Surganya Wisata Indonesia

37 Pesona Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Memikat Pengunjung

0
37 Pesona Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Memikat Pengunjung
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Tasikmalaya Jawa Barat – Tasikmalaya merupakan salah satu kabupaten yang ada di jawa barat, dimana kota ini sangat berdekatan dengan kabupaten yang memiliki segudang wisata yaitu kabupaten pangandaran serta kabupaten garut. Karena lokasinya saling berdekatan, tak heran jika banyak wisatawan yang sekalian mampir mengunjungi berbagai wisata yang terlewati. Perlu anda ketahui, sebenarnya banyak wisata tasikmalaya yang memiliki pesona keindahan tersendiri dan wajib anda kunjungi. Kabupaten ini memiliki wisata yang dapat dibilang cukup lengkap yaitu mulai dari wisata budaya sampai dengan wisata alam yang sangatlah menarik untuk dikunjungi pada saat liburan. apa saja sih tempat wisata di tasikmalaya dan ciamis yang wajib untuk dikunjungi? Langsung saja, check this out!

Pantai Karang Tawulan

pantai-karang-trawulan
by instagram @mhmmadreza

Pantai ini menjadi pembuka artikel mengenai wisata alam tasikmalaya yang tak boleh terlewatkan. Patai ini memiliki keindahan yang luar biasa untuk sekedar menikmati pantai dengan perbukitan yang ditumbuhi rumput hijau nan indah. Pantai ini sangat cocok untuk anda yang ingin bersantai menikmati angin pantai dibawah pepohonan yang tumbuh disekitar pantai. Namun banyak yang belum tahu mengenai pantai ini sehingga alamnya dapat dibilang masih virgin dan belum terjamah oleh banyak orang. Lokasi dari pantai ini beralamatkan di Cilembang, kecamatan Cihideung, kabupaten tasikmalaya. Namun akses untuk menuju ke wisata pantai tersebut dapat dibilang cukup sulit. Untuk menuju pantai ini dari pusat kota harus menempuh jarak 90 km, tentunya jarak tersebut cukup jauh yaa, mengingat pantai ini berlokasi di perbatasan antara kabupaten tasikmalaya dengan kebupaten ciamis. Namun tak perlu berkecil hati karena semua perjuangan untuk menuju pantai ini terbayarkan dengan keindahan pantai yang luar biasa.

Pantai Pamayangsari

pantai-pamayangsari
by instagram @aifikridawami

Yang menjadi salah satu tujuan sebagai tempat wisata tasikmalaya yang hits selanjutnya yaitu pantai pamayangsari. Wisata alam ini menyuguhkan keindahan pantai tersendiri yang khas dengan ombak yang dapat dibilang landai sehingga sangat cocok untuk bermain-main air dipantai ini. selain itu keindahan panorama pesisir pantai ini sangat menjadikan anda akan betah berlama-lama menghabiskan waktu di pantai dengan santai. Pantai ini berdekatan dengan balai konvservasi penyu hijau yang merupakan binatang yang cukup langka sehingga penyu hijau saaat ini statusnya dilindungi. Lokasi dari pantai pamayangsari ini beralamatkan di desa cikawungading, kecamatan cipatujuh, kabupaten tasikmalaya.

Pantai Sindangkerta

pantai-sindangkerta
by instagram @irvaulfah

Masih berkutan dengan pantai, objek wisata di tasikmalaya ini menjadi salah satu yang dicari olehkebanyakan wisatawan. Akses untuk menuju pantai ini cuup mudah dan dekat denga pusat kota. Leindahan yang akan dirasakan dipantai ini yaitu pasir yang berwarna putih dengan deburan ombak air laut yang jernih. Telebih lagi, akses menuju lokasi wisata tersebut sangatlah mudah, tepatnya beralamatkan di desa cipatujuh, kecamatan cipatujuh, kebupaten tasikmalaya.

Kunjungi :  14 Tempat Wisata Kuliner di Bali Murah Meriah

Air Terjun Cimanintin

air-terjun-cimanintin
by instagram @marpaungsiska

Objek wisata di tasikmalaya selanjutnya yaitu curug cimanintin yang lokasinya berada di desa tanjungsari, kecamatan salopa, kabupaten tasikmalaya. Curug ini memberikan nuansa alam yang sangat sejuk dan cocok juga untuk bermain air cantik bersama teman-teman. Bagi yang mengaku sebagai traveler sejati, akses untuk menuju ke curug ini cukup sulit lohh. Jalanan yang berbatu dan sempit mengharuskan anda menggunakan sepeda motor, setelah itu masih harus menempuh sebagian perjalanan dengan berjalan kaki. Namun segala perjuangan menuju ke curug ini akan terbayarkan mulai dari menikmati keindahan alam disepanjang perjalanan seperti, pemandangan sawah nan hijau, perbukitan, samapai dengan hutan dan semak-semak yang membuat perjalanan semakin menantang seperti sedang berpetualang. Curug ini memiliki air yang sangat sejuk dan bersih, pastinya tak akan mengecewakan anda deh.

Air Terjun Cihanjuang

air-terjun-cihanjuang
by instagram @yosepgmlr

Dapat dibilang objek wisata tasikmalaya yang satu ini merupakan wisata alam yang masih sangat virgin karena belum banyak terjamah atau dikunjungi oleh para penggila traveler. Curug cihanjuang memiliki aliran air yang sangat deras dengan ketinggian yang cukup tinggi. tentunya air yang mengalir di curug ini sangatlah jernih dan segar, ditambah lagi lokasinya yang tersembunyi berada di tengah hutan membuat keindahan alam yang satu ini terlihat sangat eksotis dan menjadi sebuah ajang mengabadikan momen yang sangat tepat. Untuk menuju ke curug ini akses perjalanannya tidakmulus karena lokasinya yang tersembunyi maka harus melewati semak belukar dan hutan yang asri. Curug cihanjuang berlamatkan di desa Santana mekar, kecamatan cisayog, kabupaten tasikmalaya.

Curug Ciwatin

tempat-wisata-di-tasikmalaya
by instagram @alwimusyaffa

Lagi-lagi wisata alam tasikmalaya mengundang banyak perhatian para traveler yang kepo akan keindahan alamnya yang sungguh indah. Seperti halnya curug yang lain, curug yang satu ini memiliki keindahan tersendiri. Kondisi air yang cukup tenang mebuat curug ini sangat cocok untuk anda yang hobi berenang dan bermain air karena akan sangat disayangkan jika sudah datang ke curug ini namun tidak merasakan kesegaran bermain air. Akses untuk menuju curug ini sangatlah mudah karena letaknya dekat dengan pusat kota tasikmalaya. Setelah sampai dilokasi hanya perlu untuk berjalan kaki sebentar, tak sampai 5 menit sampai deh di curug ciwatin. Curug ini beralamatkan di desa linggalaksana, kecamatan cikatomas, kabupaten tasikmalaya.

Kunjungi :  Sunset dan Harga Tiket Candi Ratu Boko Jogja

Curug Deng-Deng

curug-deng-deng
by instagram @gunawanmoch

Curug ini menjadi tempat wisata di tasikmalaya yang tak kalah menarik dari curug yang lainnya. curug ini memiliki keindahan aliran terjun yang bertingkat-tingkat serta memiliki aliran air yang tenang sehingga anda bisa melakukan aktifitas bermain air dan tidak berbahaya. Selain keindahan curugnya yang bertingkat, di sekitar curug ini dikelilingi oleh hutan dengan pepohonan hijau yang sangat rindang. Akses untuk menuju curug cukup sulit dan harus berjalan kaki melewati jalanan bebatuan sehingga hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Curug Ciparay

curug-ciparay
by instagram @aaaa_yyyy_aaaa

Kebanyakan wisata kota tasikmalaya merupakan wisata yang menonjolkan kekayaan alam yang ada di kota ini. aliran air air tejun inisangatlah deras dan memiliki ketinggian yang sangatlah tinggi sehingga menampilkan keindahan air terjun yang sangatlah memukau. Curug ciparay ini masih sangat virgin bahkan belum banyakorang tahu karena tidak dikelola oleh pemerintah setempat. Hal ini yangmengakibatkan akses menuju curug ini cukup sulit. Curug ciparay beralamatkan di kecamatan cigalontang, kabupaten tasikmalaya.

Curug Cileutak

curug-cileutak
by instagram @ahjar.hamdan

Berbagai Wisata tasikmalaya yang ada, memiliki masing-masing keindahan tersendiri di tiap lokasi. Untuk curug yang satu ini memiliki keindahan yang luar biasa dan akan sangat disayangkan jika anda melewatkan untuk berkunjung ke curuh yang satu ini. curug cileutak berlokasi di desa sindang asih, kecamatan cikatomas, kabupaten tasikmalaya.

Tonjong Canyon

by instagram @dimartr6
by instagram @dimartr6

Menjadi objek wisata tasikmalaya yang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Tepian dari sungai dengan aliran yang sangat tenang ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang mirip seperti green canyon. Hal tersebutlah yang menjadi pon utama para wisatawan yang berkunjung ke wisata yang satu ini. Tempat ini bisa dikunjungi untuk melakukan aktifitas berenang serta bermain-main air dan mengabadikan setiap moment yang ada. Lokasi dari tonjong canyon ini beralamatkan di desa nagrog, kecamatan cipatujuh, kabupaten tasikmalaya.

Kebun Teh Hijau

kebun-teh-hijau
by instagram @meylindangela

Wisata alam tasikmalaya dapat dibilang cukup lengkap, mulai dari wisata pantai, curug atau air terjun, sungai, sampai dengan kebun teh. Sebenarnya kebun the ini adalah kebun milik warga serta milik perusahaan swasta yang ada di tasikmalaya. Perkebunan the ini memiliki total luas lahan sebesar 2.062 hektar. Sebenarnya tempat ini bukan merupakan tempat wisata resmi, namun perkebunan the ini bisa juga anda kunjungi untuk sekedar menikmati suasana kesegaran alam yang sejuk dengan pemandangan hamparan perkebunan the hijau yang menawan. Untuk menuju ke lokasi kebun the ini dapat ditempuh dengan jarak 48 km dari pusat kota.

Kunjungi :  Relaxasi Pikiran ke Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang

Setelah berkunjung ke berbagai wisata tasikmalaya, tentunya akan menguras banyak energy dan membuat perut keroncongan. Disetiap daerah pasti mempunyai makanan khas, tak terkecuali di kabupaten ini. berikut ini merupakan beberapa wisata kuliner tasikmalaya yang khas dan wajib untuk disantap.

kulie-tasikmalaya
by instagram @djaloejajandulu
  • Tahu Bulat

Banyak yang tidak tau jika tahu bulat itu merupakan makanan khas dari tasikmalaya. Walauoun sekarang ini hidangan tahu bulat bisa dijumpai di berbagai daerah, namun rasa khas tahu bulat tasikmalaya lebih lezat dan nikmat.

  • Nasi Tutug Oncom

Sajian hidangan tersebut menjadi hidangan khas yang wajib anda coba, selain rasanya yang lezat hidangan ini memiliki citarasa yang khas dan mebuat anda ketagihan. Hidangan ini merupakan sebuah hidangan yang dimodifikasi oleh masyarakat tasikmalaya sehingga memiliki cita rasa yang berbeda.

  • Nasi Cikur

Salah satu makanan khas dari tasikmalaya ini berupa nasi yang dibumbui khusus khas yang hanya bisa dijumpai di kabupaten ini. nasi cikur biasanya di santap dengan ayam goreng dan sambal yang akan menambah kenikmatan sajian.

  • Cilok Goang

Mungkin terdengar tidak asing lagi karena cilok sendiri merupakan jajanan yang dengan mudah bisa di dapatkan di setiap daerah. Namun cilok yang satu ini menjadi khas karena disajikan dengan menggunakan kuah pedas yag akan membuat anda menjadi melek. Tekstur dari cilok ini kenyal dan gurih, ditambah kuah dengan racikan bumbu khas beserta sambal goang yang super pedas.

Itulah tadi uraian mengenai beberapa destinasi objek wisata alam yang bisa dikunjungi ketika berada di kabupaten tasikmalaya. Selain itu, semua sajian khas tasikmalaya dapat dengan mudah dijumpai jika anda berkunjung ke kabupaten ini. wisata tasikmalaya jabar memiliki potensi yang cukup besar untuk menarik para wisatawan. Wisata yang ditonjolkan oleh kabupaten tasikmalaya adalah wisata alam yang memiliki pesona keindahan yang eksotis. Hal ini yang membuat tempat wisata di tasikmalaya dan sekitarnya menjadi ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang penasaran. Wisata alam mulai dari tepi pantai, air terjun, hingga suasana sejuk perkebunan the semuanya dapat di rasakan di satu kabupaten yaitu tasikmalaya. Namun, kurangnya perhatian dari pemerintah setempat membuat beberapa lokasi wisata tasikmalaya menjadi kotor dan kurang terawat. Selain itu fasikitas penunjang yang ada juga kurang memadai. Namun dibalik itu semua, keindahan alam yang ada di kabupaten tasikmalaya juara banget dehh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda sebagai referensi destinasi wisata yang ada di tasikmalaya. Terimakasih sudah membaca..

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */