36 Tempat Wisata di Temanggung Jawa Tengah Terpopuler

0

Tempat Wisata di Temanggung – Alam Indonesia sangat kaya, salah satu kekayaannya bisa kita saksikan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Kabupaten yang satu ini menjadi penghasil tembakau terbesar se-Indonesia dengan lahan mencapai 13.000 hektar. Dari sedikit fakta tersebut saja sudah bisa kita bayangkan betapa asrinya alam Temanggung dengan hamparan kebun tembakaunya, hamparan kebun tembakau nan hijau yang mampu memanjakan mata dan menyejukan jiwa raga.

Selain pesona tempat wisata di Magelang, Temanggung juga tak bisa lepas dari sejarahnya. Mengunjungi Temanggung untuk memburu wisata Temanggung bukan hanya tentang keindahan alam dan daya tarik berbagai tempat wisatanya saja, namun juga tentang berbagai sejarah Temanggung. Bahkan sejarah-sejarah ini ada di berbagai tempat wisatanya. Berwisata menikmati keindahan tempatnya bisa sekaligus menelisik tentang berbagai sejarah Temanggung yang ada di dalamnya. Bagi anda yang tengah mencari daerah di Indonesia untuk bertualang berwisata travelling atau apapun memburu tempat-tempat Indahnya maka inilah satu lagi daerah di Indonesia yang sayang untuk dilewatkan, Temanggung. Berbagai macam tempat wisata di Temanggung akan diulas dalam artikel kali ini:

Hutan Pinus dan Umbul Jumprit

umbul-jumprit
by instagram @rhezaarriy

Tempat wisata alam di Temanggung yang pertama adalah hutan pinus dan Umbul Jumprit. Destinasi yang satu ini menawarkan keindahan alam berupa hutan pinus yang menawan dan sebuah umbul dengan mata air alami. Seperti disebutkan di awal bahwa berbagai tempat wisata di Temanggung banyak yang berkaitan dengan sejarah khususnya sejarah Kerajaan Majapahit. Konon Umbul Jumprit ini merupakan tempat Pangeran Singonegoro dan pengikutnya yaitu Pengaran Majapahit mengasingkan diri karena tidak mau mengikuti kepemimpinan baru yang dipegang oleh Raden patah di Demak Bintoro. Jika anda kesini sebelum hari waisak terutama tiga hari sebelumnya maka anda juga bisa menyaksikan tradisi pengambilan air suci Waisak dari Umbul Jumprit. Ada juga tradisi kungkum lewat tengah malam setiap Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon, serta tradisi lainnya. Berwisata kesini akan sangat menambah pengalaman dan pengatahuan. Anda yang suka berfoto juga bisa mendapatkan foto dengan background bagus pemandangan alam yang eksotis.

Monumen Meteroit Wonotirto Temanggung

monumen-meteroit-wonotirto-temanggung
by instagram @kuntarti

Berbeda dengan monumen atau tugu wisata sebelumnya di Temanggung, wisata sekitar Temanggung, bahkan dengan monumen lainnya di Indonesia. Temanggung memiliki monumen yang lain daripada yang lain. sama sekali bukan monumen bersejarah dari masa lampau, masa kerajaan, masa penjajahan, dan sebagainya. Namun monumen yang satu ini adalah monumen meteorit. Ya, monumen ini merupakan momumen untuk mengingat adanya sebuah peristiwa alam yaitu jatuhnya meteor di Temanggung tepatnya di desa Wonotirto. Peristiwa ini terjadi pada 11 Mei 2001 pukul 09.00. Tentu tempat dengan peristiwa unik ini sangat menarik minat wisatawan.

Curug Lawe Temanggung

curug-lawu-temanggung
by instagram @jomblografer.id

Satu lagi curug yang sayang dilewatkan saat anda  melakukan wisata di Temanggung yaitu Curug Lawe. Keistimewaan curug ini yaitu air yang mengalir di curug ini bagaikan untaian benang puting yang indah. Keindahan ini diabadikan dalam namanya yaitu lawe yang artinya untaian benang berwarna putih.

Sunrise Posong Kledung Temanggung

sunrise-posong-kledung-temanggung
by instagram @dindahrmwn

Sunrise Posong Kledung Temanggung merupakan wisata alam yang juga menarik untuk dikunjungi. Merupakan daerah dengan ketinggian 2000 mdpl dengan pemandangan alam yang eksotis. Banyak pula yang menyamakan keindahannya dengan dataran tinggi Dieng di Wonosobo. Disini anda juga bisa menikmati sunrise. Semakin indah dengan pemandangan 7 gunung di sekitar Temanggung. Semuanya terlihat dari sini. Wisata terbaru di Temanggung yang satu ini merupakan salah satu yang paling terkenal.

Kunjungi :  Keindahan Tiada Tara di Curug Sawer Tasikmalaya

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainnya : 

Rekomendasi 16 Tempat Wisata di Rembang Jawa Tengah
11 Tempat Wisata di Sragen Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi
16 Tempat Wisata di Blora Jawa Tengah Terbaik

Kledung Pass Temanggung

kledung-pass
by instagram @naufalfmuttaqin

Kledung Pass ada di jalur antara Temanggung dan Wonosobo. Tempat wisata di Temanggung yang satu ini merupakan tempat terbuka dengan pemandangan alam khas pegunungan yang eksotis sehingga banyak yang menyukainya. Kledung Pass menjadi rest area yang tepat untuk beristirahat meluruskan kaki dan badan saat anda melakukan perjalanan melewati tempat ini. Bisa juga sengaja kesini untuk menikmati keindahannya dan berfoto ria.

Hutan Walitis Temanggung

hutan-walitis-temanggung
by instagram @mouuztov

Pohon Walitis juga bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di Temanggung yang menarik. Pohon ini merupakan pohon besar dengan lingkar batang sekitar 7,5 meter dan tingginya mencapai 30 meter. Pohon ini berada di lereng Sindoro dan Sumbing, dua gunung yang juga menjadi daya tarik tersendiri di Temanggung. Cerita sejarah tersimpan pula di pohon ini. Konon pohon ini berasal dari tongkat milik salah seorang pengikut wali, yaitu Ki Ageng Makukuhan. Ia menamcapkannya di tanah dan jadilah pohon ini. Pemandangan di sana sangat asri dan tentunya udara yang sangat segar. Menjadi destinasi perpaduan mistis dan alam yang sangat menarik.

Pikatan Waterpark

pikatan-waterpark
by instagram @desta_athafany

Beralih dari wisata alam Temanggung. Inilah salah satu wisata favorit di Temanggung berupa wisata air yang menawarkan berbagai wahanannya. Apalagi kalau bukan Pikatan Waterpark. Disini anda bisa menikmati wisata keluarga seru dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Anda dan keluarga bisa menikmati waterboom dan wahana lain seperti flying fox, jembatan goyang, ember tumpah, dan lainnya. Pemandangan alamnya semakin menambah keseruan bermain di tempat wisata temanggung yang satu ini. ada pula Gebyar Padusan Pikatan yang bisa anda saksikan menjelang bulan Ramadahan. Menampilkan berbagai atraksi kesenian yang sayang untuk dilewatkan.

Taman Kartini Temanggung

taman-kartini-temanggung
by instagram @anggabayahutomoputra

Selain alun-alun dan taman Pengayoman, Taman Kartini juga merupakan tempat pas berkumpul bersantai bersama keluarga khususnya yang memiliki anak-anak. Taman ini juga merupakan salah satu objek wisata di Temanggung. Berbagai fasilitas tersedia di taman rekreasi ini seperti tempat makan, kolam renang, arena bermain dan olahraga, dan sebagainya.

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Timur Lainnya : 

Ini Dia 16+ Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur Terpopuler
Rekomendasi 18 Tempat Wisata di Jombang dan Sekitarnya
20 Tempat Wisata Terpopuler di Tuban Jawa Timur
16 Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur Ngehitz !!

Candi Pringapus

candi-pringapus
by instagram @ghaniyisma

Masih berlanjut berupa wisata dengan nilai sejarah. Kali ini adalah Candi Pringapus, sebuah peninggalan yang menurut para arkeologi adalah peninggalan agama Hindu. Objek wisata di Temanggung ini merupakan salah satu yang menarik minat wisatawan bahkan bukan hanya wisatawan lokal saja namun juga wisatawan mancanegara. Jika anda melakukan perjalanan wisata ke Temanggung maka sempatkanlah untuk mengunjungi candi megah yang satu ini.

Kunjungi :  38 Tempat Wisata di Bandung yang Hits dan Instagramable

Curug Trocoh di Temanggung

curug-surodipo
by instagram @vachrul_arvandi

Masih berupa wisata alam di Temanggung namun dengan bentuk yang berbeda yaitu curug. Ada beberapa curug di Temanggung. Namanya dataran tinggi kurang lengkap jika kita tak menemukan curug disana. Salah satu curug yang menarik untuk dikunjungi adalah Curug Surodipo atau dikenal pula dengan nama Curug Trocoh. Curug ini akan semakin menarik untuk anda yang suka tracking karena untuk mengakses curug ini masih cukup sulit karena jalannya yang belum dibenah

Alam Sewu Negeri di Atas Awan

alam-sewu
by instagram @danangedi75

Selain di dataran tinggi Posong, anda juga bisa menikmati sunrise di Alam Sewu ini. Selain itu jika anda ingin menikmati hamparan perkebunan tembakau khas Temanggung juga bisa dinikmati disini. Dengan pemandangan alam pegunungan yang eksotis, perjalanan wisata alam daerah Temanggung  di Alam sewu akan semakin menarik.

Alun-Alun Temanggung

alun-alun-temanggung
by instagram @indratno_roxas

Ke sebuah kota atau kabupaten tanpa singgah di alun-alunnya akan terasa kurang lengkap. Apalagi alun-alun Temanggung memang layak untuk dikunjungi. Maka sempatkanlah untuk sekedar mampir atau melakukan wisata kuliner Temanggung disini sambil beristirahat setelah menjelajahi berbagai sudut Temanggung.

Embung Tlogopucang Temanggung

embung-tlogopucang
by instagram @dimassidipamungkas

Yang satu ini bukan lagi di Kledung namun sama-sama berupa Embung. Selain itu juga sama seperti Embung Kledung yang merupakan telaga buatan dan menyuguhkan panorama gunung Sindoro dan Sumbing. Walaupun begitu tetap patut untuk masuk dalam daftar destinasi wisata Temanggung anda.

Situs Liyangan dan Kolam Cinta

situs-liyangan
Kirab Budaya di Situs Liyangan by @sem_jie

Situs Liyangan tergolong situs yang belum lama ditemukan yaitu pada tahun 2008. Penemuan pertama yaitu berupa talud, yoni, arca, dan batu-batu candi. Di lokasi ini masih terus dilakukan ekskavasi dan telah ditemukan berbagai peninggalan lainnya. Termasuk rumah panggung kayu yang hangus terbakar namun masih nampak tegak berdiri. Diperkirakan rumah ini masih satu zaman dengan penemuan lainnya, yaitu merupakan peninggalan zaman mataram kuno. Menurut Balai Arkeologi Yogyakarta situs ini merupakan sebuah kompleks perumahan kerajaan mataram yang kemudian tertimbun lahar dari Gunung Sindoro. Tentu menjadi wisata di Temanggung yang menarik untuk dikunjungi apalagi anda yang tertarik pada peninggalan sejarah semacam arca candi dan sebagainya. Selain berbagai peninggalan tersebut, turun sedikit dari Situs Liyangan, disana anda juga bisa menikmati kolam cinta. Kolam yang memang berbentuk lambang cinta. Bisa hanya dinikmati pemandangannya atau bisa juga anda mencemlungkan diri berenang dan merasakan sensasi dinginnya.

 Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing

pendakian-gunung-sindoro-dan-sumbing
by instagram @ardypualam

Selain dengan Kerajaan Majapahit, Temanggung juga tak bisa lepas dari Gunung Sindoro dan Sumbing. Temanggung ada diantara dua gunung ini dan inilah yang menjadi salah satu menariknya wisata alam Temanggung. Dari bawah saja pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing sudah sangat indah apalagi jika kita melakukan pendakian di gunung ini dan melihat pemandangan alam dari atasnya. Kedua gunung ini sama-sama indah dan menarik untuk didaki, anda bebas menentukan mana yang akan didaki terlebih dahulu. Namun jika ada kesempatan lain maka mendaki salah satunya lagi adalah hal yang harus dilakukan untuk melengkapi pengalaman anda. Mendaki Gunung Sindoro anda bisa mengambil jalur Kledug. Sementara untuk Gunung Sumbing bisa dimulai dari basecamp Cepit di desa Pager Gunung, Kecamatan Bulu, Temanggung. Selain pemandangan alam nan eksotisnya, hal lain yang tak kalah menarik adalah ritual pendakian kedua gunung ini. Pengalaman yang akan melengkapi perjalanan wisata Temanggung anda. Gunung Sumbing pada bulan suci Ramadhan dan Gunung Sindoro pada setiap malam 1 Suro.

Kunjungi :  23 Tempat Wisata di Pekalongan dan Sekitarnya

Embung Kledung

embung-kledung
by instagram @widyaarumtriandini

Masih di daerah Kledung, anda juga bisa menikmati wisata Temanggung Jawa Tengah yaitu Embung Kledung. Sebuah danau buatan yang tak terlalu besar namun dengan pemandangan indah, background gunung Sindoro Sumbing. Mengunjungi Temanggung untuk berwisata bisa memilih Embung yang satu ini untuk sekedar menikmati indahnya alam dan ketenangannya.

Curug Onje

curug-onje
by instagram @ricky_ardian95

Ada pula curug Onje, objek wisata Temanggung dengan keistimewaannya tersendiri yaitu adanya 7 air terjun berjejer. Kesitimewaan tersebut menghasilkan pemandangan yang indah dan menarik minat para wisatawan. Anda pecinta curug tentu tak akan melewatkan curug yang satu ini.

Taman Pengayoman

taman-pengayoman
by instagram @sifa_cubycuby

Ada juga taman Pengayoman yang letaknya tak jauh dari alun-alun Temanggung. Bagi anda yang ingin melakukan wisata kuliner Temanggung maka wajib mengunjungi taman yang satu ini. Cocok juga untuk anda yang mengajak keluarga dan anak-anak.

Sedengkeng Pass Petarangan

sedengkeng-pass-petarangan
by instagram @septea_chan

Lokasi : Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Curug Titang

curug-titang
by instagram @mas_naro

Lokasi : Desa Nampirejo, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56229

Pasar Papringan

pasar-papringan
Wisata Kuliner di Pasar Papringan by @mumiazizi

Lokasi : Desa Caruban, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56281

Kolam Renang Alam

kolam-renang-alam
by instagram @nizar_firman

Lokasi : Lokasi : Desa wisata Liangan, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung

Prasasti Gondosuli

prasasti-gondosuli
by instagram @dewoajah

Objek wisata Temanggung Jawa Tengah selanjutnya adalah sebuah prasasti yang juga merupakan peninggalan Kerajaan Mataram yaitu pada masa Dinasti Sanjaya. Sebuah prasasti yang menjadi salah satu bukti masa kejayaan dinasti ini, terutama pada masa pemerintahan Rakai Patahan. Mengunjungi tempat wisata ini mungkin anda akan bisa membayangkan bagaimana kehidupan sosial budaya masyarakat Temanggung jaman dulu.

Tugu Sepuser atau Titik Nol Temanggung

tugu-sepuser
Titik Nol Temanggung by Yustinus

Pulau Jawa merupakan pulau yang menyimpan kesitimewaannya tersendiri. Tak terlalu besar namun menyimpan berbagai hal menarik. Salah satunya yaitu berbagai versi titik tengah pulau ini. Tugu Sepuser ini menjadi salah satu tugu yang dipercaya merupakan titik tengah pulau Jawa. Tugu ini ada di Jalan Kranggan-Pringsurat jalan menuju Semarang jalur Temanggung. Jika anda penasaran dengan tugu yang satu ini maka anda bisa menyempatkan waktu sejenak untuk mampir menggali berbagai hal tentang tugu yang satu ini. Akan menjadi wisata di Temanggung yang menarik bagi anda yang menyukai cerita sejarah semacam ini.

Andromeda Cinema Temanggung

Andromeda Cinema Temanggung

Masih dekat dengan taman Kartini maka anda bisa menjumpai bioskop 4 dimensi. Sangat sayang untuk dilewatkan saat berlibur bersama keluarga ke Temanggung. Tempat wisata Temanggung ini tentu akan sangat menarik terlebih untuk anak-anak

Itulah 21 tempat wisata di Temanggung yang rekomended untuk dikunjungi saat hari libur tiba. Berbagai pilihan wisata Temanggung ada dan bisa anda kunjungi sesuai dengan minat dan selera anda. Apakah wisata sejarah, wisata alam, wisata keluarga, bahkan semuanya patut untuk anda kunjungi.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */