29 Daftar Tempat Wisata di Purwakarta Paling Diminati Wisatawan

0

Tempat Wisata di Purwakarta – Musim liburan sudah hampir tiba nih! Saatnya membuat rencana kegiatan yang akan dilakukan untuk mengisi momen liburan. Untuk anda yang masih bingung menentukan destinasi wisata, tak perlu khawatir karena tanah nusantara ini punya jutaan lebih objek wisata yang tentunya direkomendasikan untuk dikunjungi ketika liburan panjang atau sekedar liburan biasa di akhir pekan. Di Jawa Barat misalnya, provinsi yang beribu kota Bandung ini punya banyak tempat seru yang bisa dikunjungi. Misalnya di Bandung, Garut, Tasikmalaya, dan terkhusus wisata Purwakarta. Mungkin kabupaten Purwakarta masih belum banyak diketahui potensi wisatanya. Namun ternyata siapa sangka kota satu ini punya banyak tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk mengisi waktu libur anda.

taman-pasanggrahan-padjadjaran
photo today by @sendyirv taken at Taman Pasanggrahan Padjadjaran.

Bagi masyarakat yang tinggal di Purwakarta tentunya tidak perlu bingung-bingung akan pergi kemana saat liburan, karena ada banyak suguhan tempat wisata di Purwakarta Jawa Barat. Beragam tempat wisata tersebut bahkan sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, sahabat, kerabat kerja, atau bisa juga menjadi tempat romantis untuk berbulan madu bersama pasangan. Tak hanya kaya akan lokasi tempat wisata Purwakarta, salah satu kota di Jawa Barat ini juga punya suguhan wisata kuliner Purwakarta yang beraneka ragam. Ciri khas sunda akan begitu kental terasa di tanah Purwakarta ini. Tak heran, dengan berlibur di Purwakarta pastinya pengunjung dijamin akan mendapatkan momen liburan seru yang lengkap dan tak terlupakan.

wisata-purwakarta
photo today by @arief_purwo taken at Purwakarta’s Love Sign (Around K. K. Singawinata St.)

Tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di kota ini? Yuk simak rekomendasi objek wisata di Purwakarta yang bisa anda kunjungi:

Goa Jepang

goa-jepang
by instagram @enyehape

Menilik dari sejarah bangsa yang pernah menjadi kawasan jajahan Jepang, tentunya menyebabkan banyaknya peninggalan masa penjajahan yang menjadi saksi sejarahnya.Salah satunya adalah Goa Jepang yang merupakan objek wisata Purwakarta.Goa ini, seperti namanya, memang merupakan goa peninggalan masa jajahan Jepang.Goa Jepang sendiri dibangun pada tahun 1942 yang dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata dan menjadi tentara Jepang saling berkomunikasi dengan menggunakan radio.

Goa Belanda

goa-belanda
by instagram @ivah28

Sekitar 800 m dari Goa Jepang, pengunjung akan menemukan Goa Belanda, yang dibangun satu tahun sebelum Goa Jepang dibangun. Goa Belanda ini juga merupakan sebuah tempat yang begitu kental dengan unsur sejarah masa penjajahan Belanda.Sama halnya dengan Goa Jepang, Goa Belanda ini juga dulunya merupakan tempat radio komunikasi antar tentara militer Hindia Belanda. Dengan nuansa sejarah yang kental, didukung dengan arsitektur alam goa yang indah, membuat Goa Jepang dan Goa Belanda ini menjadi wisata Purwakarta yang paling diminati. Pesona landscape alami yang ada di Goa Jepang dan Belanda, tak heran banyak menjadi destinasi para photographer untuk menangkan gambar landscape yang menarik. Bahkan banyak juga yang menjadikan Goa ini sebagai spot prewedding.

Kunjungi :  Curug Cigamea Bogor, Wisata Air Terjun yang Eksotik

Curug Cipurut

curug-cipurut-wanayasa
Today’s photo taken by @wulanhidayati at Curug cipurut Wanayasa.

Selain wisata sejarah, Purwakarta juga punya banyak objek wisata alam Purwakarta, salah satunya Curug Cipurut.Curug merupakan bahasa sunda yang artinya air terjun. Berada di Curug Cipurut ini, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan alam berupa pemandangan 3 air terjun sekaligus. Curug pertama memiliki ketinggian hingga 25 meter, sementara dua curug lainnya memiliki tinggi yang lebih landai.Suara deburan air yang mengalir deras ke dasar kolam, tentunya bisa menjadi obat penenang tersendiri bagi pengunjung. Belum lagi dengan kesegaran udara dan panorama arsitektur alami di sekitar curug, menjadi pemandangan epic yang akan memanjakan mata pengunjung yang datang. Untuk dapat menyaksikan keindahan Curug Cipurut lebih lama, biasanya tidak sedikit orang-orang yang melakukan camping dan berpetualang di curug satu ini.Selain itu, keindahan landscape curug Cipurut juga sangat cocok untuk dijadikan latar berfoto.

Giri Tirta Kahuripan

giri-tirta-kahuripan
photo today by @ridaanurmala taken at Giri Tirta Kahuripan.

Tempat wisata di Purwakarta giri tirta merupakan objek wisata yang paling favorit di Purwakarta. Ketika singgah ke Giri Tirta Purwakarta ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih asri dan udaranya yang sangat sejuk. Giri Tirta Kahuripan sendiri merupakan tempat wisata lengkap yang menawarkan banyak suguhan fasilitas wisata selain keindahan pemandangan alamnya, yakni skypool, ATV, lapangan futsal, sepeda air, dan sudah dilengkapi pula dengan villa dan cottage untuk menginap. Dengan fasilitas lengkap yang dimilikinya, Giri Tirta Kahuripan memang sangat cocok dikunjungi oleh keluarga yang ingin melalukan trip family time.Aktivitas keluarga yang bisa dilakukan di tempat ini misalnya BBQ bersama, atau sekedar berbincang sambil piknik menikmati keindahan hamparan panorama hijau tanah Purwakarta yang sangat menakjubkan.

Situ Wanayasa

situ-wanayasa
a bird’s view of Situ Wanayasa captured by @galihanggara28

Salah satu tempat wisata di Purwakarta dan sekitarnya ini merupakan sebuah situ atau danau yang menawarkan pemandangan alam nan eksotik. Situ Wanayasa yang memiliki luas hampir 7 ha ini tak hanya menyuguhkan pesona panorama alamnya saja, namun sudah dilengkapi pula dengan fasilitas wisata lain seperti bebek kayuh, sepeda air, hingga ada pula fasilitas memancing bagi anda yang hobi memancing. Di Situ Wanayasa juga terdapat sebuah makam dari RA Suriawinata yang merupakan pendiri dari kotaPurwakarta.Untuk dapat berziarah dan melihat langsung makam dari RA Suriawinata ini pengunjung harus menggunakan perahu karena makam berlokasi di sebuah pulau mungil di tengah danau.

Kunjungi :  Denah dan Lokasi Taman Potret Cikokol Tangerang

Waduk Jatiluhur

ubrug-jatiluhur
photo today by @somedayfat taken at Ubrug Jatiluhur.

Objek wisata satu ini merupakan objek wisata paling populer di Purwakarta sekaligus menjadi ikon objek wisata di Purwakarta itu sendiri lho. Untuk itu bagi yang sedang bertandang ke Purwakarta tentu akan terasa kurang jika belum sempat singgah di tempat wisata satu ini. wisata jatiluhur Purwakarta awalnya merupakan tempat irigasi, budidaya ikan, pembangkit tenaga listrik, dan sekaligus menjadi sumber air untuk warga sekitarnya. Namun melihat dari potensi panorama alam yang sangat mempesona di tempat ini, maka kemudian Jatiluhur dikembangkan menjadi tempat wisata Purwakarta. Untuk memfasilitasi para wisatawan yang berkunjung, kini waduk Jatiluhur sudah dilengkapi dengan beragam sarana rekreasi, seperti perahu kayuh, aneka watersport, spot memancing, dan lain sebagainya.

Jatiluhur Watersport

Melihat popularitas waduk Jatiluhur yang bahkan sudah banyak dikenal hingga ke mancanegara, fasilitas wisata di Jatiluhur juga kian mengalami peningkatan yang signifikan.Seperti dibangunnya Jatiluhur Watersport, sebuah objek wisata lengkap yang menjadi destinasi wisata keluarga paling diminati di Purwakarta. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati ragam sarana permainan air yang seru, seperti seluncur air, ember tumpah, hingga fasilitas outbond, bungee trampoline, dan yang lainnya.Dengan fasilitas lengkap yang dimilikinya, tak heran menjadikan Jatiluhur Watersport sebagai tempat wisata yang selalu ramai ketika musim liburan tiba.

Waduk Cirata

Bendungan Cirata
photo today by @mifmifmif taken at Bendungan Cirata.

objek wisata di PurwakartaWaduk Cirata ini merupakan destinasi wisata alam yang indah dan murah meriah. Selain menjadi objek wisata, Waduk Cirata juga menjadi salah satu sumber air untuk warga di kawasan kabupaten Purwakarta, Cianjur, hingga Bandung.Sama halnya dengan waduk Jatilihur, waduk Cirata ini juga digunakan sebagai tempat pembangkit listrik tenaga air sehingga tentunya memiliki peran yang sangat vital bagi warga Purwakarta dan sekitarnya.

Taman Air Mancur Sri Baduga, Situ Buleud

taman-sribaduga
Taman Sribaduga Photo originally posted by @amazingpwk

Berbeda dengan objek wisata alam lainnya di wisata Purwakarta dan sekitarnya, objek wisata satu ini memiliki ciri khas yang tentu sekaligus menjadi daya tarik utama di mata wisatawan.Sri Baduga Situ Buleud merupakan sebuah danau dengan luas 4 ha yang menawarkan panorama alam yang sangat mempesona.Tak hanya itu, pemandangan di danau ini semakin dipercantik dengan adanya atraksi air mancur. Dengan sentuhan light effect hingga atraksi api diatas air, akan menjadi sebuah pemandangan epic yang sayang untuk dilewatkan. Atraksi air mancur seperti ini tentunya sangat jarang di Indonesia. Untuk itu bagi yang penasaran dengan atraksi air mancur yang penuh keindahan ini, tak ada salahnya untuk bertandang langsung ke kota Purwakarta. Bagi yang ingin menyaksikan atraksi air mancur di Sri Baduga Situ Buleud ini, pengunjung bisa datang setiap hari Sabtu malam.

Kunjungi :  Suka Fotografi? Wajib Jelajah Kedung Cinet Jombang

Desa Sajuta Batu

Sesuai dengan namanya, objek wisata satu ini memang sangat khas dengan banyaknya gundukan batu alam yang membuat pemandangan sekitarnya kian mempesona.Desa Sajuta Batu biasanya banyak dikunjungi oleh para pecinta wisata yang memacu adrenalin, karena di kawasan wisata ini terdapat fasilitas wisata yang cukup menantang, seperti hiking, offroad, hingga panjat tebing. Selain itu, Desa Sajuta Batu juga cocok untuk menjadi destinasi camping bersama keluarga, atau bisa juga menjadi spot foto pre wedding yang pas karena landscape nya yang memang teramat menakjubkan indahnya.

Sentra Keramik Plered

sentra-keramik-plered
by instagram @bundamputtjauza

Tak hanya memiliki banyak objek wisata alam dan arena rekreasi seru, kotaPurwakarta juga punya kerajinan khas daerahnya yang bahkan sudah di import hingga keluar negeri. Adalah Sentra Keramik Plered, sebuah tempat yang menjadi pusat kerajinan keramik yang ada di Purwakarta. Berlokasi di Desa Arjun, Plered, Purwakarta, di Sentra Keramik Plered ini pengunjung dapat menyaksikan langsung para pengrajin membuat beragam kerajinan keramik yang sangat cantik dan bernilai seni tinggi, seperti porcelain, gerabah, terakota, dan yang lainnya. Selain itu, ragam keramik yang di Sentra Keramik Plered ini juga sangat cocok untuk menjadi buah tangan khas Purwokerto.

Sate Maranggi

sate-maranggi
by instagram @bonivatius

Terakhir sebagai penutup daftar tempat wisata di Purwakarta terbaru adalah sate Maranggi. Sate Maranggi merupakan kuliner khas dari kota Purwakarta yang wajib dikunjungi saat anda berada di sini. Berkunjung ke Purwakarta tentunya akan sangat kurang jika anda belum mencoba mencicip sate Maranggi. Tak heran ketika berada di kota ini, pengunjung akan sangat mudah menemukan tempat makan sederhana hingga resto mewah yang punya sajian khas sate Maranggi. Salah satu tempat makan sate Maranggi yang populer di Purwakarta berlokasi di kawasan Cibungur. Kawasan ini bahkan tidak pernah sepi pengunjung, karena memang cita rasa Sate Maranggi yang disuguhkan sangatlah nikmat dan khas.

curug-suhada
photo today by @arulnasr taken at Curug Suhada (Kp. Tajur, Desa Sindanglaya, Sukatani)
kolam-mata-air-dan-stone-garden-cijanun
photo today by @ichadism via @urangpurwakarta taken at Kolam Mata Air dan ‘Stone Garden’ Cijanun, Bojong
galeri-dangiang-kisunda
photo today by @diyaz_fadilah taken at Galeri Dangiang Kisunda (Jalan K.K. Singawinata)
gunung-lembu
photo today by @ardianrm taken at Gunung Lembu
gn-bongkok
photo today by @shidikxp taken at Gn. Bongkok
taman-pancawarna
photo today by @deprathiwi taken at Taman Pancawarna.
curug-cigentis
photo today by @tovan_rmd taken at Around Curug Cigentis.
ujung-aspal
photo today by @radlinnisa taken at Ujung Aspal.
curug-ponggang
photo today by @astikaaaas taken at Istora Jatiluhur.
pendopo-taman-maya-datar
photo today by @alfinmulyadi taken at Pendopo Taman Maya Datar
curug-pamoyanan-indah
photo today by @ceuceu.sri taken at Curug Pamoyanan Indah.
rumah-pohon-gn-parang
photo today by @nurfaizin taken at Rumah Pohon Gn. Parang
curug-putri-1
Today’s photo by @joadityamahesa taken at Curug Putri.
taman-citra-resmi
photo today by @fahrulaziz taken at Taman Citra Resmi.
kampoeng-sadang
photo today by @bhogenkkampoengsadang taken at Kampoeng Sadang.
sungai-cidomas
sungai Cidomas (Desa Garokgek, Kiarapedes).
Photo by @cahyaanugrah

Demikian yang sekaligus bisa menjadi referensi pembaca untuk pergi liburan ke tempat wisata di Purwakarta. Kini tak perlu lagi bingung tentukan mau kemana saat liburan. Dengan berkeliling ragam tempat wisata di Purwakarta dan sekitarnya saja, pastinya akan membuat momen liburan semakin seru. Apalagi jika dihabiskan dengan orang-orang terdekat, maka tentu momen indah liburan di Purwakarta akan semakin tak terlupakan. Semangat berlibur dan semoga hari libur anda menyenangkan ya!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */