19 Tempat Wisata Menarik di Samarinda Kalimantan Timur

0

Tempat Wisata di Samarinda – Samarinda adalah ibukota provinsi Kalimantan Timur yang merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Meskipun kota ini belum begitu terkenal di penjuru Nusantara, namun keindahan kota ini tak dapat dipandang sebelah mata. Kota ini memiliki keindahan alam yang eksotis yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata menarik dan patut untuk dikunjungi. Anda dapat menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga tercinta ke tempat wisata menarik di Samarinda.

Berikut ini akan kami paparkan beberapa tempat wisata di Samarinda Kaltim yang dapat dijadikan alternative untuk menikmati liburan anda bersama keluarga besar anda, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pulau Beras Basah

pulau-beras-basah
by instagram @afiqranee

Tempat wisata Samarinda pertama akan kita mulai dengan Pulau Beras Basah. Objek wisata ini menonjolkan pemandangan pantai dan laut yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Pulau ini berada di Bontang, Kalimantan Timur. Lebih tepatnya tempat ini berada di Selat Makassar.

Pulau Beras Basah menyuguhkan pemandangan khas Pantai Timur Indonesia. Di sini anda dapat menikmati hamparan air laut berwarna biru dengan suasana ombak yang tenang ditambah dengan keadaan pasir pantai putih seputih beras.

Konon kabarnya tempat wisata pantai di Samarinda ini diberi nama Pulau Beras Basah karena pada zaman dahulu ada kapal yang berlabuh di pulau ini dengan membawa muatan beras. Karena cuaca yang buruk, kapal tersebut tidak berani mengambil resiko dan beras-beras tersebut diturunkan di pulau ini. Lalu beras-beras tersebut basah karena terkena ombak, sehingga jadilah nama Pulau Beras Merah.

Untuk dapat mencapai lokasi wisata Samarinda ini, anda harus menemuh perjalanan selama 3 jam dari kota Samarinda. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena rasa lelah anda akan terbayar saat anda telah tiba di pulau ini. Keindahan alam yang ada di sini sekietika akan mampu membuat rasa lelah anda hilang seperti dihembus angin segar yang ada di sini.

Kunjungi :  Air Terjun Kali Pancur, Masterpiece Alam yang Mempesona

Salah satu ciri khas yang menonjol dari pulau ini adalah adanya mercusuar yang tidak diketahui kapan dibuatnya. Sayangnya mercusuar tersebut sudah tidak dapat dipakai lagi. Di wisata Samarinda Kalimantan Timur ini, selain mendapatkan pemandangan air laut yang biru serta pasir putih, anda juga disuguhkan dengan pemandangan bawah laut yang mempesona.

Kebun Raya Unmul Samarinda

kebun-raya-unmul-samarinda
by instagram @sugi_irfan.iffa

Salah satu objek wisata yang dibuat oleh manusia yang ada di Samarinda adalah Kebun Raya Unmul Samarinda. Kebun raya ini dibuat oleh hasil kreatifitas manusia. Unmul maksudnya adalah Universitas Muawarman yang sebenarnya awal mula pembuatan kebun raya ini bukan sebagai objek wisata, namun kebun ini dibuat dengan maksud sebagai hutan pendidikan milik Universitas Muawarman yang sekarang telah dibuka untuk umum.

Di kawasan sekitar Kebun Raya Unmul Samarinda terdapat sebuah danau yang berukuran besar. pengunjung dapat mengelilingi danau ini dengan menggunakan perahu. Jika tidak ingin mengelilingi danau ini, anda bisa mengellilingi kebun raya ini dengan menggunakan andong. Kebun raya Unmul Samarinda ini dilengkapi dengan kebun binatang mini yang berisi aneka binatang beserta museum kayu yang memberikan berbagai informasi tentang berbagai jenis kayu yang ada di Kalimantan.

Berminat untuk mengunjungi wisata Samarinda Kota ini? Tempat ini dibuka setiap hari, kecuali pada hari jumat. Jadwal buka mulai pukul 09.00 – 16.00. Kebun Raya Unmul Samarinda sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga.

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Saat anda membaca kata Lembah, mungkin yang anda bayangkan adalah kenampakan alam yang berupa dataran rendah dengan keadaan tanah yang subur yang ditumbuhi berbagai tumbuhan serta hewan yang ada di sana. Namun berbeda dengan wisata kota Samarinda satu ini, dimana Taman Rekreasi Lembah Hijau ini adalah tempat rekreasi buatan manusia.

Kunjungi :  Instagramable 23 Tempat Wisata di Grobogan Jawa Tengah

Tempat wisata ini letaknya tidak jauh dari Kebun Raya Unmul Samarinda. Tempat ini tepat berada di Samarinda-Bontang Km 15. Tempat ini menyuguhkan berbagai fasilitas seperti camping ground, flying fox, kolam renang, serta area bermain untuk anak-anak, replika hutan, gazebo untuk tempat istirahat, serta kolam pancing dan kafetaria.

Setelah lelah beraktifitas, anda dapat beristirahat dan duduk santai di gazebo yang telah tersedia. Sambil duduk nyantai, anda dapat menikmati aneka wisata kuliner Samarinda yang telah tersedia di Kafetaria. Kolam renang yang ada di sini dilengkapi dengan water boom yang memiliki fasilitas seluncur air, sehingga anak-anak lebih dapat menikmati fasilitas di taman rekreasi ini. Di tambah lagi dengan fasilitas air byur, yaitu berupa ember raksasa yang diisi air penuh kemudian ditumpahkan ke pengunjung. Wahana ini sangat mengasyikan bagi anda yang berlibur bersama keluarga.

Air Terjun Tanah Merah

air-terjun-tanah-merah
by instagram @wsr_17

Air Terjun Tanah Merah merupakan sebuah wisata alam yang berupa air terjun. Tempat ini berlokasi di Dusun Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara. Lebih tepatnya pada rasiud 14 km dari pusat kota Samarinda.

Tempat wisata air di Samarinda Tanah Merah tergolong unik karena air yang dihasilkan sangat jernih, namun ketika airnya sampai di bawah akan berubah warna menjadi keruh dan berwarna kemerah-merahan. Hal ini dikarenakan tanah yang ada di sini termasuk jenis tanah gambut. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

Untuk dapat menjangkau wisata samarinda balikpapan ini, anda hanya perlu menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan umum, yaitu dengan naik angkot jurusan Pasar Segiri sampai Sungai Siring. Karena lokasi yang mudah dijangkau dan menampilkan tempat yang indah membuat banyak pengunjung memilih tempat ini sebagai tempat untuk berlibur, terutama pada akhir pekan.

Kunjungi :  21 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

Penangkaran Buaya

penangkaran-buaya-samarinda
by instagram @nis_saaa

Tempat wisata di samarinda dan balikpapan berikutnya yang tak banyak ditemukan adalah Penangkaran Buaya. Tempat ini banyak memberikan info ilmu pengetahuan dan suatu pelajaran yang baru tentang satwa predator yang satu ini.

Penangkaran buaya berlokasi di Desa Pulau Atas, Kelurahan Makroman, Kecamatan Palaran. Tepatnya tempat ini berada pada radius 17 km dari pusat kota Samarinda. Tempat ini dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Tempat penangkaran ini memiliki lahan seluas 7 hektar. Di tempat penangkaran buaya ini terdapat penangkaran dengan jenis 3 buaya, yaitu buaya siam, buaya sepit, dan buaya muara. Jika anda ingin melihat banyak buaya serta penasaran untuk mengetahui informasi tentang 3 jenis buaya ini, anda dapat langsung datang ke tempat wisata yang satu ini.

Demikianlah 5 tempat wisata di Samarinda seberang, dimana setiap objek wisata tersebut menyuguhkan berbagai kenampakanalam sampai pada kenampakan buatan yang tentunya memiliki manfaat dan daya tarik masing-masing. Bagi anda yang sedang berada di Samarinda, tak ada salahnya anda mencoba salah satu atau beberapa tempat wisata di atas yang dapat anda jadikan sebagai objek wisata saat anda ingin menikmati masa-masa liburan anda bersama keluarga. dengan berlibur bersama keluarga akan menambah rasa keakraban dan kasih sayang anda bersama keluarga.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */