Surganya Wisata Indonesia

32 Tempat Wisata di Sumedang Dengan Panorama Alam Luar Biasa

0
32 Tempat Wisata di Sumedang Dengan Panorama Alam Luar Biasa
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Sumedang – Indonesia merupakan Negara yang terbagi-bagi menjadi beberapa provinsi, di mana dari berbagai provinsi tersebut memiliki ciri khas kebudayaan yang berbeda-beda. Bahkan hanya berbatasan antar kabupaten saja tiap-tiap dari kabupaten tersebut memiliki keunikan dan khas masing-masing. Inilah yang menjadikan Indonesia memiliki budaya serta wisata yang amat sangat kaya. Tak heran jika banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia untuk berlibur. Masih di wilayah jawa barat, apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar tentang kabupaten Sumedang? Pasti langsung kepikiran tahu Sumedang yang gurih dan enak itu kan? Ya, betul sekali Sumedang memang sangat terkenal dengan tahunya yang memiliki rasa enak yang khas. selain tahunya yang terkenal, banyak juga loh tempat wisata di Sumedang Jawa Barat yang bisa dikunjungi bersama dengan keluarga maupun teman-teman. Belum tau apa saja wisata yang bisa dikunjungi di Sumedang? Tenang, tak usah khawatir karena pada artikel kali ini akan memberikan bocoran mengenai aneka wisata yang bisa dikunjungi di kabupaten Sumedang. Kepo? Ingin tahu? penasaran? Langsung saja ini dia.

Curug Cigorobog

curug-cigorobog
by instagram @ananuranita

Pertama langsung disambut dengan wisata alam Sumedang curug cigorobog yang sangat asri dan sejuk. Ya, curug ini menjadi destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi. Mengapa? Karena sisi eksotis dari curug ini sangatlah cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan stress dengan melihat pemandangan hijau disertai suara gemercik air terjun yang menenangkan hati. Lokasi dari curug ini yaitu berada di desa citengah, kecamatan Sumedang selatan, Sumedang. Akses untuk menuju curug ini cukup menempuh perjalanan 500 meter dar tempat pembelian tiket dengan jalan yang cukup mudah untuk dilalui. Hanya dengan membayar tiket Rp. 3000,- saja Anda sudah bisa menikmati keindahan alam Sumedang yang indah.

Kampung Toga

kampung-toga
by instagram @satyawinnie

Kampung ini menjadi tempat wisata di Sumedang Kampung Toga yang sangat populer di kalangan masyarakat yang. Tepat wisata tersebut menjadi destinasi wisata utama yang ingin dikunjungi ketika berada di Sumedang. Kira-kira apa yang membuat wisata ini begitu menarik? Kampung toga berada di ketinggian 650 dpl dengan suasana sejuk nan asri. Fasilitas yang ditawarkan pada wisata ini adalah olahraga ekstrem paralayang, gantole, persewaan sepeda gunung, serta berbagai macam kegiatan outbond yang seru. Selain itu, di Kampung ini juga memiliki suasana pedesaan yang segar karena terdapat sungai yang sangat jernih dan airnya sangat dingin serta segar, terlebih lagi hamparan sawah yang menghijau seperti karpet menambah keindahan panorama Kampung toga. Hal-hal tersebutlah yang menjadikan alasan mengapa banyak wisatawan yang berdatangan ke Kampung toga ini. selain itu, ada juga loh berbagai wahana lain yang membuat Anda betah berlama-lama menghabiskan liburan disini. Karena suasana alamnya yang pas, menjadikan kegiatan ini sangat cocok untuk dilakukan ketika berada di Kampung toga yaitu bermain arung jeram, raffting, hiking, paint ball, dan memancing di danau buatan. Kampung toga menjadi paket lengkap untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Tertarik untuk berkunjung ke Kampung toga ini bukan? Datang saja langsung ke alamat jl. Makam cut nyak dien, Gn puyuh, desa sukajaya, Sumedang selatan, jawa barat. Telpon/fax (0265) 206567.

Kunjungi :  Spot Wisata Alam Curug Barong Pemalang

Curug Sabuk

curug-sabuk
by instagram @irfannurhuda04

Kembali lagi ke curug, yang satu ini tak kalah indah dan akan membuat Anda terpesona dengan kesejukannya. Bisa dibilang curug ini masih cukup perawan karena tidak sembarangan orang sanggup untuk sampai manikmati keindahan curug ini. Curug sabuk menjadi tempat wisata Sumedang yang banyak dicari oleh para traveller pecinta keindahan alam. Bagaimana tidak, curug yang berada di tengah lebatnya hutan ini memberikan sisi eksotis yang hanya bisa di temukan di Sumedang. Memang tidak semua orang sanggup untuk menuju ke curug yang satu ini. diperlukan tenaga yang strong untuk menuju ke lokasi curug. Dari pemukiman warga setempat, Anda harus menempuh perjalanan selama 3 jam menyusuri hutan serta sungai-sungai. Belum lagi jalan menuju ke curug memiliki kontur menanjak dan sedikit licin. Maka dari itu wisata curug yang satu ini hanya cocok bagi Anda yang suka trekking dan memiliki tenaga yang strong agar bisa sampai ke lokasi curug dengan selamat tanpa adanya gangguan kesehatan apapun. Lokasi di sekitar taman buru gunung masigit dan kawasan gunging kareumbi yang lebih tepatnya berada di dusun nangorak, desa mergamekar, kecamatan Sumedang selatan.

Agrowisata Kampung Nangorak

Selain terkenal dengan curug sabuknya, disekitar lokasi tersebut terdapat objek wisata di Sumedang yang dapat dikunjungi oleh Anda dan keluarga untuk berlibur bersama menghabiskan akhir pekan. Ya agrowisata Kampung nangorak menjadi pilihan utama bagi Anda yang menyukai wisata alam. Berada pada ketinggian 800-1000 dpl menjadikan wisata Kampung ini memiliki suasana kesejukan yang dingin dan segar untuk dinikmati. Dari alun-alun kota Sumedang hanya berjarak 6 km saja namun karena kondisi jalan yang sempit dan menanjak membuat perjalanan menuju wisata Kampung tersebut menjadi lama. Di butuhkan waktu kurang lebih satu juntuk sampai ke wisata yang satu ini. untuk jarak 6 km dengan jarang satu jam? Wow lama juga ya? Tapi tenang, ketika Anda sudah sampai di lokasi, kepenatan Anda selama perjalanan akan terbayarkan. Masuk ke lokasi desa wisata akan di tarik biaya sebesar Rp. 1000,- saja, lagi-lagi sangat mencengangkan bukan? Ya berwisata murah bisa sangat terwujud ketika datang ke Sumedang. Apa saja sih yang menjadikan salah satu tempat wisata di sumedang timur ini sangat menarik. Tentunya selain murah, ada banyak kegiatan edukasi yang bisa dilakukan di desa wisata ini seperti menanam aneka jenis tanaman, memetik strawberry, tersedia pula kolam pemancingan, dan bisa juga melakukan trekking dan camping di daerah sekitar lokasi Kampung wisata ini. tentunya wisata ini sangat cocok untuk berlibur bersama dengan keluarga.

Kunjungi :  34 Tempat Wisata Baru di Pasuruan Jawa Timur

Wisata Alam Pangjugjugan

wisata-alam-pangjugjugan
by instagram @rosvitasari18

Ini dia objek wisata di Sumedang yang juga menarik perhatian wisatawan. Ya, wisata alam pangjugjugan ini menarik perhatian karena menawarkan tempat liburan berbasis alam untuk keluarga. Inilah alasan mengapa banyak keluarga yang menjadikan wisata alam iini menjadi destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan. Fasilitas yang ditawarkan oleh wisata alam yang satu ini antara lain playground, arena bermain anak-anak, lesehan untuk bersantai bersama keluarga, terapi ikan, batu refleksi untuk kesehatan, curug alami yang sejuk, lapangan futsal out door, flying fox, persewaan becak mini, berkeliling dengan tunggang kuda, paparahuan, sampai dengan tersedianya kolam renang untuk Anda yang ingin merasakan sensasi berenang dengan air yang sangat segar dan dingin. Selain berbagai fasilitas yang sudah disebutkan di atas di wisata alam pangjugjugan ini Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan ekowisata dengan berkeliling aneka macam kebun buah, mengunjungi aneka macam peternakan mulai dari ternak unggas, kambing, sapi perah, dan juga kelinci. Tempat wisata di Sumedang Panjugjugan yang satu ini menjadi salah satu wisata yang lengkap untuk Anda berlibur bersama dengan keluarga.

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Barat Lainnya : 

23 Tempat Wisata di Sukabumi yang Mempesona Wisatawan
Explore 36 Tempat Wisata di Kuningan Rekomended
24 Tempat Wisata di Pangandaran Paling Hits Saat Ini

Perkebunan Teh Margawindu

perkebunan-teh-margawindu
by instagram @dendyjulius

Perkebunan the ini menjadi potensi wisata Sumedang yang menyuguhkan keindahan panorama yang sangat memukau. Hamparan perkebunan the nan hijau dengan suasana sejuk menjadi daya tarik banyak wisatawan yang ingin berkunjung ketika sedang berasa di Sumedang. Berlokasi di desa citengah, akses untuk menuju lokasi perkebunan the sangat strategis, hanya diperlukan perjalanan selama 30 menit saja dari pusat kota Sumedang.

Sumber Air Panas Sekar Wangi

Berkunjung ke tempat yang dingin akan terasa nikmat jika merasakan hangatnya pemandian air panas. Ya salah satu wisata Sumedang jawa barat yang satu ini menjadi destinasi berikutnya setelah lelah melakukan berbagai macam aktifitas seharian. Yang menarik dari pemandian air panas ini adalah air panas yang mengalir asli yang bersumber dari alam langsung. Dari air panas ini memiliki banyak khasiat yaitu meghilangkan gatal-gatal, mengobati penyakit kulit, melancarkan peredaran darah, tentunya semuanya itu akan menjadikan tubuh lebih sehat. Tertarik mengunjungi wisata tersebut? langsung saja datang ke alamat desa sekarwangi, kecamatan buah dua, Sumedang jawa barat.

Kunjungi :  Lokasi, Spot Fotografi dan Mitos Teluk Love Jember Jawa Timur

Curug Ciputrawangi

curug-ciputrawangi
by instagram @lilisdwkarlin_

Ada lagi curug yang memiliki pesona yang indah dan tak kalah dengan curug-curug alin yang banyak tersebar di Sumedang. Curug yang satu ini berada di gunung tampomas ayang terlewati pada jalur pendakiannya. Keindahan panorama kesejukan alam di Tempat wisata di Sumedang ini akan sangat sayang untuk di lewatkan. Tentunya karena curug ini berada di jalur pendakian gunging, maka untuk menuju ke curug ini aksesnya tidaklah mudah. diperlukan kekuatan trekking yang lebih untuk sampai ke curug ini.

Situ Cilembang

situ-cilembang
by instagram @lungguhtri

Ada lagi Objek wisata Sumedang yang memiliki keindahan panorama alam yang luar biasa. Ya, situ cilembang menjadi destinasi wisata alam selanjutnya yang tak boleh terlewatkan. Objek wisata ini berupa danau yang memiliki warna air kebiruan dan sangatlah bening sebening Kristal. Warna air dari situ ini seolah-olah sperti warna buatan atau editan potoshop belaka jika terpapang di sebuah foto yang viral di media social. Namun warna biru iru memang warna asli adanya dari situ yang benar-benar memiliki warna biru terang bening nan indah. Rahasia dari warna biru yang indah tersebut adalah karena pantulan dari birunya langit dan juga karena situ ini masih sangat virgin dan belum terkontaminasi. Tentunya ada larangan ketat untuk tidak berenang atau sekedar bermain air di situ cilembang ini karena untuk menghindari pencemaran yang terjadi. Kapan lagi melihat keindahan alam yang luar biasa seperti ini? langsung saja datang berkunjung ke lokasi situ cilembang yang beralamatkan di desa hariang, kecamatan buah dua, Sumedang. Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp. 2000,- Anda sudah bisa melihat betapa indahnya panorama alam yang masih belum terkontaminasi dan tercemar kotoran sedikitpun.

waduk-jatigede
Photo today by @tommydarmanto taken at Waduk Jatigede, Sumedang.
plta-parakan-kondang
Photo today by @zalfaadwinneke taken at PLTA Parakan Kondang, Sumedang.
masjid-agung-sumedang
Photo today by @andhikaramadhian taken at Around Mesjid Agung, Sumedang.
bukit-dua
Photo today by @herdiawan_handy taken at Batu Dua, Sumedang.
mata-air-cikandung-cimalaka
Photo today by @cahyaanugrah taken at Mata Air Cikandung Cimalaka, Sumedang.
gunung-geulis-jatinangor
Photo today by @muhammadrezahidayat taken at Gunung Geulis Jatinangor, Sumedang.
curug-cipongkor
Photo today by @agajelek_ taken at Curug Cipongkor, Sumedang.
babakan
Pict by @husni.maki taken at Babakan, Desa Kirisik, Kec. Jatinunggal, Sumedang.
bukit-kawasan-agrobisnis
Photo today by @bimasptraa_ taken at Bukit Kawasan Agrobisnis, Sumedang.
taman-melati-jatinangor
photo today by @ulisaragih taken at Taman Melati Jatinangor, Sumedang.
mata-air-cipaingeun
Photo today by @hermanz.86 taken at Mata Air Cipaingeun, Paseh, Sumedang.
tanjung-duriat
Photo today by @rennyy11 taken at Tanjung Duriat, Sumedang.
galian-pasir-cibeureum
Galian Pasir Cibeureum, Sumedang captured by @muhammadbikki
curug-gorobog
Photo today by @panjiputraaa_ taken at Curug Gorobog, Sumedang.
gunung-tampomas
photo today by @ahmadhaiikal taken at Gunung Tampomas, Sumedang.
curug-cihonje
photo today by @rickynoerhikmah taken at Curug Cihonje, Darmaraja, Sumedang.
gunung-karang
photo today [email protected] taken at Gunung Karang, Sumedang.
panorama
Photo today by @pirmaan taken at Panorama, Sumedang.
pulo-cipondoh
Photo today by @cloud_project taken at Pulo Cipondoh, Jatigede, Sumedang.

Masih banyak lagi tempat wisata di Sumedang yang bisa Anda kunjungi bersama dengan keluarga yang tak bisa dijelaskan dengan detail. Beberapa tempat wisata tersebut yaitu gunung kunci, river tubing, museum prabu geusan ulun, curug cinulang, wisata air gajah depa, mata air sira cipelang, gunung tampmas,. Seua wisata tersebut merupakan wisata alam yang sangat populer si dumedang. Jangan khawatir karena peta wisata Sumedang bisa dengan mudah di dapatkan. Tentunya aneka wisata di Sumedang jawa barat akan menghipnotis Anda dengan berbagai keindahan alamnya yang sangat memukau, membuat betah berlama-lama menghabiskan waktu liburan sampai tak ingin kembali ke rutinitas semula. Untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan beberapa hari di lokasi wisata yang ada di Sumedang, banyak loh penginapan yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */