Surganya Wisata Indonesia

21 Daftar Tempat Wisata di Ungaran Terbaru dan Ramai Dikunjungi

0

Tempat Wisata di Ungaran Semarang – Apa yang akan Anda lakukan jika waktu liburan datang? Sudahkah Anda merencanakan destinasi wisata yang ingin Anda tuju? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia ada sangat banyak daerah yang menarik untuk mengisi liburan Anda. untuk Anda yang berada di sekitar Semarang atau ingin berlibur ke daerah Semarang, Anda harus menyempatkan diri singgah ke daerah Ungaran. Kenapa? Karena di daerah tersebut ada banyak spot menarik untuk berwisata baik wisata alam, wisata kuliner, serta wisata hotel atau villa. Terletak di kabupaten Semarang, Ungaran menyuguhkan keindahan pegunungan yang sejuk dan kenikmatan kuliner yang khas. Wisata Ungaran dapat menjadi pilihan yang menarik untuk menghabiskan waktu liburan Anda dengan berkesan.

Ada berbagai tempat wisata alam yang dapat Anda jelajahi di Ungaran. Wisata Ungaran Ambarawa berbasis alam yang paling dikenal adalah rawa pening dan candi gedong songo. Anda pasti sudah sering mendengar destinasi wisata tersebut bukan? Ternyata, tidak hanya itu saja loh tempat yang menarik di Ungaran. Masih banyak wisata alam Ungaran yang bisa Anda temukan. Tentunya memiliki view yang indah dan sangat menarik untuk Anda kunjungi. Apa saja? Mari kita lihat bersama.

Rawa Pening

rawa-pening
Instagram by @seputarsemarang

Tempat wisata di Ungaran Salatiga pertama yang sudah pasti Anda kenal dengan baik adalah Rawa Pening. Dengan legendanya yang terkenal, Rawa Pening menyuguhkan view yang luar biasa dengan keindahan rawa yang alami dan eksotis. Berada di kaki gunung Ungaran, rawa atau danau ini mempunyai luas 2670 hektare. Rawa Pening menyuguhkan view yang menakjubkan terutama saat matahari terbit dan saat matahari tenggelam. Bagi Anda yang ingin berlibur di dearah Ungaran, Anda harus mengunjungi tempat wisata yang sudah sangat terkenal ini.

Bukit Cinta

bukit-cinta
Instagram by @zulul310

Wisata Ungaran jawa tengah yang tidak jauh dari lokasi Rawa Pening adalah bukit Cinta. Bukit unik ini menyuguhkan view cantik yang menghadap ke Rawa Pening. Kita bisa melihat danau eksotis tersebut dari ketinggian bukit sehingga Anda akan mendapatkan view yang berbeda. kenapa dinamakan bukit cinta? Karena konon kebanyakan yang datang berwisata ke bukit ini adalah pasangan baik yang sudah menikah maupun belum. Bukit ini merupakan salah satu tempat yang instagramable. Untuk Anda yang suka berfoto dan mengunggah nya di akun instagram Anda, Anda wajib berkunjung ke bukit ini.

Curug Lawe

curug-lawe
Instagram by @zulul310

Air terjun atau dalam bahasa Jawa biasa disebut curug sekarang ini kembali menjadi tempat wisata yang kekinian dan populer di kalangan anak muda. Curug Lawe berada di daerah gunung Ungaran. Air terjun ini menyuguhkan view menarik perpaduan dari batuan berlumut yang menjulang tinggi dengan air terjun yang mengalir deras di tengahnya. Hawa nya yang sejuk dapat menyegarkan pikiran dan membuat Anda relax dan tenang. Tempat wisata di Ungaran Barat satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda pecinta jelajah alam.

Kunjungi :  Lokasi dan Rute Jalan Menuju Air Terjun Pantai Jogan

Curug Benowo

curug-benowo
Instagram by @curug-lawe

Curug kedua yang dapat Anda kunjungi adalah curug Benowo. Curug ini juga berada di lereng gunung Ungaran, tepatnya di desa Kalisidi, Ungaran barat. Surga tersembunyi ini hanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang naik turun. Namun jika Anda sudah sampai di air terjun tersebut, rasa lelah Anda akan langsung terbayar dengan keindahannya. Curug Benowo dapat Anda jangkau dengan rute yang sejalan saat Anda mengunjungi curug Lawe. Jadi jangan lupa mampir ke wisata air terjun satu ini ya!

Wana Wisata Penggaron

wana-wisata-penggaron
Instagram by @abdul421s

Wisata di Ungaran selanjutnya adalah wana wisata Penggaron. Dari namanya sudah bisa kita tebak bahwa ini merupakan wisata alam dalam hutan. Hutan Penggaron ini memiliki jutaan pohon eksotis yang menyuguhkan suasana yang asri dan menenangkan.terletak 18 km dari kota Semarang, tepatnya di desa Susukan, Ungaran, hutan penggaron ini sangat dijaga oleh penduduk setempat. Tempat nya yang menenangkan cocok bagi Anda yang ingin menyingkir sejenak dari kebisingan kota dan ingin menikmati udara segar.

Obyek Wisata Watu Gunung

obyek-wisata-watu-gunung
Instagram by @watugunung_lerep_ungaran

Bagi Anda yang mengetahui bahasa jawa Anda pasti sudah bisa menenbak obyek wisata apa ini. ya, tepabakan Anda benar sekali. Obyek wisata Watu Gunung memiliki ikon yang unik berupa batu besar. Letaknya di kawasan gunung Ungaran. Watu dalam bahasa indonesia berarti batu, watu gunung berarti batu gunung. Saat kita berkunjung ke kawasan ini, kita tidak hanya bisa melihat bongkahan batu besar saja, dari sini Anda bisa melihat hamparan pemAndangan hijau indah kaki gunung Ungaran ini. Obyek wisata Ungaran satu ini wajib Anda kunjungi saat Anda ingin mengusir penat dan melakukan healing.

Taman Djamoe Indonesia

taman-djamoe-indonesia
Instagram by @tamandjamoe

Seperti namanya, tempat ini menyuguhkan berbagai tanaman jamu yang dapat memperluas pengetahuan Anda dan keluarga. Tempat dengan luas 3 hektare yang terletak di jalan raya Bawen, Ungaran ini merupakan tempat yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga, terutama anak-anak. Di sini Anda dan keluarga dapat melakukan berbagai aktifitas, salah satunya memilih jamu yang disukai dan langsung meminumnya. Menarik bukan? Anda juga dapat mengajarkan pengetahuan mengenai berbagai tanaman jamu dan khasiatnya kepada anak-anak Anda. sehingga selain berlibur, anak-anak Anda dapat memetik manfaat dari perjalanan mereka.

Kunjungi :  Denah dan Lokasi Taman Potret Cikokol Tangerang

Umbul Sidomukti

umbul-sidomukti-ungaran
by instagram @dyazliz

Umbul Sidomukti merupakan wisata Ungaran Sidomukti yang wajib dikunjungi oleh para pecinta fotografi karena tempatnya yang sangat instagramable. Tempat ini menjadi terkenal salah satunya karena banyak anak muda yang berfoto di tempat ini dan mengunggahnya di akun media sosial milik mereka. Di sini Anda dapat menikmati kolam renang dengan latar belakang pemAndangan lereng gunung yang sangat memukau. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya, Anda dapat menikmati berbagai aktifitas lain seperti outbond, camping, olahraga yang menantang andrenalin, serta menikmati kuliner.

Tirto Agung Siwarak

tirto-agung-siwarak
by instagram @hanif_nurcahya

Jika Anda ingin berenang dan menikmati permainan air dengan suasana alam yang asri Anda dapat mengunjungi tempat ini. Berada di 23 km dari kota Semarang, Tirto Agung Siwarak menawarkan wisata permainan air yang asyik dan menyegarkan. Airnya yang berasal dari mata air yang berasal dari gunung Ungaran, tempat ini dapat menjadi pilihan berlibur bagi Anda dan keluarga. Selain kolam renang, tempat ini juga dilengkapi dengan tempat memancing. Menyenangkan bukan?

Kampung Kopi Banaran

kampung-kopi-banaran
Instagram by @mfkurniawan

Jika Anda bergerak sejauh 35 km dari kota Semarang menuju Ungaran Anda dapat menemukan kampung kopi Banaran. Tempat yang sejuk ini sangat cocok bagi Anda para pecinta kopi. Di sini Anda dapat menemukan berbagai jenis kopi. Selain menambah wawasan Anda mengenai erbagai jenis kopi, Anda juga dapat langsung menikmati kopi pilihan Anda. tempatnya di tata sedemikian rupa sehingga Anda akan merasa nyaman dan sejuk saat berada di tempat ini.

Bukit Lerep Indah

Bukit Lerep Indah merupakan sebuah kolam renang dengan kualitas air yang baik karena berasal dari mata air pegunungan. Kolam renang yang dibangun bertingkat ini sangat cocok bagi Anda para pecinta olahraga berenang. Keunggulan dari kolam renang ini adalah tidak menggunakan bahan kimia seperti kaporit, airnya yang jernih akan membuat Anda betah berlama-lama berenang di kolam ini. apalagi view yang disuguhkan sangat indah dan menenangkan. Anda tidak akan menyesal jika berkunjung ke sini.

Candi Gendong Songo

bukit-lerep-indah
Instagram by @bukit_bukit

Tempat wisata Ungaran Salatiga Ambarawa yang tidak boleh terlewat tentunya candi gedong songo. Anda belum ke Ungaran jika belum mengunjungi situs bersejarah ini. terletak di kaki gunung Ungaran tepat nya di dusun Darum desa Candi, candi Gedong Songo berdiri dengan keindahan yang menawan. Candi yang menurut sejarah telah berdiri sejak abad ke 9 ini terdiri dari sembilan bangunan sesuai dengan namanya. Anda dapat berwisata sejarah ke candi ini, jadi selain berwisata, Anda juga dapat menambah wawasan sejarah Anda.

Kunjungi :  26 Air Terjun di Lombok Rekomended Dikunjungi

Kampung Seni Lerep

kampung-seni-lerep
Instagram by @tomi.hario

Kampung seni Lerep merupakan objek wisata Ungaran Salatiga yang tidak boleh Anda lewatkan selanjutnya. Kampung ini dibangun oleh komunitas seni di desa yang terletak di lereng gunung Ungaran. Anda bisa menikmati berbagai seni dan mengenal budaya. Selain belajar dan menambah wawasan, Anda juga disuguhi panorama yang indah dari ketinggian 400 meter diatas permukaan laut. Tempat ini merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang menginginkan liburan yang tidak hanya melepas penat tetapi juga penuh makna.

Museum Kereta Api Ambarawa

museum-kereta-api-ambarawa
Instagram by @tomi.hario

Wisata Ungaran dan sekitarnya yang mengandung unsur pendidikan adalah museum kereta api Ambarawa. Di sini Anda dan keluarga dapat menikmati wisata edukasi terutama mengenai perkeretaapian. Tempat yang dulunya merupakan stasiun ini kini beralih fungsi menjadi museum. Terletak 20 km dari Ungaran, di museum ini Anda dapat melihat secara langsung lokomotif uap bersejarah yang dibuat M. Esslingen. Jika Anda menginginkan wisata sejarah dan edukasi, museum kereta api Ambarawa dapat menjadi pilihan yang tepat.

Vanaprastha Park

Masih berada di kawasan candi Gedong Songo, Vanaprastha park perupakan sebuah taman yang terletak di ketinggian 1200 meter dari permukaan laut. Di sini, Anda dapat menemukan rumah kayu tua yang sudah berumur satu abad lebih yang dulunya berfungsi sebagai guest house. Banyak pula fasilitas lain yang mendukung, sehingga Anda akan betah berlama-lama di taman yang sejuk ini.

Green Valley

green-valley
Instagram by @wahyu_kris178

Green valley merupakan tempat wisata Bandungan Ungaran yang bisa Anda kunjungi. Tepat ini memiliki fasilitas outbond dan cocok untuk melaksanakan training camp dan gathering. Udaranya yang sejuk di area Bandungan juga sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur menikmati udara yang sejuk ala pegunungan. Wisata Ungaran Bandungan ini dapat menjadi salah satu destinasi pilihan berlibur Anda bersama teman-teman lama atau bersama keluarga tercinta.

Mungkin masih ada tempat wisata baru di Ungaran yang belum masuk dalam list wisata alam menarik di Ungaran kali ini. akan tetapi 16 wisata alam yang sudah dibahas di atas dapat menadi referensi Anda jika ingin berlibur dengan suasana alam di daerah sekitar Ungaran. Wisata Ungaran dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan liburan yang tenang dan jauh dari kebisingan kota. Udaranya yang sejuk dan jauh dari polusi dapat Anda jadikan momen healing dari segala kepenatan kerja. Selamat berlibur!

lereng-gunung-ungaran
Lereng Gunung Ungaran @wahyu_kris178
klenteng-tri-dharma
Klenteng Tri Dharma Instagram by @davidedwardb
gunung-ungaran
Gunung Ungaran Instaram by @sidiamien

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */