Rekomendasi 20 Tempat Wisata di Rembang Jawa Tengah

0

Tempat Wisata di Rembang Jawa Tengah  – Rembang merupakan daerah yang masuk dalam kawasan Jawa Tengah yang letaknya di Utara Timur Provinsi dan berbatasan langsung dengan Jawa Timur. Rembang ini selain digunakan sebagai jalur Pantura, juga terkenal akan tempat pengabdian R.A. Kartini dan penyebar islam Sunan Bonang. Bukan hanya itu saja, namun di daerah ini juga terdapat beberapa destinasi wisata yang mengagumkan.

Berikut adalah daftar tempat wisata di Rembang yang wajib untuk anda kunjungi :

Makam Raden Ajeng Kartini

makam-raden-ajeng-kartini
by instagram @maraszonastella

Pahlawan wanita yang satu ini memanglah terkenal di seluruh Indonesia karena jasa-jasanya memperjuangkan emansipasi wanita. R.A. Kartini yang lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879 ini meninggal pada usia 25 tahun dan dimakamkan di Rembang. Banyak peziarah yang datang ke Makam Raden Ajeng Kartini ini untuk melihat bukti sejarah.

Lokasi : Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang

Museum Kamar Pengabdian R.A. Kartini

museum-kamar-pengabdian-r-a-kartini
by instagram @erlinda_nk

Selain Makam Raden Ajeng Kartini yang berada di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, di Pusat Rembang juga terdapat museum yang bernama Museum Kamar Pengabdian R.A. Kartini. Tempat ini biasanya digunakan sebagai tujuan sudy tour pelajar di Indonesia untuk mengenal sejarah. Dan di tempat ini pula anda akan menemukan tulisan asli dari goresan tangan Kartini.

Lokasi : Jl. Gatot Subroto No. 8 di Pusat Kota Rembang

Buka : Selasa – Minggu | 08.00 – 17.00

 Petilasan Sunan Bonang Lasem

petilasan-sunan-bonang-lasem
by instagram @hamzahnata

Tempat wisata di Rembang yang berikutnya adalah petilasan Sunan Bonang yang diyakini sama warga sekitar kalau dulunya tempat ini dijadikan sebagai peristirahatan Sunan Bonang. Sunan Bonang yang memiliki nama asli Raden Maulana Makdum Ibrahim ini adalah salah satu dari Walisongo yang terkenal akan dakwahnya dalam menyebarkan islam di Indonesia. Dan wisata religi yang satu ini tidak pernah sepi oleh peziarah seperti di Makan Sunan Bonang Tuban dan Makam Tebu Ireng.

Kunjungi :  Pantai Marina Semarang, Spot Terbaik Menyaksikan Sunset

Lokasi : Bonang, Lasem, Rembang

Wisata Sejarah Lasem

wisata-sejarah-lasem
by instagram @ipinipiin

Kecamatan Lasem terletak di Timur Kota Rembang.  Kota ini terbilang unik dan mendapatkan julukan Tingkok kecil karena dulunya kawasan ini digunakan sebagai pendaratan pertama etnis Tionghoa di Pulau Jawa. Peninggalan sejarah di Lasem sampai saat ini masih nampak jelas dan terjaga keasliannya. Dan selain itu, di Lasem juga tersebar banyak perkampungan Tinghoa. Namun seiring berjalannya waktu, kecamatan Lasem ini juga dipengaruhi oleh perkembangan Islam dan menjadikan Lasem dijuluki sebagai Kota Santri. Adapun Pondok Pesantren yang berkembang di Lasem yaitu dibawah pimpinan Sayid Abdurrahman Basyaiban, KH. Baidhowi, KH. Maksum, KH. Khalil, Kh. Masduki, dll.

Pantai Dampo Awang Rembang

pantai-dampo-awang-rembang
by instagram @annisadewi96

Pantai Dampo Awang  yang berada di Jantung Kota Rembang ini dulunya bernama Taman Rekreasi Pantai Kartini. Diganti karena biar tidak sama dengan pantai yang ada di Jepara. Di Pantai ini ada beberapa wahana bermain yang bisa anda coba seperti Flying Fox, taman bermain anak serta perahu wisata.

Lokasi : Rembang, Lasem, Jawa Tengah

Pantai Karang Jahe Rembang

pantai-karang-jahe-rembang
by instagram @munja_304

Tergolong sebagai wisata terbaru di Rembang, pantai Karang Jahe akhir-akhir ini menjadi primadona dan buah bibir netizen. Yah, dari namanya sendiri memang cukup aneh didengar. Bukan karena berada di wilayah yang bernama Karang Jahe, tapi penamaan ini diberikan karena banyak serpihan karang yang berbentuk seperti jahe. Pemandangannya sangat indah karena terbentang pasir putih yang sangat bersih.

Lokasi  : Punjulharjo, Lasem, Rembang

Pantai Caruban Lasem

pantai-caruban-lasem
by instagram @a.darmawan10

Pantai Caruban yang sama dengan Pantai Karang Jahe berlokasikan di kecamatan Lasem ini masih sepi akan pengunjung karena kurangnya sentuhan pengembangan fasilitas. Namun kalau anda berkunjung kesini, anda dapat bermain bebas karena arenya yang begitu panjang dan luas.

Lokasi : Gedongmulyo, Lasem, Rembang

Pantai Jatisari Lasem

pantai-jatisari-lasem
by instagram @sandydnc

Selain Pantai Karang Jati, Dampo Awang, dan Caruban, Rembang juga memiliki Pantai yang tidak kalah menariknya yaitu Pantai Jatisari. Pasir putih yang membentang serta bebatuan ditepian pantai menjadikan Pantai Jatisari ini masih terlihat alami. Dan satu hal yang menjadikan pantai ini istimewa adalah sunrisenya. Jadi, kalau anda sedang berada di Rembang dan mau merasakan sensasi Matahari terbit maka datanglah ke Pantai Jatisari.

Kunjungi :  5 Pantai di Jakarta yang Lagi Ngehits Dikunjungi

Lokasi : Kecamatan Sluke, Rembang

Pantai Binangun

pantai-binangun
by instagram @yovinda_pratama

Pantai yang satu ini berbeda dengan tempat wisata Rembang lainnya karena berlokasikan tepat di pinggir jalan raya. Yah, kalau anda melintasi jalur Lasem – Rembang maka anda akan melihat pemandangan yang indah disini. Lokasinya berdekatan dengan Petilasan Sunan Bonan. Dan rencananya, pantai ini sedang dikembangkan dan ditambah beberapa fasilitas seperti hotel, restaurant dan Rest Area.

Lokasi : Jalan Lasem – Rembang

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Timur Lainnya : 

Ini Dia 16+ Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur Terpopuler
Rekomendasi 18 Tempat Wisata di Jombang dan Sekitarnya
20 Tempat Wisata Terpopuler di Tuban Jawa Timur
16 Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur Ngehitz !!

Wana Wisata Kartini Mantingan

pak.yanah.pesva
by instagram @pak.yanah.pesva

Kalau anda menyukai wisata yang berdekatan dengan alam maka Wana Wisata Kartini Mantingan ini cocok untuk dikunjungi. Letaknya dekat dengan Makam Raden Ajeng Kartini dan jauh dari perkotaan atau Pusat Kota Rembang. Dan yang menarik disini adalah Hutan Wisatanya. Bukan hanya itu saja, disini juga terdapat berbagai fasilitas seperti taman bermain anak.

Lokasi : Desan Mantingan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang

Karangsari Park Rembang

karangsari-park-rembang
by instagram @andriyantobayu

Selain terkenal akan pantainya, Kota Rembang juga memiliki bumi perkemahan yang berlokasikan di Karangsari Park. Bumi Perkemahan ini dikelola oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Rembang dan diakui sebagai bumi perkemahan terbesar yang ada di Kabupaten Rembang.

Dan adapun event besar yang diadakan disini seperti Upacara HUT Pramuka Tingkat Jawa Tengah Tahun 2003 dan Jambore Daerah XII Kwartir Daerah Jawa Tengah Thaun 2007.

Lokasi : Desa Karangsari, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang

Puncak Argopuro Lasem

puncak-argopuro-lasem
by instagram @nursadi12

Argopuro merupakan gunung yang berada di Kabupaten Rembang. Gunung yang mempunyai ketinggian 806 MDPL ini menjadi pilihan pecinta alam ketika hari libur atau tahun baru tiba. Meskipun terbilang pendek, untuk mencapai puncak Gunugn Argopuro, dibutuhkan waktu 2,5 jam atau kalau sudah profesional bisa dicapai dengan waktu 1 jam saja.

Kunjungi :  14 Tempat Ngopi Romantis di Jogja 24 Jam

Jalur Pendakian : Desa Ngroto, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang

Taman Wisata Alam Sumber Semen

taman-wisata-alam-sumber-semen-2
by instagram @rizkiya_eka

Taman Wisata Alam Sumber Semen ini masih terbilang sepi atau belum banyak dilirik oleh wisatawan Indonesia. Dari segi fasilitas sendiri, tempat ini memang masih membutuhkan pembenahan dan pengembangan yang ektra supaya dapat menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain di Karangsari Park, di tempat ini juga seringkali digunakan sebagai Bumi Perkemahan.

Dan Taman Wisata Alam Sumber Semen ini memiliki beragam koleksi flora dan fauna yang sampai saat ini terpelihara dengan baik. Adapun koleksi Floranya yaitu Jati, Mahoni, Miri, Kepel dan Kesemek. Sedangkan untuk koleksi faunanya yaitu Kutilang, Ayam Hutan, Kacer dan Lutung.

Hutan Mangrove Rembang

hutan-mangrove-rembang
by instagram @yassiniar

Selain pantai yang begitu indah, di Rembang juga terdapat Hutan Mangrove yang awalnya berfungsi sebagai penangkal abrasi laut pada bibir pantai. Dan bukan hanya itu saja, kini Hutan Mangrove Pasarbanggi juga difungsikan sebagai wisata bahari yang ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik.

Lokasi : Desa Pasarwangi, Rembang

Tiket : Rp. 2.000

Embung Lodan Rembang

embung-lodan-rembang
by instagram @elesyudi

Embung Lodan yang memiliki fungsi sebagai irigasi kini juga berfungsi ganda sebagai tempat wisata yang sering dikunjungi warga sekitar terutama warga sarang. Selain itu, lokasi Embung yang dikelilingi oleh bukit menjadikan kawasan ini memiliki pemandangan yang indah dan cocok buat wisata keluarga di Rembang.

Lokasi : Lodan Wetan, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */