Surganya Wisata Indonesia

22 Tempat Wisata di Sragen Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

4
22 Tempat Wisata di Sragen Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi
3 (60%) 1 vote

Tempat Wisata di Sragen Jawa Tengah – Sragen merupakan daerah yang masuk dalam kawasan Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Jawa Timur. Sragen dijuluki sebagai Bumi Sukowati yang mana dulunya nama ini digunakan dimasa Kerajaan Surakarta. Bukan hanya itu saja, namun daerah ini juga memiliki potensi wisata yang cukup baik. Mulai dari wisata alam, sejarah, buatan, hingga wisata kerajinan tangan. Dan berikut adalah beberapa destinasi tempat wisata di Sragen yang bisa anda kunjungi :

Pemandian Air Panas Bayanan

pemandian-air-panas-bayanan
by instagram @sri.hartono

Pemandian Air Panas Bayanan atau dikenal juga dengan Hyang Tirto Nirmolo ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan, pemandian air panas ini dipercaya oleh masyarakat sekitar dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal, rematik, menurunkan kolesterol, memulihkan kebugaran tubuh, memelihata kesegaran sendi dan otot, membuat awet muda, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu saja, adapun fasilitas yang tersedia di tempat ini seperti Taman rekreasi dan bermain anak, Kolam Memancing, Warung Makan, Hutan Wisata, dan lain sebagainya.

Lokasi : Desa Jambean, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen

Technopark Ganesha Sukowati Sragen

technopark-ganesha-sukowati-sragen
by instagram @tahaagusta

Ganesha Technopark adalah program pemerintah yang sengaja dibuat untuk memudahkan akses ke lembaga penelitian, professor dan siswa yang sudah lulus dalam membentuk proyek R&D maupun proyek-proyek lain dengan basis profit sharing. Dan dengan ini pemerintah berharap supaya kedepannya tidak ada lagi peneliti yang bingung karena akan dibantu dari segala segi seperti promosi, penemuan serta inovasi untuk bertransformasi menjadi sebuah produk, sistem maupun penelitian.

Lokasi : Jl. dr. Sutomo No. 5 Sragen

Museum Prasejarah Sangiran

museum-prasejarah-sangiran
by instagram @theyoungjibi

Museum tempat penemuan fosil Meganthropus Palaeojavanicus ini sekarang sudah memiliki banyak koleksi hingga 13.685. Dan karena banyaknya penemuan fosil itu tadi, tempat ini ditetepkan oleh WHO sebagai warisan budaya dunia. Jadi, museum ini cocok untuk study tour siswa-siswi di sekitar Sragen untuk mengenal sejarah peradaban manusia.

Kunjungi :  Nuansa Menakjubkan Puncak Kosakora Gunung Kidul

Lokasi : Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen.

gunung-tugel-gresi-sragen
Gunung Tugel Gresi, Sragen by instagram @izkykhadafvi

Taman Dayu Alam Asri Sragen

Wisata di Sragen

Taman yang dibangun dengan konsep wisata edukasi ini cocok untuk rekreasi bersama keluarga terutama anak-anak. Dan adapun lokasi yang menarik dari tempat ini adalah Mini Zoo atau kebun binatang kecil. Koleksi satwanya pun cukup lengkap meliputi Elang, Burung Merak, Rusa, Ular dan Kangguru. Di samping Mini Zoo terdapat juga taman lalu lintas yang mengajarkan kita khususnya anak-anak untuk mengenal tata tertib dana berlalu lintas di Jalan.

Adalagi area wisata agro atau pertanian yang sengaja dibuat untuk mengenalkan kita akan berbagai macam tanaman, sayuran, buah dan tumbuhan. Dan adapun wahana bermain anak yang memiliki sensasi lain yaitu Flying Fox diatas sungai Dayu.

Lokasi : Desa Dayu, Sragen

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainnya : 

20 Tempat Wisata di Temanggung Jawa Tengah Terpopuler
Rekomendasi 16 Tempat Wisata di Rembang Jawa Tengah
16 Tempat Wisata di Blora Jawa Tengah Terbaik

Waduk Kedung Ombo

waduk-kedung-ombo
by instagram @ronysatriya

Tempat wisata di Sragen yang berikutnya adalah Waduk Kedung Ombo. Waduk raksasa ini terdapat di dalam tiga kawasan yaitu Kabupaten Grobogan, Boyolali serta Sragen. Keberadaan dari Waduk ini sangat membantu dalam pembangunan di Indonesia. Seperti adanya pembangkit listrik yang berguna untuk masyarakat luas. Selain itu, adapaun air dari waduk Kedung Ombo juga bisa digunakan sebagai irigasi sampai ke wilayah-wilayah Demak, Kudus, Blora, Semarang, Jepara, Blora, Sragen, Boyolali dan Grobogan. Selain bertujuan sebagai pembangkit listrik dan irigasi, Waduk Kedung Ombo saat ini menjadi obyek wisata di Sragen yang populer. Bukan hanya melihat pemandangan eksotis saja, namun di Waduk Kedung Ombo ini anda bisa memancing atau mengitarinya dengan perahu motor.

Kunjungi :  Wisata Cantik Bukit Bintang Jogja Wonosari Malam Hari

Lokasi : Desa Ombo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan

Gunung Kemukus Sragen

gunung-kemukus-sragen
by instagram @pengeja.rindu

Gunung Kemukus yang merupakan peristirahatan terakhir Pangeran Samudro ini masuk dalam kategori wisata religi di Sragen yang dipercaya kalau anda berziarah kesana dapat mendatangkan rezeki berlimpah. Namun, adanya pemahaman yang salah, seiring berjalannya waktu, tempat ini menjadi lokasi mesum yang terkenal. Pemerintah Sragen tidak duduk diam dan terus berupaya keras mengurangi aktivitas ini dengan razia dan sosialisasi.

Lokasi : Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen

Sentral Batik Dewi Arum. Kliwonan Masaran Sragen

sentral-batik-dewi-arum-kliwonan-masaran-sragen
by instagram @verry_21vhiermansyah

Desa Wisata Batik ini menjadi wisata di Sragen yang menarik untuk dikunjungi. Selain sebagai sentra kerajinan batik, di tempat ini juga menyediakan homestay buat anda yang mau menginap. Disana anda bisa beraktifitas seperti jelajah desa, memancing, membatik, membuat kerajinan tanah liat hitam, fotografi, serta edukasi herbal.

Lokasi : Desa Wisata Batik Kliwon, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen

Kolam Renang Kartika Sragen

kolam-renang-kartika-sragen
by instagram @m.a.u.l.i.d.a_

Kolam Renang Kartika merupakan tempat wisata Sragen yang lokasinya dekat dengan Stadion Sepak Bola Sragen. Selain fasilitas yang lengkap, disini juga terapat kolam pemancingan untuk anda yang memiliki hobby mancing. Pengelolaannya cukup baik, sehingga kolam renang ini selalu ramai dikunjungi terutama ketika hari libur tiba.

Lokasi : Jalan Veteran, Kota Sragen

Makam Joko Tingkir Sragen

Makam Joko Tingkir Sragen

Sultan Hadiwijaya atau yang biasa dikenal dengan Joko Tingkir berkuasa pada masa 1550-1582. Seperti layaknya makam jawa lainnya, Makam Joko Tingkir ini juga sering ramai didatangi oleh peziarah dari berbagai kota. Dan ketika Hari Raya Idul Fitri tiba, ada tradisi Larung Joko Tingkir yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surakarta di Sungai Bengawan Solo. Dimulai dari Tempat Wisata Jurug sampai ke Desa Butuh Sragen.

Kunjungi :  Mbolang ke 16 Tempat Wisata di Demak dan Sekitarnya

Lokasi : Desa Butuh, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen

Wisata Alam Betisrejo

wisata-alam-bet
by instagram @adwindo.sragen

Tepat wisata di Sragen ini menyajikan alamnya yang indah dan sejuk. Desa Betis Rejo yang ditetapkan sebagai wisata organik ini kian mempesona. Bukan hanya hamparan sawah di perbukitan yang memanjakan mata kita, akan tetapi ada hal yang menarik disini yaitu anda bisa belajar mengolah pertanian secara organik tanpa campuran bahan-bahan kimia pada umumnya. Dan kalau anda menginap disini tidak perlu khawatir mencari penginapan karena sudah disediakan Homestay.

Nama Betis Rejo sendiri sebenarnya diambil dari tiga desa yang meliputi Desa Jambeyan, Jetis dan Sukorejo. Yang mana disini ada juga Pemandian air panas, pijit tradisional, tempe tradisional dan suaka margasatwa.

Lokasi : Desa Wisata ( Dewi ) Betisrejo, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen

Galeri Batik Sukowati dan Sentra Bisnis Batik Sragen

Galleri Batik Sukowati dan Sentra Bisnis Batik Sragen

Dua tempat ini menjadi pusat perbelanjaan dan Koleksi Batik Sragen. Selain terkenal ekonomis, disini juga seringkali diadakan Bazar untuk menarik pembeli. Yah, kalau soal harga memang sengaja dirancang ekonomis supaya terjangkau oleh semua kalangan. Dan kalau anda berkunjung ke Sragen, jangan lupa mampir kesini untuk membeli oleh-oleh khas Sragen.

Lokasi : Jl. Raya Sukowati No. 251 Sragen Tengah, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen

waduk-blimbing
Waduk Blimbing  by instagram @idwan_auliya
waduk-gebyar
Waduk Gebyar by instagram @eliajlarasati
kedung-grujug-miri-gemolong
Kedung Grujug Miri Gemolongby instagram @danarsibolang
kolam-renang-doeng-cuo
Kolam renang Doeng by instagram @isriadhi

Itu dia 11 tempat wisata di Sragen Jawa Tengah yang bisa anda jadikan referensi untuk berwisata. Jangan lupa ajak keluarga untuk mengelilingi Kota Sragen tercinta ini yah. Dan mampir juga ke tempat wisata di solo yang sudah kami ulas jauh-jauh hari sebelumnya.

4 Comments
  1. Julaiman says

    Bicara masalah sragen.. ane langsung inget mantan ane gan.. 😑.. ke inget dlu suka jalan jalan ke waduk gebyar hadeh…

  2. Musik For Life says

    Tempat pemandian air panasnya kayakny menarik.. kapan2 deh kesitu hhe. 😀

  3. Musik For Life says

    Wahh.. jadi pengen jalan2.. 😀

  4. MRX says

    Nice banget nih kota kelahiran

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */