47 Tempat Wisata di Sukabumi yang Mempesona Wisatawan

0

Tempat wisata di Sukabumi – Indonesia terbagi-bagi menjadi beberapa provinsi dimana pada tiap daerahnya memiliki tempat wisata yang sangatlah memukau. Salah satu provinsi yang menyimpan banyak wisata yang bisa dikunjungi yaitu provinsi Jawa Barat. Nah, di provinsi jawa barat ini ada satu kabupaten yang menyimpan berbagai destinasi wisata yang akan membuat Anda terkagum. Ya, betul sekali, kabupaten Sukabumi menjadi salah satu kabupaten yang ada di tatar pasundan dengan berbagai wisata menarik yang bisa dikunjungi pada saat liburan tiba. Wisata Sukabumi memang terbilang belum cukup terkenal dibandingkan dengan wisata-wisata yang ada di daerah jabar lain seperti Bandung dan Tasikmalaya. Padahal kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas ke 2 yang ada di pulau jawa setelah kebupaten banyuwangi. Luasnya kabupaten ini menjadikan banyak tempat wisata di Sukabumi dan sekitarnya yang tersembunyi dan belum banyak diketahui oleh banyak wisatawan. Kira-kira apa saja ya objek wisata di Sukabumi yang bisa dikunjungi dengan view dan pesona yang memukau? Untuk memuaskan rasa penasaran Anda, pada artikel kali ini tempatwisataindonesia.id akan membahas seluk beluk mengenai tempat wisata Sukabumi yang sangat recommended untuk Anda kunjungi.

pantai-cibuaya
Pantai Cibuaya – Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat – photo by @ardi.basso

Kabupaten Sukabumi memiliki berbagai tempat wisata yang sangatlah menarik untuk Anda kunjungi baik bersama teman-teman ataupun bersama dengan keluarga. Ragam wisata yang ada di kabupaten ini mulai dari wisata alam, wisata kota, sampai dengan wisata kuliner Sukabumi yang khas. Semua tempat wisata tersebut akan menjadikan liburan Anda lebih berkesan. Inilah dia tempat wisata recommended yang wajib dikunjungi ketika berada di kabupaten Sukabumi. Bagi yang mengaku sebagai traveller sejati, jangan sampai melewatkan objek wisata Sukabumi ini ya.

Curug Awang Geopark Ciemas Sukabumi

curug-awang-sukabumi
by instagram @nadaarizi

Objek wisata di Sukabumi yang pertama diawali dengan pemandangan alam yang eksotis di curug awang. Curug awang berlokasi di kecamatan Ciletuh, kabupaten Sukabumi. Curug ini masih sangat asri dengan debit air terjun yang cukup besar diantara tebing-tebing. Untuk Anda yang hobi mengabadikan foto, tepat ini menyuguhkan ke eksotisan keindahan alam yang akan mensupport hasil jepretan Anda menjadi sangat indah. Keindahan curug awang sudah mulai gencar di promosikan agar banyak wisatawan yang berkunjung menikmati indahnya ciptaan Tuhan yang sangat indah.

Curug Cikaso Sukabumi

curug-cikaso
by instagram @anggapermadi

Curug cikaso ini menjadi salah satu wisata alam Sukabumi yang juga menarik banyak perhatian banyak traveler untuk menikmati keindahan curug dengan debit air yang sangat besar dan deras. Suguhan keindahan tersebut menjadikan pikiran menjadi fresh dan membuat hati menjadi tenang karena kesejukan suasana alam yang jarang di temui. Curug atau air terjun cikaso ini merupakan wisata ujung genteng Sukabumi yang tepatnya berlokasi di kampung Cinti, desa Cibitung, kecamatan Cibitung, kabupaten Sukabumi. Akses untuk menuju ke curug yang sangat eksotis ini memang cukup sulit. Anda di haruskan menyusuri hutan melewati lembah yang jaraknya cukup jauh dari lokasi curug. Namun tak perlu khawatir, bagi traveler yang baru pernah kesana dan buta arah bisa meminta untuk dipandu oleh pemandu wisata khusus curug cikaso untuk menuju ke lokasi curug dengan aman. cukup membayar Rp. 70.000,- per rombongan, Anda dan teman-teman sudah bisa menikmati keindahan alam yang sangat amazing.

Kunjungi :  Spot Hits Wisata Alam Ranto Canyon Brebes

Pantai Ujung Genteng

pantai-ujung-genteng
by instagram @yudibenjoll

Masih di daerah wisata Sukabumi ujung genteng, pantai ujung genteng menjadi pantai yang memiliki akses wisata alam yang cukup mudah. Walaupun pantai ini dapat dikatakan sebuah pantai yang masih virgin alias belum banyak diketahui oleh banyak wisatawan, namun pantai ini juga menyuguhkan keindahan alam yang khas loh. di pantai ini, Anda bisa melihat sunset dan juga bisa melihat sunrise. Ombaknya memang cukup besar, namun tetap aman kok jika Anda ingin bermain air ataupun berenang sitepian pantai. Jangan takut kelaparan karena di pinggiran pantai banyak yang menjual jajanan khas dan berbagai macam menu makanan lainnya. Anda bisa sekaligus melakukan wisata kuliner Sukabumi ketika berkunjung ke pantai ini.

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Barat Lainnya : 

24 Pesona Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Memikat Pengunjung
20 Tempat Wisata di Bandung yang Hits dan Instagramable
Explore 36 Tempat Wisata di Kuningan Rekomended
32 Tempat Wisata di Subang Terbaik untuk Anda dan Keluarga

Pantai Cikembang

pantai-cikembang
by instagram @angguntr77

Pantai ini masih sangat sepi dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Sukabumi. Namun pantai ini menjadi menarik banyak pengunjung yang penasaran akan keindahan dari pantai ini. pantai yang berlokasi di cisolok, kabupaten Sukabumi ini memiliki keindahan yang wajib untuk Anda jelajahi.

Curug Cibeureum

curug-cibeureum
by instagram @miiyuubii

Masih seputar wisata alam di Sukabumi, curug cibeureum memiliki spot terbaik untuk menyejukan pikiran dari segala stress yang melAnda dengan melihat yang hijau-hijau. Ya, curug cebeureum menyajikan keindahan alam yang luar biasa indah. Gemercik suara air terjun dengan pemAndangan hijau di sekitar curug menjadikan suasana relaks dan menenangkan hati. Curug ini berlokasi tepatnya di kawasan taman nasional gede pangrango kabupaten Sukabumi. Harga tiket untuk memasuki kawasan ini sangat terjangkau loh, cukup membayar tiket sebesar Rp. 20.000,- per orang, Anda sudah bisa menikmati keindahan dari curug cibeureum. Akses untuk menuju wisata Sukabumi yang satu ini memang tak semulus yang dibayangkan, Anda harus menempuh 500 meter menysuri areal taman nasional gede dengan berjalan kaki. Namun sepanjang perjalanan, Anda juga bisa menikmati keindahan alam hijau yang menyejukan hati dan pikiran.

Kunjungi :  Harga Masuk Sekolah Alam Kandank Jurank Doank Tangerang

Sungai Citarik

sungai-citarik
by instagram @dewangumelar

Sungai ini merupakan salah satu objek wisata citarik Sukabumi yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati berbagai ekstreme sport. Kegiatan yang bisa dilakukan di sungai ini antara lain bermain arung jeram, paint ball, flying fox, dan berbagai macam aktifitas lain yang membangun kerjasama tim. Tak heran jika wisata Sukabumi yang satu ini sering dikunjungi oleh banyak perusahaan dalam rangka meningkatkan kerjasama tim.

Taman Rekreasi Selabintana

taman-rekreasi-selabintana
by instagram @fauzannuruzaman94

Tempat wisata Sukabumi selabintana ini merupakan taman rekreasi yang sangat tepat untuk melepas segala penat. Apa yang diberikan oleh taman ini? pemAndangan hamparan rumput hijau dan pohon pinus yang menjulang tinggi dengan hawa yang sejuk menjadikan taman ini sangat cocok untuk Anda yang ingin relaks sejenak dari penatnya segala aktifitas keseharian. Untuk memasuki wilayah tempat Wisata selabintana Sukabumi ini hanya akan ditarik biaya tiket sebesar Rp. 5000,- per orang. Akses untuk menuju taman ini sangatlah dekat dari pusat kota yaitu hanya di tempuh selama kurang lebih 15 menit dari pusat kota. Taman ini sekaligus menjadi tempat wisata Sukabumi dekat stasiun karena kemudahan akses yang tempuh. Suasananya yang sejuk tentu akan membuat Anda ogah-ogahan untuk pulang cepat bukan? Nah tepat sekali karena di daerah taman selabintana ini terdapat banyak sekali penginapan mulai dari hotel yang murah hingga hotel berbintang.

Curug Sawer

curug-sawer
by instagram @balnyes

Menjadi wisata kota Sukabumi yang memiliki keindahan tersendiri untuk dinikmati. Memang tepat jika Sukabumi dijuluki dengan kota yang memiliki segudang keindahan alam yang luar biasa. Bahkan di daerah kota Sukabumi Anda bisa mengunjungi wisata alam yang luar biasa seperti curug sawer ini. curug ini berlokasi di kawasan wisata situ gunung, kecamatan Kadudampit, kabupaten Sukabumi. Harga tiket masuk yang sangat murah yaitu hanya Rp. 3000,- menjadi nilai plus untuk wisatawan yang hanya ingin sekedar mengabadikan moment serta menikmati suasana segar di curug.

Curug Cimarinjung

curug-cimarinjung
by instagram @arizalkyo

Wisata Sukabumi yang satu ini memberikan rasa takjub yang luar biasa ketika melihat indahnya ciptaan Tuhan dalam memberikan sumber kehidupan. Ya, air terjun ini memiliki keindahan yang sangat keren. Bagaimana tidak, air terjun yang berlokasi di desa garimukti, kecamatan ciletuh, kabupaten Sukabumi ini memiliki ketinggian air terjun setinggi 45 meter. Belum lagi aliran air di air terjun ini sangat besar ditengah tebing-tebing yang menjulang tinggi. Hal tersebut yang membuat air terjun cimarinjung terlihat sangat gagah dan megah dengan segala ke-eksotisannya.

Kunjungi :  Sejarah dan Lokasi Istana Air Taman Sari Jogja

Situ Gunung

situ-gunung
by instagram @imanfsy

Wisata Sukabumi kota ini masih berlokasi disekitar taman nasional gede pangrango yang artinya dekat juga dengan pusat kota. Akses untuk menuju wisata ini pun sangatlah mudah. situ gunging merupakan danau dengan suasana alam yang memukau, sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai-santai sambil menikmati sejuknya udara segar dilengkapi pemAndangan air danau yang sangat jernih. Kesejukan yang ada dilokasi ini karena sekitar kawasan danau ditumbuhi aneka macam pohon rindang dibalik perbukitan. Untuk memasuki kawasan danau ini cukup membeli tiket masuk dengan harga Rp. 32.000,- saja.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

taman-nasional-gunung-halimun-salak
by instagram @arfymaristha

Taman nasional ini menjadi salah satu daftar tempat wisata di Sukabumi Jawa Barat yang tak boleh terlewatkan. Taman ini merupakan wisata alam yang memiliki luasan 113.357 hektar dan berlokasi di jalan raya Cipanas , kecamatan Kebandungan, kabupaten Sukabumi. Kawasan ini merupakankawasan hutan linding dimana menyimpan banyak sekali keindahan alan seperti bia dijumpai berbagai curug, serta aliran sungai yang amat sangat jernih sehingga wisata alam ini akan membuat pikiran dan jiwa Anda benar-benar fresh kembali. Biasanya kawasan taman nasional gunung halimun salak ini dijadikan tempat untuk camping oleh banyak wisatawan. Selain itu aneka permainan outbond juga tersedia di kawasan ini.

Goa Buniayu

goa-buniayu
by instagram @ramdani1807

Setelah dari tadi banyak membahas curug, ada juga nih wisata Sukabumi yang wajib dikunjungi yaitu goa buniayu. Goa ini memiliki keindahan stalaktit dan stalagmite yang sangat menakjubkan. Goa buniayu berlokasi di desa Kertaangsa, kecamatan Nyalindung, kabupaten Sukabumi. Untuk memasuki goa ini cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.15.000,- namun terkadang harga tiket tersebut sewaktu-waktu bisa berubah. Hanya dengan membayar tiket sebesar itu Anda akan disewakan pakaian khusus serta helm pelindung untuk menjaga keamanan pada saat menyusuri goa.

curug-cikanteh
Curug Cikanteh by @obitmanchunian
curug-cigangsa
Curug Cigangsa – discovery by @ardi.basso
bukit-karang-numpang
Bukit Karang Numpang – photo by @gallery_yoga
pantai-ombak-tujuh
Pantai Ombak Tujuh – photo by @iqbal_noeroel
tanakita-rakata-campsite-adventure
Tanakita Rakata Campsite Adventure – photo by @harysubastian
curug-puncak-manik
Curug Puncak Manik – taken by @ji_______
muara-cipanarikan
photo by @ekaputragalih taken at Muara Cipanarikan
air-panas-cikundul
Wisata Air Panas Cikundul by @aditiarahman23
pantai-karang-hawu
photo by @mahafebrian taken at Pantai Karang Hawu
pantai-batu-namprak
Pantai Batu Namprak photo by @ilhammsaputra

Kira-kira itulah beberapa wisata alam yang sangat recommended untuk dikunjungi pada saat Anda berlibur ke Sukabumi. Tentunya masih banyak lagi tempat wisata di Sukabumi bagus yang belum sempat dijelaskan di atas seperti wisata curug cigansa, curug sentral kebandunga, curug sodong, pantai cipanarikan, pantai Amanda ratu, bukit karang numpang, puncak darma, curug bibijilan, pantai citepus, tebing panenjoan, danau batu bacan, dan masih banyak lagi ke-eksotisan yang diberikan oleh alam kabupaten Sukabumi Jawa Barat. untuk Anda yang berminat berlibur ke Sukabumi untuk menghabiskan waktu beberapa hari berkeliling Sukabumi, tak perlu khawatir karena sekarang ini sudah ada loh paket wisata Sukabumi lengkap dengan penginapan, konsumsi, kendaraan serta semua tiket masuk dari berbagai destinasi wisata pilihan yang ada di Sukabumi.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */