Surganya Wisata Indonesia

25 Tempat Wisata di Wonosobo Jawa Tengah dan Sekitarnya

0
25 Tempat Wisata di Wonosobo Jawa Tengah dan Sekitarnya
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Wonosobo Jawa Tengah – Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang harus Anda kunjungi adalah kota Wonosobo dan sekitarnya. Kota yang berada di lereng gunung ini menyimpan banyak tempat wisata seru dan mengasyikan. Ada beberapa wisata Wonosobo yang diunggulkan seperti wisata air, wisata alam, serta wisata kuliner. Sudah tidak sabar bukan ingin mengetahui kira-kira apa saja wisata yang ada di Wonosobo? Mari langsung kita intip ulasan berikut ini.

Untuk memudahkan Anda, kami mengulas tempat wisata di daerah Wonosobo berdasarkan 4 kelompok besar, yakni wisata air dan air terjun, wisata telaga dan waduk, wisata alam lainnya, serta wisata kuliner. Dengan penyusunan ini semoga dapat memudahkan Anda mencari tempat wisata Wonosobo sesuai dengan keinginan Anda.

Wisata Air dan Air Terjun

Obyek wisata Wonosobo yang pertama kami ulas adalah wisata air dan air terjun. Ada banyak wisata air dan air terjun yang dapat Anda kunjungi di Wonosobo. Berikut beberapa diantaranya.

Curug Sirawe

curug-sirawe
Photo by @oknvkofzn

Curug indah yang pertama adalah curug Sirawe. Curug dengan ketinggian 70 m ini berlokasi di dukuh bitingan, kepakisan. Banyak wisatawan yang ingin mengunjungi curug ini walaupun letaknya yang terpencil dan butuh perjuangan ekstra karena pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan menawan.

Curug Winong

curug-winong
Photo by @alanwardanu

Curug Winong merupakan objek wisata Wonosobo yang terletak di desa Winongsari, pada kecamatan Kaliwiro, kurang lebih 50 menit jika ditempuh dari pusat kota Wonosobo. Curug ini sudah memiliki fasilitas pendukung yang cukup baik dengan tersedianya jalan setapak yang dapat Anda susuri dari loket pembelian tiket sampai curug tersebut.

Curug Sikarim

curug-sikarim
Photo by @ully_ashidiqi

Curug yang berarti air tejun ini merupakan salah satu destinasi kekinian yang merupakan kegiatan kekinian yang sedang diminati terutama anak muda. Bagi pemburu curug dengan view yang keren, curug Sikarim dapat menjadi salah satunya. Jika ingin mencapai curug yang terletak di desa Mlandi, Garung, Wonosobo ini Anda membutuhkan tenaga tambahan karena letaknya yang cukup sulit dijangkau. Anda harus berjalan kaki menyusuri hutan untuk dapat menjangkaunya. Namun kelelahan Anda akan segera terbayar setelah melihat curug yang sangat indah ini. Karena letaknya yang sulit dijangkau, ke asrian curug ini pun masih sangat terjaga.

Pemandian Air Panas Kalianget

Tempat Wisata di Wonosobo Dieng yang satu ini terletak di dataran tinggi Dieng. Dari sekian banyak wisata yang dapat dikunjungi di Dieng, pemandian ari panas Kalianget ini menjadi ikonik. Hal ini karena kita dapat menikmati air hangat dan mengistirahatkan sejenak otot-otot yang lelah dengan berendam di sini. Salah satu tempat wisata Dieng Wonosobo ini terletak pada km 3 di jalan Dieng, Wonosobo.

Kunjungi :  Pesona Bukit Cumbri Wonogiri Jawa Tengah

Arung Jeram Serayu

arum-jeram-serayu
Photo by @arungjeramserayu

Jika Anda menyukai olahraga ekstrim, Anda dapat mencoba kegiatan air ini. Ya, di Wonosobo terdapat area arung jeram yang terkenal yakni arung jeram di sungai Serayu. Arung jeram ini sangat populer dikalangan remaja hingga dewasa yang penasaran akan ganasnya jeram sungai Serayu dan sensasi keseruannya saat berjuang menaklukannya. Arung jeram yang dapat di mulai di jalan tunggoro singomerto ini memiliki tidak kurang dari 30 jeram dengan tingkat kesulitan bervariasi mulai dari tingkat kesulitan grade 2 hingga lebih tinggi. Ini menjadi hal yang menantang bagi pada atlit arung jeram profesional atau yang sudah sering melakukan kegiatan ekstrim ini.

Wisata Telaga dan Waduk

Wisata Wonosobo dan sekitarnya yang selanjutnya adalah wisata telaga dan waduk. Wonosobo memiliki beberapa telaga dan waduk yang sayang jika Anda lewatkan jika berkunjung ke kota sejuk ini. Beberapa telaga dan waduk yang menjadi wisata Wonosobo yang wajib Anda kunjungi tersebut diantaranya sebagai berikut.

Telaga Merdada

telaga-merdada
Photo by @todipandapotanhsb

Telaga Merdada ini merupakan salah satu wisata Dieng Wonosobo yang harus Anda kunjungi. Telaga ini berbentuk menyerupai kaldera yang terbentuk karena letusan gunung berapi kemudian terisi air dan menjadi sebuah telaga. Bentuknya dapat Anda lihat dengan jelas jika Anda melihatnya dari ketinggian.

Telaga Cebong

telaga-cebong
Photo by @mridhofernanda

Dari namanya yang unik, kita akan banyak bertanya apa yang dimaksud dari nama Cebong tersebut. Apakah karena ada banyak kecebong di telaga tersebut? Pastinya tidak. Telaga yang berlokasi di desa Sembungan ini menjadi favorit wisatawan karena desa tersebut merupakan salah satu desa yang letaknya di dataran yang paling tinggi di Wonosobo. Telaga yang indah ini sering disebut telaga yang berada di atas awan karena lokasinya yang berada di daerah cukup tinggi yaitu sekitar 2.300 mdpl.

Sumur Jalatunda

Jika Anda bergerak sejauh 12 km ke arah barat dari lokasi utama wisata Wonosobo Dieng, Anda akan menemukan sumur Jalatunda ini. Berbentuk menyerupai ceruk yang terbentuk dari rekahan kawah dan kemudian terisi air, sumur ini memiliki diameter sekitar 90 m dengan kedalaman yang lebih dari 200 m. Kenapa diberi nama sumur bukan telaga? Hal ini karena tempatnya yang berbentuk ceruk yang dalam.

Telaga Warna

telaga-warna
Photo by @finasaid11

Kecantikan telaga Warna yang merupakan salah satu bagian wajib dari paket wisata Dieng Wonosobo ini telah terkenal hingga mancanegara. Beberapa film Indonesia bahkan pernah mengambil gambar di telaga ini karena kecantikannya. Telaga Warna yang memiliki dominan warna cantik hijau zamrud, biru laut serta kekuningan yang disebabkan pembiasan cahaya yang terpantul dari kandungan belerang yang terdapat di telaga tersebut.

Kunjungi :  Yuk Jelajah 13 Tempat Wisata Menarik di Ciamis Jawa Barat

Waduk Wadaslintang

wadas-lintang
Photo by @wonosobozone

Waduk yang merupakan salah satu waduk terbesar di asia tenggara ini memiiki luas berkisar 3.000 hektar. Waduk yang multi fungsi ini juga digunakan sebagai tempat wisata Wonosobo yang diunggulkan. Banyak perahu wisata yang dapat Anda sewa untuk menikmati keindahan waduk yang sangat luas ini.

Telaga Menjer

telaga-menjer
Photo by @wisatawonosobo

Telaga Menjer dapat dijadikan sebagai referensi tempat wisata Wonosobo selain Dieng yang dapat Anda kunjungi. Telaga ini terbentuk karena letusan dari gunung Pakuwaja yang terisi air yang bersumber dari beberapa mata air kecil dan curah hujan yang tinggi di Wonosobo. Terletak di desa Maron, Garung, Wonosobo, telaga ini dapat Anda kelilingi dengan menggunakan kapal. Cukup dengan membayar 15.000 Rupiah, Anda sudah dapat menikmati keindahan alam telaga ini dari atas perahu.

Wisata Alam

Wisata alam Wonosobo lain yang dapat Anda kunjungi adalah wisata yang mengandalkan pemandangan alam sebagai keunggulannya. Bagi Anda yang suka fotografi, para pemburu sunrise keren, serta para wisatawan yang mencari spot yang instagramable tempat-tempat wisata ini dapat menjadi referensi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Bukit Sikunir

bukit-sikunir
Photo by @yogiadi23

Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang sangat populer karena view yang menakjubkan adalah bukit Sikunir. Bukit ini menjadi favorit para mencari sunrise karena jika Anda beruntung Anda akan mendapatkan view sunrise menakjubkan dengan latar 3 gunung besar di Jawa Tengah. Anda hanya perlu mendaki bukit yang cukup terjal selama 30 samapi 45 menit untuk dapat melihat lukisan sang Maha Kuasa yang menakjubkan ini.

Kawah yang berlokasi di Dieng

kawah-dieng
Photo by @helda_yanti

Jika Anda mengamati peta wisata Wonosobo, Anda akan mendapati beberapa kawah yang dapat Anda kunjungi di Wonosobo. Ada tiga kawah yang terkenal yakni kawah Sikidang, kawah Candradimuka, dan kawah Sileri yang ketiga nya masih aktif. Kawah sikidang terkenal karena lokasi kawahnya yang sering berpindah-pindah layaknya kidang atau rusa yang pandai berpindah. Kawah Candradimuka terkenal karena terdapat dalam banyak cerita pewayangan, sedangkan kawah Sileri terkenal karena termasuk salah satu kawah terbesar di dataran Dieng, airnya yang berwarna putih seperti air cucian beras membuat masyarakat menamainya dengan kawah Sileri karena leri merupakan sebutan bagi air cucian beras dalam bahasa jawa.

Kunjungi :  Sejarah, Alamat dan Keindahan Caringin Tilu Bandung

Gardu Pandang

gardu-pandang
Photo by @novemlawalata

Gardu Pandang merupakan tempat favorit mencari sunrise selain bukit Sikunir. Karena lokasinya yang sangat tinggi, Anda bisa merasa memandang matahari dari atas awan. Sangat indah dan merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Anda hanya perlu menempuh 17 km dari kota Wonosobo untuk dapat menjangkau gardu pandan terkenal ini.

Kebun Teh Tambi

kebun-teh-tambi
Photo by @gamarradhika

Wisata Wonosobo dan sekitarnya selanjutnya adalah kebun teh Tambi. Merupakan agrowisata yang terletak di daerah Garung, Anda dapat menikmati pemandangan kebun teh dengan udara yang sejuk dan refresh. Suhu udara rata-rata di daerah kebun teh ini adalah sekitar 15 derajat celcius, sediakan jaket jika Anda mengunjungi tempat ini.

Goa Jaran

goa-jaran
Photo by @lasryza

Goa yang dipercaya mempunyai berbagai aura mistis in sering dijadikan tempat bertapa bagi beberpa orang. Terlepas dari kisah mistisnya, goa yang terletak di dataran tinggi Dieng ini dapat menjadi tempat fotografi yang keren bagi Anda.

Lobang Sewu

lobang-sewu
Photo by @anisa_adeye

Lobang sewu merupakan wisata Wonosobo jawa tengah yang masih terbilang baru. Walaupun masih terbilang bar, namun obyek wisata yang terletak di dekat waduk Wadaslintang ini sudah sangat populer dikalangan wisatawan karena tempatnya yang instagramable. Cukup dengan 2.000 Rupiah saja Anda sudah dapat mengunjungi obyek wisata ini.

Gunung Prau

gunung-prau
Photo by @herawan_9446

Bagi para pendaki, Wonosobo memiliki spot mendaki yang menarik. Gunung prau, dengan ketinggian puncak mencapai 2.565 mdpl merupakan salah satu gunung populer di kalangan pendaki pemula karena jaraknya yang cukup pendek dibanding gunung lain di indonesia. Di gunung ini juga terdapat hamparan padang rumput yang indah dan berbukit-bukit.

Wisata Kuliner

carica
Photo by @carica_sikembar

 

candi-arjuna
Candi Arjuna Photo by @visitdieng

 

pandang-ratapan
Pandang Ratapan Photo by @visitdieng

Wisata kuliner Wonosobo yang terkenal adalah mie ongklok. Anda belum ke Wonosobo jika belum mencobanya. Mie dengan kuah kental dan tambahan sate sapi yang nikmat ini dapat Anda dapatkan dengan harga yang tidak mahal. Menu kuliner khas Wonosobo ini sangat terkenal. Anda dapat menjumpai penjual mie ini di tempat-tempat wisata dan di daerah Wonosobo dan sekitarnya.

Bagaimana pendapat Anda? Banyak spot yang menarik yang dapat Anda kunjungi di daerah Wonosobo bukan? Selain memiliki keunggulan keindahan alamnya, wisata Wonosobo juga memiliki hal menarik lainnya. Terdapat beberapa festival yang sudah terkenal hingga mancanegara, seperti festival pencukuran rambut gimbal pada anak yang terdapat di desa di Dieng. Rangkaian festival yang diadakan dengan meriah ini sangat menarik untuk Anda saksikan. Ayo kunjungi Tempat Wisata di Wonosobo dan sekitarnya sebagai list wisata Anda agar tidak ada yang tertinggal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */