Surganya Wisata Indonesia

26 Tempat Wisata Terbaru di Trenggalek dan Sekitarnya Rekomended

1

Tempat Wisata di Trenggalek Jawa Timur- merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Kabupaten ini memiliki letak yang cukup strategis yaitu berada diantara Kabupaten Ponorogo dan Tulungagung. Kedua kabupaten tersebut merupakan kabupaten yang cukup terkenal akan keindahan alam dan budayanya. Selain diapit oleh dua kabupaten yang memiliki potensi alam yang sangat bagus, Trenggalek juga berdampingan dengan Samudera Hindia. Sehingga ada banyak sekali Wisata Trenggalek dan sekitarnya yang bisa ditemui dengan mudah.

Indonesia memang dikenal sebagai negara kepulauan sehingga memiliki jajaran pulau dan pantai yang indah. Tak sedikit wilayah di Indonesia yang memiliki panorama laut dan pantai yang mengagumkan. Salah satunya yaitu berada di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur yang berada persis menghadap Samudera Hindia. Dengan banyaknya potensi alam yang bisa Anda jelajahi dari Kabupaten ini, membuat tak sedikit orang berbondong-bondong mengunjungi Trenggalek. Bagi Anda yang memiliki rencana berlibur ke Trenggalek, Jawa Timur, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di daerah Trenggalek yang wajib Anda kunjungi.

Wisata Pantai Trenggalek

Trenggalek memiliki letak geografis yang cukup strategis sehingga kabupaten ini memiliki banyak sekali potensi wisata alam berupa pantai yang sangat indah seperti dibawah ini.

Pantai Ngulung Wetan

Bagi Anda yang ingin menikmati udara sejuk dan menikmati gulungan ombak yang indah, Pantai Ngulung Wetan yang berada di Ngulungwetan, Munjungan, Trenggalek. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan jajaran pohon kelapa yang tumbuh subur dipinggir pantai. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berenang di pantai dengan nyaman. Karena pantai ini selain memiliki pasir putih, lingkungan yang masih terjaga juga memiliki air yang sangat jernih. Sehingga Anda bisa berenang sembari melihat dunia bawah air yang indah.

Pantai Prigi

pantai-prigi
Instagram by @exploretrenggalek

Pantai memang selalu berkaitan erat dengan seafood. Bagi Anda yang ingin menikmati sajian seafood yang enak, Anda bisa mengunjungi kawasan wisata pantai Prigi yang berada di Desa Tasikmadu, Watulimo, Trenggalek. Wisata Pantai Trenggalek ini merupakan salah satu tempat untuk melelang hasil nelayan setempat sehingga selain bisa menikmati panorama pantainya yang indah, Anda juga bisa membeli beberapa jenis ikan segar yang baru saja di dapat oleh nelayan. Jika Anda beruntung dan mengunjungi pantai ini pada Minggu Pon di Bulan Selo sesuai dengan tanggalan Jawa, Anda bisa menyaksikan salah satu kebudayaan khas Trenggalek yaitu Larung Sembonyo. Tradisi ini merupakan salah satu bentuk apresiasi masyarakat dan tanda bersyukur kepada Tuhan atas tangkapan yang melimpah. Untuk mengunjungi pantai Prigi, Anda hanya perlu membayar 6.000 rupiah saja.

Kunjungi :  27 Tempat Nongkrong 24 Jam di Jakarta Selatan

Pantai Damas

pantai-damas
Instagram by @exploretrenggalek

Pantai Damas merupakan salah satu tempat wisata Trenggalek pasir putih yang berada tak jauh dari Pantai Prigi. Pantai ini berada di Desa Karanggandu, Watulimo, Trenggalek. Bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata Pantai Damas, Anda hanya cukup berkendara dari pantai Prigi sejauh 5 kilometer ke barat daya. Mengunjungi pantai ini, Anda tidak hanya akan diberikan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk sjaa, tetapi Anda bisa merasakan berkemah di dekat pantai. Selain itu, Anda juga bisa berkenalan dengan ombak dan memacu adrenalin Anda di pantai ini dengan cara berenang maupun surfing. Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai Damas, Anda cukup membayar 2.000 rupiah untuk tiket masuk. Harga yang murah bukan? Sehingga pantai Damas bisa menjadi salah satu pantai yang masuk kedalam tempat wisatadi kabupaten Trenggalek ala backpacker untuk Anda.

Pantai Ngadipuro

pantai-ngadipuro
Instagram by @anjarwati_kusuma

Mengunjungi wisata Ternggalek Jawa Timur berupa pantai memang tidak akan selesai dalam waktu satu hari. Sedikitnya terdapat 9 wisata pantai Trenggalek yang tersebar di seluruh desa maupun kecamatan yang ada di Trenggalek. Salah satunya yaitu Pantai Ngadipuro yang berada di Desa Craken, Munjungan, Jawa Timur yang sering disebut sebagai pantainya para nelayan. Karena di pantai yang memiliki pasir putih ini, Anda bisa menjumpai beberaoa nelayan yang sedang beraktivitas. Selain itu, Anda bahkan bisa merasakan sensasi segarnya bermain air di pantai yang jernih ini. Pantai ini masih belum memiliki fasilitas yang cukup lengkap karena masih dalam tahap pengembangan. Namun, dengan mengunjungi pantai Ngadipuro, dijamin liburan Anda makin seru.

Pantai Karanggongso

pantai-karanggongso
Instagram by @exploretrenggalek

Tak jauh dari lokasi pantai Prigi, Anda tak hanya akan menjumpai pantai Damas yang indah saja. Anda juga bisa menjumpai Pantai Karanggongso yang memiliki panorama tak kalah indah dari pantai-pantai yang lain. Wisata di Trenggalek berupa pantai yang memiliki air cukup tenang ini, memungkinkan Anda menikmati waktu untuk berenang dan melihat karang-karang yang indah dengan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menginap di beberapa penginapan atau cottage yang berada di sekitar kawasan pantai. Tak berbeda dengan pantai Prigi, di pantai ini Anda juga bisa menyaksikan tradisi adat masyarakat pribumi yang rutin diselenggarakan pada bulan Suro yaitu Labuh Laut. Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai ini, Anda bsia langsung menuju ke desa Tasikmadu, Watulimo, Trenggalek.

Pantai Kili-Kili

pantai-kili-kili
Instagram by @muhammadtama6655

Jika Anda berencana ingin mengunjungi Trenggalek untuk berwisata, hanya dengan membuka peta wisata Trenggalek pantai, Anda sudah bisa menemukan sejuta tempat wisata terbaik di Trenggalek yang tersebar diseluruh wilayah Trenggalek. Mulai dari wisata pantai hingga beberapa wisata edukasi maupun wisata sejarah bahkan wisata alam lainnya. Bagi Anda yang ingin menjelajahi aneka wisata pantai Trenggalek, salah satu pantai yang ada di Desa Wonocoyo, Panggul, Trenggalek ini menawarkan cara liburan yang berbeda. Pantai yang bernama pantai Kili-Kili ini merupakan tempat konsevasi penyu. Sehingga Anda bisa bercengkrama hingga ikut melakukan pelapasan tukik di pantai ini. Untuk mengunjungi pantai ini jangan khawatir, Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun.

Pantai Cengkrong

pantai-cengkrong
Instagram by @exploretrenggalek

Salah satu wisata Trenggalek Jawa Timur yang wajib Anda kunjungi selanjutnya yaitu Pantai Cengkrong yang berada di Karanggandu, Watulimo, Trenggalek. Pantai ini menawarkan Anda panorama yang cukup mengesankan dengan adanya jembatan Galau dan kawasan hutan mangrove yang sangat indah. Salah satu objek yang paling menjadi sorotan yaitu jembatan yang terdapat di sekitar pantai Cengkrong yang sering dijadikan sebagai salah satu objek wisata Trenggalek Terbaru terutama oleh anak-anak muda yaitu jembatan Galau. Jembatan ini memiliki nama yang cukup kekinian sehingga sering dijadikan sebagai objek foto anak-anak muda.

Kunjungi :  Pemandangan Indah di Waduk Wadaslintang Wonosobo

Wisata Trenggalek Terbaru

Tak hanya terkenal akan wisata pantainya yang indah karena memiliki letak yang cukup strategis yaitu berada di sebelah Samudera Hindia. Trenggalek, Jawa Timur juga memiliki beberapa wisata alam terbaru yang wajib Anda sambangi.

Banyon

banyon
Instagram by @ilovetrenggalek

Negeri di atas awan rasanya terdengar seperti salah satu negeri yang hanya ada dalam cerita dongeng atau legenda saja. Namun, di Trenggalek, terdapat salah satu tempat wisata yang sangat digemari oleh beberapa orang. Yaitu Banyon, bukit yang berada di atas ketinggian mencapai 1.175 meter ini menawarkan pemandangan bak negeri diatas awan. Bukit Banyon yang berada di Trenggalek, tepatnya di desa Widoro, Kecamatan Gandusari ini menawarkan pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang sangat indah. Bagi Anda yang menyukai wisata alam dan ingin memanjakan mata Anda, Anda bisa mengunjungi tempat wisata terbaru di trenggalek yaiut bukit Banyon ini. Dengan suuguhan hamparan awan yang menggumpal menyelimuti kawasan bukit ini menjadikan pemandangan bukit ini terlihat sangat eksotis baik di pagi maupun sore hari.

Puncak Jaas

puncak-jaas
Instagram by @exploretrenggalek

Panorama surga atas awan ternyata tidak hanya dapat dinikmati dari salah satu wisata Trenggalek selain pantai yang sangat terkenal yaitu bukit Banyon saja. Anda bisa menikmati pemandangan eksotis dari Puncak Jaas yang ada di Tamanan, Trenggalek Jawa Timur. Wisata Trenggalek Jawa Timur yang berada di atas ketinggian 303 Mdpl ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai liburan yang penuh dengan tantangan. Mengunjungi Puncak Jaas ini, Anda tidak hanya akan disuguhi berbagai panorama hutan yang sangat asri saja tetapi udara disekitar yang cukup sejuk menambah semangat untuk mendaki. Setibanya di puncak, Anda juga akan disajikan dengan panorama yang tak kalah indahnya dengan tempat wisata di Ternggalek lainnya.

Kunjungi :  Curug Cigamea Bogor, Wisata Air Terjun yang Eksotik

Air Terjun Songgolangit

air-terjun-songgolangit
Instagram by @mysterious_community_kediri

Selain kaya akan wisata pantainya, Trenggalek juga memiliki beberapa wisata alam yang sangat patut untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu air terjun Songgolangit yang berada di Sukokidul, Pule, Trenggalek. Air terjun Songgolangit yang berarti penyangga langit ini memiliki pemandangan yang cukup menarik dengan adanya air terjun yang bertingkat-tingkat hingga 4 tingkatan. Air terjun ini selain dikelilingi dengan pepohonan hijau juga memiliki udara yang sangat sejuk sehingga Anda bisa bermain air dan sejenak melupakan segala kepenatan setelah bekerja.

Gunung Prongos Kampak

gunung-prongos-kampak
Instagram by @rika_prastiana

Objek terbaru saat ini selalu diwarnai dengan adanya salah satu spot yang memungkinkan para pengunjung untuk mendapatkan foto dengan angle yang cukup baik. Salah satunya yaitu fly over. Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil jepretan selfie yang cukup bagus, Anda wajib mengunjungi gunung Prongos Kampak yang berada di Bendoagung, Trenggalek. Wisata Trenggalek terbaru ini memungkinkan Anda mendapatkan hasil foto yang sangat berbeda dari yang lainnya yaitu dengan adanya fly over pada tree house yang menjadi salah satu spot andalan para pengunjung untuk berfoto. Gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 550 Mdpl ini tak hanya menawarkan spot untuk selfie saja tetapi Anda bisa melihat pemandangan Trenggalek dengan mudah. Dengan lokasi yang sangat asri yaitu dikelilingi dengan pepohonan pinus, menjadikan gunung Prongos ini menjadi salah satu objek wisata Trenggalek Jawa Timur andalan kawula muda.

Curug Kembar

Salah satu curug atau air terjun yang ada di Trenggalek dengan pemandangan bagus lainnya yaitu Curug Kembar yang berada di desa Slawe, Watulimo, Trenggalek. Pemandangan dua buah air terjun yang ada pada satu lokasi ini merupakan salah satu tempat wisata yang belum banyak terjamah oleh banyak orang. Meskipun masih tergolong baru, air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dengan adanya dua buah air terjun yang memiliki tinggi 15 hingga 20 meter. Air terjun ini juga dikelilingi dengan pepohonan yang cukup lebat sehingga menambah sejuk dan asri pemandangan sekitar. Air terjun Kembar atau Curug Kembar ini bisa menjadi salah satu wisata Trenggalek pilihan wisatawan yang ingin menikmati wisata dengan suasana yang sejuk dan damai.

gunung-gembes
Gunung Gembes Instagram by @exploretrenggalek

 

pantai-pasir-putih
Pantai Pasir Putih Instagram by @exploretrenggalek
1 Comment
  1. Purhadianto says

    Pantai blado dan pantai ngampiran.air terjun wonoasri munjungan kok belum tetcantum

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */