Tempat wisata kuliner di Solo selanjutnya adalah Oh La Vita. Tempat makan Oh La Vita menyajikan sebuah hidangan makanan khas Eropa, khususnya makanan Italia yang sudah terkenal kelezatannya. Taukah anda apakah itu? Yupz.. betul sekali “pizza”. Selain menampilkan pizza, menu lainnya yang disajikan yaitu potato wedges, roast chicken, dan masih banyak lagi hidangan lainnya yang mempunyai rasa lezat pula.

Tempat makan Oh La Vita terletak di jalan Tirtosari No. 11, Solo. Selain menghidangkan menu makanan dengan rasa yang lezat, pelayanan yang diberikan kepada konsumen juga sangat ramah dan baik, ditambah lagi dengan tempat yang disediakan untuk makan sangat nyaman membuat tempat wisata kuliner Oh La Vita sangat digandrungi masyrakat luas untuk menyerbu hidangan di sini. Soal harga, harga menu makanan yang tersedia berfariasi. Akan tetapi harga masih bersahabat. Harga makanan di sini mulai dari harga Rp. 13.000,- dan selanjutnya.

Tengkleng Bu Ediyem

tengkleng-bu-ediyem

Instagram by @tengklenggajah

Tengkleng Bu Ediyem merupakan salah satu tempat makan yang terkenal dan menjadi menu favorit bagi masyarakat Solo. Bagi anda yang memang hobi dengan masakan berbahan dasar daging kambing ini, kami merekomendasikan kepada anda untuk menjajal tempat makan di sini.

Tengkleng merupakan sebuah istilah dari daging kambing. Jika anda ingin mencari wisata kuliner malam di Solo Tengkleng Bu Ediyem, anda bisa datang ke alamat yang berada di area pasar klewer Solo. Akses lokasinya sangat mudah dijangkau.

Sate Kambing Mbok Galak

sate-kambing-mbok-galak-1

Instagram by @yopimank

Masih pada menu makanan berbahan dasar kambing dengan menampilkan jenis masakan yang berbeda, tempat wisata kuliner lezat berikutnya yaitu Sate Kambing Mbok Galak. Sate merupakan jenis makanan khas Indonesia. Rasanya kita dapat dengan mudah menemukan tempat wisata kuliner yang menyajikan menu sate, baik sate kambing maupun daging ayam. Akan tetapi tiap daerah bahkan tiap-tiap penjual memiliki bumbu rahasia yang menampilkan rasa khasnya masing-masing.

Sama halnya dengan tempat makan Sate Kambing Mbok Galak ini. Wisata kuliner Solo malam hari ini alamatnya berada di jalan Ki Mangun Sarkoro No. 122, Surakarta. Biasanya dalam satu porsi yang dihidangkan terdapat 10 tusuk sate yang dihidangkan bersama bumbu kacang yang enak dan khas. Untuk harga seporsi dipatok dengan harga Rp. 30.000,-

Itulah tadi beberapa tempat wisata malam di kuliner Solo. Jika anda sedang berada di Solo, tak ada salahnya anda mampir ke tempat-tempat wisata kuliner yang telah kami rekomendasikan. Selamat mencoba dan nikmati rasa lezatnya!

tempatwisataindonesia.id
Review
5
/* */