Surganya Wisata Indonesia

11 Tempat Wisata di Raja Ampat Papua Barat yang Menakjubkan

2

Tempat Wisata di Raja Ampat – Mendengar kata Raja Ampat, kita selalu teringat dengan objek wisata. Ya, Raja Ampat memang terkenal dengan objek wisata yang sangat terkenal dan menjadi salah satu objek wisata terbaik di Indonesia. Saat anda datang ke Raja Ampat, kami jamin anda akan terkagum dan akan sulit merupakan moment menyaksikan langsung keindahan alam yang begitu indah. Objek wisata Raja Ampang semuanya sungguh luar biasa. Hal ini dapat dibuktikan banyaknya wisatawan yang rela datang jauh-jauh ke Raja Ampat untuk menyaksikan langsung objek wisatanya. Para wisatawan tersebut ada yang berasal dari Indonesia bahkan sampai mancanagera. Mereka rela datang jauh-jauh ke sini untuk menikmati keindahan alamnya. Pengunjung yang datang ke sini tidak hanya sekali saja, bahkan bisa berkali-kali karena tempat wisata di Raja Ampat ini seperti menghipnotis kita dengan keindahannya yang membuat kita ketagihan untuk terus mengunjunginya.

Bagi anda yang belum pernah datang ke tempat ini, tidak ada salahnya anda membaca artikel ini untuk mengetahui terlebih dahulu tempat wisata di Raja Ampat Papua. Barulah saat anda berkesempatan untuk datang ke Raja Ampat, anda dapat langsung memilih tempat wisata sesuai dengan keinginan.

Berikut ini daftar tempat wisata di Pulau Raja Ampat yang sayang terlewatkan:

Kepulauan Wayag

kepulauan-wayag
Instagram by @bolang_ascod

Kepulauan Wayag terletak di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Untuk dapat menuju tempat yang sangat menakjubkan ini, anda dapat mengaksesnya dari Sorong menuju Kepulauan Wayag yang memerlukan waktu sekitar 6 jam perjalanan. Biaya wisata Raja Ampat untuk menyewa kapal ini dipatok tarif Rp. 6.000.000,- Waw, sungguh perjalanan yang menguras kantong! Akan tetapi, uang yang anda keluarkan tidak akan pernah anda sesali karena begitu anda sampai di Pulau Wayag, anda akan melihat pesona keindahan Raja Ampat.

Kunjungi :  54 Tempat Wisata di Bogor Yang Wajib Dikunjungi

Di sana akan nampak gugusan pulau-pulau kecil, dimana pulau-pulau kecil tersebut merupakan pulau-pulau karang yang ditumbuhi pepohonan. Saat anda datang ke sini dan berjalan-jalan dengan menggunakan kapal, hamparan air laut kebiru-biruan dengan paduan warna hijau dari pulau-pulau kecil akan membuat anda tak bosan-bosannya memandang.

Uniknya, saking jernihnya airnya sehingga anda dapat melihat dengan jelas ikan-ikan hidup bebas berenang di dalam air serta terumbu karang yang tumbuh dengan subur. Keadaan alam kepulauan Wayag masih sangat asri serta keindahan dan kebersihannya sangat terjaga.

Satu tempat wisata Raja Ampat Papua Barat yang wajib dikunjungi pada kawasan ini adalah Pulau Karang. Di sini anda diajak bukan untuk melihat pemandangan bawah laut, tapi untuk anda ditantang mendaki puncak sebuah pulau unik yang memiliki kemiringan 90 derajat dan akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai di puncaknya. Tentunya akan sangat menguras fisik dan stamina anda.

Dari puncak tersebut sebuah pemandangan Raja Ampat mampu membius anda untuk selalu memandang keindahannya yang selama ini mungkin hanya anda lihat dari televisi atau majalah saja.Kepulauan Wayag merupakan salah satu wisata yang sangat terkenal dan diminati oleh para wisatawan.

Perairan Pulau Misool

perairan-pulau-misool
Instagram by @indonesiatropic

Pulau Misool merupakan satu dari empat pulau terbesar di Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Pulau Misol berbatasan dengan Laut Seram dan perairan lepas yang menjadi jalur lintas hewan besar seperti ikan paus.

Anda dapat menikmati keindahan Pulau Misool tanpa harus berbagi dengan banyak orang, karena tempat ini sejatinya tak berpenghuni. Keindahan sepanjang wilayah pulau Misool sungguh tak dapat diragukan lagi. Bagaimana tidak, pada bagian barat dan timur terbentang sederetan pulau batu karang.

Kunjungi :  25 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Paling Menarik

Keindahan pemandangan bawah laut di Pulau Misool sudah dirasakan walaupun anda belum mencebur ke dalam airnya sekalipun. Air di sini sangat bening dan berwarna turquoise sungguh snagat mempesona. Pulau yang nyaris tak disentuh manusia ini menghampar pasir putihnya disepanjang pesisir pantai yang dikelilingi pohon hutan tropis dan mangrove yang hijau permai.

Uniknya, perairan tempat wisata di Raja Ampat Pulau Misool ini , airnya menampakan warna blue water Mangrove yang di dalamnya hidup berbagai jenis ikan. Keadaan blue water Mangrove dikarenakan akar-akar pohon bakau bertemu dengan titik dimulainya terumbu karang tumbuh. Bahkan beberapa pohon bakau ditempeli terumbu karang. Usut punya usut, Pulau Misool mulai terkenal saat seorang jurnalis mengabadikan fotonya dengan menampakan keindahan bawah air.

Stasiun Pencucian Pari Manta

stasiun-pencucian-pari-manta
Instagram by @fianbkl

Tempat wisata Raja Ampat ini memiliki nama yang unik. Bahkan bisa jadi anda menjadi penasaran! Sebenarnya ini hanyalah sebuah istilah dari aktifitas ikan pari manta yang pesolek. Taukah anda kenapa disebut pesolek? Hal ini dikarenakan ikan ini sanggup menghabiskan waktunya berjam-jam hanya untuk membersihkan diri. Tidak hanya manusia saja rupanya ya yang bisa menghabiskan waktu lama untuk bersolek. Hehehe..

Uniknya, yang memersihkan diri bukanlah ikan pari sendiri, akan tetapi ada petugasnya berupa ikan-ikan kecil, seperti tim pencuci mobil. Jadi satu pari manta selesai dibersihkan, gerombolan ikan kecil ini akan berpindah tempat untuk membersihkan ikan pari manta lainnya dengan sabar menunggu antrian.

Coba anda bayangkan, bagaimana uniknya pemandangan langka ini. Saat anda menyaksikan langsung kegiatan ikan-ikan pari bersolek, ikan pari dengan lebar 5 meter ini melayang-layang di atas kepala anda untuk menunggu antrian untuk dibersihkan oleh ikan-ikan kecil layaknya pasukan angelfish yang tak kenal lelah dan pamrih dan menjalankan tugasnya.

Kunjungi :  Pancaran Cahaya Goa Jomblang Gunung Kidul

Kegiatan bersolek ini memiliki manfaat luar biasa, yaitu menghilangkan parasit yang tumbuh di tubuh serta membersihkan luka-luka agar tidak menjadi infeksi. Kegiatan seperi ini menjadi pemandangan yang langka untuk anda jumpai.

Di Waigeo terdapat 2 salon kecantikan ikan pari. Tapi ingat, anda harus meminjam tali berkait untuk mengaitkan tubuh ke hardcolar demi menjaga keamanan dan keselamatan anda saat menyaksikan adegan langka ini. Hal ini dikarenakan di sekitar perairan ini memiliki arus yang cukup deras. Anda juga akan memerlukan guide untuk mengantar ke salon ini, karena kalau anda belum tau cara menaklukan ikan-ikan tersebut, mereka akan kabur.

Pulau Salawati

pulau-salawati
Instagram by @_gwen_shop_

Perairan di sekitar pulau Salawati menjadi saksi dahsyatnya perang dunia ke dua. Di kawasan Raja Ampat, tepatnya perairan Salawati banyak ceceran kapal laut dan pesawat yang tenggelam di perairannya, seperti Shinwa Maru, pesawat P40, mesin-mesin korban PD II, dan masih banyak lagi yang kini terus mendarat di dasar laut ini.

Bangkai ceceran benda-benda tersebut sekarang telah menjadi sebuah tempat wisata yang memberikan pemandangan baru nan indah. Hal ini dikarenakan bangkai kapal dan pesawat tersebut justru menjadi tempat tinggal ikan-ikan dengan berbagai jenis. Ditambah lagi dengan suasana perairan yang jernih dan keindahan lingkungan yang masih sangat asri yang menjadi daya tarik tersendiri di Pulau Salawati.

Itulah tadi 4 paket wisata Raja Ampat Papua. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjawab rasa penasaran anda untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang objek-objek wisata mempesona di wilayah Raja Ampat.

2 Comments
  1. MRX says

    Keren ya bang ane sendiri orang lokal belum pernah kesana, ane liat di tv ada orang china, jepang, dari mana aja udah sampai ke raja ampat.

  2. Galeri Wisata says

    Keren banget Tempat Berlibur Wisata Raja Ampatnya Gan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */