Surganya Wisata Indonesia

18 Tempat Wisata di Sidoarjo Jawa Timur Terhits

1
18 Tempat Wisata di Sidoarjo Jawa Timur Terhits
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Sidoarjo Jawa Timur , Sidoarjo merupakan sebuah daerah yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan beribukota di Sidoarjo. Daerah ini berbatasan dengan Selat Madura di sebelah timur, Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya di sebelah utara, Kabupaten Mojokerto di sebelah barat serta Kabupaten Pasuruan di sebelah selatan. Sidoarjo termasuk ke dalam salah satu dari dua penyangga utama Kota Surabaya di samping Gresik. Sidoarjo juga termasuk telah mengalami perkembangan yang pesat terutama karena banyaknya potensi daerah yang dikembangkan dengan baik. Salah satunya adalah dari segi wisata. Banyak wisata Sidoarjo yang menarik serta wajib untuk kita kunjungi selama berada di sini.

Pulau Sarinah dan Tlocor

pulau-sarinah
Photo by @ayodolan

Tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo yang satu ini, sesuai namanya terletak di Kampung Tlocor, tepatnya di Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Pulau Sarinah ini sendiri terbentuk oleh sedimentasi Lumpur Lapindo. Lokasi ini justru bisa menarik minat wisatawan karena suasana hutan bakau di sekitarnya yang sejuk serta tenang. Pengunjung juga bisa menggunakan perahu guna menyusuri lokasi ini lebih jauh. Tersedia juga dermaga buatan agar perahu bisa merapat.

Pantai Kepetingan

Pantai ini merupakan salah satu dari beberapa objek wisata alam yang ada di Sidoarjo, tepatnya di Desa Sawoan, Kecamatan Buduran. Pengunjung harus menggunakan jalur laut untuk dapat mencapai Pantai Kepetingan. Masih belum banyak orang yang tahu bahwa tempat ini memiliki nuansa alam layaknya sungai di hutan pedalaman Kalimantan, dengan sejuknya hutan bakau serta merdunya kicauan burung.

Lumpur Lapindo

lumpur-lapindo
Photo by @lilishr_

Tempat ini sebenarnya merupakan bencana alam yang diawali dengan menyemburnya lumpur panas yang terdapat di lokasi pengeboran perusahaan Lapindo Brantas, Inc pada 2006 lalu. Semburan lumpur telah menenggelamkan beberapa kawasan perindustrian dan juga pemukiman di tiga kecamatan. Namun kini Lumpur Lapindo justru menjadi wisata Sidoarjo di mana pengunjung bisa melihat semburan lumpur berasap di bagian tengahnya. Namun pengunjung harus tetap berhati-hati karena lumpur masih dapat menyembur sewaktu-waktu.

Museum Mpu Tantular

museum-mpu
Photo by @qkierizkie

Berikutnya dalam daftar wisata Sidoarjo adalah Museum Mpu Tantular. Museum ini dapat kita kunjungi tepatnya di Jl. Raya Buduran. Luasnya sekitar tiga koma tiga hektar serta di dalamnya menyimpan berbagai peninggalan sejarah. Termasuk di antaranya adalah emas serta lukisan yang konon dibuat pada abad empat belas. Museum Mpu Tantular sekaligus dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan aneka kebudayaan yang dimiliki negara kita pada para generasi penerus. Koleksi lain yang disimpan di museum ini selain emas dan lukisan adalah numismatik, etnografi hingga geologi dan biologi.

Kunjungi :  5 Pantai di Jakarta yang Lagi Ngehits Dikunjungi

Candi Pari

candi-pari
Photo by @media_sidoarjo

Candi ini memiliki bentuk segi empat serta terbuat dari batu bata. Lokasinya sendiri ada di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong dan hanya beberapa kilometer saja dari pusat semburan lumpur. Candi Pari konon merupakan sebuah peninggalan sejarah dari masa Majapahit terutama pada masa kepemimpinan dari Hayam Wuruk. Pengunjung akan dibawa untuk melihat nuansa religi dari agama Hindu termasuk beragam arca Agastya, arca Siwa Mahadewa serta arca Ganesha. Pengunjung juga dapat belajar sejarah di sini sehingga cocok sebagai wisata keluarga terutama untuk anak-anak.

Makam Putri Ayu Sekar Dadu

Lokasinya ada di Dusun Kepetingan, Desa Sawoan, Kecamatan Buduran. Makam Putri Ayu Sekar Dadu sekaligus merupakan sebuah lokasi wisata ziarah yang tergolong sangat sakral. Putri Ayu Sekar Dadu sendiri adalah putri Raja Blambangan dan banyak orang percaya bahwa beliau adalah ibu Sunan Giri. Apabila ritual nyadran telah selesai, masyarakat setempat umumnya akan berziarah ke makam ini. Makam Putri Ayu Sekar Dadu juga menjadi lokasi wisata rohani yang terkenal.

Delta Fishing

delta-fishing
Photo by @danu.ditri.pratama

Tempat ini merupakan wahana pemancingan yang disatukan dengan rekreasi untuk keluarga. Lokasi tepatnya ada di Desa Prasung, Kecamatan Buduran. Di samping wahana pemancingan, Delta Fishing juga menyediakan aneka wahana permainan seperti flying fox, kolam renang, outbond, sepeda air dan banyak lagi. Ikan-ikan yang bisa dipancing di antaranya adalah gurami, bawal hingga mujahir. Tersedia juga kolam renang khusus agar pengunjung bisa berenang di dalamnya. Lokasi pemancingan ini merupakan wisata keluarga lengkap yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga.

Sungai Porong

sungai-porong
Photo by @ferrynlangelo

Termasuk dalam wisata alam Sidoarjo adalah Sungai Porong yang ada di Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo selatan. Kegiatan yang bisa dilakukan di sini antara lain adalah menyusuri sepanjang Sungai Porong sampai ke bagian muara di mana kita akan melihat Pulau Sarinah yang merupakan hasil dari sedimentasi Lumpur Lapindo. Bahkan di pulau ini, pengunjung bisa menikmati matahari terbit serta matahari terbenam. Banyak juga warga lokal yang menghabiskan waktu di sini untuk memancing.

Kolam Pemancingan Sedati

Lalu ada lagi Kolam Pemancingan Sedati yang terletak di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati. Sesuai namanya, tempat ini adalah sebuah tempat pemancingan yang menyediakan berbagai jenis ikan, mulai dari gurame, tombro, patin dan lain-lain. Kolam Pemancingan Sedati juga telah menyediakan aneka alat pancing dan juga umpannya. Tidak hanya itu, kegiatan lain yang bisa dilakukan pengunjung di Kolam Pemancingan Sedati adalah mengolah langsung hasil pancingan hingga menjadi hidangan segar siap santap. Ini menjadikan Kolam Pemancingan Sedati sebagai wisata kuliner Sidoarjo yang menarik.

Kunjungi :  Panjat Tebing dan Camping di Pantai Siung Gunung Kidul

Kampung Batik Jetis

kampung-batik-jetis
Photo by @ree_dwiyoto

Mencari wisata budaya sekaligus wisata belanja di Sidoarjo? Maka datanglah ke Kampung Batik Jetis. Wisata Sidoarjo Jawa Timur yang satu ini dapat kita temukan di Jl. Diponegoro. Batik dengan motif burung merak sendiri merupakan batik khas dari Sidoarjo. Lokasinya sendiri bisa dengan mudah kita temukan karena berada di pusat kota Sidoarjo. Di gapura masuknya juga terdapat tulisan Kampung Batik Jetis dalam ukuran besar sehingga mempermudah wisatawan dalam menemukan dan menuju tempat ini. Hasil karya batik dapat dengan mudah ditemukan dijual oleh warga dengan harga yang bervariasi. Di samping belanja batik, pengunjung juga dapat melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan batik dengan cara melukisnya di atas kain. Dapat disimpulkan bahwa Kampung Batik Jetis bukan hanya sekedar wisata belanja tapi juga wisata budaya.

Sentra Tas Tanggulangin Sidoarjo

Wisata Sidoarjo Jatim yang satu ini adalah pusat untuk penjualan tas wanita. Tas wanita yang diproduksi di Sentra Tas Tanggulangin tidak hanya untuk dipasarkan di dalam negeri tapi juga diekspor ke luar negeri. Model dari tas yang diproduksi di Sentra Tas Tanggulangin memang menarik dan bahan pembuatannya juga terbilang awet. Pengunjung domestik tidak perlu merasa takut terhadap harga yang dipasang karena harga untuk wisatawan lokal akan sangat bersahabat. Lokasi Sentra Tas Tanggulangin ini tepatnya ada di Jl. Desa Kludan. Di sana tidak hanya terdapat satu atau dua kios yang menjual tas, tapi sepanjang jalan terdapat aneka toko yang menjual tas-tas produksi sendiri. Harga yang bersaing dan kualitas yang sepadan membuat Sentra Tas Tanggulangin ini menjadi lokasi wisata yang harus dikunjungi, terutama oleh wanita yang gemar mengoleksi tas. Produsen tas di Tanggulangin ini salah satunya adalah Intako yang telah memenuhi standar kualitas untuk tas di dunia, sehingga peminatnya pun berdatangan dari mancanegara.

Kampung Sepatu Krian Sidoarjo

Selain sentra tas, ada juga kampung sepatu dengan nama Kampung Sepatu Krian Sidoarjo. Sesuai namanya, di sini pengunjung bisa mendapatkan aneka sepatu dan juga sandal sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kampung ini sendiri terletak di Kelurahan Masangan. Kampung Sepatu Krian juga merupakan lokasi wisata yang bersejarah sehingga sayang apabila dilewatkan. Sepatu asli buatan Sidoarjo ini memiliki kualitas terbaik sehingga dapat disamakan dengan Cibaduyut di Bandung.

Kunjungi :  Lokasi Dan Rute Jalan Menuju Hutan Pinus Mangunan

Ritual Nyadran Kepetingan

Destinasi wisata Sidoarjo berikutnya terkait wisata budaya adalah ritual Nyadran Kepetingan. Ritual ini berupa sedekah laut yang digelar untuk mensyukuri melimpahnya ikan di laut Sidoarjo. Nyadran semakin semarak apabila dilakukan dengan menggunakan iring-iringan perahu serta tabuhan gamelan menuju Pantai Kepetingan pada pagi hari. Ritual Nyadran ini juga umum dilakukan pada libur panjang sehingga akan menjadi momen yang pas untuk wisatawan yang hendak menikmati pengalaman wisata budaya ini. Nyadran biasanya dilakukan tiap bulan ruwah atau kira-kira satu minggu menjelang bulan puasa. Nyadran biasa dilakukan oleh masyarakat Desa Balongbendo. Kegiatan Nyadran ini berupa sebuah pesta peragaan yaitu cara mengambil kupang yang ada di tengah laut. Puncak pesta adalah pada malam hari yaitu pada tengah malam.

Monumen Sidoarjo

monumen-sidoarjo
Photo by @akmaleka24

Wisata berikutnya yang dapat kita temukan di Sidoarjo adalah Monumen Sidoarjo. Monumen ini dapat kita temukan di Alun-alun Sidoarjo, di mana terdapat pula pepohonan raksasa yang rimbun serta teduh. Monumen Sidoarjo memiliki logo udang serta bandeng raksasa. Landmark kota yang satu ini semakin lengkap berkat hadirnya Masjid Agung Sidoarjo serta beberapa bangunan kuno yang berfungsi sebagai bank serta kantor pemerintahan. Salah satu alasan mengapa pengunjung harus menuju ke Monumen Sidoarjo ini terutama adalah karena banyaknya pusat jajanan yang ada di alun-alun. Tak sedikit juga masyarakat setempat yang memanfaatkannya untuk bersepeda serta jogging.

Sun City Waterpark

sun-city-waterpark
photo by @m_dery_atharafi

Sun City Waterpark. Tempat ini adalah taman bermain air yang telah berdiri sejak tahun 2004. Lokasinya ada di Jl. Pahlawan Sidoarjo. Sama seperti waterpark pada umumnya, Sun City Waterpark juga menyediakan aneka wahana permainan seperti waterboom, flying fox, outbound dan lain sebagainya. Wahana permainan serta fasilitas yang ada di dalamnya sudah terbilang cukup lengkap. Perkembangan dari objek wisata yang satu ini juga terbilang cukup pesat karena beberapa tambahan fasilitas baru telah diadakan, di antaranya adalah life guard, medical center hingga panggung hiburan. Sementara untuk wahana air yang menjadi daya tarik utamanya sendiri juga tidak kalah menarik berkat waterboom serta dragon sliding.

Demikian adalah beberapa objek wisata Sidoarjo Jawa Timur yang dapat kita kunjungi. Objek wisata di atas terbilang lengkap dan bervariasi, mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata budaya hingga wisata belanja dan wisata kuliner. Kita bisa berlibur bersama keluarga untuk menikmati aneka tempat wisata di Sidoarjo Jatim.

Taman Abhirama

taman-abhirama
Photo by @olshop_by_ilham

1 Comment
  1. Service AC Panggilan Surabaya says

    bagus banget min yang nomor 1 , jadi pengen kesana heheh thanks info wisatanya min.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */