43 Tempat Wisata Baru di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur

0

Tempat Wisata di Tulungagung Jawa Timur – merupakan salah satu daerah yang masuk dalam Provinsi Jawa Timur dan pusat pemerintahannya ada di Kecamatan Tulungagung. Tulungagung terutama terkenal sebagai salah satu penghasil marmer paling besar di Indonesia. Letaknya ada di seratus lima puluh empat kilometer di sebelah barat daya dari Kota Surabaya. Wilayah Tulungagung sendiri terdiri dari dataran rendah hingga pegunungan. Selain memiliki beberapa pantai yang indah, di Tulungagung kita bisa menemukan banyak air terjun dan juga pesona pemandangan pegunungan yang tak kalah indahnya. Wisata Tulungagung terbaru sangat beragam dan cocok untuk seluruh anggota keluarga. Mulai dari wisata alam sampai dengan wisata sejarah, semuanya tersedia di sini. Berikut adalah tempat-tempat wisata yang paling direkomendasikan di Tulungagung.

Gunung Budheg

gunung-budheg
Instagram by @erykindra

Yang pertama ada Gunung Budheg atau dikenal juga dengan nama lain Gunung Cikrak. Tempat wisata di Tulungagung selain pantai ini memiliki ketinggian lima ratus delapan puluh lima meter di atas permukaan air laut dan tepatnya berlokasi di Desa Boyolangu. Gunung Budheg ini terutama biasa dijadikan lokasi latihan bagi para pendaki pemula. Jalur menuju puncaknya sendiri menanjak melalui semak berduri serta diselingi dengan merayap pada pinggiran tebing.

Pantai Popoh

pantai-popoh
Instagram by @kacamatatulungagung

Pantai ini merupakan salah satu wisata Tulungagung hits. Jaraknya ada di bagian selatan kota, tepatnya adalah di Kecamatan Besuki. Letaknya ada di kawasan teluk dengan ombak yang tidak terlalu besar. Kegiatan yang bisa dilakukan di sini di antaranya adalah berenang hingga menyewa perahu untuk berkeliling sekitar kawasan teluk.

Pantai Coro

pantai-coro
Instagram by @kempol_prakoso

Tempat wisata pantai di Tulungagung selanjutnya ada Pantai Coro. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan tepatnya ada di Kecamatan Besuki. Keunggulan dari pantai ini terutama adalah dari letaknya yang tidak jauh dari pusat kota dan kabupaten. Perjalanan menuju pantai ini dapat dituju dari Pantai Popoh kemudian ke arah Reco Sewu. Selanjutnya kita harus parkir kendaran di Reco Sewu dan perjalanan dilanjutkan dengan cara berjalan kaki sejauh beberapa kilometer.

Pantai Sine

pantai-sine
Instagram by @rizall_bntoe

Tempat wisata di Tulungagung dan trenggalek berikutnya yang sayang apabila dilewatkan adalah Pantai Sine. Jaraknya sekitar tiga puluh lima kilometer di sebelah selatan dari Kota Tulungagung. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih kecokelatan dan ombaknya cukup besar. Objek wisata yang satu ini tepatnya berlokasi di Desa Kalibatur. Pantai ini dikenal pula dengan nama Pantai Matahari Terbit dan kita bisa menyaksikan aktivitas nelayan di sini.

Pantai Molang

pantai-molang
Instagram by @annasf31

Pantai lainnya yang dapat kita kunjungi adalah Pantai Molang. Wisata di Tulungagung yang satu ini terletak di Kecamatan Pucanglaban. Lokasinya sendiri cukup strategis karena ada di perbatasan antara Tulungagung dengan Blitar. Akses jalan ke pantai juga terbilang mudah. Begitu sampai di Pucanglaban, kita akan menemukan banyak papan petunjuk yang mengarah ke pantai.

Kunjungi :  Wisata Mistis di Air Terjun Sedudo Nganjuk Jawa Timur

Pantai Lumbung

pantai-lumbung
Instagram by @erykindra

Tempat wisata Tulungagung baru berupa pantai berikutnya adalah Pantai Lumbung. Letaknya berdekatan dengan Pantai Molang, yaitu di Kecamatan Pucanglabang. Kita bisa mengunjunginya dengan mengikuti jalur menuju Pantai Molang. Begitu sampai di kawasan tambak, kita bisa bertanya pada penduduk sekitar mengenai arah menuju Pantai Lumbung.

Pantai Pathok Gebang

pantai-pathok-gebang
Instagram by @zico5putra

Masih ada lagi pantai lainnya yang dapat kita kunjungi yaitu Pantai Pathok Gebang. Pantai ini terutama sangat terkenal di kalangan petualang karena medan menuju pantai terbilang sulit. Wisatawan harus menaiki bukit serta menyusuri hutan selama tiga puluh hingga empat puluh menit dengan berjalan kaki. Ciri khas dari Pantai Pathok Gebang ini adalah karang atau tebing yang berukuran cukup besar dan deburan air yang lumayan tinggi saat diterjang ombak.

Pantai Klatak

pantai-klatak
Instagram by @masprist

Wisata pantai Tulungagung berikutnya adalah Pantai Klatak. Pantai ini terutama cocok untuk wisatawan yang menyukai pantai dengan pasir gelap. Objek wisata satu ini berada di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki. Jika wisatawan datang dari Kota Tulungagung dengan menggunakan kendaraan bermotor, diperlukan waktu tempuh sekitar satu setengah jam. Kegiatan faorit yang biasa dilakukan wisatawan di sini adalah berenang, bersantai hingga memancing ikan.

Pantai Sanggar

pantai-sanggar
Instagram by @tulungagungsparkling

Wisata alam Tulungagung yang berupa pantai berikutnya adalah Pantai Sanggar. Pasirnya berwarna putih dan lautnya sangat bersih. Pantai ini juga menjadi salah satu pantai paling cantik yang ada di Tulungagung. Lokasi pantai tidak terlalu mudah untuk diakses, namun pemandangan yang ditawarkan terbilang sangat indah. Pantai ini berada di Desa Jengglungharjo yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Karena pantai ini belum terjamah, maka suasana sekitar sangat alami dan mempesona.

Pantai Ngalur

pantai-ngalur
Instagram by @laykaikaa

Obyek wisata Tulungagung Trenggalek lainnya yang dapat melepas penat kita adalah Pantai Ngalur. Pantai ini letaknya berdekatan dengan Pantai Sanggar sehingga suasananya tidak jauh berbeda. Letaknya sama-sama ada di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung. Pasirnya berwarna putih dan air lautnya sendiri masih sangat jernih. Pantai Ngalur serta Pantai Sanggar merupakan lokasi camping yang cocok karena suasananya yang masih alami.

Pantai Brumbun

pantai-brumbun
Instagram by @dyamegaaamu

Pantai ini memiliki pasir berwarna abu-abu dan letaknya ada di desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung. Area Pantai Brumbun cukup luas sehingga cocok digunakan untuk bermain olahraga di pantai. Ombak pantai juga terbilang kalem sehingga pengunjung bisa bermain air dengan leluasa. Untuk mencapai pantai ini dari pusat kota Tulungagung harus melalui medan yang cukup berat dengan jarak sekitar dua puluh dua kilometer.

Kunjungi :  River Tubing di Sumber Maron Malang yang Murah Meriah

Pantai Kedung

pantai-kedung
Instagram by @lulukba

Tempat wisata di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur berikutnya adalah Pantai Kedung Tumpang. Kecantikan pantai ini sedang banyak dibicarakan orang-orang. Pantai Kedung Tumpang sendiri tidak memiliki pasir putih, akan tetapi tebing karang. Daya tarik pantai ini terutama adalah lubang-lubang alami yang terdapat di karang dan membentuk laguna cantik. Air pada laguna-laguna tersebut memiliki warna biru yang sangat cantik dan membuat para pengunjung ingin untuk berenang di dalamnya.

Pantai Sidem

pantai-sidem
Instagram by @ika.prasetya.n.y

Tulungagung memang tidak jauh-jauh dari pantai. Tempat wisata Tulungagung Jawa Timur selanjutnya juga masih berupa pantai, yaitu Pantai Sidem. Pantai ini berada di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini tetap tampil mempesona dengan keindahannya yang mengagumkan.

Goa Gembyang

Bosan dengan pantai? Wisata Tulungagung dekat stasiun lainnya terdapat di Goa Gembyang. Letaknya ada di Desa Kuripansari, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Goa Gembyang ini konon dipercaya sebagai tempat dari pertapaan Raden Wijaya sebelum dinobatkan menjadi Raja Majapahit. Goa ini juga merupakan sebuah goa alam yang ditemukan di sisi sebelah timur dari sebuah bukit. Lingkungan di sekitar goa terlihat asri serta teduh. Mulut goa dan bagian dalamnya sendiri cukup luas dan lebar. Ketika memasuki goa, akan ada kesan mistis yang kuat dirasakan.

Goa Selomangleng

goa-selomangleng
Instagram by @bendottetapsemangat

Wisata Tulungagung Jawa Timur juga termasuk Goa Selomangleng. Goa ini berada di dua tempat, yaitu Kediri serta Tulungagung. Konon, goa ini telah berdiri sejak zaman Airlangga. Goa ini terletak di Desa Sanggrahan dan letaknya sendiri cukup terpencil. Di goa ini terdapat dua ceruk, di mana masing-masing menghadap ke arah barat serta selatan.

Goa Pasir

goa-pasir
Instagram by @rommyroperta

Goa lainnya yang ada di Tulungagung adalah Goa Pasir. Objek wisata yang ada di Tulungagung ini berada di Desa Junjung. Goa Pasir terbentuk dari adanya ceruk besar yang terpahat di lereng batu besar di tengah hutan. Pengunjung yang ingin menemukan gua ini harus mendaki sembilan puluh meter di atas permukaan dari bukit karst. Gua ini sudah cukup populer dan biasa dikunjungi oleh para kaum muda. Di sekitar lokasi gua terdapat makam kuno yang disebut oleh warga sekitar sebagai makam dari Mbah Bodho.

Gua Tan Tek Sue

Gua lainnya yang bisa kita datangi dan termasuk dalam peta wisata Tulungagung adalah Gua Tan Tek Sue. Gua ini sering dikunjung oleh umat Konghucu terutama pada perayaan hari besar dari agama Konghucu. Di sekitar gua ini juga terdapat banyak buah durian yang terkenal dengan nama khusus yaitu Durian Bajul.

Kunjungi :  Waduk Sempor Gombong Kebumen, Pesona Indah Untuk Selfie Ria

Air Terjun Pandanwangi

Wisata lainnya di Tulungagung adalah air terjun, yaitu Air Terjun Pandanwangi. Air terjun ini termasuk ke dalam salah satu air terjun yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan terutama pecinta alam. Ketinggian air terjun adalah sekitar tiga puluh meter dan masih berada dalam wilayah yang sama dengan Perkebunan Teh Sumber Pandan yang ada di Desa Ngelurup, Kecamatan Sendang. Air terjun Pandanwangi terutama cocok dikunjungi karena pemandangannya yang indah serta cuacanya juga sejuk.

Air Terjun Lawean

air-terjun-lawean
Instagram by @kacamata_tulungagung

Air terjun lainnya yang tak kalah indah adalah Air Terjun Lawean. Air terjun ini juga cukup populer di Tulungagung. Ketinggiannya tidak lebih dari seratus meter dan keindahannya terbilang luar biasa. Perjalanan menuju air terjun ini juga terbilang cukup sulit, namun kesulitannya akan terbayar saat telah berada di lokasi air terjun. Lokasinya sendiri ada di Lawean, sekitar dua puluh lima kilometer di sisi barat daya dari kota Tulungagung.

Candi Dadi

candi-dadi
Instagram by @m.hoodie

Objek wisata lainnya yang bisa kita kunjungi di Tulungagung adalah wisata Candi. Di antaranya ialah Cand Dadi. Di sini kita bisa menemukan sisa-sisa dari bangunan kuno sehingga cocok bagi kita yang menggemari sejarah.

Candi Penampihan

candi-penampihan
Instagram by @tulungagungsparkling

Selain wisata Kedung Tumpang Tulungagung, kita juga dapat mengunjungi Candi Penampihan. Jaraknya sekitar delapan kilometer dari Kecamatan Sendang. Candi ini termasuk dalam wilayah Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang. Situs ini sendiri merupakan sebuah candi yang berundak dan terasnya membujur dari barat ke timur.

Candi Boyolangu

candi-boyolangu
Instagram by @indrokusworo

Berikutnya ada Candi Boyolangu. Candi ini berlokasi di tengah pemukiman dari penduduk, tepatnya di Dusun Dadapan, Desa Boyolangu. Bangunan induknya terdiri dari dua teras yang berundak dan hanya tersisa bagian kakinya saja.

Tebing Banyu Mulok

tebing-banyu-mulok
Instagram by @ayodolan

Wisata lainnya adalah Tebing Banyu Mulok. Letaknya ada di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Akses menuju tempat ini terbilang mudah dan cepat. Pemandangannya indah dan suasananya juga terbilang masih asri.

Bukit Cemenung

bukit-cemenung
Instagram by @tulungagungtourism

Ada lagi Bukit Cemenung yang letaknya di Kecamatan Rejotangan. Menurut beberapa sumber, konon bukit ini menyimpan bijih besi dan juga emas. Bekas-bekas bangunan yang ada di sini juga sudah ada sejak zaman Belanda.

jurug-tretes
Jurug Tretes Instagram by @exploretulungagung

 

jurug-wangi
Jurug Wangi Instagram @exploretulungagung

 

pantai-pacar
Pantai Pacar Instagram @exploretulungagung

 

pathuk-gebang
Pathuk Gebang Instagram by Instagram @exploretulungagung

 

waduk-wonorejo
Waduk Wonorejo Instagram @exploretulungagung

Demikian adalah beberapa tempat wisata yang dapat kita kunjungi selama berada di Tulungagung. Jangan lupa untuk turut mengunjungi tempat wisata Tulungagung ranukumbolo juga. Wisata kuliner Tulungagung dapat menjadi tujuan berikutnya setelah selesai menjelajah semua pantai, gua hingga candi dan tebing yang ada di Tulungagung.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */